no-script Inilah Ukuran Kitchen Set yang Ideal untuk Hunian Anda! | Mitraruma
Mitraruma

Inilah Ukuran Kitchen Set yang Ideal untuk Hunian Anda!

ilustrasi kitchen set dengan top table kayu

Tak hanya untuk mempercantik ruangan, kitchen set juga berguna untuk menyimpan makanan dan peralatan memasak. Umumnya, furnitur ini terdiri dari rangkaian kabinet, kompor, bak cucian, dan meja untuk mengolah bahan makanan. Karena kitchen set menempel dengan dapur, Anda harus mengetahui ukuran ideal sebelum memasangnya. Kuncinya adalah memperhatikan ukuran serta luas dapur. Jadi, berapa ukuran kitchen set ideal yang perlu Anda miliki?

Ukuran Kitchen Set yang Ideal

Agar furnitur pilihan Anda tidak membuat dapur terkesan lebih sempit, simak referensi ukuran kitchen set ideal di bawah ini sebelum membeli.

1. Tinggi kitchen set

model kitchen set hijau olive

Aspek pertama dan yang terpenting dari kitchen set ideal adalah tingginya, sebab tentunya Anda akan berdiri dalam waktu lama selama memasak. Umumnya, kitchen set memiliki tinggi yang berkisar antara 85 cm hingga 110 cm atau 76 cm hingga 85 cm jika diukur dari permukaan lantai.

Namun, pastikan Anda menyesuaikan tinggi kitchen set dengan posisi pinggul agar Anda tidak perlu membungkuk atau berjinjit saat memasak untuk menghindari otot pegal.

2. Lebar meja dapur

kitchen set letter L dengan meja makan

Permukaan meja dapur yang sempit akan mempersulit Anda ketika harus mengolah banyak bahan secara bersamaan, apalagi jika Anda harus menaruh banyak peralatan dapur berukuran besar.

Oleh sebab itu, pilihlah meja kitchen set dengan lebar antara 50 cm sampai 70 cm dan panjang kabinet bawah sebesar 60 cm sampai 150 cm. Dengan demikian, memasak akan jadi lebih nyaman.

3. Jarak antara kabinet atas dengan meja dapur

model kitchen set ash grey

Idealnya, jarak antara kabinet atas dan permukaan meja dapur tidak boleh terlalu jauh agar Anda tidak kesulitan mengambil perlengkapan dapur di kabinet tertinggi.

Namun, pada saat yang bersamaan, posisi kabinet atas dan meja dapur juga tidak bisa terlalu dekat hingga mempersulit proses memasak. Jadi, berapakah ukuran kitchen set ideal untuk aspek ini? Cobalah memberi jarak 85 cm hingga 110 cm antara kabinet atas dengan meja dapur.

4. Ukuran bak cuci piring

rak piring functional.webp

Selain meja dan kabinet dapur, kitchen set juga terdiri dari bak cuci piring yang memerlukan banyak space. Sebab, dengan ukuran wastafel cuci piring yang ideal, Anda bisa membersihkan lebih banyak piring, alat masak, maupun bahan makanan secara bersamaan untuk menghemat waktu. Biasanya, rentang ukuran bak cuci piring yang cukup lebar dan nyaman adalah 80 cm hingga 90 cm, baik untuk model bak single maupun double.

5. Lebar kabinet atas

kitchen set letter L dengan kabinet

Keberadaan kabinet atas akan membantu Anda membuat dapur terlihat lebih rapi karena Anda bisa menyimpan berbagai alat memasak di sana. Jadi, Anda memerlukan kabinet yang cukup lebar untuk menampung semua perlengkapan Anda.

Lantas, berapakah lebar yang ideal? Angka spesifiknya bergantung dari banyaknya benda yang Anda miliki. Jika Anda tidak menyimpan terlalu banyak barang, kabinet atas dengan lebar 35 cm saja sudah cukup, sedangkan untuk dapur yang lebih lengkap, sebaiknya pilihlah ukuran 40 cm hingga 50 cm.

6. Area cooker hood

kitchen set kayu jati dengan cooker hood

Cooker hood adalah komponen dapur yang sama pentingnya dengan lemari penyimpanan, meja dapur, dan alat lainnya. Sebab, alat ini berguna untuk menyedot asap dan debu supaya bau masakan tidak menyebar ke ruangan lain. Dengan begini, penghuni di ruangan lain tidak akan merasa terganggu.

Nah, supaya cooker hood dapat menghalau asap dengan lebih efektif, pastikan Anda memberi jarak minimal 50 cm hingga 70 cm antara slot untuk cooker hood dengan tungku kompor.

Apakah dimensi kabinet, meja, atap cooker hood, dan bak cuci piring idaman Anda sudah sesuai dengan detail ukuran kitchen set ideal di atas? Selain mengikuti panduan yang sudah tertera, pastikan Anda juga menghitung angka pastinya berdasarkan tinggi badan agar Anda semakin betah memasak.

Namun, tidak perlu khawatir jika Anda membutuhkan inspirasi atau bantuan dari ahlinya untuk memasang kitchen set. Mitraruma siap memenuhi kebutuhan Anda dengan jasa konsultasi desain dan pembuatan kitchen set yang terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa mengecek kitchen set modular kami untuk memperkaya referensi. Penasaran? Yuk, hadirkan dapur yang hangat dan nyaman di rumah Anda bersama Mitraruma!

More content