no-script Yuk Kenalan Dengan Konsep Rumah Industrial Minimalis | Mitraruma
Mitraruma

Yuk Kenalan Dengan Konsep Rumah Industrial Minimalis

contoh rumah industrial minimalis

Pesona rumah industrial minimalis kini tengah banyak digandrungi oleh khalayak ramai. Memiliki tampilan yang raw, urban namun tetap pada konsep modern serta cocok dipadukan dengan berbagai desain lainnya seperti minimalis dan tropis.
Penggunaan bahan material pada kebanyakan hunian industrial minimalis lebih mengarah kepada eco-friendly, seperti palet baja beton, plat stainless steel, baja dan cermin, serta batu bata ekspos. Sementara penambahan unsur kayu berguna untuk menghadirkan kesan yang lebih hangat pada ruangan.

Mengenal Rumah Industrial Minimalis

Konsep industrial pada saat ini sedang mengalami peningkatan tren. Banyak tempat dan juga hunian yang menggunakan konsep ini karena menarik dan unik. Gaya ini juga sering ditempatkan pada berbagai interior seperti cafe dan juga restoran. Seiring berkembangnya zaman, pemilihan gaya ini lebih condong kepada gaya konsep hunian, pemilihan ini beralasan karena hunian industrial minimalis memiliki tampilan yang menarik dan dewasa.

Ketika mendengar gaya industrial, apakah Anda merasa ada keterkaitannya dengan industri yang selama ini kita kenal? Hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab gaya industrial memang terinspirasi dari komponen industri.

Tetapi tidak terbatas pada fungsi setiap bangunannya yang lebih fokus dan minim ornamen-ornamen yang kurang esensial. Jadi gaya industrial memang menjadi rumah yang dapat memenuhi segala fungsi yang diinginkan oleh penghuninya.

Mengutip Décor Aid, dekorasi gaya industrial juga cenderung tampil apa adanya. Tidak terkesan mewah, minimalis, atau penuh gaya. Desain ini menampilkan detail arsitektur yang nampak terbuka seperti penggunaan batu bata tanpa plester, logam, dan kayu, serta bahan bekas dan daur ulang. Manfaat terbaik memiliki rumah industrial adalah Anda akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan tampilan menggunakan furniture dan dekorasi yang benar-benar unik untuk rumah.

Ciri dan karakteristik rumah industrial minimalis

Kunci dari konsep hunian industrial minimalis adalah raw serta minimalis. Di mana Anda bisa menerapkan tema unfinished pada dinding.

Selain itu, warna netral juga selalu setia menemani hunian industrial minimalis. Simak inspirasi aesthetics-nya berikut ini;

1. Unfinished

Salah satu ciri yang paling menonjol dari rumah industrial minimalis adalah konsep unfinished atau raw. Banyak gaya dinding yang tidak dicat secara rapi sehingga terlihat lebih artistik.

Bahkan beberapa rumah dengan desain ini memiliki dinding yang hanya dirapikan dengan semen tanpa cat. Tema unfinished juga sering dibuat secara aesthetic dengan kondisi batu bata merah terlihat di antara semen yang sengaja dibuat tidak rata.

2. Elemen Kayu

Selain permainan semen pada dinding untuk hunian industrial minimalis, sentuhan elemen kayu juga menjadi favorit. Misalnya saja, tangga rumah dengan material kayu. Elemen kayu juga sering menjadi dekorasi dinding. Tentu akan menambah kesan mewah pada konsep rumah ini.

3. Warna Netral

Dalam konsep industrial minimalis umumnya tidak mengikuti tren warna. Pilihan warna netral seperti hitam dan putih menjadi yang utama. Banyak yang bernuansa hitam di antara material alami di dalamnya, seperti kayu dan batu alam. Raw memang menjadi kunci konsep industrial.

4. Bahan Logam

Bahan logam merupakan bahan dasar yang paling sering digunakan dalam konsep industrial. Bahan logam sering diterapkan untuk pagar, teralis, kusen jendela, hingga tangga rumah. Material logam hitam membuat konsep rumah minimalis dengan gaya industrial semakin kuat. Tanpa tambahan dekorasi apa pun sudah memberikan kesan maskulin dan kekinian tentunya.

5. Lampu Gantung

Anda dapat memanfaatkan lampu gantung kekinian untuk konsep industrial minimalis. Lampu gantung klasik tersebut sangat cocok dengan tema industrial minimalis. Lampu kawat dengan model bulb juga bisa menambah kesan klasik dan terasa homey. Nuansa warm memang ideal untuk konsep industrial minimalis.

6. Jendela Besar

Jendela besar merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan konsep industrial minimalis. Banyak gaya industrial dengan dua lantai yang dihiasi jendela besar dari atas ke bawah tanpa pembatas. Tentu akan membuat rumah industrial minimalis terlihat semakin modern dan mewah.

