no-script Warna Cat Ruang Tamu yang Nyaman dan Tips Memilihnya | Mitraruma

Warna Cat Ruang Tamu yang Nyaman dan Tips Memilihnya

Artboard 1.png

Warna cat ruang tamu sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian dan cita rasa pemilik rumah. Pemilihan warna yang tidak tepat akan membuat ruang tamu Anda tidak nyaman. Tak hanya itu, warna juga memiliki banyak pengaruh lainnya, lho!

Sadjiman Ebdi Sanyoto (2005) mendefinisikan warna secara fisik dan psikologis. Warna secara fisik adalah sifat cahaya yang dipancarkan. Sedangkan secara psikologis warna merupakan bagian dari pengalaman indera penglihatan.

Seiring perkembangan warna-warna cat semakin beragam. Tentunya hal tersebut dapat membuat Anda bingung, bukan? Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan terpercaya. Sebelum itu, simak dulu ulasan berikut ini yuk!

Fungsi Ruang Tamu

Artboard 2.png

Sesuai dengan namanya, fungsi utama ruang tamu adalah untuk menjamu tamu yang datang. Ruangan ini bersifat umum, karena di tempat inilah pemilik rumah menerima kunjungan tamu. Suasana yang dihadirkan disini juga cenderung lebih formal.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Ruang Tamu

Dalam mendesain ruang tamu agar terlihat menarik tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Kesalahan dalam mendesain ruang tamu akan membuat pandangan orang yang datang ke rumah Anda menjadi buruk. Nah, jangan sampai itu terjadi ya! Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pemilihan Warna Cat atau Wallpaper

Artboard 3.png

Salah satu hal penting dalam mendesain interior ruang tamu adalah pemilihan warna cat ruang tamu atau wallpaper dinding. Selaraskan warna cat ruang tamu dengan furniture yang akan dipakai. Hal ini dapat dilakukan untuk menambah suasana ruang tamu menjadi lebih indah.

Perpaduan warna dan bahan material yang digunakan dapat berperan besar dalam menghidupkan suatu ruangan. Dengan adanya kombinasi warna yang seragam, tentunya akan membuat ruangan terlihat semakin menarik dan nyaman.

Beragam tone warna baru kian bermunculan dan menambah banyak pilihan warna untuk cat ruang tamu. Nah berikut ini ada beberapa perpaduan warna cat ruang tamu yang bisa Anda terapkan di rumah impian Anda.

-Lime Green dan White Baby Powder

Artboard 4.png

Warna yang satu ini tentu akan sangat menyegarkan mata, apalagi jika dipadukan dengan warna putih. Agar terlihat semakin eye-catching Anda dapat menggunakan furniture dan dekorasi pendukung dengan warna yang senada. Dijamin deh, ruang tamu Anda pasti akan terlihat sangat menarik. Dan tentunya juga membuat siapapun betah berada disana.

-Soft Pink dan Biru

Artboard 5.png

Perpaduan warna soft yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilkan kesan feminim, namun tidak berlebihan. Tak hanya itu, dua warna lembut ini juga akan memberikan efek tenang dan menyegarkan mata, lho!

-Orange dan Putih

Artboard 6.png

Warna orange identik dengan kesan yang ceria. Kombinasi warna cat ruang tamu orange atau jingga bercampur putih yang satu ini dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih tegas dan fresh.

-Abu-abu dan Putih

Artboard 7.png

Kombinasi warna antara abu-abu dan putih tentu akan membuat ruang tamu Anda terkesan lebih elegan. Gunakanlah perabotan dan furniture yang simple agar ruang tamu Anda terasa lebih nyaman.

-Biru Navy dan Putih

Artboard 8.png

Warna biru navy cocok untuk Anda yang menginginkan ruang tamu dengan nuansa maskulin dan industrialis.

Warna ini tidak terlalu gelap untuk ruang tamu dan mampu memantulkan cahaya natural, sehingga mengisi ruangan dengan sempurna.

-Lilac

Artboard 9.png

Warna cat ruang tamu yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyuguhkan kesan anggun dan feminim pada ruang tamu.

Saat ini, warna lilac sedang menjadi primadona. Selain karena warnanya yang manis, warna lilac juga digandrungi karena warnanya yang unik dan berbeda dibanding shade ungu lainnya.

-Hijau Mint

Artboard 10.png

Hijau mint merupakan salah warna dengan tone yang lembut dan memancarkan suasana yang nyaman, tenang, dan segar. Warna ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyebarkan aura kesejukan dengan menggunakan cat ruang tamu dengan warna hijau mint.

