no-script Taman Depan Rumah | Mitraruma
Mitraruma

Taman Depan Rumah

Taman depan rumah yang minimalis tentu membuat rumah semakin nyaman untuk ditempati dan bersantai di pagi ataupun sore hari. Semenjak pandemi COVID-19 berlangsung, kebanyakan masyarakat menghabiskan waktunya hanya dengan di rumah saja. Tentu saja, menghirup udara segar menjadi hal yang dibutuhkan.

Selain menghirup udara segar menjadi hal yang dibutuhkan, menghabiskan waktu di sore hari menikmati udara dan beristirahat sejenak juga ternyata berguna untuk membantu Anda menjadi lebih produktif. Riset yang dikemukakan oleh NYTimes mengatakan bahwa seharusnya para pekerja juga fokus memberi waktu bagi diri mereka setiap hari untuk mengembalikan kembali energi dan tenaga yang terbuang. Hal sederhana ini dinilai bisa membangkitkan produktivitas.

Maka dari itu, tidak jarang selama pandemi ini banyak sekali kesibukan baru yang bermunculan, salah satunya berkebun, minum teh di sore hari hingga memelihara ikan. Ini semua menjadi hal yang menarik bukan? Nah, jika interior ataupun sekeliling Anda kurang mendukung, maka sudah waktunya untuk melakukan sedikit perubahan. Ini dia tips menata taman depan rumah agar semakin menarik untuk Anda!

taman-depan-rumah.png

Membuat Taman Depan Rumah yang Cantik

Siapa sih yang tidak mau rumahnya terlihat cantik, sejuk, dan asri? Apalagi saat ada orang lain berkunjung kerumah kita. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk itu adalah dengan membuat taman di depan rumah. Memiliki taman depan rumah yang asri juga bisa membantu Anda menyegarkan pikiran, lho!

Namun, membuat taman depan rumah yang cantik dan rapih ternyata tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan supaya tidak menjadi rumit dalam proses perawatannya di kemudian hari. Yuk, simak selengkapnya disini!

1. Menentukan tujuan

menentukan-tujuan.png

Desain taman yang baik akan menciptakan titik fokus, tujuan bagi mata dan orang yang berjalan di taman. Halaman minimalis dapat disulap menarik. Anda bisa memilih beberapa tanaman yang bagus, yang warnanya menyatu satu sama lain. Tidak harus repot dan memiliki wadah yang berlebihan. Anda cukup memilih 2 warna utama, warna dominan untuk tempat seperti pot bunga yang bercampur dengan warna tumbuhan pada umumnya.

Membuat taman dengan nada warna minimalis untuk saat ini sedang menjadi trend, karena dinilai membuat rumah tampak lebih cerah, bersih dan asri. Selain menentukan padanan warna, Anda bisa menentukan jenis tanaman apa yang Anda inginkan, serta fungsi apa yang Anda inginkan dari adanya tanaman tersebut.

Misalnya saja untuk penyerapan air, Anda bisa menanam pohon yang menyerap banyak air. Namun, jika hanya untuk unsur estetik Anda bisa memilih tanaman jenis mawar, anggrek, lavender, dan sebagainya.

2. Pilih Tanaman yang Tahan Cuaca

pilih-tanaman-tahan-cuaca .png

Jika Anda ingin membuat taman yang indah namun malas repot, tanaman tahan cuaca adalah salah satu solusinya. Tanaman tahan cuaca atau musim tidak perlu perawatan rutin. Tanaman-tanaman ini juga akan tahan dari panas matahari, jadi tidak gampang layu meskipun tidak disiram. Berikut ini beberapa contoh tanaman tahan cuaca, yaitu:

  • Jengger Ayam
    Sekilas, mungkin nama tanaman yang satu ini memang terdengar cukup aneh. Tanaman hias ini memiliki bunga warna merah dan berbentuk seperti jengger ayam. Batang tanaman ini tebal dan memiliki daun tunggal.

  • Bougenville
    Bunga bougenville tentu tidak asing terdengar karena bunga ini banyak tumbuh di pinggir jalan. Daun mahkota Bougenville memiliki warna yang cerah seperti jingga, lila, pink, fuchsia, dan putih. Bougenville tidak perlu perawatan ekstra, seperti pengarian. Namun, Anda sebaiknya berhati-hati karena ada duri di tangkai bugenvil.

  • Lidah Mertua
    Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu saat mendengar kata Lidah Mertua? Ya, pastinya Anda berpikir bahwa ini adalah bagian tubuh dari seorang wanita yang sudah cukup tua. Namun, jangan salah paham ya guys, lidah mertua yang satu ini bukanlah bagian dari anggota tubuh. Melainkan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan. Catat dengan baik ya!

Lidah mertua atau Sanseviera merupakan tanaman yang termasuk sukulen, yaitu tanaman penyimpan air. Oleh karena itu, lidah mertua tidak perlu banyak air dan juga sangat tahan terhadap terik matahari. Selain untuk taman, Anda juga bisa meletakkan beberapa pot lidah mertua di dalam ruangan. Tanaman ini membantu memberikan oksigen dan menyerap polusi di dalam rumah.

