no-script Ingin Membangun Rumah? Perhatikan Tips Berikut Ini! | Mitraruma

Ingin Membangun Rumah? Perhatikan Tips Berikut Ini!

Artboard 1.png
Tips membangun rumah impian wajib dimulai dengan konsep desain dan perencanaan keuangan yang matang. Anda tentunya memerlukan desain, material hingga waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpi Anda. Agar rumah semakin rapi dan cantik, Yuk simak ini beberapa tips membangun rumah mulai dari tahapan, proses hingga tips agar semakin hemat!

Tahapan dan Prosedur Membangun Rumah

Sebelum membangun rumah, Anda harus mengetahui dulu apa saja tahapan yang harus Anda lakukan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan baik dari segi budget, hingga waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Ini dia tahapannya!

1. Persiapan & Instalasi Listrik

Artboard 2.png
Membangun rumah tidak hanya dimulai dengan desain yang apik saja. Namun, ada beberapa hal fundamental yang wajib Anda siapkan seperti pondasi yang akan digunakan. Misalnya menentukan keperluan dalam membangun pondasi menggunakan pondasi cakar ayam.

Selain itu menentukan fungsi dan jumlah struktur beton, pasangan dinding, plesteran hingga rangka atap yang disesuaikan dengan baik. Selain itu instalasi air bersih dan air kotor juga wajib menjadi pertimbangan yang sejak awal seharusnya direncanakan agar tidak menimbulkan penyumbatan.

Pemasangan dan instalasi listrik juga patut diperhatikan, hal ini menjadi hal yang sangat membahayakan jika sewaktu-waktu terjadi korsleting listrik. Anda wajib memahami lokasi instalasi listrik jadi sewaktu terjadi kerusakan, Anda dapat memahami tempat mana saja yang bertegangan tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan pembuatan kusen, pintu hingga jendela agar estetika dari rumah Anda juga tetap ditonjolkan lebih baik.

2. Pekerjaan Finishing

Artboard 3.png
Pemasangan lantai atau dinding memang memerlukan ketelatenan hingga pada tahapan finishing pun Anda wajib memastikan apakah pemasangan keramik sudah rapih atau tidak. Untuk memeriksa keadaan keramik, Anda dapat mencoba dengan mengetuk keramik. Jika terasa masih kosong dan kopong, Anda mungkin dapat mengulang pemasangannya. Tentu saja, memerlukan waktu dan tambahan biaya bukan? Namun, ada baiknya dilakukan, mengapa? Ini dapat membuat keramik rentan pecah dan terangkat jika sewaktu musim hujan dan banjir datang.

Untuk pengecatan, finishing pengecatan tentu tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengecek bagian-bagian yang semula tertutup dengan lukisan, pastikan juga untuk memastikan pengecatan secara keseluruhan sudah rapih. Selain itu beberapa hal lain yang dapat Anda pastikan yaitu fixture lampu dan saklar stop kontak apakah sudah dapat sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Daerah lain yang dapat Anda kerjakan atau selesaikan adalah bagian carport dan jalan masuk menuju rumah Anda. Pastikan bahwa bagasi mobil Anda muat dengan ukuran mobil dan masih dapat dijadikan sebagai akses.

3. Serah Terima Pekerjaan

Artboard 4.png
Pastikan saat membangun rumah, Anda wajib melakukan serah terima yang beres dengan pemilik rumah sebelumnya. Jangan lupa untuk mengurus surat ijin membangun dengan baik. Selanjutnya, saat memilih tukang yang akan melakukan pengerjaan renovasi rumah Anda pastikan untuk menetapkan perjanjian di awal bahwa adanya masa garansi. Jadi jika terjadi kerusakan atau pengerjaan yang kurang rapi, Anda dapat mengajukan protes.

Cara Membangun Rumah

Setelah mengetahui tahapan dan prosedur yang harus dilakukan saat membangun rumah, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membangun rumah. Berikut ini cara yang tepat.

