no-script Berbagai Tips Menghias Kamar agar Estetik! | Mitraruma
Mitraruma

Berbagai Tips Menghias Kamar agar Estetik!

Artboard 1.png
Tips menghias kamar ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi untuk mendapatkan desain kamar yang estetik, lho! Kamar sebagai tempat beristirahat, biasanya juga biasa digunakan untuk berbagai aktifitas seperti bekerja. Oleh karena itulah, Anda harus sangat memperhatikan desain serta hiasan yang Anda gunakan di kamar karena dapat berpengaruh pada mood Anda nantinya.

Salah satu fakta menarik yang perlu Anda tahu adalah rata-rata orang tidur selama 8 jam perhari. Hal itu berarti sepertiga dari waktu hidup Anda, Anda habiskan di dalam kamar tidur. Maka dari itu, Anda tak boleh sembarangan dalam mendesain serta menghias kamar tidur!

Kondisi kamar tidur yang nyaman, bersih, serta estetik tentu saja akan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda. Memiliki kamar tidur yang sempurna akan membuat hari Anda semakin baik, lho! Yuk, simak berbagai tips menghias kamar tidur ala Mitraruma!

Tips Menghias Kamar Tidur yang Sempit

1. Memilih Model Kasur yang Tepat

Tips menghias kamar yang sempit pertama adalah dengan menggunakan kasur yang tepat. Untuk kamar yang sempit, Anda bisa menggunakan kasur lipat, kasur tanpa headboard, atau kasur tanpa ranjang. Dengan begitu, tentunya akan sangat menghemat tempat.

2. Manfaatkan Dinding

Tips menghias kamar tidur yang sempit selanjutnya adalah memanfaatkan dinding kamar. Anda bisa menghadirkan perabotan atau dekorasi ruangan yang bisa ditempelkan di dinding.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan lemari built-in atau lemari tanam. Tentunya agar lebih menghemat tempat dan terlihat unik secara bersamaan.

3. Pasang Cermin

Selain untuk berkaca, cermin mampu membuat kamar sempit terlihat lebih luas akibat efek ilusi yang ditimbulkannya. Meski ukuran kamar tidur sebenarnya sempit, meletakkan cermin dapat memberikan efek luas dan lega.

4. Jangan Menggunakan Furnitur atau Hiasan Berukuran Besar

Menggunakan furnitur dan hiasan yang terlalu besar hanya akan membuat kamar terasa sempit. Maka dari itu, pilihlah furnitur atau hiasan yang memang berukuran kecil.

5. Gunakan Warna-warna Cerah

Penggunaan warna-warna cerah terbukti dapat membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas dan tidak sesak. Tips menghias kamar tidur yang sempit dengan warna cerah ini sangat mudah.

Anda bisa menggunakan warna cerah seperti putih, kuning, pink, atau biru muda pada bagian dinding, lantai, beberapa furnitur, bahkan untuk selimut atau sprei. Bahkan, Anda bisa mengaplikasikannya lewat warna cat kamar lho!

6. Pasang Jenis Tirai yang Tepat

Memilih tirai untuk kamar yang sempit harus hati-hati. Caranya adalah dengan menggunakan tirai berwarna cerah. Lalu, gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meski jendelanya berukuran kecil.

Selain itu, pilih juga jenis tirai yang pas untuk ukuran kamar. Bila perlu, Anda bisa memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta lebih sempurna.

7. Gunakan Seprai Minim Motif

Seprai dengan motif dan warna-warna mencolok dapat membuat kamar tidur terkesan penuh. Apalagi, ketika warnanya kontras dengan cat dinding kamar tidur yang sempit. Jadi, apabila ingin memberikan kesan lega dan luas, gunakan seprai dengan motif polos atau minim motif.

8. Pilih Furnitur Multifungsi

Ukuran kamar tidur yang sempit membuat Anda harus pintar memilih furnitur. Mana yang penting dan tidak, serta furnitur apa saja yang bisa multifungsi. Salah satu tips menghias kamar tidur sempit berikutnya dengan furnitur multifungsi adalah menggunakan meja rias sebagai nakas.

