no-script Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu Kecil dan Jenisnya | Mitraruma

Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu Kecil dan Jenisnya

Memilih Sofa untuk ruang tamu kecil bukanlah alasan yang membuatmu harus membeli sofa dengan sembarangan. Sebelum memutuskan untuk membeli sofa, pikirkan desain seperti apa yang akan cocok dan nyaman dengan konsep hunian Anda. Nantinya, sofa ini tentu akan menjadi tempat yang Anda gunakan untuk menerima tamu dan tempat untuk bercengkrama di hari penting bersama keluarga. Nah, untuk itu jangan sampai salah dalam memilihnya. Yuk, simak selengkapnya disini!

Tips Memilih Sofa

Tentu saja memilih sofa harus didasari dari segi fungsional dan orientasi penggunaan sofa. Hindari menggunakan sofa tanpa tujuan dan tema yang jelas. Ini hanya membuat Anda kurang nyaman ke depannya. Rumah adalah tempat istimewa yang seharusnya bisa menjadi tempat Anda menghabiskan waktu dengan nyaman. Khususnya saat pandemi seperti ini. Berikut adalah tips memilih sofa yang penting!

1. Ukur Luas Ruang Tamu

Artboard 2.png
Tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil adalah dengan melakukan pengukuran. Tak hanya sekedar memilih model ataupun bahan yang sesuai selera, tetapi ukuran kursi tamu juga disesuaikan dengan ruangan.Untuk teknik pengukurannya, Anda dapat melakukan pengukuran dengan menghitung kotak keramik di lantai atau memakai meteran untuk mengetahui angka pastinya.

Umumnya, besar ukuran sofa pada ruang tamu kecil tidak boleh lebih dari 30 persen luas ruangan. Apalagi, jika terdapat sekat yang menggabungkan ruang tamu dengan ruangan lainnya. Jadi, pastikan Anda memilih sofa dengan kriteria ini, ya! Anda dapat menerapkan konsep ini di berbagai ruangan.

Jangan lupa juga jika ingin menaruh dalam ruangan keluarga, pastikan Anda mengukur ukuran pintu Anda, jika tidak Anda akan mengalami kendala dalam mengangkut sofa nantinya.

2. Terapkan Konsep Minimalis Pada Desain Sofa

Artboard 3.png
Memiliki ruang tamu kecil memang paling cocok jika menggunakan konsep minimalis. Oleh karena itu, pemilihan sofa perlu diipertimbangkan dengan baik. Sofa yang Anda pilih akan memiliki pengaruh besar terhadap suasana ruang tamu.

Khususnya pada desain arm style. Anda wajib mempertimbangkan penggunaan sofa dengan arm style yang tidak begitu besar jika memiliki ruangan yang kecil. Pastikan Anda memilih sofa yang sesuai dengan kenyamanan Anda termasuk desain dan nuansa ruangan.

3. Menentukan Jenis Sofa

Artboard 4.png
Setelah mengetahui jenis sofa, Anda perlu menentukan jenis mana yang akan Anda pilih. Anda bisa menemukan beberapa ulasan dibawah terkait jenis-jenis sofa yang dapat Anda gunakan. Nah, tips terpenting saat memilih sofa, pastikan Anda memilih sofa dengan seat cushions atau dudukan yang empuk.

Tentu saja jika Anda membuat sofa yang didesain sendiri pastikan tentukan kenyamanan dudukan sofa Anda. Jika Anda ingin melihat berbagai pilihan sofa yang menarik, Anda dapat melihat berbagai pilihannya sofa dari Mitraruma.

4. Pilihlah Sofa Berwarna Pastel atau Netral

Artboard 5.png
Pilihlah sofa berwarna pastel atau netral seperti putih, krem, maupun abu-abu untuk menciptakan kesan ruang tamu yang lega dan hangat. Cek warna cat dinding ruang tamu dan pilihlah sofa ruang tamu minimalis yang warnanya tak monoton.

Penggunaan warna kalem ataupun netral merupakan salah satu trik yang paling sering digunakan dalam mendesain ruang tamu. Pemilihan warna ini akan membantu memantulkan cahaya dan memberikan tampilan ruangan yang luas. Ingat saat memilih warna pada sofa, pastikan warna atau pola yang ada pada sofa memilih kecocokan yang tinggi dengan ruangan Anda.

5. Hindari Sofa Berbentuk Bulat

Artboard 6.png
Untuk ruang tamu kecil, Anda harus menggunakan sofa sesuai ukuran ruangan agar tidak terkesan sempit. Salah satunya adalah dengan menghindari penggunaan sofa bulat ataupun melingkar karena akan memakan banyak tempat.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengaplikasikan sofa memanjang yang berbentuk L pada sudut ruang tamu. Kemudian, Anda dapat menambahkan meja kecil pada bagian depannya.

