no-script Dapur Kotor: Penjelasan hingga Desain yang Cocok! | Mitraruma

Dapur Kotor: Penjelasan hingga Desain yang Cocok!

Apa yang terlintas pertama kali di pikiranmu saat pertama kali mendengar kata “dapur kotor”? Mayoritas orang tentu akan menjawab bahwa dapur kotor adalah ruangan dapur yang memiliki tampilan berantakan, tidak terawat, dan tidak enak dipandang.

Padahal, bukan itu lho yang dimaksud disini. Untuk lebih jelasnya serta menambah wawasan kamu, yuk disimak dulu penjelasan berikut ini!

Apa Itu Dapur Kotor?

Dapur kotor sebenarnya adalah istilah populer yang dipakai untuk menyebut dapur aktif. Istilah dapur kotor ini juga hanya ditemukan di Asia ya, guys! Biasanya, para pemilik hunian akan memanfaatkan teras belakang rumah atau patio untuk membuat dapur kotor.

Dapur kotor yang baik haruslah memiliki area meracik dan memasak yang nyaman, serta saluran pembuangan yang memadai. Hal tersebut karena dalam dapur kotor terjadi banyak aktivitas memasak yang menghasilkan jumlah sampah yang tinggi.

Aktivitas berat saat memasak dilakukan di dapur kotor. Misalnya saja seperti mencuci bahan makanan dan memasak, meracik dan menyimpan alat-alat memasak, serta memasak. Tentu tak mengherankan ya bila dapur ini sering kotor karena cipratan minyak atau bekas olahan makanan yang berjatuhan di sekitar dapur.

Perbedaannya dengan Dapur Bersih

  • Secara ukuran, dapur kotor biasanya lebih besar dari dapur bersih.
  • Letak dapur kotor berada di belakang dapur bersih.
  • Jika di dapur kotor terjadi banyak aktivitas berat memasak, maka di dapur bersih hanya aktivitas ringan, seperti memanaskan dan menyajikan makanan.
  • Umumnya, dapur bersih didesain dengan lebih cantik. Seperti namanya dapur bersih juga biasanya selalu nampak rapi dan bersih. Namun, di dapur kotor lebih mengutamakan pada fungsi ruangan.
  • Dapur kotor menyediakan peralatan memasak yang lebih lengkap daripada dapur bersih.

4 Inspirasi Desain Dapur Kotor

Meskipun dapur kotor lebih mengutamakan fungsi ruangan dibanding dengan desain, namun tak ada salahnya lho kalau kamu juga memperhatikan yang satu ini. Apalagi, jika kamu juga memiliki budget lebih.

Desain Semi Outdoor

Artboard 2.png

Hunian ini mendesain model ruangan dapur kotor dengan bukaan yang luas. Jadi, kamu akan lebih leluasa saat memasak dan juga mendapatkan banyak udara dari luar.

Dapur kotor ini terdiri dari elemen kayu yang senada dengan meja makan kayu untuk menyantap makanan.

Desain Unfinished

Artboard 3.png

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan bujet dan ruang, mungkin desain kotor ini bisa membantu.

Tema kayu dan unfinished semen pada bagian dinding dapur kotor akan memancarkan sensasi unik tersendiri. Tak lupa juga mini kitchen bar untuk meletakkan makanan yang sudah jadi.

Desain Menghadap Taman

Artboard 4.png

Desain yang satu ini cocok banget nih untuk kamu yang mempunyai taman di rumah. Memasak sambil menikmati pemandangan taman yang asri dan sejuk tentunya merupakan ide yang bagus, kan?

Selain itu, kamu bisa menambahkan dekorasi dengan ornamen dari material kayu untuk menambah kesan menyatu dengan alam. Untuk dinding, kamu mendesain dinding backsplash untuk dapur kotormu dengan model batu bata yang tidak disemen atau dipasangi keramik.

Desain ala Mediterania

Artboard 5.png

Desain dapur kotor dengan gaya mediterania ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki halaman belakang rumah dengan lahan yang luas.

Dapur kotor ini akan terasa semakin hidup dan alami dengan menggunakan material batu alam. Ruangnya yang luas juga akan memudahkanmu saat memasak, apalagi ketika sedang memasak bersama keluarga saat acara-acara tertentu.

Berniat Memiliki 2 Dapur Sekaligus?

Untuk kamu yang berniat memiliki dua dapur sekaligus, caranya mudah sekali. Di Mitraruma, kamu bisa memilih berbagai macam bahan bangunan untuk dapur barumu.

Eits, jangan lupa cek juga macam-macam perlengkapan dapur disini, ya! Mulai dari water dispenser, coffee maker, kulkas, microwave dan oven, serta masih banyak lagi perlengkapan lainnya. Tentunya dengan harga yang bersahabat dengan kantongmu!

More content