no-script Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern, Model dan Fungsinya | Mitraruma

Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern, Model dan Fungsinya

Artboard 28.png

Sekat ruang tamu minimalis modern semakin hari semakin bervariasi. Tak hanya untuk pembatas ruangan, namun juga bisa dijadikan dekorasi. Maka dari itu, penting untuk memilih model sekat ruang tamu yang tepat.

Dilansir dari The Spruce, sekat ruangan atau partisi adalah sekat yang membatasi atau memisahkan area-area tertentu di dalam rumah. Bentuknya sengaja dibuat tidak permanen. Sekat ruangan juga dijadikan alternatif untuk membuat layout hunian tanpa renovasi besar.

Berbeda dengan dinding, memisahkan satu ruangan atau lebih menggunakan sekat ruangan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah ukuran ruang akan tetap terasa luas meski telah terbagi menjadi dua ruangan atau bahkan lebih.

Kelebihan lainnya adalah penggunaan sekat ruangan tentu akan lebih menghemat budget. Sekat ruang tamu minimalis modern memiliki harga yang lebih murah dalam pengerjaannya. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan tembok.

Pemilihan sekat ruang tamu minimalis modern yang cocok sangat bergantung pada desain rumah dan furniture apa saja yang ada di dalam rumah tersebut. Untuk lebih menambah pengetahuan Anda, simak ulasan berikut ini yuk!

Fungsi Sekat Ruangan

Artboard 29.png

1. Membedakan Ruangan

Dalam perjalanan waktu, Anda seringkali dihadapkan oleh kondisi yang memaksa Anda menambah ruangan. Jika pemasangan tembok dianggap terlalu memakan tempat, maka Anda bisa menjadikan sekat ruangan sebagai alternatifnya.

Secara fungsi sekat ruangan dan dinding sama saja. Namun bedanya sekat ruangan itu tidak permanen. Anda dapat mengubah atau menggantinya ketika merasa bosan atau sudah tidak dibutuhkan.

2. Memberi Struktur Pada Ruangan

Ruang tamu yang memanjang tentunya akan terlihat sangat biasa, namun ruang terbuka yang terlalu luas juga bisa terlihat membosankan. Dalam hal ini, sekat ruangan dapat menjadi opsi terbaik untuk menambah struktur ke dalam ruangan.
Tak hanya itu, sekat ruang tamu minimalis modern dapat membuat desain rumah kekinian Anda semakin apik. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan fasad rumah minimalis yang ada agar menjadi satu kesatuan yang estetik.

3. Menciptakan Kesan Minimalis

Sekat ruang tamu dapat menciptakan ilusi ruang yang berbeda tanpa harus mendefinisikannya secara terang-terangan. Dinding yang kokoh akan merusak kesan minimalis di dalam rumah. Sebaliknya, partisi vertikal dapat menambah kedalaman ruangan sekaligus menjaga estetika minimalis di dalam rumah.

4. Memberikan Privasi

Membatasi fungsi antar ruang dengan sekat atau partisi, otomatis dapat menciptakan privasi sendiri. Bandingkan dengan ruangan berkonsep open space, misalnya, ruang tamu dan ruang makan tanpa penyekatan.

Pastinya hal ini akan membuat Anda tidak nyaman saat ada aktivitas yang dilakukan secara bersamaan di kedua ruangan. Secara psikologis, sekat akan menghadirkan rasa nyaman serta terlindungi.

5. Multifungsi dan Fleksibel

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan lemari sebagai sekat ruangan. Selain hemat tempat, sekat ruangan yang satu ini juga sangat multifungsi lho. Bagaimana tidak? Sekat jenis ini dapat menyediakan penyimpanan lebih sekaligus menciptakan privasi ke dalam ruangan.

Anda bisa menggunakan lemari kecil sederhana untuk memisahkan antara ruang makan dengan ruangan di sebelahnya. Lemari tersebut bisa dipakai sebagai rak penyimpanan. Selain multifungsi, sekat semacam ini juga fleksibel karena bisa dipadukan dengan perabotan yang ada dan dipindahkan ke spot berbeda.

Model Sekat Ruangan

Seiring perkembangannya, sekat ruangan hadir dengan berbagai macam model. Ukurannya pun sangat beraga. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan Anda. Nah, berikut ini Mitraruma sajikan inspirasinya untuk Anda.

1. Pengunaan Pintu Lipat

Artboard 31.png

Penggunaan pintu yang satu ini harus Anda pertimbangkan baik-baik ya! Hal itu bukanlah tanpa alasan, karena jika Anda salah memilih material maka akan membuat Anda kerepotan saat menggunakannya. Apalagi jika Anda cukup sering membuka tutup pintu. Tentu Anda bisa membayangkan bagaimana itu sangat melelahkan, bukan?

2. Sekat Rak atau Furniture

Artboard 30.png

Selain menggunakan pintu dan tirai, furniture juga bisa digunakan sebagai sekat ruangan. Dengan menggunakan furniture, sekat ruangan menjadi lebih multifungsi. Misalnya saja menggunakan rak buku dan lemari pajangan.

