no-script 20 Tips Menata Kamar Sempit agar Lebih Space Saving | Mitraruma

20 Tips Menata Kamar Sempit agar Lebih Space Saving

Artboard 1.png
Tips menata kamar sempit berikut ini tentu akan membantu Anda dalam mendekorasi kamar. Area yang terbatas memang seringkali menuntut Anda untuk lebih kreatif. Namun, dengan niat dan usaha yang tepat, Anda tetap bisa membuat kamar terasa nyaman.

Menurut KBBI, kamar tidur adalah bilik tempat tidur. Kamar tidur merupakan ruangan di dalam rumah yang tergolong dalam area privat. Mengingat fungsi utamanya sebagai tempat untuk beristirahat, kamar tidur perlu didesain senyaman mungkin bagi penghuninya

Berbeda dengan ruang-ruang yang lain, kamar tidur bersifat sangat pribadi. Bagaimana desain kamar tidur yang ideal? Dan bagaimana tips menata kamar sempit? Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendesain kamar tidur.

Tips Menata Kamar Sempit dengan Trik Desain!

1. Lemari Tanam dibawah Kasur

Artboard 2.png
Salah satu cara untuk menghidupkan kamar sempit adalah dengan permainan dekorasi yang kreatif. Baik pada dinding, maupun langit-langit ruangan. Dekorasi kamar sempit dengan kehadiran lemari tanam yang unik akan membuat Anda betah berada di kamar.

Nah, salah satunya dengan menempatkan lemari dibawah kasur. Dengan memiliki penyimpanan di bawah kasur, ini membuat Anda hemat tempat dan tidak boros karena membuang tempat. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membeli lemari pakaian untuk kebutuhan sehari-hari. Kecuali, kebutuhan pakaian untuk bepergian yang mengharuskan Anda menggantungnya.

Jadi, Anda bisa membeli gantungan pakaian untuk dipasangkan di tembok, pastikan tidak terlalu banyak baju untuk digantung. Hal ini bisa membuat ruangan Anda menjadi sarang nyamuk.

2. Gunakan Cat Warna Terang

Artboard 3.png
Kamar sempit ada baiknya menggunakan konsep desain mini studio. Dengan konsep mini studio yang memiliki warna bercorak dua, ini membuat konsep kamar Anda menjadi lebih terang dan rapih.

Selain itu, konsep kamar artsy dan terbuka juga bisa Anda gunakan untuk memberikan penerangan yang cerah agar kamar Anda menjadi lebih bersemangat dan lebih produktif. Anda dapat mengakalinya dengan mengadakan jendela yang tidak perlu besar namun vertikal.

3. Rak Vertikal Sudut

Artboard 4.png
Memaksimalkan area lantai dengan menempelkan rak pada bagian-bagian sudut ruangan. Nah dengan adanya rak vertikal sudut, Anda dapat menghemat ruangan agar membuat penyimpanan dalam ruangan lebih maksimal. Hindari untuk menempatkan terlalu banyak furnitur dalam ruangan karena ini dapat membuat ruangan menjadi terasa penuh. Dengan menggunakan rak vertikal sudut sebenarnya

4. Kamar Sempit Gunakan Meja Gantung

Artboard 5.png
Jika memiliki kamar sempit ada baiknya Anda menggunakan meja gantung untuk memaksimalkan ruang di kamar Anda. Pastikan rak Anda dapat memuat barang-barang yang memang perlu dan dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan meja tanpa kaki agar tidak memakan tempat. Jika perlu pilih meja yang bisa dilipat ke dinding. Tentunya agar ruangan terlihat lebih luas, ya.

5. Dominasi Warna Putih

Artboard 6.png
Dominasi warna putih pada kamar tentunya akan membuat hunian Anda menjadi lebih bersih, terang dan menarik. Warna putih yang netral juga cocok untuk membangun suasana ruangan menjadi lebih tenang. Nah, untuk memberi warna pada ruangan, ada baiknya untuk Anda memulainya dengan persentase 60-30-10. Persentase ini membantu Anda untuk menyesuaikan warna dominan utama yaitu 60% harus mendominasi misalnya putih.

Selanjutnya 30% warna dialokasikan untuk memberi aksen tidak kaku, Anda dapat memilih warna yang sama untuk beberapa tempat seperti kursi, meja hingga lemari. Anda bisa memilih warna coklat untuk dikombinasikan. Selanjutnya untuk 10%, khusus warna-warna itu ada baiknya memilih warna pucat, seperti misalnya kuning pucat atau cokelat pucat. Untuk peletakannya, Anda bisa menggunakannya pada bantal.