Eits, perlu diingat ya jika Anda ingin memadukan warna hijau mint dengan warna lain maka Anda harus cermat. Mengapa demikian? Karena warna ini tergolong dalam warna yang cerah sehingga harus berhati-hati untuk memilih kombinasi warna cat dinding yang tepat.

-Celery

Artboard 11.png

Celery merupakan warna di antara hijau muda dengan biru teal tua. Anda dapat mencari jenis warna ini di berbagai toko yang menjual cat dinding.

Warna cat ruang tamu ini dapat menjadi warna yang anti-mainstream karena jarang ditemui di rumah-rumah pada umumnya. Anda bisa menggunakannya untuk tampilan rumah yang lebih natural dan segar.

2. Alur sirkulasi

Artboard 12.png

Alur sirkulasi merupakan salah satu hal yang penting dalam mendesain ruang tamu. Alur sirkulasi yang dimaksud disini adalah peletakan pintu dan furniture-nya. Peletakan pintu, sebaiknya terletak sejajar ataupun satu akses menuju bagian privat (ruang keluarga) agar tamu bisa lebih nyaman dan tidak berpindah duduk ketika kita lewat di depan tamu.

3. Jendela dan Ventilasi Udara

Artboard 13.png

Berada di ruangan yang pengap tentu akan sangat tidak nyaman, kan? Nah, penting bagi Anda untuk cermat dalam membuat alur sirkulasi udara yang baik.

Peran jendela dan ventilasi udara terasa sangat penting karena biasanya ruang tamu yang kecil cenderung akan merasa panas. Walaupun tetap bisa juga disiasati dengan penghawaan buatan seperti penambahan kipas angin dan AC.

4. Ketinggian Plafon

Artboard 14.png

Pada awal mendesain ruang tamu hal yang juga harus diperhitungkan adalah ketinggian plafon. Ketinggian plafon harus diperhatikan secara tepat, dan disesuaikan dengan panjang dan lebar ruangan, agar tidak berkesan kecil, terlalu rendah plafon akan berpengaruh pada kesan yang tertekan.

Untuk menghadirkan suasana yang lebih bervariasi penggunaan permainan pada plafon sangat dimungkinkan seperti naik turun, karena pada ruangan yang kecil tidak terlalu jenuh.

5. Pencahayaan

Artboard 15.png

Upayakan ruang tamu lebih terang dari ruangan lain, karena ini akan memberi efek psikologis lapang pada ruangan. Sebaliknya, suasana gelap justru memicu efek sesak. Tata letak pencahayaan yang baik adalah pencahayaan yang tetap terang namun tidak silau dan membuat mata sakit.

6. Lantai

Artboard 16.png

Lantai ruangan Anda bisa kombinasikan dengan desain dan material apa saja, tetapi sebaiknya dengan yang mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan flek atau bercak serta bau-bau kelembaban pada material atau ruangan.

Untuk Anda yang ingin melihat berbagai jenis lantai, sekarang tak perlu bingung lagi, lho! Di Mitraruma, tersedia lantai granit, keramik, vinyl, dan masih banyak lagi untuk rumah menyempurnakan rumah idamanmu.

7. Tata Letak Furniture

Artboard 17.png

Seringkali kita mudah tergiur akan beragam furniture unik yang tersedia di pasaran. Tanpa sadar kita telah menimbun banyak furniture yang sebenarnya tidak kita perlukan dan membuat ruang tamu semakin sempit.

Maka dari itu harus diingat, jangan menggunakan furniture yang terlalu besar, sehingga terkesan sempit. Selanjutnya, jangan menggunakan furniture yang menyebabkan ruangan kotor. Hal ini karena ruang tamu merupakan media pertama dalam pertemuan visual yang akan diingat oleh para tamu.

Yuk, Ganti Cat Ruang Tamu Anda Sekarang Juga!

Selain untuk merepresentasikan kepribadian pemiliknya, warna juga memiliki banyak dampak bagi psikologis manusia. Pemilihan warna yang tepat tentu akan membuat siapapun nyaman. Seringkali kita bahkan melakukan renovasi untuk mendekorasi dan mengecat ulang agar tidak bosan.

Agar pekerjaan tersebut terasa ringan dan mudah, Anda bisa menggunakan Jasa Renovasi Rumah & Bangunan. Mitraruma akan membantu Anda untuk mewujudkan ruang tamu yang nyaman. Tentunya dengan berbagai macam produk berkualitas, ya!. Yuk, belanja dan konsultasikan di Mitraruma sekarang juga! Beragam promo menarik telah menanti Anda.

More content