6. Sesuaikan dengan Konsep Ruangan

Artboard 7.png
Dalam memilih sofa untuk ruang tamu kecil, usahakan untuk menyesuaikan dengan konsep ruang tamu. Terkadang kita cenderung memilih model yang disuka, tanpa memikirkan apakah sofa tersebut cocok untuk ruang tamu kita atau tidak.

Oleh karena itu, sebelum membeli sofa minimalis, ada baiknya cocokkan dulu dengan tema ruang tamu. Misalkan saja, ruang tamu Anda berkonsep minimalis modern, maka sofa dengan warna netral merupakan pilihan yang tepat.

7. Pilihlah Sofa dengan Rangka Kuat

Artboard 8.png
Tips memilih sofa selanjutnya adalah melakukan pengecekan rangka sofa. Carilah yang memiliki rangka kuat. Sofa dengan rangka yang kuat bisa membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Ada dua alternatif rangka sofa untuk ruang tamu kecil yang bisa dipilih, yakni dari material kayu solid dan besi. Hindari memilih rangka sofa dari papan kayu partikel, polywood standar, dan density fiberboard karena tidak kokoh dan lebih mudah rusak.

8. Cek Ketinggian dan Kedalaman Sofa

Artboard 9.png
Tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil selanjutnya adalah mengecek ketinggian dan kedalaman sofa yang akan Anda beli. Pastikan saat Anda duduk, telapak kaki bisa menyentuh lantai. Dengan begitu, posisi duduk akan terasa nyaman.

Selain mengecek ketinggian, Anda juga harus mengecek kedalaman sofa. Sofa minimalis yang nyaman ini biasanya terletak pada dudukan sofanya. Jadi kalau ketika Anda duduk merasa empuk dan nyaman, maka Anda boleh memilihnya.

9. Pertimbangkan Sofa Tanpa Sandaran

Artboard 10.png
Selain bisa ditempatkan di mana saja, sofa tanpa sandaran juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sekat ruang. Ukurannya yang cenderung lebih kecil dibanding sofa lainnya akan mempermudah penataannya nanti.

Ketika Anda berniat melebarkan ruang tamu, kursi sofa ruang tamu minimalis ini pun tetap bisa digunakan. Jika ingin lebih padat, bisa ditambah dengan sofa lain berukuran memanjang untuk menyelaraskan luasnya.

10. Sofa multifungsi dengan Penyimpanan

Artboard 11.png
Tak hanya sebagai tempat duduk, sofa juga bisa Anda jadikan tempat penyimpanan, lho. Model sofa ini cocok untuk ruang tamu kecil sebagai solusi penyimpanan agar ruangan tidak sempit dengan terlalu banyak perabot.

Selain itu, cara ini juga dapat menghemat tempat dan anggaran untuk keperluan yang lebih berguna. Penggunaan laci penyimpanan ini juga sangat baik untuk melindungi barang-barang di dalam sofa dari debu dan kotoran.

Tipe dan Jenis Sofa

Sofa akan terlihat cantik jika Anda mampu menyesuaikannya dengan konsep ruangan dan ukuran yang tidak terlalu besar. Jika Anda melihat ruangan Anda kecil, ada baiknya sofa menyesuaikan dengan ruangan. Jadi jangan memaksakan diri untuk membeli sofa besar, ini nantinya akan membuat Anda merasa ruangan sempit. Berikut adalah tipe dan jenis sofa yang dapat Anda temukan!

1. Lawson Style

Artboard 12.png
Dilansir dari Hunker, awalnya sofa lawson dibuat khusus untuk seorang ahli keuangan bernama Thomas Lawson saat menuju pergantian abad ke-20. Biasanya sofa lawson terdiri dari dua hingga tiga dudukan, dengan bagian lengan yang lebih rendah dari sandaran punggungnya. Sofa ini cocok untuk berbagai macam desain rumah. Jadi, tidak heran jika sofa ini umumnya dimiliki oleh setiap rumah.

2. Sofa Bed

Artboard 13.png
Jika kamu memiliki ruang tamu dengan lahan terbatas dan sedang mencari perabot yang tidak memakan tempat serta multifungsi, maka sofa bed bisa menjadi pilihan yang tepat. Sofa bed adalah sofa dan tempat tidur yang jadi satu.

Kombinasi sofa dan tempat tidur ini cocok untuk desain ruang tamu minimalis. Sofa bed juga bisa dilipat dengan mudah. Hal ini akan membuat ruang tamu terlihat lebih lapang saat Anda tidak sedang menggunakan sofa

3. Sofa Tuxedo

Artboard 14.png
Sofa tuxedo memiliki lengan tegap yang sejajar dengan sandaran punggung. Bentuknya didominasi dengan kotak atau persegi. Lengannya hampir selalu sama tinggi dengan punggung dan kakinya berlapis atau terbuka.

4. Camelback

Artboard 15.png
Camelback berbentuk ramping dengan lengkungan menjulang pada bagian tengah sandarannya. Sesuai dengan namanya, lengkungan khas ini yang menyerupai punggung unta.

