no-script Inspirasi Rumah Unik Minimalis, Jadi Si Paling Beda! | Mitraruma

Inspirasi Rumah Unik Minimalis, Jadi Si Paling Beda!

Rumah unik minimalis kerap jadi idaman. Memang, rancangan rumah terus berkembang seiring waktu, menciptakan tren terbaru yang langsung digandrungi karena dianggap klop dengan gaya hidup masa kini. Termasuk gaya rumah minimalis.

Sharon Blaustein, seorang desainer menyebut bahwa minimalis adalah soal menjaga ruang tetap sederhana, rapi, dan menonjolkan fitur arsitektur yang menarik. Mengutip Elledecor.com, gaya rumah ini identik dengan ketenangan dan keindahan sederhana.

Nah, lalu, bagaimana tampaknya membangun rumah impian yang minimalis tapi unik?

Desain Rumah Unik Minimalis

Artboard 2.png

Secara umum, gambaran utama dari rumah minimalis adalah interior ataupun eksterior yang “tidak neko-neko”. Alias, menggunakan desain sederhana dan lebih fungsional, termasuk dalam furniturnya.

Mulai dari halaman rumah, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, hingga ruang kerja minimalis identik dengan kesan bersih dan tidak membingungkan. Dengan begitu, desain-desainnya pastilah mengandung kesan netral yang bisa dinikmati siapa saja.

Tak hanya itu, hunian yang minimalis juga umumnya menggunakan warna yang netral, kecuali Anda telah menetapkan warna tertentu sesuai minat. Bisa dibilang, desain minimalis bisa dipadukan dengan nuansa lain, seperti warna kuning yang ceria atau monokrom yang elegan.

Namun, di sisi lain, banyaknya orang yang menaruh minat akan gaya minimalis membuat hunian dengan tipe ini jadi tampak mainstream. Jadi, tak ada salahnya mencoba berinovasi pada gaya-gaya minimalis tertentu yang lebih unik. Tak sekadar “minimalis biasa”.

Lantas, bagaimana caranya mewujudkan rumah unik minimalis? Yuk, simak bahasannya di bawah ini!

4 Rumah Mungil yang Unik dengan Cerdasnya

Biar rumah Anda lebih unik dan tampak beda, bisa mencoba gaya minimalis khas ini, lho. Konsepnya memang masih minimalis, tetapi dengan ciri khusus!

1. Rumah Kontainer

Artboard 3.png

Bagi beberapa orang, kontainer yang ternyata rumah bisa tampak aneh dan kumuh. Tapi dengan penataan dan perencanaan konsep yang tepat, jangan kaget kalau interiornya sangat rapi dan keren secara mengejutkan!

Dengan memilih konsep ini, hunian Anda juga terlihat lebih hidup dari dalam. Dari luar, rumah akan cukup menarik perhatian dan bisa langsung dikenali. Jangan heran pula, jika ada kurir yang langsung mengenali rumah Anda hanya dengan sekali sebut “kontainer”!

Unik, bukan?

2. Gaya Futuristik, Serasa Datang dari Masa Depan

Artboard 4.png

Anda bisa memadukan konsep minimalis dengan futuristik, misalnya dengan menggunakan warna hitam, silver, dan putih. Penggunaan furnitur nuansa metal sampai kunci rumah ala smart home pun akan sangat cocok dan membuat gaya penuh teknologi jadi makin kental.

Sebagai inspirasi, Anda bisa menggunakan tipikal rumah yang berundak dan banyak memanfaatkan tempat sebagai ruang penyimpanan. Misalnya, bagian bawah tangga yang disulap jadi ruang kantor atau dapur.

Anda bisa langsung menerapkannya bersama Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan kami, lho.

3. Manfaatkan Ruang Sempit

Artboard 5.png

Masih banyak orang yang menggunakan gaya minimalis di rumah luas mereka. Gunanya, tentu saja agar seisi rumah lebih fungsional dan Anda bisa bergerak bebas. Namun, bagaimana jika nuansa minimalis benar-benar dibuat untuk menghemat ruang?

Berkaitan dengan gaya rumah minimalis futuristik, Anda juga harus ekstra memanfaatkan ruang dalam konsep ini. Namun, tidak bisa sembarangan dan membuat rumah benar-benar terasa sempit, kreativitas yang luas juga harus hinggap di benak Anda.

Dari luar, hunian mungkin akan tampak kecil. Namun saat menelisik ke dalamnya, bukankah keren jika tiba-tiba rumah terasa luas dan nyaman alias tidak sumpek sama sekali? Untuk itu, gunakanlah furnitur berfungsi double agar ruang gerak tampak lebih luas.

