no-script 5 Tips Maksimalkan Fungsi Rooftop Rumah, Wajib Tahu! | Mitraruma
Mitraruma

5 Tips Maksimalkan Fungsi Rooftop Rumah, Wajib Tahu!

rooftop-rumah

Di era sekarang, hampir seluruh masyarakat lebih cenderung memilih desain rumah minimalis. Lewat desain rumah ini, tidak sedikit pemilik rumah yang memikirkan untuk membangun rooftop rumah.

Selain itu, terdapat beberapa pemilik rumah sudah memiliki lahan rooftop, tetapi belum memanfaatkannya dengan tepat. Padahal, rooftop rumah yang mereka miliki dapat dimaksimalkan fungsinya, lho.

Memanfaatkan rooftop rumah secara tepat bisa semakin membuat para pemilik rumah atau tamu beraktivitas di rooftop dengan tenang dan nyaman. Selain karena memiliki kesan rapi, desain rumah ini pun dianggap bisa memberikan rasa nyaman dan modern.

Tak hanya itu saja, rooftop yang fungsional juga tentunya dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan, seperti tanaman. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana membangun rooftop di rumah, pastikan untuk memanfaatkannya dengan benar, ya!

Apa itu Rooftop Rumah?

rooftop-rumah-modern

Sebelum membahas mengenai tips memanfaatkan rooftop rumah, ketahui dulu yuk pengertiannya. Rooftop rumah merupakan bagian atap luar rumah yang berbentuk datar, umumnya terletak di lantai teratas pada rumah. Untuk mempermudah, biasanya apabila di rumah terdapat satu bagian yang memiliki permukaan datar dan terbentuk atas dak beton, maka bagian tersebutlah yang disebut dengan rooftop.

5 Tips Memanfaatkan Rooftop Rumah

rooftop-rumah-minimalis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak cara untuk memanfaatkan rooftop rumah dan memaksimalkan fungsinya agar tidak hanya menjadi tempat penyimpanan saja. Yuk, ikuti 5 tips dalam maksimalkan lahan rooftop yang ada di rumah berikut ini!

1. Pastikan struktur & konstruksi atap kuat

Sebelum memutuskan untuk mendekorasi rooftop, Anda perlu perhatikan seberapa kuat struktur dan konstruksi atap di rumah Anda. Sebab, Anda baru bisa menentukan fungsi dan dekorasi rooftop rumah setelah Anda mengetahui kekuatannya. Hal ini juga untuk menghindari kesalahan dalam penempatan barang. Tentu Anda tidak ingin terjadi sesuatu yang fatal karena Anda memberikan beban yang terlalu berat pada rooftop, kan?

2. Tentukan tema yang akan diangkat

Setelah memperhitungkan kekuatan rooftop, saatnya Anda memilih tema dan nuansa yang ingin diciptakan. Tips ini penting sebab agar rooftop di rumah Anda tetap berkonsep dan tidak berantakan, karena masing-masing tema pun memiliki kebutuhan yang berbeda.

Misalnya, Anda bisa mengusung tema rooftop garden yang dilengkapi dengan banyak tanaman. Atau mungkin rooftop sebagai tempat barbecue dan memasak, hingga konsep rooftop biasa yang fungsinya sekadar untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

3. Lengkapi dengan pot tanaman

Meskipun tema yang Anda pilih bukanlah tema rooftop garden, tetapi beberapa pot tanaman bisa Anda jadikan pelengkap di rooftop rumah. Sesuaikan saja jumlah, ukuran, sampai jenis tanaman yang Anda butuhkan. Sebab, pot tanaman bisa memberikan kesan nature dan melengkapi waktu bersantai Anda.

Selain itu, sangat baik untuk menaruh tanaman di rooftop karena akan mendapatkan sinar matahari langsung. Apalagi jika Anda tertarik untuk bercocok tanam, Anda bisa menaruh alas dan membuat kebun kecil yang terdiri dari sayur-mayur di rooftop. Namun, sesuaikan kembali dengan kondisi rooftop yang Anda miliki, ya.

4. Pilih perlengkapan yang membuat nyaman

Selanjutnya, Anda bisa pilih perlengkapan dan perabotan untuk melengkapi rooftop yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Selain secara fungsi, perlengkapan dan perabotan tersebut haruslah membuat Anda dan siapapun tamu yang datang berkunjung ke rooftop merasa nyaman.

Mulai dari flooring sampai perabotan seperti sofa, kursi, dan juga meja. Flooring seringkali terabaikan, padahal perannya sangat penting. Beberapa jenis flooring yang banyak digunakan untuk rooftop antara lain ubin, beton, hingga kayu dengan decking. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan kanopi atau payung yang bertujuan untuk meneduhkan saat menghabiskan waktu di rooftop di siang hari.

5. Pastikan punya pencahayaan yang cukup

Tak hanya di siang hari saja, Anda bisa menghabiskan waktu santai di rooftop rumah pada malam hari. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di rooftop, mulai dari memasak, menikmati makanan ringan, membaca buku, sampai menonton film favorit. Alhasil, pencahayaan di rooftop juga perlu Anda perhatikan.

Model pencahayaan pun bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan, misalnya dengan menggantungkan lampu tumblr atau memasang beberapa lampu di lantai. Tentunya, dengan pencahayaan yang cukup, Anda akan semakin betah menghabiskan waktu di rooftop rumah untuk beraktivitas atau sekadar bersantai.

Jadi, itulah tips dalam memanfaatkan lahan rooftop rumah agar semakin nyaman dan bikin betah. Selain beberapa tips di atas, pastikan Anda membuat rooftop tetap seminimalis dan senetral mungkin, sebab umumnya rooftop tidak memiliki lahan yang luas dan khawatir akan mengurangi kenyamanannya apabila terlalu berlebihan. Untuk mempermudah Anda, jangan lupa untuk menggunakan jasa renovasi rumah dan produk bahan bangunan dari Mitraruma. Yuk, wujudkan rooftop impian Anda bersama Mitraruma sekarang!

More content