no-script 7 Tips Menata Rumah Agar Selalu Rapi | Mitraruma
Mitraruma

7 Tips Menata Rumah Agar Selalu Rapi

Artboard 1.png
Tips menata rumah agar selalu rapi memang memerlukan ketelatenan. Beberapa dari kita sering tidak sadar bahwa merapihkan adalah bagian dari suatu keahlian yang menuntut ketekunan yang menghasilkan kesadaran diri yang tinggi. Selain itu, Anda juga wajib memperlengkapi diri dengan beberapa keahlian dalam mendesain interior dan hunian Anda. Nah, berikut adalah tips dan trik menata rumah agar selalu rapih!

Tips Menata Rumah Biar Makin Cantik!

Desain rumah kekinian dan modern di atas tentu sangat menarik, bukan? Namun apalah arti desain yang menarik jika tak diimbangi dengan penataan yang tepat. Berikut ini tips menata rumah yang tepat. Jangan lupa di praktekan ya!

1. Buat Pola Ruangan yang Sederhana

Artboard 2.png
Menggunakan pola ruangan yang terlalu rumit hanya akan membuat rumah terasa tak nyaman. Hindarilah penggunaan pola yang terlalu kompleks atau rumit karena membuat ruangan terkesan ruwet. Minimalis dan tertata adalah kunci utama membuat hunian menjadi cantik.

Jika terlalu banyak pola dalam ruangan ini justru membuat hunian terasa gerah. Anda cenderung bosan dan tentunya pusing. Pola yang terlalu banyak cenderung membuat Anda merasa kurang fokus. Jadi, perhatikan pentingnya memiliki desain yang minimalis tentunya bisa membuat konsentrasi tidak terpecah.

2. Perhatikan Pemilihan Warna Cat

Artboard 3.png
Tips menata rumah yang kedua adalah memperhatikan penggunaan warna cat. Seringkali Anda akan tergiur dengan warna–warna yang sedang hype. Akhirnya, tanpa sadar Anda memasukan terlalu banyak warna ke dalam ruangan.

Pilihlah warna-warna yang memang sesuai dengan konsep rumah dan juga karakter Anda. Dengan begitu Anda tak terlalu pusing untuk memilih warna yang tepat. Jika ingin melakukan kombinasi warna cat, pertimbangkanlah dengan cermat. Asal-asalan memberi warna dapat membuat rumah Anda menjadi nampak membosankan.

3. Simpanlah Barang-barang Pada Suatu Tempat

Artboard 4.png
Tips menata rumah yang satu ini merupakan hal yang sangat penting untuk diingat. Tentu Anda bisa membayangkan, bagaimana jika terdapat banyak barang yang berceceran dalam ruangan. Pastinya akan membuat rumah terlihat berantakan.

Nah untuk menghindari kesan berantakan, Anda bisa menyimpan barang-barang tersebut ke dalam kotak penyimpanan. Sebelumnya, Anda bisa terlebih dahulu menyortirnya agar memudahkan Anda ketika membutuhkannya.

4. Perhatikan Pemilihan Furnitur

Artboard 5.png
Keberadaan furnitur dalam suatu ruangan akan memberikan dampak besar terhadap suasana di ruangan tersebut. Hadirkanlah furnitur yang fungsional. Selain itu, pertimbangkan juga dimensinya. Apakah sesuai dengan ruangan Anda atau tidak.

Pemilihan furnitur tentunya sangat krusial, jika menumpuk terlalu banyak furnitur, Anda bisa membuat ruangan menjadi sulit dibersihkan selain ruangan juga terasa sempit. Jadi, pastikan saat memilih furnitur Anda wajib mempertimbangkan fungsi dan kegunaan dari furnitur yang hendak digunakan.

5. Memaksimalkan Penggunaan Klem Kabel

Artboard 6.png
Kabel-kabel dari aneka peralatan elektronik yang dibiarkan begitu saja akan membuat rumah terlihat berantakan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki anak kecil, hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat terjatuh. Atau bahkan tersetrum.

Oleh karena itu, manfaatkanlah klem kabel dan juga kabel ties untuk merapikan kabel yang berantakan. Agar tetap terlihat estetis, Anda bisa menyamarkan klem kabel dengan menyamakan warnanya dengan kabel yang ada.

6. Pastikan Sirkulasi Udara Terjaga dengan Baik

Artboard 7.png
Meski Anda telah menata rumah dengan rapi dan indah, tentu saja belum sempurna jika rumah masih terasa lembab. Dalam menata rumah, sirkulasi udara menjadi salah satu hal yang utama. Jangan sampai rumah cantik tapi kurang sehat.

Buka jendela setiap pagi agar cahaya matahari dan pergantian udara dapat masuk dengan lancar. Terkait hal ini, Anda juga disarankan menggunakan pintu dan jendela yang besar.

7. Meminimalisir Penggunaan Sekat

Artboard 8.png
Tips menata rumah yang terakhir yaitu meminimalisir penggunaan sekat atau partisi ruangan. Ketika menata rumah, biarkan saja ruangan-ruangan tampak lebih legah. Hal itu dapat menimbulkan ilusi ruangan yang lebih lapang.

Alternatifnya, Anda bisa membedakan ruangan dengan menggunakan warna lantai atau karpet yang berbeda. Hal ini secara sederhana dapat diartikan sebagai pembatas.

