no-script 5 Tips Pilih Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Tepat | Mitraruma
Mitraruma

5 Tips Pilih Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Tepat

Warna Cat Rumah Bagian Dalam.webp

Memilih warna cat rumah bagian dalam bisa sangat membingungkan. Selain karena banyaknya pilihan warna yang ada, salah memilih kombinasi warna juga akan membuat tampilan rumah Anda kurang apik. Belum lagi jika rumah Anda memiliki banyak ruang, menentukan warna untuk tiap ruangan pasti tentu memerlukan waktu.
Namun, Anda tidak perlu panik! Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menemukan cat rumah bagian dalam yang paling tepat. Mari simak tipsnya berikut!

Pentingya Memilih Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Tepat

Bagian dalam rumah adalah bagian terpenting dalam sebuah bangunan rumah. Di sanalah Anda melakukan segala aktivitas, mulai dari berkumpul bersama keluarga hingga tidur. Pemilihan warna cat yang tepat tentu akan membuat Anda lebih betah di rumah.
Selain itu, pemilihan warna cat rumah bagian dalam yang tepat juga akan membangkitkan nuansa sesuai ekspektasi awal Anda. Misalnya, Anda menginginkan ruang keluarga dengan nuansa hangat yang homey, maka warna-warna cat yang dipilih pun sebaiknya juga memberi kesan hangat, seperti copper, beige, tan, dan rustic red. Begitu pula pada ruangan-ruangan lainnya.

##5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Dalam

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan warna cat terbaik sehingga bagian dalam rumah pun tak hanya cantik, tapi juga indah. Berikut adalah beberapa tipsnya, yaitu:

1. Gunakan warna yang cocok dengan furnitur

Coba perhatikan furnitur yang sudah Anda miliki. Anda bisa berangkat dari situ. Pilihlah warna cat yang sama atau senada dengan warna furnitur tersebut. Katakanlah Anda punya sebuah sofa berwarna beige, maka pilihlah cat yang ada pada spektrum warna merah, kuning, dan oranye. Cara paling aman adalah memilih warna yang sama persis, yaitu beige.
Anda juga bisa memilih warna yang kontras dengan warna furnitur. Dalam tujuh spektrum warna cat, tiap warna saling berhadapan. Jika warna furnitur Anda termasuk kategori warm (merah, kuning, dan oranye), maka warna kontrasnya adalah kategori cool (hijau, biru, dan magenta). Cara ini akan menonjolkan keberadaan furnitur dan barang lain yang ada di dalam ruangan.

2. Sesuaikan dengan pencahayaan ruangan

Ketika memilih warna cat rumah bagian dalam, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan pencahayaan ruangan. Perlu diingat, pencahayaan buatan dengan lampu neon atau LED akan mengeluarkan warna yang cenderung kebiruan. Sementara itu, lampu bohlam konvensional cenderung berwarna kekuningan yang hangat. Warna asli cat hanya akan terlihat jelas dengan pencahayaan alami dari sinar matahari.

3. Cari referensi yang sesuai

Jangan ragu untuk mencari referensi. Ada banyak sekali majalah interior dan website yang menampilkan inspirasi interior rumah. Dari situ, Anda bisa memilah mana yang kira-kira cocok diterapkan di bagian dalam rumah dan mana yang tidak. Cara lainnya adalah dengan mencocokkan warna yang sudah Anda gunakan untuk lantai ruangan.

4. Rencanakan nuansa yang ingin dibangun pada ruangan

Seperti yang telah disebutkan, pemilihan warna cat rumah bagian dalam akan sangat memengaruhi nuansa dan kesan ruangan. Pastikan warna yang Anda pilih sesuai dengan nuansa tersebut. Misalnya, saat mengecat ruang keluarga, Anda ingin menghadirkan nuansa yang homey dan hangat, maka bisa memilih warna-warna seperti kuning atau krem.
Sementara untuk ruang kerja, sebaiknya pilihlah warna dengan tone yang lebih cool seperti sky-blue atau sage-green. Warna-warna yang cool tidak akan terlalu memantulkan cahaya sehingga ruangan pun tidak terlalu silau dan Anda pun lebih mudah berkonsentrasi.

5. Lakukan cross-checking untuk berbagai kondisi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya tentang pencahayaan, jangan lupa untuk memeriksa kembali warna cat pilihan Anda di berbagai kondisi. Biasanya, warna cat akan berubah mengikuti kondisi di sekitarnya.
Ketika cuaca cerah, warna cat akan tampak lebih terang, tapi saat cuaca berubah mendung, cat akan terlihat lebih gelap. Meski perubahan ini tidak terlalu signifikan, tentu akan tetap memengaruhi nuansa yang ditimbulkan. Jadi, jangan lupa lakukan cross-checking, ya.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih warna cat rumah bagian dalam. Sudah ada bayangan warna apa yang akan Anda pilih? Jika sudah, saatnya Anda untuk mengunjungi website Mitraruma untuk mendapatkan cat dengan warna pilihan Anda. Selain cat dan perlengkapannya, Mitraruma juga menyediakan jasa pengecatan yang bisa Anda manfaatkan, lho. Mitraruma merupakan platform online yang menyediakan solusi satu atap untuk berbagai kebutuhan bahan bangunan. Yuk, wujudkan hunian impian Anda bersama Mitraruma!

More content