6. Kamar Sempit dengan Wardrobe Terbuka

Artboard 7.png
Penggunaan lemari seringkali membuat kamar Anda terlihat semakin sempit. Namun, jangan khawatir! Sebagai alternatifnya Anda bisa menyimpan pakaian dalam rak terbuka.

Untuk baju, Anda bisa menggunakan rak gantung. Lalu dan untuk tas atau sepatu, Anda bisa gunakan etalase tanpa sekat. Jangan lupa juga untuk mengecat dinding dengan warna putih agar ruangan terasa lebih cerah dan luas.

7. Kamar Sempit dengan Wallpaper Cantik

Artboard 8.png
Jika Anda terlalu malas untuk menambahkan elemen dekorasi lain, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan wallpaper saja. Dengan wallpaper yang tepat, kamar Anda akan terasa lebih hidup. Kamar Anda juga akan terlihat lebih artistik.

Nah, penggunaan wallpaper sendiri disarankan untuk memilih wallpaper yang memiliki motif. Dengan adanya motif atau pola, Anda membuat hunian menjadi lebih hidup dan tidak membosankan. Namun, hindari mengaplikasiannya secara menyeluruh. Usahakan untuk mengkombinasikannya dengan menggunakan cat warna yang netral dan tidak terlalu mencolok.

8. Hindari Menempatkan Terlalu Banyak Barang

Artboard 9.png
Tips menata kamar sempit agar terlihat luas yang pertama adalah jangan menempatkan terlalu banyak barang di ruang tersebut. Pilihlah perabotan yang penting, agar tidak memenuhi ruangan kamar. Jika memiliki banyak barang, pastikan untuk menempatkannya dalam bentuk yang sudah terkategori. Sehingga, Anda tidak perlu kebingungan untuk menempatkan barang-barang.

9. Memaksimalkan Storage pada Lemari Kamar

Artboard 10.png
Lemari bukan hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan baju saja. Anda juga bisa menyimpan barang-barang kecil di dalam lemari tersebut. Agar terlihat rapi, Anda bisa gunakan storage tambahan di dalamnya.

Storage ini bisa berupa kantung, box organizer, dan barang multifungsi lain yang banyak dijual di pasaran. Bila perlu, Anda bisa memodifikasi kamar dengan menambahkan lemari tanam yang diletakkan sejajar dengan dinding.

10. Letakkan Tempat Tidur dan Perabotan di Pinggir Kamar

Artboard 11.png
Tips menata kamar sempit yang dapat Anda lakukan adalah dengan meletakkan semua peralatan ke pinggir kamar. Meletakkan tempat tidur dan perabotan ke pinggir kamar akan membuat area tengah ruangan terlihat lebih leluasa untuk beraktivitas. Jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan letak perabotan, jangan sampai menumpuknya di pinggiran dan membuat Anda merasa risih. Jadi, ada baiknya meskipun menaruhnya disamping, pastikan juga untuk merapikan perabotan dengan baik.

11. Hindari Perabotan Berukuran Besar

Artboard 12.png
Tips menata kamar sempit yang satu ini tak boleh Anda abaikan. Dalam mendekorasi kamar sempit, Anda sebaiknya memilih perabotan berukuran kecil. Perabotan besar tentunya akan membuat Anda menjadi lebih kesulitan dalam merapikan ruangan.
Juga membuat kamar menjadi lebih sempit. Ada baiknya Anda mulai memilah barang-barang apa yang bisa digunakan dan tidak. Sehingga, Anda tidak perlu memikirkan untuk membeli banyak-banyak lemari atau perabotan untuk menampung barang Anda.

12. Tempat Tidur Tanpa Headboard

Artboard 13.png
Headboard pada tempat tidur memang akan mempercantik kamar Anda. Namun, juga akan membuat kamar Anda tampak lebih penuh. Alhasil, kamar Anda yang sempit akan terasa semakin sempit jika menggunakan headboard. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan tempat tidur tanpa headboard di kamar sempit. tempat tidur tanpa headboard akan lebih menghemat tempat.

13. Gunakan Tempat Tidur Rendah

Artboard 14.png
Masih terkait dengan tempat tidur, tips lain untuk menata kamar sempit adalah dengan menggunakan tempat tidur yang rendah. Semakin tinggi tempat tidur, kamar akan terlihat semakin penuh. Sedangkan tempat tidur yang rendah bisa memberikan ilusi kamar yang lebih lega.