  • Kembang Sepatu
    Kembang sepatu merupakan bunga dengan bentuk yang khas, yaitu memiliki mahkota bunga yang besar dan ditengahnya ada putik berwarna kuning. Bunga ini tahan di berbagai musim dan cuaca.

  • Tapak Dara
    Bunga tapak dara berwarna pink dan putih. Tanaman hias ini juga mempunyai fungsi untuk mengusir nyamuk. Hmm, sungguh multifungsi sekali ya guys, tanaman yang satu ini.

3. Menggunakan Rumput Sintetis

membuat-rumput-sintetis.png

Rumput sintetis saat ini telah makin marak penggunaanya. Bagaimana tidak, dengan menggunakan rumput sintetis Anda tidak perlu repot atau takut halaman rumahmu becek saat musim hujan tiba. Hanya saja, jika Anda melihatnya tentu nampak seperti tidak alami. Namun, baiknya adalah Anda bisa bebas bermain lebih leluasa tanpa takut kotor.

Perawatan rumput sintetis ini terbilang cukup mudah. Untuk membersihkannya, gunakanlah penyedot debu dan juga semprotan khusus pembersih. Anda juga bisa menggunakan sapu atau garpu berbahan plastik agar permukaan rumput tetap awet. Jangan lupa untuk menyapu atau menyisir rumput ke arah yang sama agar permukaan rumput tidak mudah rusak.

4. Menyediakan Area Bersantai

menyediakan-area-bersantai.png

Selain untuk menambah kesan cantik, sejuk dan asri, Anda juga bisa menggunakan area taman sebagai tempat untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Disini, Anda bisa menambahkan sedikit furniture seperti bangku taman, ayunan bermain anak, atau gazebo. Pilihlah sudut yang nyaman dan teduh sehingga tidak terkena terik matahari. Anda juga bisa menambahkan atap kayu untuk kesan lebih alami.

5. Membangun Pagar

membuat-taman-depan-pagar.png

Pernahkah Anda mendengar berita terkait dengan pencurian tanaman? Ya, belakangan ini kabar mengenai pencurian tanaman kian marak terjadi. Tentu setelah serangkaian perawatan yang telah Anda lakukan, Anda tidak ingin kan kalau tanamanmu dicuri orang bukan?

Nah, salah satu solusinya adalah dengan membangun pagar tanaman. Selain untuk meningkatkan keamanan, penggunaan pagar juga sering digunakan untuk memaksimalkan ruang. Pada lahan yang relatif kecil dan minimalis, ruang rumput yang digunakan bisa terbatas.

Jika ingin memiliki taman sekaligus ruang rumput sebagai tempat untuk bermain dan hiburan, maka bisa tempatkan pagar di area taman di sepanjang tepi properti, serta dekat dengan pondasi rumah. Adanya penambahan pagar tentu saja memberikan perawatan khusus berkala untuk menghindari pagar lapuk jika terbuat dari kayu atau berkarat jika terkena air.

6. Kran Air

Jangan lupa untuk meletakkan kran air di sekitaran taman depan rumah Anda. Hal ini membantu Anda agar lebih mudah untuk menarik selang agar dapat menyiram tanaman lebih efisien. Tips jika ingin taman depan rumah Anda lebih asri dan menyala, Anda bisa menambahkan air mancur untuk menghiasi taman rumah Anda agar lebih menarik.

Bagaimana Bila Taman Tidak Dirawat?

Taman yang tak dirawat tentu saja akan mengganggu tampilan rumah secara keseluruhan. Mulai dari kesan yang berantakan, tidak asri, bahkan hingga munculnya bakteri-bakteri kotor di sekitar rumah.

Taman depan rumah yang tidak dirawat nantinya akan ditumbuhi oleh rumput liar serta dapat menjadi sumber penyakit karena berbagai bakteri, seperti cacingan dan demam berdarah. Oleh karena itulah menjadi penting untuk merawat taman yang berada di depan rumah!

Lakukan beberapa tips berikut untuk tetap menjaga agar taman tetap bersih dan cantik!

  • Selalu buang sampah pada tempatnya.
  • Selalu perhatikan kondisi rumput.
  • Rutin lakukan penyiraman tanaman minimal 3 hari sekali.
  • Selalu bersihkan dedaunan kering yang berjatuhan.
  • Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanaman secara berkala.

Taman Depan Rumah Terlihat Gersang?

Taman depan rumah Anda terlihat gersang dan tidak menarik? Sudah waktunya untuk melakukan beberapa renovasi terhadap taman Anda. Memiliki hunian yang menarik dan nyaman tentu membuat Anda semakin produktif dalam menjalankan pekerjaan terutama di saat pandemi seperti ini.

Nah, kabar menariknya berapapun budget yang Anda miliki saat ini, Anda bisa berkonsultasi dengan tim Mitraruma untuk mendapatkan hasil terbaik. Sudah saatnya membuat hunian Anda menjadi rumah idaman dan istimewa. Dapatkan spesial promo untuk perawatan rumah Anda setiap bulannya, cek selengkapnya di Promo Mitraruma. Mulai rencanakan hunian Anda bersama jasa renovasi rumah hingga desain di Mitraruma!

More content