no-script Tips Rumah Nyaman untuk Kesehatan Fisik dan Mental | Mitraruma
Mitraruma

Tips Rumah Nyaman untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tips rumah nyaman bisa membantu kita lebih sehat secara fisik maupun mental. Tentunya, rumah bisa dibuat nyaman dengan usaha dari penghuninya. Terdapat berbagai kondisi yang bisa membuatmu nyaman di rumah.

Di antaranya, yaitu desain, penataan interior, serta pemilihan warna yang sesuai. Nah, tiga hal tersebut bisa membantumu merasa makin nyaman, tentunya dengan kualitas interior dan suasana yang ditimbulkan dari cat yang baik.

Cara Memanfaatkan Rumah untuk Psikologis

Ayo buat rumahmu menjadi tempat pulang paling baik! Hal ini bisa membantumu lebih tenang dan mempersiapkan diri untuk hari esok yang lebih baik lagi. Terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan, lho. Intip tips rumah nyaman di bawah!

1. Dekorasi Tiap Ruangan

Artboard 2.png

Untuk memaksimalkan kenyamanan kamu di rumah, cobalah tips rumah nyaman yang pertama, yaitu dengan cara mendekorasi seluruh ruangan di rumah. Tak perlu dekorasi berat, kok. Jika kamu sibuk atau lelah, lakukan dulu saja dekorasi kecil-kecilan dengan memajang hal-hal kesukaan kamu.

Lakukan dekorasi bahkan pada ruangan yang jarang kamu kunjungi. Biasanya, ruangan-ruangan ini kita biarkan saja. Padahal, ruangan yang tak terurus berdampak buruk pada pemilik rumah, terutama secara psikologis: mudah lelah, tak bersemangat, dan lainnya.

Sebab itulah, tak ada salahnya mencoba mendekorasi ruangan-ruangan tersebut. Seadanya saja sesuai barang yang kamu miliki dulu, supaya ruangan itu tampak lebih “hidup”.

2. Pilih Warna Lembut

Artboard 3.png

Siapa yang menolak rumah yang tampak asri dan nyaman? Rumah dengan karakter seperti ini tentu melibatkan warna cat sebagai komponen penting yang patut dipikirkan matang-matang.

Pada dasarnya, setiap warna memiliki kesan unik tersendiri. Misalnya, warna putih yang terkesan bersih, abu-abu yang nyaman dan sejuk, atau warna merah muda yang ceria sekaligus menyenangkan.

Untuk mengoptimalisasi tips rumah nyaman serta keindahan rumah, cobalah menciptakan tema tertentu berdasarkan warna cat yang hangat dan lembut.

3. Perbanyak Ruangan Terbuka

Artboard 4.png

Barangkali sulit dipercaya, tetapi ruangan terbuka di rumah bisa membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih tenang. Hal ini disebabkan udara yang berasal dari luar rumah masuk dan memutar sirkulasi udara yang lancar.

Sebenarnya, udara yang terperangkap di dalam rumah bisa lebih berbahaya daripada udara di luar. Kamu bisa saja merasa pengap dan pusing karena udara yang sama dalam waktu tertentu.

Sebab itu, usahakan jendela berfungsi dengan baik agar bisa dibuka setiap hari dan melancarkan sirkulasi udara. Bila perlu, cobalah membangun ruangan terbuka yang bisa membuat cahaya dan udara alami masuk ke rumah.

4. Pajang Barang Bernilai Personal

Artboard 5.png

Kamu bisa, lho, membuat rumah seolah menjadi teman setia yang menampung kisah-kisah dan momen dalam hidupmu. Rumah bisa dibuat lebih istimewa dan benar-benar terasa seperti “rumah”, tempat kamu beristirahat dan menjadi diri sendiri.

Caranya? cobalah memajang barang-barang yang mengingatkan dirimu akan masa-masa indah atau keluarga. Kamu juga bisa memajang quotes inspiratif dari tokoh-tokoh atau bahkan idolamu sendiri. Sebuah saran bagus untuk para fangirl, nih.

Coba juga memajang pernak-pernik pemberian orang terdekat dan foto-foto berisi momen mengesankan bersama keluarga.

5. Letakkan Tanaman di Rumah

Artboard 6.png

Selain berfungsi sebagai hiasan alami, tanaman yang kamu hadirkan di rumah juga bisa membantumu refreshing dengan mengurus mereka di saat tertentu. Kamu pun bisa menjadi pribadi yang lebih tenang dan menghargai benda-benda di sekitarmu.

Kamu pemula yang belum tahu cara merawat tanaman di rumah? Jangan khawatir, kamu bisa meminta bantuan dari keluarga, kerabat, atau teman untuk membantu meningkatkan pengalamanmu dalam merawat tanaman.

Wujudkan rumah yang nyaman dengan berbagai tanaman di rumah. Sertakan juga wadah-wadah tanaman yang cantik sesuai seleramu.

6. Hias Lantai Rumah

Artboard 7.png

Lantai juga bisa membuat perbedaan besar pada rumah kamu. Cobalah ubah tampilan lantai dengan memakai motif berbeda atau menggunakan karpet. Lantai yang enak dipandang akan membantumu merasa nyaman dan menikmati waktu di rumah.

Tak cuma di ruang utama atau ruang tamu, cobalah menambahkan karpet pada dapar atau ruang kerja. Bagi pegiat work from home, siasat ini bisa membantu meningkatkan rasa nyaman saat bekerja, lho.

7. Tentukan Spot Favorit Kamu

Artboard 8.png

Kaum milenial pernah, enggak, nih, merasa super suntuk karena pekerjaan atau tugas? Sayangnya, situasi pandemi membuat kamu tidak bisa banyak pergi ke luar rumah untuk refreshing.

Padahal, kadang kamu juga punya destinasi favorit langganan yang menjadi tempat untuk melepas penat. Meski begitu, jangan khawatir, ya! Sebagai gantinya, kamu bisa membuat spot itu sendiri di rumah.

Siapkanlah satu ruangan dengan memikirkan dirimu sendiri. Apa yang kamu sukai? Warna dan suasana apa yang kamu inginkan? Jadikanlah sudut di rumah itu sebagai tempat favorit yang bisa kamu pakai sambil membaca buku, menikmati teh, atau mendengarkan musik.

Yuk, Dekorasi Rumah untuk Suasana Hati yang Lebih Baik.

Untuk membantumu menerapkan seluruh tips rumah nyaman serta mendekorasi rumah agar indah, Mitraruma menyediakan berbagai cat dengan pilihan warna beragam. Kami juga punya bantal sofa dengan bentuk yang imut atau karpet berbagai motif. Cek situs Mitraruma sekarang!

More content