no-script Bingung Pilih Bahan Kitchen Set yang Bagus? Simak Ulasannya! | Mitraruma
Mitraruma

Bingung Pilih Bahan Kitchen Set yang Bagus? Simak Ulasannya!

contoh kitchen set yang bagus

Kitchen set saat ini telah menjadi salah satu furnitur rumah tangga yang banyak dihadirkan untuk membuat tampilan dapur terlihat lebih rapi dan juga menarik. Berbagai model, warna, hingga harganya pun sangat bervariasi. Anda jadi tak perlu ragu untuk memadu padankan dengan desain dapur di rumah.

Namun, sebelum itu, penting untuk memilih bahan kitchen set yang bagus dan berkualitas agar bisa lebih awet. Masing-masing bahan kitchen set tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya hal tersebut harus disesuaikan dengan konsep dan kebutuhan Anda, ya.

Ada beberapa bahan kitchen set yang umum digunakan saat ini. Berikut ini bahan kitchen set yang bagus dan berkualitas, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Bahan kitchen set HPL

bahan kitchen set hpl.webp

HPL atau High Pressure Laminate dibuat melewati beberapa lapisan yang dikompresi di bawah tekanan yang sangat tinggi. Maka tak heran bila bahan yang satu ini memiliki karakteristik yang padat dan keras.

Kelebihan dari bahan kitchen set HPL adalah sangat praktis untuk diaplikasikan dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, harganya juga sangat kompetitif. Sedangkan untuk kekurangannya, corak dan warnanya masih kalah dengan pelapis finishing lain yang lebih menawan.

Bahan kitchen set multiplek atau plywood

bahan kitchen set plywood.webp

Bahan yang satu ini dibuat dari tumpukan lembaran kayu yang dipress dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan bahan yang padat. Multiplek memiliki tekstur kayu yang rapat dan kokoh.

Kelebihan dari bahan ini adalah materialnya yang kokoh, awet, dan mampu bertahan pada kondisi dapur yang basah. Namun untuk kekurangannya, bahan kitchen set yang satu ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.
Bahan kitchen set blockboard

banner kitchen set.webp

Bahan kitchen set yang satu ini memiliki kemiripan dengan multiplek. Bedanya, pada blockboard potongan kayunya disusun secara horizontal, sedangkan pada multiplek susunan kayunya dibuat horizontal.

Kelebihan dari bahan blockboard adalah bahannya yang tahan terhadap air. Dari sisi harga pun bahan yang satu ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan multipleks. Jadi, untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas bisa memilih kitchen set dengan bahan blockboard.

Lalu, kekurangan bahan blockboard dinilai kurang kokoh dan kurang awet jika dibandingkan dengan bahan multipleks. Tentu tidak mengherankan, mengingat dari sisi harga pun bahan blackboard relatif lebih murah jika dibandingkan dengan multipleks.

Bahan kitchen set MDF

bahan kitchen set mdf.webp

Medium Density Fiberboard atau yang biasa disingkat MDF merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan bahan baku pembuatan kitchen set. Untuk kelebihannya, bahan kitchen set ini memiliki permukaan yang halus, ketebalan yang bagus, lebih fleksibel, dan mudah untuk ditekuk.

Sedangkan kekurangan dari bahan ini adalah cenderung tidak memiliki ketahanan terhadap air dan kurang cocok untuk dipakai menaruh benda-benda berat. Maka dari itu, kitchen set dengan bahan MDF lebih cocok untuk ditempatkan pada dapur kering.

Bahan kitchen set decosheet

bahan kitchen set decosheet.webp

Bahan decosheet terbuat dari plastik tipis. Bentuknya yang tipis sangat cocok untuk Anda yang mengusung konsep dapur minimalis. Kelebihan dari bahan kitchen set ini adalah tidak mudah mengelupas dan fleksibel sehingga mudah dibentuk.

Kekurangannya adalah karena bahannya yang tipis, sehingga tidak bisa bertahan lama. Selain itu, juga tidak tahan terhadap minyak dan panas. Jadi, perlu dirawat dengan benar agar tidak cepat rusak.

Nah, itu dia ulasan mengenai bahan kitchen set yang bagus. Jika Anda tertarik untuk menghadirkan kitchen set sebagai pelengkap dapur, Mitraruma menyediakan Jasa Renovasi Rumah yang akan mempersonalisasi kebutuhan Anda. Tunggu apalagi? Yuk, wujudkan dapur idaman Anda sekarang juga!

More content