no-script Tips Memilih Keramik Dinding Dapur yang Unik | Mitraruma
Mitraruma

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur yang Unik

Artboard 1.png
Tips memilih keramik dinding dapur seringkali membuat kita bingung. Terlebih lagi jika Anda memiliki area dapur yang terbatas alias sempit. Kesalahan dalam memilih, tentu akan membuat dapur Anda terasa sesak dan tidak nyaman.

Nah, dalam memilih keramik dinding dapur yang unik tentunya Anda butuh menentukan suasana dapur seperti apa yang Anda inginkan. Jika dapur Anda bergabung dengan tempat makan, maka ada baiknya untuk memikirkan rancangan dapur yang memiliki warna dan desain dapur lebih bersih dan segar.

Ruang dapur adalah tempat yang penting untuk membangun keharmonisan dalam rumah tangga. Disinilah Anda akan banyak bercengkrama dalam makan malam, ciptakan kehangatan dalam keluarga dengan beberapa tips, jenis, tipe dan model keramik dinding dapur dibawah ini!

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

1. Perhatikan Material Keramik

Artboard 2.png
Tips memilih keramik dinding dapur yang pertama yaitu, memilih material keramik. Untuk keramik dekat kompor, Anda bisa memilih keramik dengan jenis material tahan panas. Hal ini agar keramik tidak mudah retak apabila terkena panas api.

Sedangkan pada area pengolahan makanan, Anda dapat menggunakan keramik dengan lapisan mengkilap. Tujuannya supaya mudah dibersihkan ketika terkena noda. Berikut ini adalah beberapa jenis material keramik yang biasa digunakan.

2. Mempertimbangkan Pemilihan Warna Keramik

Artboard 3.png
Tips memilih keramik dinding dapur yang selanjutnya adalah mengenai pemilihan warna. Tips memilih warna keramik dinding dapur yaitu harus seimbang dengan warna lantai, dekorasi, dan dinding.

Untuk urusan warna, sesuaikanlah juga dengan pencahayaan di dapur Anda. Apabila sumber cahaya tidak terlalu terang, maka pilih warna keramik yang terang. Begitu juga jika sumber cahayanya cukup terang, pilihlah keramik dengan warna yang tidak terlalu mencolok.

Jika Anda masih bingung, konsultasikan pada Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan. Mitraruma dapat membantu pemilihan warna yang sesuai selera Anda. Jadi jangan bingung lagi, ya!

3. Memilih Motif Keramik yang Sesuai

Artboard 4.png
Dapur akan terlihat lebih menarik jika keramik yang diaplikasikan bisa senada dengan konsep ruangan. Jika rumah Anda bergaya minimalis, maka pilihlah model keramik dinding dapur yang tidak terlalu banyak ornamen atau motif.

Sekarang ini pilihan model keramik dinding dapur di pasaran sangat banyak. Jadi, Anda harus cermat memilih model mana yang pas dengan tema dapur. Keselarasan tema ini akan makin menambah kenyamanan penghuninya, lho!

4. Sesuaikan Keramik dengan Ukuran Ruangan

Artboard 5.png
Memilih keramik dinding dapur harus menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Ini dilakukan agar desain dapur Anda terlihat serasi. Sebab, walaupun motif dan warna keramik dinding dapur sudah tepat, jika ukurannya tidak sesuai malah akan terlihat timpang.

Selain itu, ukuran keramik yang digunakan untuk dapur juga dapat menentukan kesan luas dan sempit area dapur. Keramik yang mempunyai ukuran besar dapat membantu ruangan lebih luas. Sedangkan keramik ukuran kecil bisa membuat kesan dapur lebih sempit.

5. Tambahkan Ornamen Pendukung

Artboard 6.png
Ingin dapur Anda terlihat makin cantik? Jangan lupa untuk menambahkan ornamen pendukung! Usahakan untuk memilih ornamen yang sesuai dengan tema dapur Anda agar desain tidak saling bertabrakan.

6. Menyesuaikan Harga Keramik dengan Kebutuhan

Artboard 7.png
Tips memilih keramik dinding selanjutnya adalah terkait harga. Harga keramik dinding dapur yang Anda pilih harus disesuaikan dengan budget yang Anda punya.

Maka dari itu, sebelum membeli, Anda harus menentukan dan mempertimbangkan target anggaran dana yang akan Anda gunakan.

Setelah itu, lakukanlah perbandingan harga terlebih dahulu terhadap beberapa merek keramik. Usahakan tidak terpaku pada satu tempat saja. Dengan begitu anggaran untuk membeli keramik dinding dapur tidak akan membengkak.

7. Pilihlah yang Bergaransi

Artboard 8.png
Selain penyesuaian harga, Anda juga sebaiknya mencari keramik yang memiliki garansi. Jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual apakah keramik bergaransi. Alasannya karena keramik nantinya akan dikirimkan dalam kemasan dus.

Alhasil, akan susah untuk memastikan kondisi baik atau tidak sebelum membelinya. Apabila terdapat garansi, tentu akan memudahkan Anda untuk mengembalikannya kalau ada kerusakan.

8. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Artboard 9.png
Tips memilih keramik dinding dapur yang terakhir adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sesuaikanlah jenis keramik apa yang Anda butuhkan saat ini. Misalnya ingin dinding terlindung dari segala noda, cari keramik yang mudah dibersihkan.

Perlu diingat, jangan sampai Anda salah pilih agar pengeluaran tidak berlebihan. Jika Anda kurang mengetahui tentang seluk beluk keramik, bisa tanyakan kepada desainer interior supaya lebih jelas.