Anda juga bisa memanfaatkan mezzanine di rumah minimalis dengan ruang sempit, lho.

4. Gaya Natural, Hunian Tenang yang Rindang

Artboard 6.png

Tertarik dengan tipe rumah seolah berada di tengah hutan? Maksimalkan halaman di sekeliling hunian untuk menjadi hutan mini, sedangkan rumah Anda banyak memakai furnitur dan material kayu.

Ini membuat rumah jadi terkesan sederhana, alami, dan rapi. Dengan ruang yang sedikit di bawah, cobalah untuk membuat rooftop di atas untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

Bisa dibilang, konsep rumah ini lebih mengutamakan lahan outdoor yang luas dibanding penyimpanan di dalam rumah. Nah, simak rekomendasi gaya rumah kayu di bawah ini!

  • Hunian Kayu yang Elegan
    Menggunakan konsep rumah kayu di tengah hutan, tak ada salahnya menambahkan sentuhan warna putih dan hitam pada beberapa bagian seperti pintu dan bingkai jendela.
    Ini menjadikan rumah tampak sederhana sekaligus elegan, sangat cocok untuk karakter yang sederhana tetapi tegas.

Rumah Unik Minimalis dengan Sudut Bulat
Bayangkan, seperti apa, sih, rumah yang ujungnya membulat? Sebagai gambaran, rumah jadi tampak sedikit seperti tabung yang bisa diangkat kapan saja, meski nyatanya tidak.

Gaya ini akan tampak berbeda dari rumah berbentuk kotak yang biasa. Dengan material kayu yang dominan, rumah ini akan tampak sederhana sekaligus futuristik.

Makin Unik Lagi, Pakai Desain Ini!

Kurang tertarik? Tenang, kami masih punya berbagai inspirasi tema rumah minimalis yang lebih unik dengan ciri dari negara tertentu. Mulai dari Jepang, Brazil, sampai Afrika, simak keunikannya, yuk!

1. Mungil yang Modern Ala Jepang

Artboard 7.png

Seorang master desainer minimalis asal Jepang, Muji, berhasil menciptakan berbagai rumah mungil yang sempurna tanpa terasa sumpek. Memakai banyak instrumen kayu, gaya rumah ini bisa Anda jadikan inspirasi hunian ala jepang dengan sentuhan modern.

Pasalnya, Muji bisa menciptakan rumah yang hanya mempunyai luas 27 meter persegi, tetapi bagian dalamnya sungguh leluasa. Pemandiannya tradisional ala Jepang dengan perapian rumah dari kayu.

Pada eksterior rumah, Anda bisa menggunakan cat hitam atau hijau gelap yang menyatu dengan suasana lingkungan sekitar. Jendela besar, rumah memanjang, atap lebar, sangat bernuansa Jepang dan tampak unik. Ada pula dapur kecil dan kasur yang nyaman.

2. Rumah Setengah Lingkaran di Brazil

Artboard 8.png

Rumah ini tampak unik dari luar dan luas dari dalam. Bentuknya yang setengah lingkaran rupanya bukan berarti hanya mencakup satu ruangan, namun bisa mencakup fungsi rumah secara utuh.

Tak sekadar rumah biasa, jenis rumah ini juga sekaligus diberlakukan sebagai area bekerja alias workshop yang sederhana, tak butuh banyak dirawat. Bentuknya yang minim sudut pun menyatu dengan lingkungan sekitar, tak banyak mengganggu.

3. Rumah Super Mungil Ala Afrika Selatan Berdaya Matahari

Artboard 9.png

Tertarik dengan hunian yang mengandalkan sumber energi terbarukan? Rumah yang satu ini bisa jadi inspirasi Anda. Meski mungil, Anda masih bisa punya halaman kecil di depan rumah, bahkan sedikit kanopi yang menaungi kursi-kursi santai.

Mengejutkan, rumah yang disebut rumah nano ini cuma punya luas 17 meter persegi! Konsep lantai atasnya bergaya mezzanine dengan atap langsung loteng dengan lantai bawah berisi dapur minimalis dan ruang bersantai.

Meski kecil, rumah ini bisa dihuni dua orang, lho!

Mewujudkan Hunian Minimalis yang Unik, Anti Mainstream!

Rumah unik minimalis memang menjadi konsep yang saat ini digandrungi oleh para keluarga milenial. Memiliki rumah minimalis memang tidak membuat Anda rumit dalam membersihkan, semua terasa lebih rapih dan menarik! Memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma, renovasi rumah bersama dengan konsep minimalis yang terjamin kualitasnya. Jangan ragu, yuk, jadi anggota sekarang dan lihat berbagai model dan inspirasi tampilan.

More content