Lengannya setinggi sandaran punggung dengan ujung persegi dan bagian kaki terekspos, serta tidak memiliki bantal punggung. Karakternya simple namun tetap stylish seperti bentuknya yang tegak tetapi chic.

5. Sectional Sofa

Artboard 16.png
Secara sederhana, sectional sofa dapat diartikan sebagai sofa yang terdiri dari beberapa bagian. Ada dua atau lebih sofa yang disatukan untuk menghasilkan ruang duduk yang besar. Bisa dibilang kombinasi dari beberapa sofa yang disatukan untuk menciptakan penataan tempat duduk ruang tamu terbaik.

Ukuran sofa yang dibuat harus pas dengan ruang tamu karena semakin besar keluarga, lebih banyak sofa yang Anda butuhkan. Bentuk yang terkenal adalah L-shape and U-shape.

6. The Classic Round Arm Sofa

Artboard 17.png
Model sofa ini mempunyai lengan dengan bulat klasik dan kadang juga dinamakan “Grandma’s couch” yang berarti sofa tersebut adalah sofa klasik yang bisa bertahan sangat lama, bahkan sampai bertahun-tahun.

Pada zaman dahulu, sofa ini akan disertai dengan sarung atau pelapis bunga atau bermotif. Saat ini, hampir semua memakai linen putih dan fabric neutral yang membuat sofa ini terlihat mahal.

7. Loveseat

Artboard 18.png
Loveseat sofa adalah sofa yang didesain khusus untuk 2 orang atau kurang. Loveseat terdiri dari 2 dudukan dan sangat ideal untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang sempit. Sofa loveseat biasanya memiliki dimensi panjang 1.4–2m.
Hal ini tentu akan memudahkan dalam pengaturannya karena sangat fleksibel. Sofa ini juga dapat menjadi sofa utama di dalam kamar tidur ataupun menjadi bagian dari sofa set ruang tamu.

8. Cabriole

Artboard 19.png
Ingin menampilkan kesan elegan dengan kenyamanan maksimal pada ruang tamu Anda? Pilih saja sofa cabriole. Sofa cabriole hadir dengan tampilan kokoh dengan rangka kayunya yang tebal, dudukan yang empuk, serta sandaran yang tinggi.

Sofa yang satu ini bisa memberikan sentuhan etnik dan vintage pada ruangan. Namun tetap elegan, mewah dan tidak berlebihan.

9. Chesterfield

Artboard 20.png
Sofa tipe ini biasanya digunakan untuk gaya interior klasik seperti Victorian, American dan Gothic klasik. Salah satu ciri khas chesterfield sofa adalah sandaran yang dijait ke dalam dengan kancing–kancing.

10. Chaise

Artboard 21.png
“Chaise” berasal dari istilah “chaise lounge,” yang berarti kursi panjang. Kursi ini untuk satu orang, dan kursi ini dimaksudkan untuk bersandar sebagai kursi dan bangku kaki dalam satu kursi.

Chaises selalu memiliki punggung dan memiliki satu, dua atau tanpa lengan. Beberapa chaises berkontur, membuat lebih enak untuk berbaring dan bersantai. Yang lain memiliki bentuk tegak kontemporer dan dapat digunakan untuk duduk bersebelahan atau bersandar.

Ciptakan Nuansa Terbaik Pada Hunian Anda!

Nuansa ruang tamu yang indah adalah impian setiap keluarga. Pernahkah Anda membayangkan bagaiman setiap tamu yang datang bertamu dapat membayangkan rasanya kehangatan dari ruang tamu yang sangat cozy? Rumah seharusnya menjadi tempat favorit terbaik bersama keluarga. Untuk mewujudkannya, Anda dapat berkonsultasi lebih jelas kepada teknisi dan desainer Mitraruma.

Mitraruma adalah platform yang menyediakan solusi bagi Anda yang sedang mencari kebutuhan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan terpercaya. Tentu saja untuk mendapatkan hunian idaman, Anda tidak perlu berlelah karena dengan Mitraruma Anda hanya perlu menyampaikan keinginan, konsep, ekspektasi hingga budget yang Anda miliki. Untuk melihat beberapa hasil pengerjaan, Anda dapat melihat lebih lengkapnya pada laman Inspirasi Tampilan.

Demikianlah ulasan mengenai tipe atau jenis sofa beserta tips memilihnya. Memilih sofa untuk ruang tamu sempit sebenarnya merupakan hal yang mudah, bukan? Jika ingin menggunakan berbagai promo untuk perawatan rumah Anda, silahkan kunjungin laman Promo Bulanan Mitraruma dan nikmati berbagai promo menarik disana mulai dari penyemprotan disinfektan, pembersihan hingga berbagai aktivitas untuk mempercantik rumah Anda! Pakai Mitraruma, pengerjaan jadi lebih nyaman!

More content