Jenis, Tipe, dan Model Keramik Dinding Dapur

Untuk menelusuri lebih lanjut agar memiliki bayangan mengenai model keramik dinding dapur yang cocok untuk Anda, yuk simak beberapa kombinasi desain yang telah disiapkan untuk dijadikan referensi!

1. Keramik Dinding Dapur Hexagonal

Artboard 10.png
Bosan dengan model keramik yang monoton? Cobalah model keramik yang satu ini. Model ini akan memberikan kesan yang lebih luas untuk dapur idaman Anda. Motif ini cocok bagi Anda yang memiliki hunian dengan konsep minimalis.

Pola hexagonal akan memberikan kesan modern dan futuristik untuk dapur Anda. Keramik dinding dapur bentuk hexagonal memberikan detail yang sangat cantik namun tetap simpel. Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikannya?

2. Keramik Dinding Dapur Mediterania

Artboard 11.png
Dalam memilih keramik dinding dapur, motif simetris mediterania akan sangat cocok jika diaplikasikan pada dapur Anda. Anda bisa menghadirkan warna-warni pada motif yang akan memberikan kesan ceria dan unik.

Pilihlah 3-4 keramik dengan warna motif yang berbeda. Setelah iu, pasangkan secara berselang-seling. Dengan begitu suasana area masak akan terlihat lebih berwarna dan unik.

3. Keramik Dinding Dapur Teraso

Artboard 12.png
Teraso (Terrazzo) adalah bahan material bangunan rumah yang digunakan sebagai penutup lantai dan dinding ataupun furnitur lainnya. Munculnya produk teraso di Indonesia tidak lepas dari sejarah masuknya penjajahan Belanda di Indonesia.

Untuk Anda yang menginginkan konsep dapur yang unik, bisa menggunakan keramik dinding teraso ini. Dengan mengaplikasikannya, akan menciptakan dapur yang mempunyai nilai seni tinggi. Motifnya yang tak beraturan membuatnya berbeda dan unik.

4. Keramik Dinding Dapur Mozaik

Artboard 13.png
Memilih model mozaik akan membuat dapur terlihat modern dan berseni. Model mozaik yang banyak dipilih para desainer interior adalah bentuk kotak. Bentuk kotak kecil-kecil dengan berbagai tekstur dan warna berbeda dalam satu kepingnya akan sangat cantik jika dijajarkan.

5. Keramik Dinding Dapur Kayu

Artboard 14.png
Apakah Anda menginginkan rumah dengan konsep vintage? Jika ya, maka keramik dinding kayu bisa Anda coba aplikasikan. Motif kayu akan memberikan kesan rustic pada dapur Anda.

Namun, menggunakan kayu asli pada dinding tentu cukup rumit dalam perawatannya. Sebagai alternatifnya, gunakan motif keramik dinding dapur kayu untuk perawatan yang lebih mudah dengan tampilan yang sama dengan kayu asli.

6. Keramik Dinding Dapur Marmer

Artboard 15.png
Menginginkan konsep dapur yang elegan dan mewah? Aplikasikanlah model keramik dinding ini. Kesan elegan dan mewah seketika akan langsung terasa di dapur Anda.

Motif marmer akan memberikan nuansa dingin pada dapur. Hal ini membuat aktivitas memasak Anda menjadi lebih tenang dan santai. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mengelap lapisan keramik setelah menggunakan dapur.

7. Keramik Dinding Dapur Floral

Artboard 16.png
Motif bunga-bunga akan memberikan nuansa yang berwarna dan lebih ceria untuk dapur. Tak hanya itu. Motif bunga-bunga juga akan meminimalisir kotoran yang bisa terlihat. Menarik sekali bukan?

8. Keramik Dinding Dapur Emboss

Artboard 17.png
Emboss merupakan teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan yang ingin dicetak. Anda disarankan menggunakan keramik ini untuk bagian dapur bersih. Hal ini karena bentuknya yang bertekstur sehingga akan memakan waktu untuk membersihkannya.

9. Keramik Dinding Dapur Motif

Artboard 18.png
Ada berbagai macam motif keramik dinding dapur yang bisa Anda aplikasikan. Contohnya saja seperti sisik ikan, polkadot, kotak-kotak, dan lain sebagainya. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan konsep kemauan Anda.

  1. Keramik Dinding Dapur Batu Bata
    Artboard 19.png
    Keramik dinding dapur model batu bata akan memberikan kesan vintage dan klasik pada dapur. Apalagi jika Anda menggunakan bata berwarna merah. Tak perlu menggunakan bata asli. Cukup pilih motif keramik seperti batu bata yang satu ini. Mudah bukan?

Desain Hunian Anda Menjadi Lebih Hangat!

Gimana dengan ulasan tips memilih keramik dinding dapur hingga beberapa motif yang diperlihatkan, menarik bukan? Terinspirasi dengan konsep dapur minimalis? Anda bisa lebih mengulik lebih dalam lagi terkait dapur dengan mengunjungi artikel khusus kami yang membahas cara menata dapur sempit sederhana.

Nah, sekarang saatnya membeli bahan bangunan yang tepat dan terpercaya! Membeli berbagai bahan banguna langsung pada halaman Mitraruma dapat membantu pemilihan Anda menjadi lebih tepat dan efisien. Anda tidak perlu rumit, karena tim lapangan Mitrauma siap sedia untuk membawa berbagai peralatan. Tidak perlu takut, Mitrauma adalah platform yang membantu jasa renovasi dan penyediaan bahan bangunan. Semua transaksi di Mitraruma terpercaya, cepat dan dijamin berkualitas.

Mitraruma telah bekerja sama dengan lebih dari 100 mitra terpercaya untuk memastikan pembangunan proyek hunian berjalan lancar dengan hasil apik! Tunggu apa lagi kunjungi berbagai inspirasi dan model proyek hunian yang selesai.

More content