no-script Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Terhindar Dari Penyakit | Mitraruma

Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Terhindar Dari Penyakit

Artboard 1.png
Tips membersihkan kamar mandi ala Mitraruma ini penting untuk Anda kuasai. Sebagai salah satu area yang paling vital dalam sebuah rumah, kamar mandi tentu saja harus sangat dijaga kebersihannya. Kamar mandi yang jarang dibersihkan tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman untuk digunakan tapi bisa juga menjadi sumber penyakit karena berbagai bakteri yang tidak dibersihkan.

Indonesia sendiri telah berencana untuk mencapai target bebas sanitasi buruk pada tahun 2019 lalu. Namun, kenyataannya target ini masih sulit untuk dijangkau mengingat banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses kamar mandi bersih. Mengacu data yang dihimpun dalam Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018, baru sekitar 69,27% rumah tangga yang memiliki akses terhadap sanitasi yang layak.

Untuk mewujudkan kamar mandi yang bersih, Anda bisa memulainya dengan rajin membersihkan kamar mandi setiap hari. Mitraruma telah menyiapkan beberapa tips memberihkan kamar mandi agar tetap bersih dan terhindar dari kuman serta bakteri!

Berbagai Penyebab Kamar Mandi yang Kotor

Sebelum masuk kepada inti pembahasan, ada baiknya Anda mengetahui penyebab kamar mandi bisa kotor. Berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Kesalahan dalam Membersihkan

Artboard 2.png
Untuk membersihkan bagian-bagian kamar mandi, seringkali Anda akan menggunakan air dingin atau air biasa. Padahal cara ini kurang efektif, lho! Lalu, bagaimana cara yang benar?

Caranya adalah dengan menggunakan air dengan suhu tinggi dan diamkan beberapa saat sebelum digosok atau dibersihkan dengan cairan pembersih. Gunanya untuk merontokkan kerak dan membunuh kuman serta bakteri.

2. Menggosok Tirai Kamar Mandi

Artboard 3.png
Apakah Anda mengaplikasikan tirai untuk kamar mandi Anda? Menggosok tirai kamar mandi seringkali dianggap dapat menghilangkan kotoran dan kuman. Namun, hal itu juga dapat membuat tirai kamar mandi cepat rusak.

Hindari membersihkan tirai kamar mandi dengan cara menggosoknya. Bukannya membuat bersih, justru akan menyebabkan tirai mandi menjadi kusam. Lalu, apa solusinya?

Solusinya adalah Anda bisa mencuci tirai kamar mandi dengan memasukkan tirai dan cuka ke dalam mesin cuci. Setelah selesai dicuci, bilas dengan air bersih dan jemur sampai tirai mandi benar-benar kering. Barulah tirai dipasang kembali.

3. Tidak Membersihkan Sikat Gigi

Artboard 4.png
Hal yang satu ini masih sering dianggap remeh. Padahal menurut studi terbaru dari University of Manchester, ditemukan bahwa rata-rata sikat gigi mengandung sekitar 10 juta kuman, lho.

Kuman ini bisa mengkontaminasi peralatan kamar mandi lainnya. Oleh karena itu, bersihkan sikat gigi secara rutin dengan merendamnya di air cuka selama 30 menit untuk menghilangkan bakteri yang tersisa.

Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Hal ini untuk menghindari kuman dan bakteri serta kenyamanan saat menyikat gigi.

4. Lupa Membersihkan Bagian Belakang Kloset

Artboard 5.png
Bagian ini sering sekali Anda lupakan untuk dibersihkan, padahal bagian ini bisa menjadi tempat menumpuknya kotoran dan meninggalkan jejak yang sulit dibersihkan.

Bersihkanlah dengan menggunakan gulungan handuk kertas yang sudah dicelupkan ke dalam cairan antibakteri. Lalu, letakkan di bagian belakang toilet dan biarkan sampai kotoran dan kerak yang menempel luruh. Selanjutnya, bisa Anda gosok dengan sikat dan bilas dengan air bersih.