Selain itu, Anda juga dapat leluasa menata rumah dan memadupadankan konsep antar ruangan. Sehingga secara keseluruhan, rumah akan tampak memiliki konsep yang utuh dan jelas.

8. Desain Rumah Modern dengan Prefab Minimalis

Artboard 9.png
Rumah prefab disebut juga rumah modular yaitu rumah yang konstruksinya dibangun secara cepat dengan modul yang merupakan hasil dari industri pabrik. Konsep desain modern ini memang biasanya digunakan untuk restoran. Namun, untuk desain rumah sendiri Anda bisa menggunakan

Jika Anda ingin membuat rumah dalam waktu yang singkat, desain ini adalah pilihan yang tepat. Kelebihan lainnya yaitu rumah ini berbiaya rendah dan dapat Anda perluas dengan fleksibel. Terlebih lagi, desainnya yang sangat modern mampu menarik perhatian orang-orang.

9. Desain Kekinian dengan Atap Limas

Artboard 10.png
Limas adalah sebuah bangun ruang yang memiliki bentuk menyerupai segitiga. Sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh sebuah alas yang berbeda-beda dan sisi-sisi tegak dengan bentuk segitiga. Rumah dengan atap berbentuk limas akan terlihat berbeda dan lebih mewah. Anda bisa mencontek desain yang satu ini jika bosan dengan desain rumah yang monoton. Sebenarnya desain dengan atap limas ini diterapkan pada hunian modern seperti kavling.

10. Desain Minimalis Kontemporer

Artboard 11.png
Ingin rumah yang sederhana namun tetap terlihat modern? Cobalah inspirasi desain yang satu ini. Desain rumah ini membuat hunian terlihat elegan dalam kesederhanaan namun tetap modern dan menarik. Desain ini juga menghadirkan hunian minimalis dengan fasad putih dan sentuhan kayu pada bagian pintu rumah. Untuk menyiasati hunian yang berukuran kecil, Anda bisa menggunakan banyak jendela berukuran besar sehingga hunian terlihat luas dari luar.

11. Rumah Tema Monokrom

Artboard 12.png
Tak ingin rumah yang terlalu mencolok? Atau bahkan Anda pecinta warna monokrom? Desain yang satu ini wajib untuk Anda coba. Tanpa perlu menghadirkan banyak warna, rumah Anda tetap akan terlihat kekinian.

Anda bisa menghadirkan banyak kaca pada fasad rumah. Tak hanya pada bagian jendela, Anda juga bisa menerapkannya pada pintu rumah. Desain ini juga sangat cocok untuk Anda yang mempunyai hunian mungil. Anda bisa menggunakannya pada

12. Rumah Kekinian Modern yang Asri

Artboard 13.png
Desain rumah kekinian modern yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan rumah yang asri dan menyatu dengan alam. Anda dapat mengatasi hiruk pikuk dan polusi udara perkotaan dengan membuat ruang hijau di rumah.

Selain itu, tanaman juga dapat membuat Anda tambah rileks dan santai. Rumah dengan area terbuka hijau bisa Anda jadikan spot kumpul keluarga yang nyaman. Tambahkan juga elemen dekorasi cantik seperti bangku taman.

13. Rumah Modern dengan Sentuhan Batu Alam

Artboard 14.png
Penggunaan batu alam sebagai elemen suatu bangunan memang sudah tak diragukan lagi. Selain dapat menciptakan nilai seni, rumah juga akan terlihat berbeda dari yang lain. Anda bisa memberikan sentuhan batu alam pada fasad rumah.

Hal itu akan membuat hunian jadi terlihat elegan dan natural. Namun, warna batu alam cenderung memiliki palet warna yang gelap. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa menggunakan cat rumah yang bernuansa netral dan memiliki warna yang lembut.

  1. Rumah Modern dengan Rooftop
    Artboard 15.png
    Berdasarkan definisi bahasa, rooftop adalah bagian paling puncak sebuah bangunan. Sesuai artinya, roof bermakna atap dan top berarti puncak. Rooftop dalam bangunan dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan toren air, jemuran, bahkan juga area bersantai.

Anda bisa menghadirkan spot bersantai dilengkapi dengan kursi yang nyaman untuk memungkinkan Anda menikmati pemandangan yang indah. Apalagi jika Anda termasuk penikmat senja. Desain ini tentu akan sangat cocok untuk Anda.

15. Rumah dengan Bukaan Besar

Artboard 16.png
Rumah dengan bukaan besar tentu akan membuat rumah Anda lebih sehat. Mengapa demikian? Rumah dengan bukaan besar tentunya membuat sirkulasi udara di dalam rumah semakin bagus. Kuman pun pasti tak akan betah.

Anda juga bisa menghadirkan pintu atau jendela geser. Jendela ini mampu membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pemakaian listrik pada siang hari karena cahaya matahari dapat masuk dengan mudah.

Menata Rumah Memang Butuh Seni!

Memiliki rumah yang berantakan tentu akan membuat siapapun tak nyaman berada di dalamnya. Maka dari itu, tips menata rumah di atas bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Jika Anda tak punya waktu untuk melakukannya, lakukanlah secara bertahap. Dengan begitu, Anda tetap bisa menata rumah dengan baik di sela-sela waktu luang Anda. Perlu diingat juga ya, rumah yang tertata dan terawat dengan baik akan berpengaruh besar terhadap produktivitas dan kesehatan Anda. So, jangan lupa menata rumah Anda ya!

More content