no-script Wujudkan Dapur yang Rapi dan Bersih dengan Tips Berikut | Mitraruma
Mitraruma

Wujudkan Dapur yang Rapi dan Bersih dengan Tips Berikut

Tips menata dapur yang rapi dan bersih dapat membantu Anda membuat tampilan dapur menjadi lebih nyaman. Selain itu, menata dapur juga akan memberikan Anda banyak kemudahan. Mulai dari menyesuaikan dengan konsep dapur, hingga membuat perabot tersusun rapi.

Secara historis, wanita paling rentan terhadap bahaya memasak. Memasak makanan dengan api atau panas adalah kegiatan manusia yang unik. Bukti arkeologi untuk memasak juga telah berjalan satu atau dua juta tahun yang lalu.

Mewujudkan dapur yang aman, rapi dan bersih tentu bisa membuat Anda semakin nyaman saat melakukan aktivitas di dalamnya. Jika dapur kotor dan tak terawat, jangankan untuk memasak makanan, memasuki dapur saja pasti Anda malas. Ikuti tips menata dapur agar tetap rapi dan bersih berikut ini, yuk!

Inspirasi Desain Dapur

Sebelum membahas mengenai tips menata dapur, tak ada salahnya jika Anda melihat beberapa inspirasi desain dapur berikut. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengaplikasikan salah satunya. Tak perlu berlama-lama, ini dia ulasannya!

1. Dapur dengan Kitchen Island

Dilansir dari Singer Kitchens, kitchen island merupakan sebuah kabinet tempat penyimpanan benda yang berada di dapur dan mempunyai desain yang senada dengan dapur Anda.

Cobalah menggunakan kitchen island sebagai tempat meletakkan kompor dan bak cuci piring sekaligus. Pilihlah kitchen island yang sesuai dengan ukuran dapur, agar tidak membatasi ruang gerak Anda.

Sebuah rumah yang berukuran kecil bisa memanfaatkan sebuah island sebagai pengganti ruang makan dan bisa memberikan sebuah tempat penyimpanan ekstra karena dapat digabungkan dalam sebuah ruangan saja.

2. Dapur Minimalis dengan Banyak Warna

Konsep minimalis memang biasanya identik dengan penggunaan sedikit warna. Namun untuk kali ini, Anda bisa bermain dengan warna-warna yang ceria. Pilihlah warna kabinet, kompor, dan kulkas yang berbeda-beda. Dapur akan terlihat playful dan bikin Anda semakin semangat memasak, bukan?

3. Dapur dengan Konsep Rustik

Bosan dengan konsep dapur yang monoton? Dapur dengan konsep rustik ini bisa Anda coba. Selain tidak monoton, dapur rustik juga akan menampilkan nilai seni yang tinggi.

Rustik dalam bahasa Indonesia artinya tua, berkarat, dan kasar karena tidak diselesaikan dengan baik. Sekarang ini tema rustik banyak diterapkan pada rumah-rumah yang mengusung konsep alami.

Anda bisa menghadirkan white cabinets, exposed white tile walls, serta kitchen island dengan material batu bata & raw wood. Hal tersebut pastinya akan langsung menciptakan kesan rustic dan vintage pada dapur Anda! Menarik sekali, bukan?

4. Dominasi Warna Putih Pada Dapur

Pemilihan warna putih untuk diaplikasikan pada dapur memang harus dipertimbangkan dengan cermat. Mengapa demikian? Hal ini tentunya karena di dapur akan terjadi aktivitas memasak. Jadi, bukan tak mungkin dapur akan lebih cepat kotor.

Jika Anda termasuk orang yang tidak takut kotor, maka tak ada salahnya untuk menghadirkan dominasi warna putih ini. Mulai dari warna dinding, furnitur, dan peralatan dapur. Jangan lupa memilih furnitur berbahan licin agar mudah dibersihkan saat terkena kotoran nanti.

5. Dapur dengan Kursi Bar

Anda bisa menerapkan gaya kursi dan meja ala bar ini. Tentunya untuk menciptakan kesan modern, namun tak berlebihan. Apabila Anda menginginkan kesan mewah, gunakanlah material marmer pada mejanya.

6. Dapur dengan Jendela Besar

Aktivitas memasak yang terjadi di dapur, tentu akan membuat dapur Anda terasa panas jika tak ada sirkulasi udara yang bagus. Maka dari itu, Anda bisa mencontoh inspirasi desain yang satu ini. Sederhana namun bermanfaat sekali, ya?

7. Dapur dengan Tema Monokrom

Monochrome atau monokrom berasal dari dua kata. Mono yang berarti satu, dan chrome yang berarti warna. Warna monokrom telah memiliki banyak penggemar. Terutama bagi Anda yang tak suka dengan pengaplikasian banyak warna.

8. Perpaduan Kayu dan Hitam yang Elegan

Bagi Anda yang suka nuansa gelap, bisa ikuti desain dapur yang satu ini. Paduan warna hitam dan kayu gelap akan memberikan kesan maskulin yang amat elegan.

Tips Menata Dapur

1. Tentukan Zona Dapur

Artboard 2.png
Tips menata dapur yang pertama adalah menentukan zona dapur. Hal ini untuk membedakan tempat memasak, tempat penyimpanan, tempat mengolahnya, serta ruang makan. Adapun beberapa zona di dapur yang bisa diikuti, antara lain:

  • Zona Memasak
    Zona ini berada di sekitar kompor dan area mengolah makanan. Biasanya berisi talenan, pisau, dan wajan.
  • Zona Penyimpanan
    Zona ini terletak di dekat wastafel. Di sinilah Anda menemukan piring, gelas, cangkir, dan mangkuk. Item lain di zona ini adalah wadah penyimpanan dan saringan.
  • Zona Pantry
    Zona ini adalah tempat yang tepat untuk mengolah dan mempersiapkan makanan. Kelompokkan makanan Anda berdasarkan kategori. Hal ini akan memudahkan Anda saat memilihnya.
  • Zona Makan
    Zona makan adalah area di mana Anda akan menyantap hidangan. Gunakan alas piring dan taplak meja yang bersih untuk membuat Anda makan tetap rapi.