5. Lantai Kamar Mandi yang Kotor

Artboard 6.png
Lantai kamar mandi yang kotor tentu akan nyaman untuk dijadikan pijakan. Dalam banyak kasus, kotoran terkumpul di sela-sela keramik karena air kotor yang sering terabaikan saat membersihkan keramik. Cara terbaik membersihkan kotoran pada lantai kamar mandi adalah menggunakan air hangat dan sikat berbulu kaku.

6. Adanya Noda Pada Cermin

Artboard 7.png
Cermin yang terdapat noda akan menimbulkan kesan kotor pada kamar mandi. Kelembaban menyebabkan sejumlah masalah di kamar mandi dan cermin adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda kerusakan ini.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan alkohol atau larutan pembersih khusus cermin. Namun, yang harus diperhatikan adalah bintik hitam permanen akan muncul jika salah menggunakan larutan pembersih. Jadi, gunakan sesuai takaran serta pembersihan yang tepat.

Dampak Negatif Kamar Mandi yang Kotor

Artboard 8.png
World Health Organization (WHO) melaporkan sekitar 432.000 kematian terjadi akibat diare setiap tahun. Pada tahun 2018, di Indonesia terjadi sekitar 10 kali kejadian luar biasa (KLB) diare dengan jumlah penderita 756 orang dan kematian 36 orang.

Diare merupakan salah satu dari banyaknya dampak kesehatan akibat kualitas sanitasi dan kamar mandi yang buruk. Tanpa fasilitas mandi yang layak, masyarakat Indonesia juga berisiko terjangkit berbagai jenis penyakit menular.

Dokter mikrobiologi klinis, Wani Gunardi menjelaskan beberapa dampak negatif dari kamar mandi yang kotor. Kamar mandi yang kotor, akan membuat bakteri dengan mudah menyebar. Akibatnya, orang yang menggunakan toilet kotor tersebut akan rentan mengalami keracunan makanan dan diare.

Selain masalah pencernaan, masalah pada saluran pernapasan juga dapat terjadi. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) hingga pneumonia bisa menyerang. Hal ini karena kamar mandi yang kotor dapat menjadi tempat berkembangnya berbagai bakteri dan virus.

Dampak negatif dari kamar mandi yang kotor selanjutnya adalah munculnya penyakit kulit. Penyakit kulit seperti gatal-gatal juga rentan diderita mereka yang sering menggunakan kamar mandi kotor. Sebab, bakteri staphylococcus aureus bisa menyebar di kamar mandi yang kurang higienis.

Tips Membersihkan Kamar Mandi yang Praktis

1. Rutin Membersihkan Toilet

Artboard 9.png
Menurut sebuah studi dari Journal of Hospital Infection, saat Anda menekan tombol flush, bakteri berisiko menyebar ke tempat atau benda lainnya karena menempel di tangan Anda.

Gosoklah toilet dengan sabun, disinfektan, atau cairan pembersih khusus toilet seminggu 1-2 kali. Pastikan juga untuk membersihkan WC yang mampet. Selain itu, tutuplah kloset setiap kali menekan tombol flush untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri di kamar mandi.

2. Bersihkan Dinding Kamar Mandi

Artboard 10.png
Ketika Anda sedang mandi, tanpa disadari ada begitu banyak air bercampur sabun atau sampo yang menyiprat ke dinding kamar mandi. Cipratan Inilah yang seringkali memicu timbulnya kerak di dinding.

Cara membersihkannya adalah dengan menyiramnya dengan air, kemudian mengelapnya. Anda juga bisa menggunakan sikat dan sabun atau cairan khusus pembersih kerak jika nodanya cukup membekas.

3. Jangan Lupakan Keran dan Shower

Artboard 11.png
Tips membersihkan kamar mandi berikutnya adalah memperhatikan bagian keran atau shower. Seringkali noda karat timbul pada area di sekitar keran atau shower. Tak hanya menempel di keran, tetapi juga bisa melebar hingga ke dinding.

Bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih karat. Namun, alternatif lainnya adalah memanfaatkan baking soda alias soda kue. Kandungan natrium bikarbonat dalam soda kue dinilai dapat mengurangi noda karat.

