no-script 11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis | Mitraruma

11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Artboard 1.png
Tips dekorasi rumah minimalis ala Mitraruma dapat Anda coba untuk hunian modern dengan konsep yang nyaman, cozy, serta mementingkan space saving. Dengan cara nini, Anda dapat mewujudkan rumah minimalis yang nyaman dan cantik meskipun dengan luas lahan yang terbatas.

Dalam dunia arsitektur serta desain, minimalisme sendiri merupakan sebuah konsep ataupun kondisi di mana subjek hanya menampilkan elemen-elemen esensial dan mengutamakan fungsi dari subjek itu sendiri saja. Oleh karena itu, kebanyakan desainer arsitektur minimalis akan lebih berfokus pada hal-hal seperti koneksi antar elemen bangunan, pencahayaan, hingga ke void yang tersisa pada suatu bangunan.

Minimalis adalah tren desain yang dimulai pada abad ke-20 dan berlanjut hingga sekarang. Pernyataan terkenal untuk desain minimalis berasal dari seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe: “Less Is More”. Tertarik untuk menerapkannya pada hunian Anda? Yuk, simak beberapa tips dekorasi rumah minimalis ala Mitraruma!

Inspirasi Dekorasi Rumah Minimalis

1. Dominasi Warna Putih yang Damai

Artboard 2.png
Tahukah Anda? Cat dinding berwarna putih dapat membuat ruangan terasa lebih luas, lho. Jika Anda memiliki rumah minimalis, tak perlu khawatir karena cat dinding berwarna putih akan memberikan ilusi rumah terasa lebih lega.

Menurut Spicher, cat dinding berwarna putih juga dinilai memberikan efek damai bagi setiap penghuni yang ada di dalam rumah. Selain itu, warna putih akan membuat Anda lebih santai dan memberikan efek positif untuk otak Anda.

2. Furnitur yang Multifungsi

Artboard 3.png
Memiliki rumah dengan lahan terbatas bukan halangan untuk Anda menghadirkan furnitur. Anda tetap boleh menghadirkan furnitur, namun sebisa mungkin yang multifungsi seperti ini. Tentunya agar lebih menghemat area.

Anda bisa menyimpan koleksi buku pada kursi ruang tamu dengan rak sudut yang terletak di bawah dan belakang sofa. Selain multifungsi, kursi yang satu ini juga sangat unik.

3. Cermin Panjang Pada Ruangan

Artboard 4.png
Fungsi cermin untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas sudah tak diragukan lagi. Untuk rumah minimalis, Anda bisa menghadirkan satu buah cermin berukuran besar dan panjang.

Tak hanya itu saja, kehadiran cermin ini juga bisa dijadikan sebagai elemen dekorasi yang cantik. Anda juga bisa menjadikannya spot foto dadakan di dalam rumah.

4. Tirai yang Menjulang Tinggi

Artboard 5.png
Inspirasi dekorasi rumah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tirai. Dengan mengaplikasian tirai yang tinggi akan memberikan elemen yang hangat dan tidak membosankan pada rumah.

Selain itu, dekorasi tirai yang dapat Anda terapkan pun bisa disesuaikan dengan konsep ruangan yang ingin diusung. Anda bisa memakai tirai dengan warna polos ataupun bermotif untuk mendukung tampilan ruang.

5. Penggunaan Perabotan Dinding yang Senada

Artboard 6.png
Merancang tampilan dekorasi rumah minimalis bisa dilakukan sesederhana dengan menyamakan warna perabotan dengan tembok atau lantai. Tujuannya untuk menciptakan kesan monokrom yang membuat ruangan terlihat lebih luas dan estetik.

6. Karpet Lantai yang Cantik

Artboard 7.png
Jika diperhatikan dengan seksama, rupa interior rumah minimalis dapat terkesan polos dan monoton kalau tidak dilengkapi dengan aksesoris pendukung yang tepat.

Ini dia solusinya! Karpet lantai menjadi rekomendasi terbaik yang selalu bisa menyempurnakan ruangan manapun untuk memberikan detail tekstur dan motif yang cantik. Anda bisa menghadirkan karpet dengan corak yang beragam untuk menghasilkan ilusi ruangan yang indah.

7. Terapkan Garis Horizontal di Dekorasi Rumah Sederhana

Artboard 8.png
Garis vertikal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi, sedangkan garis horizontal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Untuk rumah minimalis, terapkanlah motif garis horizontal sebagai dekorasi rumah sederhana.

Motif garis horizontal ini bisa digunakan pada dinding. Untuk warna garisnya, pilihlah warna aman seperti hitam dan putih. Tapi jika Anda berani bereksperimen menggunakan warna lain, mengapa tidak?

8. Penggunaan Lampu Ruangan yang Unik

Artboard 9.png
Ketika memasang lampu untuk kebutuhan penerangan, perhatikanlah jenis dan penempatan lampu agar berada di posisi strategis. Tentunya agar tidak tampak memenuhi ruangan.

Anda juga bisa menghadirkan aksen pelengkap dengan memilih lampu gantung bermotif rustic atau klasik yang terlihat estetik. Letakkan lampu pada posisi yang tepat, misalnya di atas sofa bed di ruang keluarga. Rumah yang terang akan membuatnya terasa lebih bersih dan lapang.

Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Mendekorasi rumah minimalis tentu memerlukan kehati-hatian lebih. Jika tidak tepat, bukan tak mungkin rumah Anda akan terasa sesak. Tentunya juga akan sangat tidak nyaman, ya. Berikut ini beberapa tips dekorasi rumah minimalis yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Singkirkan yang Tak Diperlukan

Artboard 10.png
Lihatlah sekeliling Anda. Benda apa saja yang nampak di pandangan? Jika terlihat tumpukan kertas tidak terpakai, kunci, sepatu, gelas-gelas kosong atau benda-benda lainnya yang tidak esensial segeralah rapihkan.