7. Kaku dan Klasik

Rumah industrial minimalis memang cenderung kaku karena tidak diramaikan dengan ragam fitur tren interior terbaru. Justru konsep ini harus mengedepankan konsep klasik yang homey.

Setelah membahas berbagai macam ciri-ciri rumah industrial minimalis, sekarang mari kita beranjak untuk melihat bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh hunian industrial minimalis ini.

Dikutip dari My Move setidaknya ada tiga karakteristik yang dapat dipahami agar bisa menciptakan hunian industrial minimalis yang tepat.

8. Bahan

Pada gaya industrial, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan material kain yang tampak mewah yang dipadukan dengan furnitur gaya industrial. Sebaliknya, fokus pada benda-benda yang memberi fungsi baik pada Anda dan penghuni rumah lainnya. Selain itu manfaatkan material logam untuk desain interior rumah agar memperkuat desain industrial tersebut.

9. Warna

Saat mendesain bagian interior, Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti hitam dan putih. Warna yang lebih gelap mungkin lebih baik dalam memperkuat desain industrialnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa karya seni yang menggambarkan diri secara personal. Hal ini akan membuat ruang tamu menjadi tampak kontras sehingga lebih menarik.

10. Aksesoris

Pada bagian aksesoris, hindari penggunaan barang-barang yang minimalis. Gaya industrial berfokus pada fungsi, sehingga tidak perlu dibatasi dengan hal-hal yang minimal tersebut.

Misalnya saat mendesain kamar tidur, Anda bisa menggunakan berbagai macam barang, namun tetap perlu dijaga agar tidak tampak kacau dan selalu bersih. Aksesoris dengan seni dinding abstrak besar, struktur logam, dan objek menarik lainnya yang terbuat dari
hasil daur ulang tentu akan membuat ruangan jadi menarik.

##Kelebihan dan kekurangan rumah industrial

Setelah menelaah lebih dalam perihal hunian industrial minimalis dari segi ciri-ciri serta karakteristik, ada baiknya kita harus mengetahui pula apa saja kelebihan yang dimiliki oleh konsep hunian industrial minimalis serta apa saja kekurangannya.
Kelebihan yang dimiliki oleh konsep hunian industrial minimalis antara lain adalah :

1. Biaya Pembangunan

Desain industrial minimalis kerap menggunakan konsep unfinished yang sering dianggap murah. Hal ini dapat diasumsikan lantaran pada konsep unfinished tidak perlu membutuhkan bahan cat yang diperuntukan untuk mempercantik dinding ditambah pula penggunaan warna yang netral membuat cost untuk bahan sedikit berkurang.

2. Terkesan Natural

Desain industrial identik dengan penggunaan material alami seperti kayu. Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri dari rumah ini karena membuat hunian terasa nyaman dan alami.

3. Tidak Perlu Penggunaan Banyak Cat Warna

Kelebihan selanjutnya membangun rumah dengan gaya industrial adalah hemat dalam penggunaan cat dinding. Meski tidak dicat atau bahkan penggunaan dengan cat netral, dinding akan terlihat semakin menarik dan tampak warna aslinya sehingga di kemudian hari tidak perlu melakukan renovasi dengan pengecatan.

4. Ruangan Terlihat Simpel

Rumah-rumah bergaya desain industrial umumnya didominasi dengan material kayu dan besi. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih simpel jika dibandingkan desain lainnya.
Kemudian, dalam sebuah konsep pasti tidak terlepas dari adanya kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan yang dimiliki dari konsep hunian industrial minimalis

5. Dinding Mudah Berdebu

Meski memiliki kesan yang unik, dinding unfinished memiliki kekurangan. Pasalnya, dinding unfinished mengundang lebih banyak debu jika dibandingkan dinding biasa.

6. Perbaikan Yang Rumit

Kekurangan lainnya dari desain hunian industrial minimalis yang perlu diperhatikan adalah perbaikan rumah. Ketika dinding unfinished ada yang retak maka akan sedikit rumit untuk memperbaikinya karena warna semen aciannya pasti akan berbeda. Untuk menyiasatinya harus dilakukan acian lagi. Hal ini tentu sangat berbeda dengan dinding cat, yang cara memperbaikinya cukup dilakukan pengecatan ulang.

Itulah serba-serbi dari konsep hunian industrial minimalis yang bisa jadi inspirasi Anda. Tertarik untuk menerapkannya? Eits, sebelum itu pastikan Anda telah memiliki rencana dan strategi yang matang, ya.
Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Anda memilih jasa renovasi dan bahan bangunan yang tepat seperti yang ditawarkan oleh Mitraruma. Tunggu apa lagi? Wujudkan desain rumah impian Anda bersama Mitraruma sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

More content