1. Perhatikan Pemilihan Lokasi

Artboard 5.png
Meski terdengar sepele, tetapi membangun rumah di lokasi strategis sangatlah penting. Selain membuat akses bepergian menjadi lebih mudah, juga akan mempermudah masuknya mobil pengangkutan bahan material ke rumah Anda.

Bayangkan jika Anda membangun rumah di lokasi yang sulit dijangkau. Selain akan menguras kantong karena biaya transport yang membengkak, juga akan membuat kesulitan dalam pengantaran bahan material. Alhasil, pembangunan rumah menjadi lambat.

2. Memilih Material yang Berkualitas

Artboard 6.png
Pilihlah material bangunan dengan harga yang paling murah, namun dengan kualitas bagus. Jadi, Anda bisa membanding-bandingkan material bangunan, dengan kualitas bagus dan harga yang murah.

Anda bisa membandingkan alternatif material yang Anda pilih serta gunakan pada setiap bentuk arsitektur rumah. Sehingga, biaya untuk membangun rumah menjadi lebih murah.

3. Rencanakan Pembangunan dengan Matang

Artboard 7.png
Pilihlah tanggal dan hari yang tepat untuk memulai membangun rumah. Hal ini akan membuat harga bangun rumah menjadi murah. Misalnya jika Anda memilih membangun rumah pada hari raya atau hari libur nasional, harga material bahan bangunan dan harga tenaga kerja bangunan akan lebih mahal daripada harga normal.

Jadi, jika memang tak terburu-buru, Anda sebaiknya menunda rencana untuk membangun rumah hingga harga kembali normal. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi budget yang akan Anda keluarkan.

4. Buatlah Desain Bangunan

Artboard 8.png
Desain bangunan rumah harus seoptimal mungkin. Untuk menghemat biaya bangun rumah, seleksilah bentuk detail rumah, material bahan bangunan, ukuran rumah dan sejenisnya,

Tahapan yang satu ini memang tidak bisa dibilang mudah. Untuk tu, jika Anda memerlukan bantuan bisa konsultasikan kepada Jasa Desain Rumah & Toko Bahan Bangunan yang terpercaya. Dengan menggunakan jasa desain, pembuatan desain bangunan dapat lebih cermat.

5. Buatlah Gambar Kerja Desain

Artboard 9.png
Tahapan yang satu ini dilakukan untuk menghemat waktu berpikir para tukang. Tentunya agar proses pengerjaan menjadi cepat. Adanya gambar kerja desain rumah juga dapat mengurangi risiko bongkar pasang akibat bentuk detail rumah yang tidak sesuai dengan impian.

6. Memilih Pekerja yang Berkualitas

Artboard 10.png
Tahapan yang ini sangat penting untuk Anda perhatikan dengan cermat. Jangan sampai budget yang Anda keluarkan jadi membengkak akibat ulah para pekerja yang tidak profesional. Anda harus memilih pekerja bangunan dan pemborong yang profesional agar menghemat biaya dan prosesnya cepat karena mereka memiliki pengetahuan untuk mewujudkan rumah impian.

Dengan Mitraruma Anda bisa membuat pengerjaan renovasi bangunan Anda menjadi lebih berkualitas dan nyaman dari segi desain dan bangunan. Memiliki hunian yang apik dan menarik tentunya menjadi keinginan setiap orang karena hunian yang nyaman terbukti membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman.

7. Membuat Denah Rumah

Artboard 11.png
Apakah Anda memiliki area yang luas untuk dibangun rumah? Atau justru sebaliknya? Membuat rumah baik itu besar maupun kecil, tetap harus membuat denah rumah. Jika memang rumah Anda termasuk ruangan yang kecil, Anda bisa membuatnya dengan konsep minimalis. Dalam hal ini minimalis tidak berarti membuatnya menjadi multifungsi dan akhirnya membuat hunian terasa sempit.

Namun, dengan menggunakan seni penempatan dan warna, ini bisa membuat hunian Anda terasa lebih presisi dan nyaman meskipun hanyalah bangunan yang kecil.