Setelah itu pikirkan, akan dikemanakan benda-benda tersebut? Setelah semua itu beres, Anda dapat melihat kondisi rumah secara lebih jelas dan siap untuk langkah selanjutnya.

2. Fokus Pada Fungsi

Artboard 11.png
Sebelum Anda memulai dekorasi rumah minimalis, penting untuk memikirkan bagaimana Anda ingin ruangan berfungsi. Jika Anda sering menjamu teman atau keluarga, Anda pasti perlu memastikan ada banyak tempat duduk.

Selain itu, jika Anda bekerja dari rumah, maka harus ada ruang kerja bebas gangguan. Apapun tata letak ruangan yang Anda pilih, kunci tampilan rumah minimalis adalah menjaga ruangan tetap terbuka dan lapang.

3. Pilihlah Warna Netral

Artboard 12.png
Tips dekorasi rumah minimalis selanjutnya adalah pemilihan warna-warna netral. Mengapa demikian? Alasannya, warna netral dapat menciptakan kesan yang fresh dan kalem di dalam ruangan.

Disarankan untuk tidak terlalu banyak menambahkan warna-warna berbeda dalam satu ruangan. Satu atau dua warna saja sudah cukup. Anda bisa melengkapi warna putih dengan warna krem atau abu-abu untuk memperkuat kesan minimalis.

4. Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Artboard 13.png
Ruangan gelap dapat membuat ruangan terlihat lebih suram dan sempit. Anda bisa menyiasatinya dengan menghadirkan jendela besar. Jendela besar yang memungkinkan banyak cahaya alami akan membuat ruangan minimalis terlihat lebih besar dan lebih hangat.

Selain itu, jendela sangat bagus untuk bertindak sebagai titik fokus di ruangan mana pun. Terutama jika Anda memiliki pemandangan luar yang bagus. Cukup tambahkan tirai tipis sepanjang lantai yang sesuai dengan tema warna Anda untuk privasi.

5. Gunakan Kursi dan Meja yang Transparan

Artboard 14.png
Tips dekorasi rumah minimalis selanjutnya adalah penggunaan meja dan kursi yang transparan. Meja dan kursi yang transparan akan membuat ruangan terlihat lega. Hal itu karena Anda dapat melihat benda lain dibalik kedua furnitur tersebut.

6. Gunakan Perabotan dan Furnitur yang Multifungsi

Artboard 15.png
Furnitur yang memiliki banyak fungsi mencegah rumah terlihat berantakan secara visual. Contoh perabotan multifungsi yang bisa digunakan adalah meja sekaligus rak buku atau kasur dengan rak buku di kolongnya.

7. Manfaatkan Cermin

Artboard 16.png
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cermin dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Cermin tidak hanya dapat membantu membuka ruang kecil, tetapi juga sangat cocok untuk dekorasi minimalis karena sederhana, fungsional, dan bergaya.

8. Gunakan Furnitur Berukuran Kecil

Artboard 17.png
Tips dekorasi rumah minimalis berikutnya adalah dengan menggunakan furnitur berukuran kecil. Ketika membuat dekorasi minimalis, Anda dituntut untuk memanfaatkan ruang seefisen mungkin dan di saat yang bersamaan juga menyisakan ruang kosong untuk titik fokus.

Furnitur berukuran terlalu besar di dalam rumah sudah pasti akan membuat rumah terasa sesak dan penuh. Kunci utama saat memilih furniturnya adalah memastikan jika furnitur diletakkan di satu ruangan, masih ada ruang yang tersisa di bagian tengah.

9. Susun Furnitur Simetris

Artboard 18.png
Tips dekorasi rumah minimalis ini tentu sudah bisa dengan mudah ditebak. Tips ini mampu membuat rumah terlihat lebih bersih dan rapi. Anda juga tidak akan tersandung, karena furnitur-furnitur sudah ditata secara presisi.

10. Berhati-hati Memilih Motif

Artboard 19.png
Dalam dekorasi rumah minimalis, biasanya penggunaan motif dibatasi. Jika Anda tetap ingin menggunakannya, pilihlah motif yang kecil-kecil. Untuk dinding, disarankan untuk memilih motif horizontal. Garis horizontal dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

11. Gunakan Furnitur sebagai Dekorasi

Artboard 20.png
Tak hanya untuk menyimpan barang, Anda juga bisa menjadikan furnitur sebagai elemen dekorasi, lho. Misalnya saja lemari penyimpanan dengan pintu atau warna yang sangat dekoratif. Bisa juga lampu meja yang berbentuk karakter tokoh kartun idaman Anda.

Siapa Bilang Rumah Minimalis Tak Bisa Tampil Cantik?

Kegiatan mendekorasi rumah memang biasanya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi seorang pemilik rumah beserta dengan keluarga. Dengan melakukan kegiatan yang satu ini, Anda bersama dengan seluruh anggota keluarga dapat saling menyalurkan ide-ide serta menjadi momen untuk mengekspresikan desain rumah yang diinginkan.

Semoga beberapa tips untuk melakukan dekorasi rumah minimalis di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam mendekor hunian impian Anda! Jika Anda memerlukan bantuan untuk melakukan dekorasi ulang ataupun renovasi rumah, tak perlu khawatir. Mitraruma hadir sebagai penyedia Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Indonesia. Jangan lewatkan juga berbagai Promo Bulanan Mitraruma yang dijamin menarik!

More content