no-script Dapur Sempit Terasa Lega? Yuk, Lihat Desainnya! | Mitraruma

Dapur Sempit Terasa Lega? Yuk, Lihat Desainnya!

Artboard 35.png

Memiliki hunian dengan area terbatas tentu mengharuskan kita cermat dalam merancangnya. Tak hanya agar tidak terasa sempit dan sesak, namun juga untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Dapur merupakan bagian dari rumah yang dapat memelihara serta menopang kehidupan. Selain itu, dapur juga merupakan simbol feng shui dari kekayaan dan kemakmuran, lho. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menciptakan dapur sempit minimalis yang tetap kekinian.

Hal ini bisa Anda terapkan pada area dapur. Meskipun dengan area ruangan yang terbatas tentu tak boleh menghalangi niat Anda untuk menciptakan desain dapur impian yang menarik dan nyaman, ya! Yuk, simak ulasan mengenai dapur sempit minimalis sederhana berikut ini!

Tips Membuat Dapur Sempit Terasa Lega

Artboard 36.png

1. Gunakan Kitchen Set Sederhana

Meskipun memiliki area ruangan dapur yang terbatas, dengan pemilihan kitchen set minimalis dapur yang tepat, ruangan akan terlihat rapi dan nyaman.

Kitchen set dengan kabinet yang memadai akan membuat perlengkapan dapur tertata rapi dan mudah ditemukan saat ingin digunakan. Penataan yang rapi dan sesuai dengan kondisi ruangan dapat menjadikan fungsi peralatan dapur menjadi optimal. Untuk memilih kitchen set, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Memperkirakan penggunaan dapur. Apakah Anda sering memasak atau tidak, menggunakan dapur sekaligus ruang makan atau hanya sebagai tempat pembuatan makanan saja akan menentukan desain kitchen set Anda.
  • Menentukan model. Kitchen set harus sesuai dengan kondisi ruangan yang sempit, tetapi harus tetap memberikan kenyamanan ketika Anda memasak, mencuci, atau pun menyimpan peralatan masak.

2. Pertimbangkan untuk Menggunakan Meja dan Kursi Makan Portable

Pemilihan warna klasik dan ada fitur berupa meja dan kursi dapur yang bisa dilipat atau disimpan bisa Anda jadikan inspirasi. Hal ini dilakukan untuk menyiasati desain dapur kecil sederhana.

Untuk menggunakan fitur ini, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. Tentunya agar Anda juga tidak keribetan nantinya saat harus menggunakan fitur lipat ini. Jangan khawatir mengeluarkan budget yang besar, Mitraruma menyediakan jasa konsultasi daring yang bisa Anda manfaatkan.

3. Cermat dalam Memilih Warna

Penelitian mengenai psikologi warna mengungkap bahwa warna-warna tertentu dapat memberikan implikasi yang berbeda secara emosional. Warna dapat memberikan efek psikologis maupun berdampak pada luas ruangan.

Dapur merupakan ruangan yang cukup intens penggunaanya di rumah. Oleh karena itu, psikologi warna yang dihasilkan di area dapur haruslah dapat meningkatkan aspek kenyaman. Warna-warna yang diaplikasikan di dapur harus disesuaikan dengan ukuran, fungsi tambahan yang dimiliki dapur, dan kesan yang ingin dihadirkan.

4. Membuat Daftar Prioritas Peralatan yang Dibutuhkan

Jika Anda memiliki dapur yang sempit, tentu Anda harus cermat dalam menentukan peralatan dapur apa saja yang harus Anda hadirkan dalam dapur Anda. Hal ini tentunya untuk menghindari dapur terasa sesak akibat banyaknya peralatan yang tidak terpakai.

5. Memilih Furniture yang Sesuai

Hal yang satu ini kurang lebih sama seperti sebelumnya, agar ruangan Anda yang sempit tidak terasa sesak maka Anda harus memilih furniture yang sesuai. Jangan sampai Anda menggunakan furniture dengan ukuran yang terlalu besar sehingga memakan banyak ruang.

12 Contoh Desain Dapur Sempit Minimalis

Kata siapa dapur sempit menghalangi Anda untuk berkreasi? Tentu anggapan ini salah. Mempunyai dapur sempit hanya membuat Anda harus sedikit lebih kreatif untuk mengakalinya. Dengan perencanaan yang tepat, dapur sempit pun akan terasa nyaman.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh inspirasi desain dapur sempit yang sederhana. Dijamin dapur Anda akan terlihat menarik meskipun berada di area yang terbatas.

1. Dapur dengan Meja Bar Minimalis

Artboard 37.png

Ruang makan seringkali menyatu dengan ruang dapur. Masalah yang kemudian muncul adalah dapur berukuran kecil seringkali akan terasa semakin sesak jika ditambahkan meja makan. Bagi Anda yang tengah mengalami masalah seperti ini, Anda harus menyingkirkan meja makan dan menggantinya dengan meja bar minimalis.

Meja bar bisa diartikan sebagai meja dengan desain minimalis. Ukurannya dibuat tidak terlalu besar atau relatif sedang.

Meja bar ini ukurannya lebih kecil dari meja makan biasa sehingga cocok diletakkan di dapur kecil. Meja bar ini seringkali digunakan juga sebagai meja dapur untuk menata makanan. Cukup multifungsi dan menghemat tempat, bukan?

