no-script 15+ Tips Memilih Keramik Lantai Dapur dan Inspirasi Modelnya | Mitraruma

15+ Tips Memilih Keramik Lantai Dapur dan Inspirasi Modelnya

Artboard 1.png
Tips memilih keramik lantai dapur terdiri dari beberapa aspek. Mulai dari aspek desain, perpaduan warna, hingga material yang digunakan. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat fungsi dapur yang sangat krusial.

Setelah listrik ditemukan, dapur mengalami perkembangan pesat. Dari semula hanya dilengkapi perabotan manual, kini penuh dengan peralatan canggih berbasis listrik. Tak hanya itu, penempatan serta konsepnya pun kian beragam.

Semakin berkembang, tentu akan semakin menghadirkan banyak pilihan. Tidak terkecuali pada keramik lantai dapur. Berikut ini tips memilih keramik lantai dapur lengkap dengan modelnya.

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur

1. Pilih Keramik Bertekstur Kesat

Artboard 2.png
Tips memilih keramik lantai dapur yang pertama terkait pemilihan tekstur. Tekstur keramik adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih tampilannya. Lho, mengapa demikian?

Dapur adalah area yang lantainya rentan terkena kotoran. Entah dari minyak akibat proses memasak atau sabun cuci bekas mencuci piring. Untuk menghindari terpeleset, Anda disarankan untuk memilih keramik dapur yang bertekstur kesat.

2. Pilih Keramik Berwarna Terang

Artboard 3.png
Tips selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah mengenai pemilihan warna keramik. Dapur adalah area yang rentan kotor. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih keramik berwarna gelap.

Padahal, Anda seharusnya memilih warna yang terang daripada gelap. Warna terang pada keramik bisa membuat suasana dapur terasa lebih nyaman untuk dipakai beraktivitas.

3. Memilih Motif Keramik yang Tepat

Artboard 4.png
Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya yaitu memilih motif yang tepat. Pilihlah motif lantai dapur yang menarik agar tampilan dapur tidak monoton. Di pasaran banyak sekali motif menarik. Anda bisa memilihnya sesuai selera.

4. Sesuaikan dengan Budget Anda

Artboard 5.png
Banyaknya model keramik di pasaran, tentunya akan membuat Anda bingung. Bisa jadi Anda tergiur akan keramik dengan harga tinggi, padahal budget Anda tak cukup untuk itu. Maka dari itu, perhatikan budget yang Anda punya sebelum memutuskan untuk memilih lantai dapur yang diinginkan.

Keramik yang bagus tidak selalu harus mahal. Anda perlu membandingkan harga dan memilih keramik yang sesuai dengan budget saja. Selain itu, jangan lupa untuk memasukan biaya pemasangan pada budget yang sudah Anda tentukan.

5. Hindari Penggunaan Warna Putih

Artboard 6.png
Meskipun Anda disarankan memilih keramik berwarna terang, namun hindarilah warna putih. Alasannya karena warna ini bisa membuat kotoran pada lantai terlihat jelas. Apalagi untuk Anda yang jarang membersihkan dapur, warna yang satu ini sangat tidak direkomendasikan.

6. Sesuaikan dengan Interior Dapur

Artboard 7.png
Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan interior dapur. Agar dapur terasa nyaman, jangan lupa untuk memilih warna keramik yang senada dengan interior dapur.

Jangan sampai Anda memaksakan membeli keramik hanya karena motifnya unik padahal warna keramik tersebut tidak cocok dengan interior dapur yang sudah susah payah Anda rancang.

7. Pilih Keramik yang Mudah Dibersihkan

Artboard 8.png
Tips memilih keramik lantai dapur yang terakhir adalah memilih keramik yang mudah dibersihkan. Area dapur yang mudah kotor, tentu akan sangat merepotkan jika menggunakan keramik yang sulit dibersihkan. Selain memakan lebih banyak waktu, juga akan menyita tenaga ekstra.

Jenis, Tipe, dan Model Keramik Lantai Dapur

Tips memilih keramik lantai dapur dapat Anda mulai dari pemilihan tekstur seperti apa yang sudah dijabarkan diatas. Selanjutnya adalah memilih keramik dimulai dari pemilihan warna atau motif apa yang sesuai. Cek selengkapnya disini!

1. Keramik Lantai Dapur Batu Alam

Artboard 11.png
Keramik lantai dapur bermotif batu alam akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih unik dan natural. Unsur estetiknya sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam kitchen set. Hal inilah yang membuatnya laris manis di pasaran.

2. Keramik Lantai Dapur Geometri

Artboard 12.png
Untuk Anda yang menginginkan dapur dengan konsep elegan dan mewah, gunakanlah keramik yang satu ini. Keramik dapur geometri ini bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih elegan dan tampak mewah.

Keramik motif geometri sendiri merupakan keramik yang memiliki berbagai pola bentuk dan ukuran. Misalnya, bentuk segitiga, jajar genjang, atau belah ketupat. Keramik akan disusun mengikuti suatu pola hingga menutupi seluruh lantai dapur.

