no-script Rumah Type 36, Rekomendasi Hunian Untuk Keluarga Baru | Mitraruma
Mitraruma

Rumah Type 36, Rekomendasi Hunian Untuk Keluarga Baru

contoh rumah type 36

Dibanding tipe lain, rumah type 36 memang nampak tidak terlalu besar. Namun, saat ini dari banyaknya tipe rumah yang dipasarkan oleh para pengembang, tipe 36 jadi salah satu tipe rumah yang paling diminati oleh masyarakat di berbagai kota.

Karena meski dianggap terlalu sempit, nyatanya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah type 36 tampak mewah dan terkesan luas. Kuncinya, Anda hanya perlu memperhatikan pemilihan desain dekorasi yang akan dipilih.

Jadi, meski rumah yang dimiliki adalah tipe 36 yang minimalis, bangunan dan isinya bisa tetap terlihat stylish. Untuk bisa mewujudkannya, kita akan membahas segala hal yang perlu Anda tahu tentang rumah tipe 36.

Rumah Type 36 Itu yang Seperti Apa, Sih?

Sesuai dengan namanya, rumah tipe 36 adalah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi atau panjang dan lebarnya sama-sama 6x6m. Dan secara umum, ada dua contoh rumah tipe 36 yang lumayan sering ditemui di pasaran adalah tipe rumah 36/60 dan rumah tipe 36/72.

Dimana tipe rumah 36/60 berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi. Sedangkan type rumah 36/72 memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 72 meter persegi.

Jika dilihat dari pembagian ruangannya, tipe rumah 36 banyak yang dibangun dengan spesifikasi ruang berupa 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang tamu juga dan 1 dapur serta kamar mandi. Itulah sebabnya, rumah tipe 36 ini sangat cocok ditempati pasangan yang baru berkeluarga hingga yang baru memiliki anak karena sudah memiliki 2 kamar.

Dari Segi Harga, Rumah Type 36 Memiliki Beberapa Variasi

Berdasarkan hasil survei properti Residensial yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), harga rumah tipe 36 dan rumah tipe kecil lainnya dilaporkan akan meningkat sebanyak 0,38 persen hingga 0,59 persen per kuartal. Untuk itu bagi Anda yang kini sudah berniat untuk membeli rumah tipe 36, inilah kisaran harga rumah tipe 36 di beberapa kota di Indonesia:

1. Harga Rumah Type 36 di Medan

Sedangkan untuk tipe rumah 36 di kota Medan, saat ini harganya sudah mencapai Rp.110 juta hingga Rp.500 juta-an. Dan lokasi rumah termurah berada di Jalan Batang Kuis, dengan luas lahan berkisar 60 meter persegi.

Sedangkan untuk harga tertingginya, rumah tipe 36 di Medan berada di perumahan Ema Regency, Jalan Asrama, Kota Medan dengan luas lahan rumah tersebut mencapai 72 meter persegi.

2. Harga Rumah Type 36 di Jakarta

Khusus untuk Anda para warga ibu kota, tenang saja. Anda juga masih bisa mendapatkan rumah bertipe 36 di sekitaran Jakarta. Karena harga rumah tipe 36 di Jakarta masih berkisar Rp.220 juta sampai dengan Rp.900 juta-an lebih. Harga ini memang cukup mahal dibanding kota lain, karenai dipengaruhi oleh tingginya harga rumah tapak di kawasan ibu kota.

Untuk harga Rp200 juta sendiri luas lahannya mencapai 72 meter persegi, yang lokasinya di Jalan Sawo, Pondok Gede, Jakarta Timur. Sedangkan, untuk harga rumah tipe 36 Rp900 juta-an lokasinya beragam, salah satunya berada di Jalan Kahfi 2, Jakarta Selatan dengan luas lahan rumah ini mencapai 90 meter pesegi dengan 2 lantai bangunan.