4. Pastikan Sirkulasi Udara Terjaga dengan Baik

Artboard 12.png
Berada di ruangan yang sumpek dan lembab tentu akan sangat tidak nyaman, bukan? Tahukah Anda bahwa tempat yang terlalu lembab adalah tempat favorit kuman dan jamur untuk berkembang?

Pada dasarnya, kamar mandi memang tempat yang cenderung lembab. Namun, kelembabannya bisa semakin tinggi jika sirkulasi udara kamar mandi kurang baik.

Oleh karena itu, pastikan udara keluar dan masuk dengan mudah di kamar mandi Anda. Jika Anda tidak sedang menggunakan kamar mandi, biarkan pintunya terbuka lebar. Atau Anda juga bisa memasang ventilasi pada bagian atas.

5. Bersihkan Saluran Air Secara Rutin

Artboard 13.png
Tips membersihkan kamar mandi selanjutnya adalah dengan membersihkan saluran air. Anda mungkin sering melihat ada sisa rambut rontok atau kotoran lainnya di saluran air. Jika dibiarkan, kotoran akan menumpuk dan saluran air jadi tersumbat.

6. Membersihkan Sisa Sabun

Artboard 14.png
Apakah Anda pengguna sabun batang? Coba perhatikan tempat Anda meletakkan sabun batang, biasanya ada sisa-sisa sabun yang menempel. Jika dibiarkan, sisa sabun tersebut akan menjadi kerak dan semakin sulit dibersihkan.

Sedangkan untuk sabun cair, biasanya suka ada sisa yang meleleh di sekitar botolnya. Segera bersihkan saat ada sabun menetes agar semuanya lebih bersih dan tidak menjadi kerak.

7. Bersihkan Celah Lantai

Artboard 15.png
Tips membersihkan kamar mandi yang satu ini sangatlah penting. Sewaktu membersihkan kamar mandi, Anda juga harus melihat kondisi celah antara ubin atau lantai.

Area tersebut berukuran sangat kecil, tetapi rentan menjadi tempat kotoran bersarang. Jika dibiarkan, bisa-bisa lumut atau jamur tumbuh di celah lantai kamar mandi.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyikat lantai kamar mandi secara menyeluruh, khususnya di bagian celah-celah ubin. Saat menyikat, Anda bisa menggunakan sabun, karbol, atau produk pembersih rumah lainnya.

8. Mengelap Kaca Pembatas atau Cermin

Artboard 16.png
Jika Anda menggunakan shower yang dibatasi dengan pembatas kaca, perhatikan area yang sering terkena cipratan air. Bagian cipratan ini sering meninggalkan bekas noda. Pastikan Anda rutin mengelap area ini seminggu sekali.

Tak hanya itu, cermin di kamar mandi juga harus Anda perhatikan. Cermin rentan terkena percikan air. Udara kamar mandi yang lembab dan cipratan air saat berkegiatan di depan kaca membuat banyak bercak di permukaannya.

9. Pertimbangkan Penggunaan Filter

Artboard 17.png
Merasa air di rumah Anda berwarna keruh? Jika ya, maka Anda perlu mempertimbangkan penggunaan filter air. Tidak semua rumah memiliki kualitas air yang baik. Ada beberapa yang airnya cukup keruh, sehingga membuat kamar mandi lebih cepat kotor.

Air yang kuning atau keruh juga membuat toilet lebih cepat berkerak dan terlihat kotor. Agar tidak sering membersihkan kamar mandi karena kondisi air yang keruh, Anda bisa menggunakan filter air di setiap keran.

Miliki Kamar Mandi yang Bersih dan Nyaman!

Kamar mandi yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menimbulkan berbagai macam dampak negatif seperti yang telah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk bisa membersihkan kamar mandi agar tetap nyaman digunakan.

Namun, tak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan kamar mandi. Anda dapat berkonsultasi serta bekerja sama dengan Mitraruma sebagai Jasa Renovasi Rumah Terpercaya di Indonesia. Berbagai Promo Bulanan Mitraruma juga bisa Anda dapatkan sekarang juga, lho!

More content