no-script Ikuti 9 Tips untuk Bangun Ruang Gym di Rumah | Mitraruma
Mitraruma

Ikuti 9 Tips untuk Bangun Ruang Gym di Rumah

Ruang gym.webp

Tren olahraga di rumah terus meningkat sejak adanya pandemi. Sebab, timbulnya rasa keraguan dalam melakukan banyak aktivitas di luar rumah apalagi di tempat yang ramai pengunjung, seperti gym dan sasana olahraga lainnya. Alhasil, banyak orang yang memilih untuk melakukan olahraga di rumah saja, termasuk dengan membangun ruang gym di rumah. Meskipun lebih praktis, tetapi tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan saat membangunnya, lho. Yuk, simak selengkapnya!

Hal yang Harus Diperhatikan saat Bangun Ruang Gym di Rumah

Ketersediaan dan Ukuran Ruangan

Bagi Anda yang tidak memiliki ruangan banyak di rumah atau memiliki lahan yang terbatas, Anda dan keluarga bisa melakukan olahraga di garasi maupun di tempat lainnya sesuai keinginan. Jadi, pilihlah sudut ruang yang luas agar nantinya alat gym dapat diletakkan sesuai keinginan, sekaligus menambah kenyamanan dan ketenangan. Sambil memastikan ukuran ruangan yang dipakai, Anda juga bisa menentukan jenis olahraga apa yang akan Anda tekuni di ruang gym tersebut untuk mempermudah Anda dalam memilih alat-alat olahraga.

Lantai

Memperhatikan jenis lantai juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Jenis lantai untuk tempat gym biasanya lebih baik berbahan dasar kayu atau berlapis karet. Hal ini dikarenakan lantai di ruang gym menjadi tempat penyimpanan alat olahraga dan meminimalisasi kerusakan juga hentakan yang seringkali menimbulkan kebisingan.

Pencahayaan

Pencahayaan ternyata sangat berpengaruh bagi Anda jika ingin berolahraga dengan nyaman di rumah. Tentunya akan lebih baik jika Anda menggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari untuk penerangan ruang gym Anda. Namun, apabila tidak memungkinkan, Anda juga bisa memilih lampu yang terang agar kegiatan berolahraga tetap berjalan dengan baik dan nyaman.

Listrik

Berikutnya, berkaitan dengan listrik di rumah. Anda perlu menyediakan beberapa stop kontak pada ruang gym, dikarenakan beberapa alat gym membutuhkan daya listrik untuk bisa dihidupkan, seperti treadmill. Selain itu, rata-rata daya yang dibutuhkan pun cukup besar, sehingga harus disesuaikan.

Biaya

Biaya merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan apabila ini menciptakan gym di rumah. Hal ini disebabkan karena ada cukup banyak alat harus disediakan. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan mengenai biaya pembangunan dan perawatan apabila sudah dibangun. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memiliki perencanaan biaya yang mendetail.

Ide Membangun Ruang Gym di Rumah

###Atur Warna

Ide pertama yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan ruang gym yakni mengatur warnanya. Carilah referensi warna sesuai dengan keinginan guna meningkatkan gairah dalam berolahraga. Jika ingin meningkatkan komitmen dalam olahraga, cobalah menggunakan warna-warna berani dan juga cerah.

Beri Pemandangan

Pemandangan ternyata memberikan efek cukup besar jika Anda ingin berolahraga di rumah. Di sini, tidak hanya menyehatkan tubuh saja, namun juga pikiran, sebab pemandangan membantu mendukung suasana hati menjadi lebih nyaman. Caranya yakni dengan mempersiapkan jendela yang menghadap ke luar dan menempatkan alat olahraga di dekat jendela.

Atur Lantai

Jika dekorasi ruangan sudah sangat cantik dan sesuai dengan keinginan Anda, maka langkah selanjutnya yakni memilih dekorasi lantai. Biasanya, ruang gym menggunakan alas karet untuk meminimalisir terjadinya kerusakan dan kebisingan karena alat-alat olahraga. Pilihlah warna yang serasi guna mendukung penampilan ruangan tersebut.

Hiasan Dinding

Memberikan hiasan dinding juga diperlukan. Misalnya, berisi quotes yang bisa membantu membangkitkan semangat Anda dalam berolahraga. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat ruangan gym menjadi lebih estetik dan nyaman untuk ditempati.

Pasang Speaker

Jika berolahraga, biasanya tidak akan lengkap jika tidak ada speaker untuk memutar lagu. Dengan musik pengiring, Anda bisa menikmati suasana dan pikiran pun menjadi lebih rileks. Buatkanlah tempat khusus untuk meletakkan speaker dengan ukuran yang sesuai di ruangan gym.

Letakan Kulkas

Jika masih ada sedikit area di ruang gym, cobalah untuk meletakkan kulkas dengan ukuran kecil. Kulkas sangat penting ketika merasa haus setelah melakukan berbagai aktivitas berolahraga. Cara ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk segera menghilangkan dahaga.

Beri Unsur Alami

Menambahkan tanaman hidup ke ruangan gym akan membuat udara di dalam tempat tersebut terasa lebih segar. Selain itu, Anda juga akan merasa tenang, karena ada beberapa jenis tanaman tertentu yang memberikan efek tenang kepada para pemiliknya. Di samping itu, bisa menambahkan interior kayu atau batu guna menambah unsur alam.

Pasang Pendingin

Saat berolahraga secara terus menerus, pastinya keringat akan keluar dalam jumlah banyak. Suhu tubuh juga akan meningkat menjadi lebih hangat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasang kipas gantung sebagai salah satu fasilitas di dalam ruangan gym tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasang AC atau air conditioner.

Atur Pencahayaan

Mengatur pencahayaan merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Karena jika ruang gym terlalu terang, tentu akan membuat mata kurang nyaman. Sedangkan jika terlalu redup, suasana hati tidak akan baik. Penempatan pencahayaan ini juga harus dipertimbangkan dengan alat-alat lain dan tergantung pada pelatihan yang direncanakan sebelumnya.

Ruang gym di rumah memberikan keleluasaan bagi Anda untuk berolahraga tanpa harus berbagai alat dengan orang lain. Selain itu, keinginan dalam berolahraga bisa terus ditingkatkan, karena sudah tidak perlu lagi untuk ke luar rumah jika ingin tubuh sehat dan tetap bugar. Tertarik untuk membangun ruang gym di rumah Anda? Pastikan untuk menggunakan jasa renovasi rumah dari Mitraruma, ya!

More content