no-script Tertarik Bangun Gazebo Taman di Rumah? Simak 4 Tips Ini | Mitraruma
Mitraruma

Tertarik Bangun Gazebo Taman di Rumah? Simak 4 Tips Ini

Gazebo Taman.webp

Rumah merupakan tempat yang paling sesuai untuk bersantai di waktu luang. Namun, akan lebih nyaman ketika Anda dapat memiliki satu area khusus di rumah untuk bersantai. Gazebo menjadi salah satu pilihannya. Anda dapat membangun gazebo taman nyaman yang umumnya berada di area taman rumah Anda.

Nah, jika Anda bermaksud menambahkan gazebo untuk bersantai bersama keluarga di rumah, simak artikel ini!

Ragam Tipe Gazebo Taman

Gazebo merupakan sebuah struktur bangunan yang umumnya terdiri dari kanopi, tirai atau sisi-sisi yang kokoh, dan kadang memiliki fitur tambahan, seperti jaring anti nyamuk. Dari segi material, gazebo bisa terbuat dari kayu, metal, atau material lain. Gazebo memiliki banyak ragam model dan ukuran. Sebagai referensi, berikut ini beberapa model yang paling banyak digunakan.

Gazebo Portable

Model gazebo ini biasa disebut juga dengan pop up gazebo yang bersisi terbuka. Jika Anda mencari gazebo taman yang mudah dipasang dan bisa dipindah-pindah dengan mudah, gazebo portable jawabannya.

Tipe gazebo ini cocok untuk acara berkonsep outdoor, semisal BBQ-an dan acara keluarga. Meski tampak minimalis, gazebo portable terbuat dari material yang kokoh, seperti baja ringan dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Gazebo Kayu

Menyukai konsep alam namun tampak elegan? Gazebo dari material kayu bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Biasanya, gazebo kayu tersedia dalam berbagai gaya, seperti gaya minimalis hingga modern.

Saat memilih tipe gazebo ini, Anda harus cermat pula untuk memilih jenis kayunya. Pastikan kayu tersebut tahan rayap, seperti kayu jati, kayu trembesi, atau kayu merbau.

Gazebo Metal

Gazebo metal merupakan salah satu model gazebo taman yang paling populer di pasaran. Umumnya, gazebo ini terbuat dari berbagai logam, seperti baja, aluminium, dan besi tempa.

Meskipun terbuat dari material yang kuat, gazebo metal butuh perawatan ekstra agar tidak cepat berkarat. Oleh karena itu, pilih lah material yang tahan karat, seperti aluminium atau baja berpelapis.

Gazebo Bambu

Gazebo bambu merupakan salah satu gazebo yang mudah ditemukan di Indonesia, misalnya di restoran berkonsep lesehan. Namun, Anda juga bisa membuatnya di taman rumah untuk bersantai.

Material yang digunakan untuk membangun gazebo bambu mudah ditemukan serta relatif murah. Atapnya terbuat dari rumput jerami kering atau genting bekas, sedangkan rangkanya dari bambu tua.

Tips Membuat Gazebo Taman untuk Bersantai

Menemukan tipe gazebo yang ingin dibuat di taman adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Selanjutnya, ada beberapa tips membuat gazebo yang harus Anda perhatikan.

Perhitungkan Ukuran Gazebo

Pastikan ukuran gazebo yang Anda mau proporsional dengan luas taman. Sebuah gazebo umumnya berukuran 2 meter, tapi kembali lagi ke kebutuhan Anda, ukurannya bisa lebih kecil. Hal yang penting adalah ukurannya harus proporsional antara lebar dan tinggi gazebo. Sebaiknya, gazebo tidak lebih dari ⅕ total area taman. Selain itu, jaga jarak minimal 2 meter dari dinding terdekat untuk menghindari tampias air hujan.

Perhatikan Lokasi Penempatan Gazebo

Gazebo memang dapat memperindah dekorasi, tapi kalau penempatannya asal-asalan, tentu kurang estetik. Jadi, pastikan posisi gazebo cocok dengan tata letak taman keseluruhan. Namun, untuk membuat gambaran penempatan, coba pasang beberapa pasak secara melingkar dan lihat apakah penempatannya sudah pas.

Buat Rancangan Model dan Material

Sangat penting untuk mencocokkan model gazebo dengan desain taman dan gaya rumah. Tentukan apakah Anda ingin gazebo model terbuka atau tertutup, serta model permanen atau temporer.

Selanjutnya pilihlah material gazebo yang kuat serta tahan jamur dan cuaca,terutama pada bagian penting seperti atap. Atap ijuk, genting, dan rumbia merupakan material yang sering digunakan pada atap gazebo. Pilihlah bahan atap yang mampu melindungi dari panas dan hujan saat sedang bersantai di gazebo, seperti atap sintetis dari HDPE (high density polyethylene).

Hias Interior Gazebo

Untuk menunjang kenyamanan di gazebo, sebaiknya tambahkan hiasan furnitur, seperti meja dan kursi yang serasi dengan warna gazebo, atau alas karpet dan bantal jika gazebo model lesehan. Agar tercipta kesan tertentu, Anda dapat menambahkan pencahayaan. Misalnya, lampu lampion atau lampu gantung.

Itulah tips dan serba-serbi tentang gazebo taman yang bisa Anda jadikan referensi. Hubungi Mitraruma untuk mendapatkan material home decoration yang berkualitas!

More content