3. Keramik Lantai Dapur Marble Putih

Artboard 13.png
Motif marble mulai banyak diaplikasikan pada hunian, termasuk sebagai lantai. Motif marble banyak dipilih karena bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dan terlihat elegan.

Namun yang perlu diingat adalah harganya yang cukup mahal. Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mengaplikasikannya. Hal ini sebanding dengan hasil akhir yang akan Anda dapatkan.

4. Keramik Lantai Dapur Motif Kayu

Artboard 14.png
Bosan dengan motif keramik yang polos? Merasa terlalu monoton? Jangan khawatir! Anda bisa menggantinya dengan keramik motif kayu ini. Paduan dari properti modern dengan keramik dapur bermotif kayu menghasilkan sebuah ide dekorasi yang sangat menarik dan juga modern.

5. Keramik Lantai Dapur Motif Tambal Sulam

Artboard 15.png
Senang bereksperimen dan berkreasi? Cobalah keramik yang satu ini! Dalam mengaplikasikannya, akan diuji seberapa berani Anda memadupadankan keramik beraneka warna dan motif. Dengan teknik ini, Anda juga bisa mendapatkan tampilan dapur yang berbeda dari yang lainnya.

6. Keramik Lantai Dapur Motif Papan Catur

Artboard 16.png
Model keramik yang satu ini tentu sudah tak asing lagi, bukan? Motif zig zag warna hitam putih seperti papan catur memang tengah populer. Meski seringkali digunakan di restoran, Anda juga bisa menerapkannya di rumah untuk menciptakan kesan yang elegan.

7. Keramik Lantai Dapur 3D

Artboard 17.png
Keramik lantai dapur 3D sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan konsep yang futuristik. Keramik dengan motif 3D merupakan perpaduan antara 3 warna keramik berbeda membentuk suatu objek.

8. Keramik Lantai Dapur Roman

Artboard 18.png
Salah satu jenis keramik yang populer digunakan masyarakat adalah keramik roman. Keramik ini cenderung mudah diaplikasikan serta tersedia dalam berbagai warna, corak, dan pola. Keragaman inilah yang membuat keramik roman sering dijadikan pilihan oleh banyak orang.

Motif keramik roman merupakan keramik dengan pola dan warna yang beragam. Anda bisa membuat dapur terlihat lebih estetik dengan keramik roman satu ini, terutama bila Anda mengungsung konsep dapur bernuansa timur tengah.

9. Keramik Lantai Dapur Granit

Artboard 19.png
Granit merupakan jenis keramik yang terkenal dengan permukaannya yang sedikit kasar. Oleh sebab itu, granit sangat cocok diaplikasikan pada dapur. Granit juga akan menghadirkan kesan mewah yang dapat membuat dapur jadi terlihat lebih elegan.

10. Keramik Lantai Dapur Tegel

Artboard 20.png
Berbeda dengan keramik pada umumnya yang berbahan dasar semen, tegel terbuat dari tanah liat. Tegel juga memiliki permukaan yang umumnya tidak licin, sehingga aman untuk digunakan sebagai lantai dapur.

Tegel juga memiliki motif yang beragam dan unik, lho. Motifnya dapat memberikan kesan klasik pada dapur Anda. Tak hanya pada lantai, Anda juga dapat mengaplikasikannya untuk meja dapur atau backsplash.

11. Keramik Lantai Dapur Diagonal

Artboard 21.png
Keramik lantai dapur yang satu ini sangat cocok diaplikasikan untuk dapur dengan area terbatas alias sempit. Bentuk keramik diagonal akan menjadikan tampilan dapur terlihat lebih luas. Alhasil, dapur kecil Anda bisa disulap seperti dapur chef dengan bantuan motif keramik dapur yang satu ini.

12. Keramik Lantai Dapur Motif Bunga

Artboard 22.png
Keramik lantai dapur motif bunga menjadi salah satu model keramik yang banyak peminatnya. Dengan mengaplikasikan keramik bermotif bunga ini, dapur Anda akan terasa lebih natural dan seolah dekat dengan alam.

Buat Keramik Lantai Dapur Menjadi L

Memilih keramik lantai dapur bisa dibilang cukup mudah jika Anda sudah paham mengenai langkah-langkahnya. Tips-tips di atas juga akan sangat membantu Anda dalam memilih keramik lantai dapur yang tepat. Tak perlu terburu-buru dalam menentukan. Pikirkanlah dulu dengan cermat. Jika sudah yakin, barulah Anda membelinya.

Apabila Anda merasa kesulitan dan membutuhkan bantuan, konsultasikan saja pada kami. Mitraruma adalah platfom Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang dapat membantu Anda menjadi lebih efisien dalam merancang rumah Anda. Tentu saja, nilai estetika menjadi hal yang penting untuk membuat Anda dan keluarga semakin nyaman. Mitraruma menawarkan berbagai macam kemudahan yang bisa Anda nikmati. Salah satunya adalah Promo Bulanan Mitraruma. Menarik sekali, bukan?

More content