2. Manfaatkan Wadah Makanan untuk Menata Dapur

Artboard 3.png
Tips menata dapur selanjutnya adalah memanfaatkan wadah makanan untuk menata dapur. Anda bisa menggunakan wadah makanan untuk menyimpan berbagai potongan buah, sayur, serta bahan makanan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wadah makanan dengan tutup untuk menyajikan makanan yang dimasak. Tidak hanya membuatnya terlihat lebih rapi, wadah makanan juga mampu menjaga kualitas makanan di dalamnya agar tetap bisa dikonsumsi.

Wadah makanan juga bisa menjadi ide yang tepat, terutama bila Anda ingin menata kulkas agar terlihat lebih rapi dan tidak bau.

3. Gunakan Stoples untuk Bumbu Masak

Artboard 4.png
Bumbu masak yang ada di dapur tentu sangatlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat dapur Ada terlihat berantakan jika tidak ditempatkan dengan benar. Anda juga harus menjaga kebersihan meja dapur dari berbagai bumbu yang mudah tumpah.

Gunakanlah stoples dengan ukuran yang pas untuk mengisi bumbu dapur Anda. Dengan begini, dapur tidak hanya terlihat lebih cantik, tetapi juga bersih dan rapi.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara di Dapur

Artboard 5.png
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aktivitas memasak yang terjadi di dapur, tentu akan membuat dapur Anda terasa panas jika tak ada sirkulasi udara yang bagus.

Maka dari itu, sebelum membuat dapur Anda sebaiknya memperhatikan sirkulasi udaranya. Sirkulasi udara yang buruk hanya akan membuat Anda tak nyaman. Meskipun memiliki desain interior yang menarik.

5. Kelompokkan Jenisnya

Artboard 6.png
Apakah Anda pernah mengalami kebingungan mengambil barang saat sedang memasak? Terapkanlah tips menata dapur yang satu ini. Dijamin dapur Anda akan terlihat lebih rapi dan bersih.

Simpan semua bungkus plastik, kertas timah dalam satu laci yang sama. Letakkan piring, cangkir, gelas, dan peralatan makan sehari-hari di dekat satu sama lain. Sehingga ketika ingin memakainya untuk alat makan, semuanya berada dalam jangkauan yang sama.

6. Simpan Perabot Dapur dalam Laci

Artboard 7.png
Agar tidak berantakan, Anda bisa menempatkan sendok, garpu, sumpir, dan berbagai alat makan lainnya pada laci dapur. Gunakanlah tempat peralatan makan yang memiliki beberapa sekatan sebagai wadah. Tempat ini juga bisa mempermudah Anda saat mengambilnya.

Benda-benda yang disimpan dalam ruang penyimpanan tertutup juga perlu diatur dengan rapi. Gunakan aneka perlengkapan organisasi dapur untuk hasil yang lebih maksimal.

Perlengkapan dan segala peralatan dapur yang tertata rapi akan memudahkan Anda mencarinya ketika diperlukan. Begitu juga memberikan tampilan yang rapi di dalam kabinet maupun laci dapur.

7. Menentukan Posisinya

Artboard 8.png
Tips menata dapur selanjutnya adalah menentukan posisi untuk meletakkan alat yang sering digunakan dan tidak. Untuk barang-barang yang sering dipakai letakkan di tempat mudah diraih. Sehingga selalu ingat ketika ingin memakainya.

Misalnya untuk alat dapur seperti pisau, mug, sendok, dan panci bisa Anda letakkan di dekat kompor. Sementara untuk alat dapur seperti oven atau microwave bisa letakkan di dalam lemari atau rak dapur.

8. Gunakan Tempat Beras

Artboard 9.png
Jika Anda memiliki uang lebih, tak ada salahnya untuk membeli tempat beras. Jangan menyimpan karung beras di dapur dengan sembarangan. Selain mudah tumpah, beras tersebut juga bisa terkena kutu.

Dengan adanya kotak beras, akan membuatnya lebih aman dan terjaga kualitasnya. Tak hanya itu saja, dapur Anda pun jadi terlihat jauh lebih rapi.

9. Gunakan Dekorasi yang Tepat

Artboard 10.png
Cara menata dapur yang terakhir namun tak boleh dilewatkan adalah menggunakan dekorasi yang tepat. Anda harus bisa menata dapur agar tetap senada dengan konsep ataupun dekorasi yang ada.

Kesimpulan

Memiliki dapur yang rapi dan bersih tentunya menjadi impian banyak orang. Namun, seberapa besar usaha Anda untuk mewujudkan hal tersebut? Dapur yang rapi dan bersih bisa terwujud melalui aksi nyata yang Anda lakukan. Salah satunya dengan mengikuti tips menata dapur di atas.

Cobalah untuk mempraktekkan langsung tips menata dapur di atas.Dengan begitu, Anda bisa menikmati dapur yang rapi dan bersih. Tunggu apalagi? Yuk, tata dapur Anda sekarang juga! Semakin cepat terwujud, tentu Anda akan semakin cepat merasakan manfaatnya, ya.

More content