Sebaliknya ruangan yang besar juga demikian bisa mengusung konsep minimalis ataupun konsep mewah. Bicara kata mewah, bukan berarti membuat hunian Anda memiliki perabotan yang mahal. Hanya saja permainan variasi dan furnitur dengan kombinasi warna tepat yang akan

Mengapa demikian? Hal ini agar Anda mendapatkan bangunan rumah dengan penempatan ruangan yang seefisien mungkin dan tetap berkualitas. Aturlah denah rumah sesuai dengan fungsi masing-masing. Dalam hal ini Anda juga berkreasi, lho!

Tips Membangun Rumah

Tips membangun rumah sejak awal adalah tentunya membuat perencanaan dengan baik. Dengan memiliki perencanaan yang baik, tentunya Anda bisa menentukan budget untuk bahan bangunan hingga keperluan arsitek. Nah, yuk simak lebih lengkapnya tips dibawah ini bagaimana tips membangun rumah agar Anda bisa lebih puas!

1. Buatlah Perencanaan

Artboard 12.png
Tips membangun rumah yang pertama adalah membuat perencanaan. Anda harus merencanakan pembangunan rumah secara lengkap dan terperinci. Hitunglah berapa dana yang akan dikeluarkan, ukuran bangunan, serta material yang digunakan.

Setelah itu, barulah memilih pekerja bangunan yang tepat. Kemudian buatlah target penyelesaian pembangunan rumah. Dengan begitu, Anda bisa menghindari hal-hal tak terduga saat proses membangun rumah berlangsung.

Jika Anda tidak membuat perencanaan, maka siap-siap saja jika terjadi hal tidak terkendali. Banyaknya hal yang tidak terkendali dapat menyebabkan penyimpangan, terutama dari segi dana. Salah satu contohnya adalah mengenai mundurnya target waktu dari tiap proses pembangunan.

Kemunduran waktu dari target tersebut akan berdampak pada bertambahnya biaya operasional dari tukang bangunan yang Anda gunakan. Oleh sebab itu rencanakan pembangunan rumah Anda dengan sebaik mungkin.

2. Menggunakan Jasa Arsitek

Artboard 13.png
Masih banyak yang menganggap menggunakan jasa arsitek tidaklah penting. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang bukan merupakan kota besar. Padahal, memanfaatkan jasa arsitek ini justru akan membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pembangunan rumah.

Saat terjadi kesalahan dalam proses pembangunan, pastinya akan menimbulkan kerugian mulai dari waktu hingga biaya. Tentu Anda tidak ingin itu semua terjadi, bukan? Maka alangkah baiknya mengeluarkan dana lebih namun dapat menjamin hasil yang lebih baik. Dengan adanya Mitraruma, teknisi dan desainer kami akan membantu Anda untuk memaksimalkan budget yang Anda miliki untuk mencapai hunian berkualitas yang Anda inginkan! Semua proses pengerjaan di Mitraruma dijamin menggunakan produk bahan bangunan yang berkualitas, tidak cacat dan pastinya sesuai anggaran Anda! Cek selengkapnya hasil pengerjaan dan inspirasi tampilan Mitraruma.

3. Pilihlah Desain yang Simple

Artboard 14.png
Tips mebangun rumah dengan desain simple memang membutuhkan keahlian yang ekstra. Hal ini karena masih sering terlihat banyak rumah-rumah di Indonesia yang terlalu heboh dengan ornamen-ornamen yang sebenarnya tidak perlu dan kurang fungsional. Akibatnya rumah menjadi tidak enak dipandang dan budget pun membengkak.

Nah, dengan begitu tips yang dapat Anda lakukan adalah menentukan dua warna senada. Misalnya kombinasi putih dan biru, atau putih dan hijau. Tentukan tema dan pilihlah warna netral dan terang, selalu usahakan untuk membuatnya terlihat enak dipandang, tidak bosan dan menenangkan. Sehingga tidak terlalu terkesan mencolok dan biaya perawatan rumah jadi lebih efisien!

