no-script 6 Tips Memilih Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus | Mitraruma

6 Tips Memilih Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus

Artboard 1.png

Pemilihan warna keramik kamar mandi yang bagus akan sangat mempengaruhi tampilan interior kamar mandi Anda. Tampilan interior yang menarik membuat pemiliknya merasa nyaman. Apalagi jika ada tamu yang berkunjung, tentunya Anda akan merasa bangga jika interior Anda mendapatkan pujian.

Istilah keramik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “keramos” yang berarti periuk atau belanga yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Dalam kamus dan ensiklopedi, keramik didefinisikan sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya.

Meski banyak dipakai, Anda tak perlu khawatir penggunaan keramik akan membosankan. Mengapa demikian? Dengan pemilihan pola, jenis, dan kreativitas, tentu keramik lantai bisa memberikan nilai estetis yang nggak kalah dari material flooring lainnya. Wah, menarik ya?

Keramik kamar mandi memiliki beragam motif, warna, dan pola yang bisa Anda atur sesuai keinginan dan tentunya budget yang Anda miliki. Nah, untuk Anda yang ingin memilih keramik kamar mandi untuk rumah idaman tetapi masih bingung mau menggunakan keramik dengan warna dan motif seperti apa, simak penjelasannya berikut in yuk!

Keunggulan Material Keramik

Artboard 2.png

  • Awet dan tahan lama.
  • Mudah dalam perawatan.
  • Tidak mudah kotor.
  • Tersedia dalam beragam motif dan warna.

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Bagus

Memilih keramik kamar mandi yang bagus bisa dibilang susah-susah gampang. Anda harus cermat dalam memilih karena akan berdampak pada ketahanan, ketepatan dan kesesuaian saat diaplikasikan. Tak hanya itu, motif, warna dan ukuran keramik kamar mandi juga akan mempengaruhi suasana ruangan dan mood penghuninya.

1. Kenali Perbedaan antara Keramik Lantai dan Dinding

Artboard 3.png

Umumnya, keramik lantai memiliki tekstur yang kasar. Hal ini berbeda dengan keramik dinding yang bisa lebih banyak bermain dalam hal tekstur. Mulai dari yang licin hingga dove. Biasanya kebutuhan keramik seringkali berbeda khususnya keramik dinding untuk eksterior.

2. Berhati-Hati dalam Memilih Tekstur Keramik

Artboard 4.png

Masih terkait dengan yang sebelumnya, umumnya keramik lantai memiliki tekstur yang kasar. Ruangan kamar mandi yang seringkali basah dan lembab, tentunya akan sangat berbahaya jika menggunakan permukaan yang glossy atau licin.

Memilih keramik kamar mandi yang bagus memang penting. Namun, memperhatikan tingkat keselamatan jauh lebih penting. Pilihlah keramik kamar mandi yang bertekstur kasar sehingga tidak licin meski dalam keadaan basah. Hal ini tentunya agar Anda tidak mudah tergelincir. Ukuran yang tak terlalu besar juga akan membantu memberikan efek kasar pada keramik lantai keramik.

3. Sesuaikan Ukuran Keramik dengan Luas Kamar Mandi

Artboard 5.png

Beragam jenis, ukuran, motif, dan warna keramik kamar mandi beredar di pasaran. Mulai dari yang harga terjangkau hingga yang mahal. Tentunya penting untuk Anda menyesuaikannya dengan ukuran kamar mandi Anda.

Untuk area kamar mandi yang luas, Anda sebaiknya meminimalisir penggunaan keramik dengan ukuran terlalu kecil. Jika Anda tetap menginginkan penggunaan pola keramik kecil, gunakanlah pada sebagian tempat saja sebagai elemen dekoratif.

Nah, untuk Anda yang memiliki kamar mandi kecil bisa lebih mengeksplorasi dalam pemilihan ukuran keramik. Namun, penggunaan keramik berukuran besar untuk kamar mandi kecil bisa sangat boros. Hal ini karena akan ada banyak bagian keramik yang terpotong dan terbuang.

4. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Warna

Artboard 6.png

Memilih motif dan warna keramik kamar mandi lebih mudah daripada memilih motif keramik kamar mandi dinding luar. Hal ini karena area kamar mandi lebih tertutup dan terpisah dari area yang mudah terlihat. Namun, memiliki warna keramik kamar mandi yang bagus juga pastinya idaman semua orang. Maka dari itu, banyak orang yang bermain dengan warna untuk mendesain kamar mandinya.

Hal ini memanglah sangat seru. Tapi kalau ukuran kamar mandi Anda kecil, cara ini malah akan membuat ruangan terasa sumpek. Jika ingin memberikan warna-warna kontras, manfaatkan warna-warna netral seperti putih dan hitam sebagai pasangan untuk menetralkan suasana.

5. Kenali Macam-Macam Bentuk dan Cara Pemasangannya

Artboard 7.png

Meski keramik umumnya berbentuk persegi, Anda bisa bereksplorasi dengan bentuk-bentuk lain seperti persegi panjang atau persegi delapan. Pemasangannya pun bisa diselang-seling.

Hal ini tentunya akan memberikan variasi sambungan keramik yang lebih baik dan akhirnya memberikan tekstur lantai yang lebih tidak licin. Keramik lantai kamar mandi yang tidak licin tentunya akan meminimalisir risiko Anda tergelincir.