9. Letakkan Furnitur Mepet ke Dinding

Usahakan menempatkan furnitur besar seperti tempat tidur, meja belajar, lemari dan sebagainya mepet ke dinding kamar. Ruang gerak pun menjadi lebih leluasa karena setiap furnitur tertata di setiap sudut dan menempel pada dinding kamar tidur.

10. Memanfaatkan Penerangan Alami dan Buatan

Tips menghias kamar sempit yang terakhir adalah dengan memanfaatkan penerangan alami dan buatan. Selain kamar terlihat lebih terang, sinar penerangan alami bisa membuat kuman-kuman menghilangkan kamar tidur terhindar dari kelembaban.

Tips Menghias Kamar Tidur dengan Budget yang Terbatas

1. Manfaatkan Furnitur atau Dekorasi yang Masih Bisa Digunakan

Menghias kamar bukan berarti Anda harus mengganti furnitur dan dekorasi. Pada dasarnya kamar juga membutuhkan hal-hal yang sama seperti kasur, lemari pakaian, atau meja.

Bila furnitur yang Anda miliki masih bisa dipakai, atau lampu LED masih bisa bersinar dengan baik, tidak perlu menggantinya dengan yang baru. Anda tetap bisa mengkreasikan furnitur lama jadi hiasan rumah yang dekoratif.

2. Buatlah Kolase Foto

Daripada potret momen kebersamaan dengan teman dan keluarga hanya tersimpan di ponsel, lebih baik cetak dan jadikan sebagai hiasan kamar! Cetak dan susunlah foto-foto favorit Anda semenarik mungkin. Tak hanya membuat kamar semakin hidup, dekorasi kamar low budget satu ini juga bisa jadi mood booster lho!

3. Pasang Lampu Hias

Tips menghias kamar dengan budget terbatas ini pasti sudah tak asing lagi. Belakangan, kehadiran lampu untuk dekorasi ini begitu hits. Selain mudah dicari, harganya juga sangat terjangkau.

Pasanglah lampu hias pada dinding atau pun atap kamar dengan membentuk suatu pola. Pilihlah warna lampu hias yang membuat matamu nyaman. Tak hanya membuat kamar terlihat estetis, lampu hias ini juga menarik banget buat lampu tidur.

4. Berkreasi dengan selotip

Suasana kamar Anda akan berubah dengan selotip warna-warni yang dibentuk pola sesuai kreativitas. Meski sederhana, tips ini bisa membuat kamarmu tampak aesthetic dengan gaya minimalis lho!

5. Hadirkan Elemen Alam

Untuk tips menghias kamar selanjutnya, Anda bisa menghadirkan elemen alam pada kamar. Lho, bagaimana caranya? Anda bisa menghadirkan tanaman hias mungil seperti kaktus atau sukulen.

Tak hanya mudah merawatnya, tanaman hias ini harganya sangat terjangkau. Pot maupun tanamannya juga semakin beragam, sehingga akan membuat tampilan kamar Anda cantik.

6. Berkreasi dengan Stik Es Krim

Dengan kreativitas, stik es krim bisa dikreasikan sebagai hiasan kamar sekaligus wadah. Tumpuklah stik es krim untuk membuat wadah berbentuk segiempat atau segi lima. Anda juga bisa menghiasnya dengan pita, manik-manik, tinta timbul, atau pun kreasi lainnya.

7. Manfaatkan Sticky Notes Warna-warni

Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan sticky notes? Jika ya, tak ada salahnya nih mengkreasikannya sebagai dekorasi kamar. Selain unik, hal yang satu ini juga sangat irit budget lho.

