no-script Tips Membersihkan Rumah saat WFH | Mitraruma

Tips Membersihkan Rumah saat WFH

Tips membersihkan rumah adalah hal krusial yang mesti terus kita lakukan demi menjaga kualitas hidup dan kesehatan. Meski begitu, banyak sekali orang yang merasa malas atau lelah untuk membersihkan rumah.

Alasannya bermacam-macam. Mulai dari kelelahan karena bekerja, keasyikan bermain game, atau bahkan karena merasa rumahnya belum terlalu kotor. Padahal, membersihkan rumah perlu dilakukan meski rumah tampak bersih.

Membersihkan Rumah dengan Efisien

Kita tidak pernah tahu ada kuman dan bakteri apa saja di rumah. Oleh sebab itu, setidaknya kamu harus membersihkan rumah secara rutin dalam waktu tertentu demi menjaga kesehatan. Berikut Mitraruma bagikan tips membersihkan rumah yang efisien.

1. Terjadwal

Artboard 2.png

Sebelum mulai menerapkan tips membersihkan rumah, sering kali kita merasa lelah duluan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan rumah dengan lebih santai dan bertahap. Tentukan jadwal yang tepat untuk mengerjakan satu tahap pembersihan rumah.

Contohnya, kamu bisa merencanakan membersihkan kamar mandi pada hari Selasa dan Sabtu. kemudian, tentukan bagian apa yang akan kamu bersihkan pada hari Selasa dan Sabtu.

Coba juga untuk membersihkan rumah dari hal yang paling mudah. Dengan begitu, kamu merasa enjoy dan tak malas sejak pertama membersihkan. Misal, mulailah dari membersihkan kamar tidur, kamar mandi, dapur, kemudian ruang tengah.

Lalu, usahakan tak menunda mencuci piring langsung setelah makan. Sebab, piring kotor akan menumpuk dan akan menimbulkan rasa malas untuk mencucinya nanti. Buat juga estimasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan agar semangatmu lebih terpacu.

2. Bereskan dari Atas ke Bawah

Artboard 3.png

Agar lebih cepat, cobalah membersihkan rumah dari bagian atas ke bawah. Misalnya, cobalah mulai dari membersihkan debu pada kipas dan langit-langit rumah atau rak tinggi.

Kemudian, barulah bersihkan bagian bawah seperti menyapu atau mengepel. Cara ini sangat dianjurkan karena jika dilakukan sebaliknya (bawah ke atas), lantai yang telah dibersihkan akan kotor kembali oleh debu dari barang yang dibersihkan pada bagian atas.

3. Manfaatkan Alat Pembersih Rumah

Artboard 4.png

Terdapat berbagai jenis alat pembersih ruangan sesuai fungsinya. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang itu dengan lebih efisien menggunakan alat kebersihan 2 in 1. Selain membersihkan ruangan dengan lebih maksimal, kamu juga menghemat tempat.

Kamu bisa menggunakan robot vacuum cleaner atau robot pembersih lantai yang dapat membantu meringankan kerjamu. Alat-alat ini bisa jadi pilihan ketika kamu terlalu lelah atau tak punya banyak waktu untuk menyapu dan mengepel.

Pilihlah robot pembersih lantai yang bisa terhubung dengan smartphone kamu. Sebab, ini bisa memudahkanmu untuk mengendalikannya.

4. Bersihkan Rumah Bersama

Artboard 5.png

Selain menjadi lebih cepat selesai, tips membersihkan rumah bersama juga akan terasa lebih menyenangkan! Cobalah membersihkan rumah bersama keluarga. Hal ini akan memudahkan kerjamu sekaligus mempererat hubungan.

Jika kamu terlalu sibuk untuk meluangkan waktu bebersih bersama, cobalah atur jadwal untuk membersihkan rumah secara bergilir. Sebagai tempat tinggal bersama, pastinya seluruh anggota keluarga punya tanggung jawab untuk membersihkan rumah.

5. Miliki Ruang Penyimpanan Ekstra

Artboard 6.png

Pada dasarnya, kebersihan rumah tak hanya dilihat dari menyapu atau mengepel lantai, tetapi juga letak barang-barang yang berceceran. Tentunya, tak enak ‘kan bila rumah sudah bersih tetapi masih banyak barang yang tercecer di mana-mana?

Sebagai solusi dan tips membersihkan rumah yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan ruang atau tempat penyimpanan ekstra. Pisahkan barang yang jarang dipakai dalam ruangan tersebut. Dengan melakukan hal ini, berarti kamu harus benar-benar memilah barang yang terpakai dan tidak demi kerapian rumah.

Dalam beberapa kasus, ego untuk menyimpan banyak sekali barang membuat kita kewalahan dalam merawat dan membersihkan rumah. Hasilnya, kamu malah bisa makin merasa malas untuk beberes.

6. Terapkan Konsep IN - OUT

Artboard 7.png

Masih dalam konsep menata barang yang bertumpuk, kamu juga bisa menerapkan cara IN - OUT untuk mengendalikan jumlah barang di rumah. Konsep ini, artinya kamu harus merelakan satu barang saat membeli barang baru.

Kamu bisa menjual atau mendonasikan barang lama itu. Konsep IN - OUT bisa sangat membantumu mengatur pakaian pada lemari pakaian dan lebih hemat tempat pada waktu bersamaan.

Membersihkan Rumah Jadi Lebih Simpel dan Cepat, ‘kan?

Mitraruma memiliki koleksi vacuum cleaner untuk kamu yang perlu bantuan alat dalam membersihkan rumah dengan cepat. Jangan khawatir, kualitasnya terjamin dan ada berbagai model cleaner. Jadi, kamu tinggal pilih saja sesuai kebutuhanmu!

More content