6. Pilih yang Perawatannya Mudah

Artboard 8.png

Sebelum membeli keramik kamar mandi, Anda harus mengenali cara perawatan keramik kamar mandi tersebut. Tentunya Anda tidak ingin kan, jika harus kerepotan atau bahkan mengeluarkan budget yang lebih banyak untuk merawatnya.

8 Contoh Warna dan Motif Keramik Kamar Mandi yang Bagus

Adanya modernisasi yang terjadi saat ini telah membuat banyak perkembangan dalam dunia design mode, tidak terkecuali dalam desain keramik kamar mandi. Beragam motif, tekstur, warna, ukuran, dan harga kini beredar di pasaran.

1. Motif Coklat Floral

Artboard 9.png

Dengan menyuguhkan motif floral tentunya akan membuat kamar mandi Anda tidak terkesan monoton. Warna keramik kamar mandi yang dihadirkan pun memanfaatkan warna-warna netral sehingga tidak membuat ruangan terasa sumpek.

Teksturnya yang kasar juga menjadi poin plus mengapa keramik yang satu ini bisa Anda jadikan inspirasi bagus untuk hunian Anda.

2. Motif Hexagon Putih

Artboard 10.png

Keramik motif hexagon yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak menginginkan banyak warna, namun tetap tidak ingin keramik dengan motif polos. Tapi yang perlu diingat adalah Anda harus memperhatikan kebersihan ya, mengingat warnanya yang putih tentu akan mudah terlihat jika terdapat kotoran yang menempel.

3. Keramik Hitam Minimalis

Artboard 11.png

Perpaduan keramik kamar mandi warna hitam dengan kloset duduk berwarna putih dapat memberi kesan elegan pada kamar mandi. Pemilihan warna yang hanya satu tone juga akan menambah kesan minimalis pada kamar mandi.

4. Motif Colorful Khas Timur Tengah

Artboard 12.png

Motif khas timur tengah yang satu ini sangat apik untuk dijadikan aksen pada kamar mandi. Namun perlu diingat nih, pemasangan motif ini full untuk satu ruangan akan membuat kamar mandi Anda terasa sumpek dan terlalu ramai.

Untuk menyiasatinya, Anda sebaiknya mengaplikasikan motif ini hanya pada sebagian sisi saja agar tampilan yang dihasilkan lebih maksimal.

5. Perpaduan Biru dan Putih dengan Motif Salur

Artboard 13.png

Penggunaan warna biru memang masih menjadi favorit masyarakat. Selain memberikan efek ketenangan, biru juga menjadi warna yang membuat ruangan terlihat lebih segar dan bersih.

Model keramik dengan motif salur dengan warna biru dan putih berikut ini dapat membuat ruangan terkesan lebih adem. Selain itu, model keramik ini juga dapat dipadukan dengan cat dinding berwarna putih, serta bathtub dan kloset duduk dengan warna yang sama.

6. Keramik Motif Marmer

Artboard 14.png

Keramik dengan motif marmer memang tak pernah gagal untuk membuat kamar mandi Anda terkesan luxury alias mewah. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi utama.

Selain memberikan kesan mewah, tampilan kamar mandi dengan motif ini memberikan suasana relaksasi yang maksimal tanpa adanya banyak warna maupun motif.

7. Keramik Motif Kayu

Artboard 15.png

Model keramik yang satu ini akan menghadirkan kesan mewah dan menyatu dengan alam. Tak hanya itu, warna dari keramiknya juga mendukung untuk menampilkan kesan yang mewah dan lebih eye-catching.

8. Keramik Terrazzo

Artboard 16.png

Model keramik kamar mandi terrazzo bergaya bisa menjadi alternatif untuk menghadirkan ilusi ruangan yang tampak tenang. corak dan warna yang bervariasi, kelebihan keramik lantai kamar mandi ini adalah jauh dari kata membosankan dan punya gaya artistik tersendiri.

Keramik lantai terrazzo berangkat dari campuran semen dan pasir, dengan pecahan marmer, keramik, kaca dan kulit kerang. Otomatis, variasi model keramik kamar mandi yang dinamis ini bakal bikin kamar mandi Anda kian ciamik.

Tertarik untuk Mewujudkan Salah Satunya?

Memiliki kamar mandi yang bagus tentunya impian semua orang. Banyak orang berlomba-lomba mendesain kamar mandinya menjadi lebih menarik. Mulai dari pemilihan warna, motif, hingga jenis dan ukuran.

Kamar mandi yang bagus juga akan menambah poin plus bagi rumah Anda. Terlebih lagi kamar mandi merupakan area yang cukup sering digunakan. Kamar mandi yang menarik, nyaman dan juga bersih tentu sangatlah penting.

Namun, untuk mewujudkannya seringkali dihadapkan oleh berbagai kendala. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Jasa Desain Rumah & Toko Bahan Bangunan dari Mitraruma untuk membantu Anda. Selain lebih mudah, Anda juga tak perlu repot-repot menentukan dan mengerjakan sendiri. Tunggu apalagi? Wujudkan kamar mandi yang bagus sekarang juga!

More content