Tips Menghias Kamar Tidur agar Terlihat Aesthetic

1. Pilih Furnitur Berukuran Rendah

Artboard 2.png
Tips menghias kamar agar aesthetic yang pertama adalah memilih furnitur dengan ukuran rendah atau kecil. Contohnya yaitu, coffee table yang minimalis. Atau coba letakkan meja lipat yang bisa Anda gunakan untuk kerja atau belajar agar tidak memakan terlalu banyak tempat.

2. Ingat Konsep Minimalisme

Artboard 3.png
Tips menghias kamar agar aesthetic yang satu ini penting untuk diingat. Memastikan dekorasi kamar tetap sederhana adalah kunci mendapatkan ruangan yang aesthetic.

Membiarkan tempat tidur sesimpel mungkin dan menambahkan beberapa selimut berbulu halus serta bantal sebagai gantinya, juga jadi salah satu tips dekorasi kamar agar aesthetic.

3. Pilih Warna Dinding Bernuansa Netral

Artboard 4.png
Ciri khas kamar nan aesthetic terletak pada dindingnya yang didominasi warna netral. Anda bisa memilih warna dinding atau wallpaper dengan warna putih atau beige. Warna-warna netral ini akan memberi kesan kamar yang clean dan rapi.

Bagi para pecinta warna-warni, Anda juga bisa mengecat dinding kamar dengan warna pastel agar terlihat lebih soft, dibanding memilih warna yang terlalu bold.

4. Pastikan Tetap Terorganisir

Artboard 5.png
Untuk mendapatkan kamar yang aesthetic, sudah pasti Anda harus memastikan barang-barang di kamar tetap teratur dan tertata rapi. Jangan lupakan juga soal kebersihan ruangan, ya!

5. Tambahkan Lilin Aromatherapy

Artboard 6.png
Tips menghias kamar agar aesthetic selanjutnya adalah dengan menambah hiasan seperti lilin terapi aroma. Estetika bukan hanya soal penampilan yang kasatmata, melainkan juga mencakup aroma.

Pilih lilin dengan wangi terbaik atau yang sesuai selera Anda. Letakkan lilin itu di meja samping tempat tidur, atau sudut ruangan. Selain aesthetic, Anda juga bisa langsung merasakan efek relaksasinya.

6. Pasang Lampu Tumblr

Artboard 7.png
Memasang lampu tumblr tak memerlukan budget yang besar. Meskipun tersedia harga ratusan ribu, Anda tetap bisa menemukan lampu tumblr dengan harga puluhan ribu. Anda juga bisa dengan mudah membelinya di toko online. Selain bagian dari tips dekorasi kamar agar aesthetic, lampu hias juga bisa menjadi light sleeper.

7. Ciptakan Pencahayaan Hangat

Artboard 8.png
Selain menggunakan lampu hias, perhatikan juga pencahayaan ruangan Anda. Untuk menciptakan dekorasi kamar yang aesthetic, gunakan lampu yang bernuansa hangat. Anda dapat mendapatkan suasana hangat itu dengan memilih lampu kuning dibanding lampu putih.

8. Hadirkan Cermin Aesthetic

Artboard 9.png
Anda bisa menghadirkan cermin aesthetic di kamar Anda. Selain untuk bercermin, kehadirannya juga bisa Anda jadikan sebagai spot OOTD yang pastinya instagramable sekali. Pilihlah cermin dengan bingkai yang unik atau standing mirror yang sangat cantik.

Jadikan Kamar Tidurmu Menjadi Tempat Favorit Dirumah!

Berbagai tips menghias kamar tidur diatas sangat cocok bagi Anda yang memiliki luas kamar yang cukup sempit ataupun memiliki budget yang relatif terbatas. Kamar yang nyaman tentu saja akan membuat Anda dapat memulai aktifitas dengan lebih bersemangat setiap harinya.

Bagi Anda yang memerlukan bantuan untuk menghias kamar tidur, Mitraruma selalu siap sedia! Sebagai penyedia Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Indonesia, Mitraruma juga menawarkan berbagai Promo Bulanan yang dijamin menarik, lho!

More content