4. Tentukan Bentuk Bangunan

Artboard 15.png
Bentuk bangunan sama seperti desain namun memiliki pondasi yang kuat sejak awal seperti apa bentuk bangunan nantinya adalah hal yang perlu ditegaskan. Ada baiknya memiliki bentuk serta visualisasi yang baik. Saat memiliki visualisasi yang jelas, Anda tentu dapat mengukur jangka waktu pembangunan lebih presisi. Hal ini pun membantu anda menghemat biaya lebih baik. Bentuk bangunan tentunya berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Semakin rumit bentuk bangunan, maka waktu pembangunan bisa lebih lama sehingga menambah biaya.

5. Melakukan Riset Harga Material Bangunan

Artboard 16.png
Tips membangun rumah yang satu ini berkaitan erat dengan budget yang akan Anda keluarkan. Harga material bangunan yang tidak menentu tak boleh Anda sepelekan. Untuk itu Anda disarankan melakukan pengecekan langsung ke toko bahan bangunan untuk mengecek harga dan kualitas barang.

Setelah melakukan riset, Anda akan mendapatkan insight mengenai bahan bangunan dengan beragam kualitas, harga, dan lainnya. Kalau Anda tidak melakukan riset, maka biaya pembangunan rumah bisa menjadi semakin mahal.

6. Memilih Material yang Berkualitas

Artboard 17.png
Tips membangun rumah yang juga sangat penting adalah kualitas material bangunan. Agar rumah dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda memilih material bahan bangunan yang berkualitas.

Bahan material yang berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Namun membeli dan membangun rumah adalah investasi, jangan sampai gara-gara Anda menggunakan bahan yang murah justru bangunan cepat rusak.

7. Selektif dalam Memilih Tukang Bangunan

Artboard 18.png
Saat memilih tukang bangunan, carilah tukang bangunan yang memiliki reputasi dan telah dikenal baik. Tukang bangunan yang berpengalaman akan lebih mudah diajak berdiskusi mengenai waktu pengerjaan rumah.

Misalnya Anda memiliki waktu membangun rumah selama enam bulan sesuai jadwal dan anggaran. Maka sebisa mungkin Anda bisa meminta tukang bangunan mengerjakan rumah dalam kurun waktu tersebut.

8. Buatlah Ruangan yang Multifungsi

Artboard 19.png
Tips membangun rumah yang satu ini sangat penting untuk Anda yang akan membangun rumah di lahan terbatas. Anda bisa mendesain rumah dengan konsep open space dan memiliki ruangan multifungsi.

Rumah dengan konsep open space menjadikan hunian teras lebih luas. Anda juga tidak perlu membuat dinding masif yang memerlukan biaya. Bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan menghadirkan partisi ruangan yang bisa dipindahkan atau dilipat. Dijamin, rumah akan terlihat lebih lapang dan multifungsi.

9. Bangunlah Secara Bertahap

Artboard 20.png
Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup, Anda tidak perlu menunggu uang terkumpul untuk membangun rumah. Anda bisa membangun rumah secara bertahap dari pondasi, dinding, kemudian atap.

Pembangunan seperti ini memang memakan waktu, namun Anda memiliki kesempatan untuk fokus pada pembangunan setiap tahap. Cara ini juga memudahkan Anda dalam mengumpulkan dana pembangunan secara berkala.

Membangun Rumah Perlu Seni!

Membangun rumah tentu memiliki tantangan tersendiri. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkannya matang, mulai dari desain hingga pemilihan bahannya. Jika Anda ingin lebih mudah, Anda dapat membangun rumah dengan bantuan Mitraruma, jasa renovasi rumah & toko bahan bangunan

Nah, itu tadi beberapa tips membangun rumah yang bisa Anda ikuti. Perhatikanlah tips-tips tersebut untuk mempermudah Anda dalam membangun rumah. Tentunya juga untuk menghindari pengeluaran tak terduga. Selain itu, agar Anda tidak kecewa dengan hasil bangunan yang sudah jadi.

More content