no-script 9 Kombinasi Warna Cat Rumah dan Tips Memilih Kombinasinya | Mitraruma
Mitraruma

9 Kombinasi Warna Cat Rumah dan Tips Memilih Kombinasinya

kombinasi warna cat rumah
Tips memilih kombinasi warna cat rumah dengan tepat memang harus melalui proses yang tepat. Nah, memilih satu warna cat rumah saja bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi jika Anda harus melakukan kombinasi warna, tentunya Anda memerlukan kehati-hatian yang ekstra.

Faktanya, mata manusia dapat melihat jutaan warna berbeda. Namun terkadang, memilih untuk menggunakan dua atau tiga warna dari sekian juta merupakan tugas yang tidak mudah. Hal ini karena memilih warna untuk sebuah desain sangatlah subjektif, dan terkadang sangat ilmiah.

Untuk menghindari kesalahan dalam mengkombinasikan warna cat, simak tips memilih kombinasi warna cat rumah berikut ini! Tak lupa juga Mitraruma sajikan contoh kombinasinya.

Kombinasi Warna Cat Rumah

1. Charcoal dan Lime

!kombinasi warna charcaoal dan lime](https://strapi-cms-prod-bucket.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/Artboard_2_b2911e6795.png)
Cara yang bagus untuk membuat pernyataan warna yang berani pada rumah modern adalah memulai dengan warna netral yang kuat. Setelah itu menambahkan warna cerah pada pintu depan. Kombinasi warna cat rumah ini bisa jadi ideal untuk Anda yang ingin memberikan statement terhadap tempat tinggal.

2. Orange Tua dan Putih

kombinasi warna orange tua dan putih
Ingin hunianmu terlihat chic dan elegan secara bersamaan? Penggunaan kombinasi warna orange dan putih untuk ruangan bisa jadi pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Warna orange akan menyeimbangkan warna putih sehingga menghadirkan ruangan yang bergaya edgy dengan sentuhan cheerful. Anda juga bisa memberi sentuhan aksen manis dalam ruangan, seperti hiasan atau tanaman.

3. Ungu dan Abu-abu

kombinasi warna ungu dan abu-abu
Dilansir dari laman Nippon Paint, warna ungu yang berpadu dengan abu-abu akan membuat tampilan interior rumah lebih bermartabat dan canggih.

Sifat luar dari ungu yang dipadukan dengan abu-abu netral akan tampil sebagai kombinasi warna cat tembok yang istimewa. Anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna cat rumah ini untuk melihat hasil yang menakjubkan.

4. Hijau dan Off-White

kombinasi warna hijau dan off-white
Warna hijau dan off-white bisa menjadi perpaduan dua warna yang tepat untuk dinding ruang tamu. Hijau pada dinding memberikan kesan yang hidup dalam ruangan. Sedangkan warna putih memberikan kesan yang minimalis serta elegan.

5. Cream dan Aqua

kombinasi warna cream dan aqua
Kombinasi warna cat rumah cream dan aqua dapat menciptakan ambiance ruangan yang sejuk. Kombinasi warna ini akan mengingatkan Anda tentang pantai, dengan warna aqua yang memantulkan laut dan cream pudar yang mewakili pasir.

6. Mint dan Abu-abu Muda

kombinasi warna mint dan abu-abu muda
Ingin ruangan terlihat segar? Kombinasikanlah dua warna cat ini. Kombinasi warna cat dari desainer Caroline Rafferty akan memberikan nuansa hijau mint dengan sentuhan abu-abu muda.

Tak hanya memberikan kesan nyaman, warna hijau mint juga membuat Anda rileks, serta mampu mengurangi stress penghuni rumah. Tertarik untuk mengaplikasikannya?

7. Merah Muda dan Putih

kombinasi warna merah muda dan putih
Apakah Anda termasuk orang yang feminim dan menginginkan konsep girly pada ruangan? Kombinasi warna cat yang satu ini pasti cocok untuk Anda. Cobalah padukan warna merah muda dan putih. Kemudian, siasati dengan interior yang bernuansa earth tone.

Selain memberikan kesan luas, dua kombinasi warna tersebut bisa membuat ruangan terlihat segar. Anda juga tidak perlu takut untuk memilih warna furnitur yang tepat untuk interior ruangan. Kombinasi warna ini cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya.

8. Coral dan Ungu Muda

kombinasi warna coral dan ungu muda
Ingin ruangan Anda terlihat nyaman? Padukan palet warna merah muda lembut dan ungu muda. Kedua kombinasi ini akan menghadirkan kesan nyaman namun tetap terlihat elegan di saat bersamaan.

9. Cream dan Cokelat

kombinasi warna cream dan coklat
Interior ruangan Anda akan terasa klasik namun tetap segar dengan kombinasi warna cream dan coklat. Kombinasi warna cat ini cocok untuk Anda yang menyukai ruangan dengan interior yang sederhana dan terlihat luas.

10. Lime Green dan Merah Muda

kombinasi warna lime green dan merah muda
Jika Anda ingin menghadirkan nuansa ruangan yang segar, cobalah kombinasi warna cat yang satu ini. Kombinasi kedua warna ini memberikan energi segar pada ruangan Anda. Wah, tentunya Anda akan semakin semangat beraktivitas ya!

11. Biru Muda dan Merah Muda

kombinasi warna biru muda dan merah muda
Tak diragukan lagi. Kombinasi warna cat biru muda dan merah muda memang sangatlah cantik. Warna biru yang lembut jika dikombinasikan dengan warna merah muda akan membuat ruangan terlihat harmonis.

