no-script 7 Inspirasi Dapur Semi Outdoor Minimalis | Mitraruma
Mitraruma

7 Inspirasi Dapur Semi Outdoor Minimalis

dapur-semi-outdoor-minimalis.webp

Dapur semi outdoor minimalis dapat membuat interior rumah menjadi lebih apik dan estetik. Konsep ini akan memberi kesan ruang yang lebih lapang. Bagi penghuni, desain dapur semi outdoor pun akan membuat pengalaman memasak dan menyiapkan makanan terasa lebih menyenangkan karena bisa dilakukan sambil menyaksikan keindahan taman. Tertarik? Anda bisa intip inspirasi desain dapur semi outdoor minimalis berikut ini.

Inspirasi Desain Dapur Semi Outdoor Minimalis

inspirasi-dapur-semi-outdoor minimalis.webp

Dapur semi outdoor berarti area dapur yang berbatasan langsung dengan area terbuka, seperti taman. Meski berbatasan dengan area terbuka, dapur ini masih memiliki atap dan menyatu dengan bagian rumah lainnya. Berikut adalah beberapa inspirasi desainnya yang bisa Anda coba.

1. Dapur tanpa sekat

Untuk menghadirkan kesan ruang yang lebih luas dan lega, Anda bisa menerapkan konsep open space. Pada konsep ini, dapur semi outdoor minimalis “berbaur” dengan ruang makan dan juga taman indoor. Untuk menciptakan ilusi sekat, Anda bisa bermain dengan warna, pola, atau tekstur. Misalnya, area dapur menggunakan keramik granit, kemudian area makan yang lebih dekat dengan taman menggunakan lantai bermotif kayu agar tampak senada dengan nuansa natural taman.

2. Dapur dekat taman indoor

Jika Anda memiliki taman atau pelataran indoor, cobalah untuk mendesain dapur tanpa pintu sederhana di sebelahnya. Perabotan dan peralatan masak ditata di satu sudut ruangan hingga menyisakan area tengah dapur yang terlihat lebih lapang. Untuk bagian lantai, pilihlah keramik dengan motif atau warna kayu agar tampak serasi dengan taman di sebelahnya.

3. Dapur bertema rustic

Interior bertema rustic akan menghadirkan nuansa yang lebih hangat dan homey sehingga cocok untuk area dapur. Tema ini pun bisa diterapkan pada konsep semi outdoor. Pilih interior dapur dengan palet warna cokelat atau berelemen kayu. Kemudian, sebagai penyekat antara dapur dan taman, Anda bisa menggunakan pintu kaca berbingkai kayu yang memudahkan Anda menikmati pemandangan taman rumah.

4. Dapur semi outdoor minimalis bujet terbatas

Anda bisa menghadirkan dapur semi outdoor dengan bujet terbatas. Kuncinya terletak pada pemilihan material dan perabot. Untuk menggantikan kabinet dapur yang mahal, Anda bisa memanfaatkan rak ambalan untuk meletakkan bumbu dapur. Selain lebih hemat, trik ini pun dapat mengoptimalkan ruang yang ada. Sisa ruang dapur kemudian bisa dimanfaatkan menjadi ruang makan dengan aliran udara alami dari taman.

5. Dapur bertema industrial

Konsep ini memadukan antara gaya industrial dan natural. Gaya industrial terasa dari dinding semen ekspos dan perabot berbahan logam. Selain itu, rak besi untuk menyimpan peralatan makan pun didesain vertikal tinggi guna mengoptimalkan ruang.

Sedangkan, gaya natural muncul dari penggunaan meja kayu dan tirai bambu yang juga berfungsi sebagai partisi. Penggunaan tirai ini pun melindungi dapur dari risiko basah karena air hujan. Secara keseluruhan, dapur semi-outdoor ini tampak serasi dengan hijaunya dedaunan di area taman Anda.

6. Dapur semi terbuka dengan kanopi

Orang biasanya enggan menerapkan konsep semi outdoor karena takut akan tampias saat hujan turun. Namun, hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan kanopi fiberglass. Kanopi dibuat miring agar air bisa segera mengalir dan tidak menghalangi pemandangan. Dengan trik ini, Anda bisa tetap punya dapur semi outdoor tanpa khawatir tampias saat hujan.

7. Dapur dengan partisi kaca

Untuk dapur dengan ukuran ruang yang terbatas, Anda bisa membuatnya “makin luas” dengan memasang partisi berupa pintu kaca geser. Pintu kaca geser ini diletakkan menghadap ke area taman atau halaman Anda. Penambahan pintu kaca akan membuat area dapur tampak lebih luas. Saat dapur terasa panas dan pengap, Anda bisa langsung menggeser pintu dengan mudah untuk melancarkan sirkulasi udara.

Dari tujuh desain dapur semi outdoor minimalis di atas, mana yang jadi favorit Anda? Selama ini, dapur semi outdoor dianggap butuh bujet besar. Namun, dengan pemilihan material yang tepat, Anda pun bisa menghemat bujet. Tidak perlu khawatir, Mitraruma menyediakan material berkualitas dengan harga yang terjangkau. Mulai dari kompor hingga keramik, semuanya tersedia di Mitraruma. Untuk pemesanan, Anda bisa langsung mengunjungi website Mitraruma.

More content