3. Harga Rumah Type 36 di Bekasi

Untuk wilayah Bekasi, Harga hunian dengan tipe 36 saat ini sudah mencapai Rp.250 juta hingga Rp.770 juta-an. Adapun lokasi rumah tipe 36 termurah di kota tersebut terletak di Jalan Bintara Raya, dengan luas lahan yang berkisar 36 meter persegi. Sedangkan rumah yang termahal berada di Jalan Jakasetia, dengan luas lahan 60 meter persegi.

4. Harga Rumah Type 36 di Tangerang

Terbilang relatif lebih murah dibanding kota satelit lainnya, harga rumah tipe 36 di Tangerang masih dibanderol di harga mulai dari Rp.100 juta hingga Rp.700 juta-an. Dan lokasi rumah dengan harga termurah di kota ini berada di kompleks Taman Sepatan Grande.
Dengan luas lahan yang ditawarkan untuk rumah tersebut sekitar 36 meter persegi. Sedangkan, untuk harga termahalnya berlokasi di kawasan Karawaci, dengan luas lahan mencapai 78 meter persegi.

Rekomendasi Desain Rumah Type 36 yang Bisa Anda Pilih

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rumah tipe 36 yang Anda pilih bisa terlihat lebih luas dan mewah. Tips, lain yang penting untuk diperhatikan adalah pemilihan design bangunanan rumah. Dan untuk rumah tipe 36, ada beberapa desain yang biasanya diterapkan, yaitu:

1. Rumah Type 36 dengan Dua Lantai

Jangan salah, rumah tipe 36 ada juga yang dibangun ke atas dan membentuk rumah 2 lantai untuk mengoptimalkan luas lahan yang terbatas. Selain dua kamar di bawah, biasanya lantai 2 juga terdapat 1 kamar dan space lain yang biasanya bisa Anda gunakan sebagai ruang untuk bersantai. Atau Anda juga bisa mengganti ruang keluarga yang tadinya di bawah, menjadi di lantai dua.

2. Rumah Type 36 dengan Ekstra Outdoor

Desain lain yang juga bisa diaplikasikan, karena rumah type 36 terbilang memiliki lahan tanah yang cukup luas dari sisa bangunan. Anda bisa memiliki ruang outdoor luas, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai spot. Menjadi taman, jadi kebun kecil, atau ruang bermain untuk anak.

3. Rumah Type 36 dengan Teras Depan dan Belakang

Agar hunian terasa lebih rimbun dan sehat, rumah type 36 dengan teras depan dan belakang ini bisa saja Anda terapkan. Secara prinsip tata letak ruang sama, namun Anda bisa memiliki teras di bagian depan dan belakang dengan menambah bangunan untuk teras di belakang dan memaksimalkan bangunan teras di depan yang sudah ada.

Kelebihannya, akan ada dua sumber udara masuk ke rumah antara tepat dan belakang. Namun kekurangan dari denah type ini adalah bukaan mengarah ke taman belakang menjadi kurang maksimal dengan adanya penambahan teras.

4. Rumah Type 36 dengan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Terpisah

Jika Anda ingin memilik tipe rumah ini dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah. Anda akan membutuhkan beberapa siasat untuk mengatur bagaimana kedua ruangan tersebut harus dipisahkan.

Dan pemilihan tata letak furniture, bisa jadi solusinya. Hanya saja, kekurangan dari desain ini, keterbatasan pada ruang dapur dan kamar mandi mungkin akan terasa lebih kecil sedikit dari yang seharusnya.

Itulah, fakta-fakta tentang rumah type 36 yang perlu Anda ketahui. Semoga dan menjawab dan membantu Anda dalam menentukan rumah tipe 36 yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah atau membangun rumah tipe 36 idaman Anda, Anda bisa mengunjungi dan menggunakan layanan dari Mitraruma, sekarang juga! Klik tombol di bawah ini untuk mulai melihat jasa renovasi selengkapnya dari Mitraruma.

More content