12. Biru dan Kuning Muda

kombinasi warna biru dan kuning mudaruangan minimalis warna kuning
Jika Anda menginginkan kombinasi warna yang tegas dan berani, cobalah padukan warna biru dan kuning muda ini. Dua kombinasi warna cat ini akan menghadirkan kesan dingin dari warna biru serta kesan hangat yang berasal dari warna kuning pastel sekaligus.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Tips memilih kombinasi warna cat rumah yang terbaik adalah dengan menggunakan beberapa pilihan warna netral dan mencampurkannya dengan warna terang untuk membuat suasana rumah dan tempat lebih hidup dan tidak monoton. Yuk, simak beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah di bawah ini!

1. Batasi Pilihan Warna dengan Rule of Three

ruangan minimalis warna kuning
Banyaknya pilihan warna akan mempersulit Anda dalam memilih kombinasi warna cat rumah. Namun, perlu diingat ya! Jangan membanjiri satu ruangan dengan terlalu banyak warna.

Batasi pilihan warna cat agar tidak lebih dari 3 untuk setiap ruangan. Lebih dari itu, ruangan akan terlihat terlalu ramai dan sesak. Jangan lupa juga untuk memadukan warna yang cocok satu sama lain, ya.

2. Sesuaikan dengan Karakter Anda

fasad rumah warna biru
Setiap warna tentu memiliki arti tersendiri. Warna juga bisa menunjukan kepribadian ataupun karakter Anda, lho. Oleh karena itu, pilihlah warna-warna yang memang Anda sukai.

Tentunya Anda akan lebih betah dan nyaman di rumah jika dikelilingi warna kesukaan, bukan? Padukan warna tersebut dengan skema warna yang tepat untuk menghasilkan palet yang menawan. Ikuti tips memilih kombinasi warna cat rumah agar tak keliru!

3. Pelajari Arti Warna

dinding dengan wall art
Tips memilih kombinasi warna cat rumah yang satu ini seringkali dilupakan. Padahal, hal ini sangat membantu pemilihan warna cat rumah yang tepat. Berikut beberapa terminologi yang digunakan dalam menjelaskan sebuah warna:

  • Hue adalah sebutan untuk sebuah warna. Merah adalah hue, biru adalah hue. Nilai hue tergantung dari seberapa terang atau seberapa gelap warna tersebut.
  • Saturation merujuk kepada seberapa dominan hue sebuah warna. Intensitas warna menjadi hal yang perlu Anda perhatikan, apa Anda menyukai kombinasi warna untuk menciptakan gradasi, atau hanya ingin menonjolkan nuansa satu warna?

4. Sesuaikan dengan Pencahayaan Ruangan

ruang tidur warna hijau
Sebelum mengaplikasikan warna cat rumah, Anda harus memikirkan dengan matang. Penting bagi Anda untuk menyelaraskannya dengan pencahayaan di ruangan.

Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning. Sedangkan cahaya lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. Alhasil, memilih lampu yang sesuai jadi sangat penting untuk nuansa yang diberikan.

5. Dekorasi dari Gelap Ke Terang Secara Vertikal

ruang makan minimalis modern
Jika Anda bingung memilih kombinasi warna yang cocok untuk lantai, dinding, dan langit-langit, ingatlah untuk mulai dari warna yang paling gelap di bawah, hingga warna yang paling terang untuk bagian paling atas.

6. Pertimbangkan Warna Cat Rumah Antar Ruangan

ruang tamu elegan minimalis
Tips memilih kombinasi warna cat rumah selanjutnya adalah mempertimbangkan warna cat antar ruangan. Perlu diingat, rumah Anda tak hanya terdiri dari satu ruangan saja. Anda harus memilih warna cat rumah yang bagus untuk setiap ruangan.

Selain bagus, tentu keserasian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap ruangan harus mempunyai komposisi yang seimbang untuk mendukung setiap ruangnya. Keserasian ini bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti karpet dan hiasan dinding, serta pencahayaan yang tepat.

7. Terapkan Aturan 60-30-10

ruang tamu elegan warna putih
Anda bisa menerapkan rasio 60-30-10 dalam membagi komponen warna. Gunakan warna dominan sebanyak 60% untuk dinding, warna kedua sebanyak 30% misalnya untuk sofa atau meja, dan warna ketiga 10% sebagai dekorasi atau aksen.

8. Kombinasikan Kontras Warna Hangat dan Dingin

fasad hunian
Padukan warna yang berkesan hangat seperti beige, kuning muda atau warna pastel dengan warna yang memiliki cool tone seperti abu-abu atau biru. Ruangan Anda pastinya akan terlihat dinamis dan tidak membosankan.

9. Lakukan Pengujian Warna

ilustrasi mengecat dinding
Sebelum mengaplikasikannya pada dinding, ada baiknya Anda melakukan pengujian terlebih dahulu. Tingkatkan percaya dirimu dengan menguji warna pada media di salah satu tembok rumah yang memiliki area yang besar.

Desain Hunian Rumah Anda Jadi Lebih Nyaman!

Memilih kombinasi warna cat rumah memanglah tidak mudah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari menyesuaikan dengan karakter Anda, mempelajari arti warna, hingga pentingnya melakukan pengujian sebelum diaplikasikan. Jika Anda ragu untuk mencobanya sendiri, Anda bisa konsultasikan langsung kepada Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan.

Anda tak perlu lagi pusing untuk memilih kombinasi warna cat rumah apa yang tepat. Dengan Promo Bulanan Mitraruma, dijamin kantong Anda tak akan jebol. Jadi, sudahkah Anda siap untuk mewujudkan rumah impian?

More content