Kelebihan dari sekat ruang tamu minimalis modern jenis ini adalah selain berfungsi sebagai pembatas, juga dapat menambah fungsionalitas ruang. Anda dapat meletakan hiasan, buku, atau foto pada bingkai duduk.

Dibalik itu tentu ada kelemahannya, yaitu pada fleksibilitas. Dengan menggunakan furniture, Anda tidak akan bebas membuka, menutup, atau menggantinya. Namun, Anda bisa mengecatnya jika bosan atau memindahkannya jika ada sudut ruangan yang kosong.

3. Sekat dari Kaca

Artboard 32.png

Salah satu unsur khas dari desain rumah kekinian yang modern adalah penggunaan kaca. Kesan modern akan langsung terlihat jelas. Penggunaan kaca pada jendela luar turut menambah kesan elegan.

Sekat ruangan ini terbentuk dari material kaca dengan perpaduan kayu dan membentuk jendela klasik seperti di rumah-rumah zaman dulu. Kayu-kayu tersebut menyentuh atap dan dilengkapi dengan tirai panjang yang menjuntai ke bawah.

4. Sekat Modern Vertikal

Artboard 33.png

Desain seperti ini memungkinkan tamu maupun penghuni yang berada di dalam rumah melihat isi rumah dengan sekilas. Kesan hunian minimalis modern tampak dari penggunaan kayu yang didirikan secara vertikal membentuk sebuah barisan yang unik. Untuk pemilihan warnanya sendiri Anda bisa memilih warna wood atau putih.

5. Sekat Kayu Minimalis

Artboard 34.png

Material kayu memang masih menjadi primadona meskipun banyak material baru bermunculan. Nah, dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan papan kayu sederhana dan merangkainya menjadi rangka yang dijadikan sekat ruangan.

Meski memiliki kesan yang lebih terbuka dan sederhana, sekat ruang tamu minimalis ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang masih berada di area publik hunian Anda. Berikan sentuhan dekorasi pada rangka kayu seperti wall decoration sehingga sekat ruang tamu terlihat lebih hidup.

6. Sekat Lipat dengan Material Kain

Artboard 35.png

Desain sekat ruang tamu ini terbilang cukup unik. Anda bisa bebas memilih desain atau corak yang Anda mau. Hal itu dapat menghasilkan finishing yang dapat membuat ruang tamu Anda terlihat lebih estetik.

7. Sekat Monochrome

Artboard 36.png

Warna-warna monochrome seringkali diidentikan dengan konsep hunian minimalis modern. Monochrome tak pernah gagal dalam memberikan sentuhan magis pada suatu ruangan. Desain warna monochrome pada sekat akan menghadirkan suasana yang minimalis sekaligus elegan.

8. Penggunaan Tirai Sebagai Sekat

Artboard 37.png

Selain untuk menutup jendela, tirai atau gorden juga bisa dijadikan salah satu jenis sekat yang fleksibel dan hemat. Sekat ruangan yang satu ini juga bisa kita jumpai pada fitting room toko pakaian. Namun jika Anda ingin mengaplikasikannya di rumah, tentu bisa banget ya!

Kain yang digunakan untuk tirai tergantung pilihan Anda dan juga tata letak di dalam rumah. Anda bisa menggunakan kain tipis, tebal, berwarna atau warna netral putih. Anda bisa membersihkannya secara berkala dan menggantinya jika bosan.

Berbeda dengan sekat ruangan lainnya, tirai bisa dengan mudah dibuka dan ditarik kembali sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Sekat ruang tamu minimalis modern yang satu ini juga akan memberikan kesan elegan pada ruangan.

9. Sekat dengan Desain Unik

Artboard 38.png

Hunian dengan konsep minimalis cenderung lebih mengutamakan fungsionalitas ruang. Namun bukan berarti Anda bisa sembarangan dalam memilih desainnya ya. Sekat ruang tamu minimalis modern dengan desain unik yang satu ini dapat menambah nilai plus bagi ruangan.

10. Sekat dengan Aksen Tanaman Rambat

Artboard 39.png

Beraktivitas seharian tentu akan membuat Anda lelah. Sekat ruang tamu minimalis modern yang satu ini akan membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih asri. Anda bisa bersantai di ruang tamu sambil sejenak melepas penat.

Tertarik untuk Membuat Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern?

Memiliki hunian yang kekinian atau modern tentunya menjadi impian banyak orang. Penggunaan sekat ruang tamu minimalis modern yang tidak tepat tentunya akan menggagalkan impian tersebut. Namun jangan khawatir, Mitraruma menyediakan jasa perawatan dan renovasi rumah yang akan membantu Anda.

Mitraruma berkolaborasi dengan para profesional untuk menyediakan produk dan layanan terbaik untuk Anda. Kualitas produk dan jasa yang ditawarkan pastinya sudah tak diragukan lagi.

Ada banyak promo bulanan menarik untuk menghemat budget Anda. Jadi Anda yang ingin membuat, merenovasi, atau hanya sekedar ingin membeli kebutuhan rumah kini tak perlu bingung lagi. Gunakan saja kode voucher hingga promo menarik dari Mitraruma!

More content