14. Gunakan Sprei yang Tidak Terlalu Mencolok

Artboard 15.png
Menggunakan sprei yang terlalu mencolok hanya akan membuat kamar Anda terasa penuh. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan sprei yang polos atau dengan motif sederhana yang tidak terlalu ramai. Selain itu, usahakan juga untuk mengurangi penggunaan furnitur atau dekorasi bermotif agar memberikan kesan luas pada kamar sempit Anda.

15. Tambahkan Hidden Storage pada Perabotan

Artboard 16.png
Hidden storage dapat membuat perabotan Anda menjadi lebih multifungsi. Salah satu perabot yang bisa Anda tambahkan hidden storage adalah tempat tidur. Anda bisa menambahkan beberapa laci yang berfungsi sebagai tempat menyimpan barang. Selain membuat ruangan lebih tertata, cara kreatif ini sangat ampuh sebagai tips menata kamar sempit. Konsep hidden storage memang banyak digandrungi oleh anak muda. Tentunya karena dapat membuat ruangan jadi lebih tertata rapi.

16. Hadirkan Cermin Pada Kamar

Artboard 17.png
Kehadiran cermin untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas sudah tak diragukan lagi. Berbagai macam bentuk cermin beredar di pasaran. Selain untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, cermin juga dapat dijadikan elemen dekorasi, lho. Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menggunakan cermin minimalis pada kamar. Dengan menggunakan cermin ini kamar menjadi lebih variatif dan luas.

17. Perhatikan Pencahayaan Kamar

Artboard 18.png
Tips menata kamar sempit yang satu ini seringkali diabaikan. Padahal, pencahayaan kamar akan mempengaruhi suasana kamar secara keseluruhan. Bila salah mengaturnya, bukan tak mungkin kamar Anda akan terasa sesak. Salah satu cara untuk mengatur pencahayaan di kamar adalah dengan menempatkan jendela atau menyimpan lampu yang tepat di ruangan.

18. Jendela Model Tirai

Artboard 19.png
Pemilihan jendela dapat menggunakan model tirai kantor. Penggunaan jendela seperti ini bisa membuat kamar terlihat menjadi lebih profesional dan apik. Kamar yang rapih tentunya membuat Anda semakin betah untuk menjadi lebih produktif. Nah, biasanya kisaran harga jendela modelan tirai ini per meternya Rp180.000.

19. Hindari Menggantung Baju di Belakang Pintu

Artboard 20.png
Hindari kebiasaan menggantung baju di belakang pintu kamar Anda. Ini dapat membuat ruangan Anda menjadi sarang nyamuk. Hindari menumpuk pakaian di belakang pintu, tumpukan tersebut juga bisa membuat ruangan Anda menjadi berantakan dan sempit.

20. Aplikasikan Cat Berwarna Netral dengan Kesan Hangat

Artboard 21.png
Tips menata kamar sempit yang terakhir adalah aplikasikan warna-warna netral dengan kesan hangat pada kamar. Beberapa warna rekomendasi dapat Anda pilih. Seperti misalnya putih, biru muda, dan abu-abu muda. Warna-warna ini tak hanya membuat kamar terlebih lebih luas, namun juga terasa nyaman dan hangat. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan berbagai wallpaper untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Pilihlah wallpaper dengan pattern yang rapih dan menarik.

Beri Hati Saat Mendekorasi Kamar Anda!

Memiliki kamar sempit tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda mendekornya. Namun, hal itu akan terasa lebih mudah jika Anda mengikuti tips-tips yang telah Mitraruma jelaskan di atas. Beri hati saat Anda mendekorasi agar kamar dapat berfungsi menjadi lebih baik.

Tanpa dekorasi yang cantik, Anda tentu tidak akan menambah produktifitas atau ketertarikan sama sekali pada kamar. Padahal seharusnya kamar bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi Anda untuk mendapat berbagai inspirasi atau sekedar merenung.

Tips-tips tersebut akan membantu Anda untuk mewujudkan tempat beristirahat yang nyaman, tidak sesak, dan tentunya space saving. Menata kamar sempit sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Namun jika Anda merasa terlalu sulit, Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan Mitraruma siap membantu Anda. Kamar sempit Anda akan terasa lebih cozy dengan ambience yang membuat siapapun betah.

Gunakan layanan konsultasi desain renovasi rumah dan beli bahan bangunan di Mitraruma. Temukan berbagai Promo Bulanan Mitraruma yang menarik untuk perawatan rumah dan intalasi berbagai kebutuhan furnitur hingga taman di rumah Anda!

More content