2. Desain Dapur Letter L

Artboard 38.png

Untuk memaksimalkan fungsi ruangan yang tersedia, Anda bisa memilih kitchen set dengan bentuk huruf L. Selain untuk membuat dapur Anda terasa lebih luas, desain yang satu ini juga akan memudahkan pergerakan Anda dalam kegiatan memasak.

3. Desain Dapur Sempit yang Asri

Artboard 39.png

Masalah yang seringkali hadir pada dapur dengan area terbatas adalah terkait sirkulasi udara yang kurang baik. Dengan hadirnya tanaman-tanaman kecil tentu sedikit banyak akan mengatasi permasalahan tersebut.

Selain itu, hadirnya tanaman-tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Dapur Anda akan terasa lebih hidup dan asri tentunya.

4. Desain Dapur Menyatu dengan Ruang Makan

Artboard 40.png

Rumah berukuran kecil terkadang memaksa Anda untuk menggabungkan ruang makan dengan dapur. Kebanyakan rumah berukuran mungil ataupun unit apartemen tipe studio memang tidak dilengkapi ruang makan khusus, sehingga meja makan terpaksa harus disatukan dengan ruangan lain. Dengan area yang terbatas, tentu Anda harus menyiasatinya agar bisa lebih fungsional.

5. Desain Dapur Sederhana dengan Sentuhan Kayu

Artboard 41.png

Untuk desain yang satu ini, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kitchen sink dengan model straight dengan kabinet di bagian bawahnya. Pada bagian kabinet, dapat diberikan sentuhan ornamen kayu untuk membuat dapur Anda terkesan klasik.

6. Desain Dapur dengan Jendela Minimalis Menghadap ke Luar

Artboard 42.png

Tak hanya berfungsi untuk celah terjadinya pertukaran udara, jendela juga dapat Anda gunakan ketika saat masak dan bosan bisa melihat pemandangan luar.

7. Desain Kitchen Set yang Multifungsi

Artboard 43.png

Lagi-lagi karena ruangan yang terbatas, Anda harus memilih furniture yang ringkas dan multifungsi. Dengan menggunakan kitchen set dengan banyak lokasi penyimpanan, maka berbagai macam peralatan dapur Anda akan tertata dengan rapi dan mudah dicari saat akan digunakan.

8. Desain Kontemporer Minimalis

Artboard 44.png

Desain dapur sempit minimalis sederhana berikutnya mengusung konsep kontemporer minimalis.Desain kontemporer tercipta berkat hadirnya sejumlah furniture dan perlengkapan memasak berwarna gelap, seperti corong lampu, meja dan kursi, keran air, kulkas, panci, dan pot tanaman kecil.

Salah satu elemen yang unik pada dapur minimalis berpadu kontemporer berikut ini adalah dinding khusus berwarna hitam. Dinding ini bisa digunakan sebagai media menggambar buah hati atau untuk menulis catatan kecil menggunakan kapur yang bisa dihapus kapanpun Anda mau. Menarik, ya?

9. Desain Dapur Dominasi Warna Putih

Artboard 45.png

Warna putih masih menjadi andalan untuk membuat dapur sempit terasa lega. Namun pengaplikasiannya pada area yang mudah kotor tentu harus dipertimbangkan dengan cermat. Jangan sampai desain yang satu ini malah membuat dapur Anda terlihat jelek dan kotor.

10. Desain Dapur Dominasi Warna Abu

Artboard 46.png

Jika Anda takut dapur akan mudah terlihat kotor dengan menggunakan warna
putih, warna yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa menghadirkannya pada sejumlah elemen dapur. Seperti rak corong lampu, karpet, hingga keramik untuk area backsplash.

11. Desain Dapur Tanpa Kitchen Set

Artboard 47.png

Kitchen set dapur seringkali memakan banyak ruang. Maka tidak heran jika hal tersebut membuat dapur semakin terlihat sempit. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan rak gantung untuk menyimpan peralatan dapur Anda.

Selain itu Anda juga bisa membuat storage di bawah kompor. Manfaatkan juga laci–laci kosong di bawahnya untuk menyimpan berbagai peralatan memasak. Sungguh multifungsi dan space saving sekali, bukan?

12. Desain Dapur Letter U

Artboard 48.png

Desain dapur sempit sederhana seperti ini akan terasa nyaman. Apalagi jika Anda membuat bukaan yang cukup besar di sudutnya agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Pastikan Anda memaksimalkan setiap area di sudut meja dapur.

Contohnya saja dengan menggunakannya untuk melakukan pekerjaan tertentu seperti kanan untuk cuci piring, kiri untuk memasak, lalu tengah untuk menata makanan. Pengaturan sudut meja ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Tertarik untuk Memiliki Dapur yang Minimalis?

Memiliki dapur sempit yang minimalis tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Pasalnya Anda harus berhati-hati dalam mendekornya. Desain-desain di atas sangat menarik sekali bukan? Nah, jika Anda ingin mewujudkannya, caranya mudah sekali lho!

Mitraruma adalah platform e-commerce dimana Anda dapat melakukan konsultasi terkait Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan. Anda juga bisa mendapatkan berbagai produk dan jasa berkualitas.

Jika masih ragu, Anda juga bisa menonton beberapa video renovasi berikut ini untuk menambah referensi. Jangan khawatir akan menguras kantong ya, karena Mitraruma menyediakan berbagai macam produk dan bahan bangunan yang sangat terjangkau, dan tentunya berkualitas! Yuk, buat dapur impian Anda sekarang juga!

More content