no-script Alasan Mengapa Harus Menggunakan Lantai Vinyl | Mitraruma

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Lantai Vinyl

Penggunaan lantai kayu vinyl sebagai desain interior rumah memang masih menjadi favorit sebagian orang. Namun, kita semua pasti tahu bahwa penggunaan kayu asli sebagai interior rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Eits, untuk kamu yang memiliki budget minim namun tetap menginginkan penggunaan lantai kayu, hal ini bisa jadi alternatif yang kamu pakai, lho. Lantai kayu vinyl ini salah satu contohnya. Lalu, apa sih lantai vinyl itu?

Jadi, lantai vinyl merupakan bahan lantai sintetis yang tahan lama, terjangkau dan mudah dipasang. Ada juga beberapa orang yang mengenal vinyl sebagai material pelapis lantai pengganti keramik dan ubin.

Keuntungan Penggunaan Lantai Kayu Vinyl

1. Mudah Dirawat

Artboard 2.png

Salah satu alasan mengapa saat ini lantai vinyl banyak digunakan adalah karena perawatannya yang mudah. Lantai vinyl mudah untuk dibersihkan saat disapu, dipel ataupun saat menggunakan vacuum cleaner.

Kemudian, lantai ini juga memiliki sifat waterproof atau tahan air, lho! Namun, jika ingin lebih awet, saat terkena cairan kamu harus langsung membersihkannya ya.

Untuk bahannya, vinyl menggunakan bahan dasar polyvinyl carbonated (PVC). Namun, ada juga beberapa vinyl menggunakan bahan daur ulang dengan tinta sangat rendah. Lantai vinyl juga anti bakterial, tahan api dan anti rayap pada permukaannya. Wah, menarik sekali kan?

2. Harga Terjangkau

Artboard 3.png

Dalam hal membuat atau merenovasi rumah, budget yang tersedia tentu harus diperhitungkan dengan matang. Harga lantai kayu vinyl bisa dibilang sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan bahan lain, seperti lantai kayu asli, ubin batu atau yang lainnya. Hal ini tentunya akan membuat budget atau anggaranmu aman.

3. Meratakan Permukaan

Artboard 4.png

Alasan menggunakan lantai vinyl selanjutnya, adalah untuk meratakan permukaan. Sebelum memasang vinyl, pastikan jika lapisan paling bawah lantai dalam kondisi baik. Lalu, tidak ada debu atau serpihan lainnya. Apabila tidak memungkinkan untuk memasangnya, maka kamu bisa minta bantuan tukang atau seseorang yang memang ahli.

4. Menambah Nilai Estetika Ruangan

Artboard 5.png

Banyaknya corak dan ukuran pada vinyl dapat kamu aplikasikan di seluruh ruangan. Mulai dari lantai dapur, ruang tamu, kamar tamu dan lainnya.

Kamu juga dapat mengaplikasikan lantai vinyl di seluruh ruangan, kecuali kamar mandi. Bahkan untuk kantor atau tempat usaha juga menjadi pilihan yang tepat. Karena tampilannya yang elegan dan cantik. Sehingga, memberikan kesan ruangan yang nyaman dan semakin betah untuk menempatinya.

5. Pilihan Motifnya Beragam

Artboard 6.png

Menyajikan banyak motif dan tampilan menjadi salah satu kelebihan lantai vinyl. Kamu jadi bisa leluasa dalam menentukan motif dan tampilan yang kamu mau untuk interior rumah.

Lantai vinyl menawarkan berbagai macam corak, gaya, dan warna. Hal ini dikarenakan, lantai vinyl adalah lantai pabrikasi yang produksinya biasanya disesuaikan dengan warna dan corak asli dari material kayu.

Dengan kata lain, jika dilihat sekilas lantai ini tak jauh berbeda dari lantai parket atau lantai kayu asli.

Lantai vinyl dengan motif menyerupai kayu atau batu merupakan yang paling banyak diminati masyarakat. Hal itu bertujuan untuk menambah sentuhan berkelas pada ruang keluarga.

6. Mudah Dipasang

Artboard 7.png

Pemasangan yang mudah adalah kelebihan lantai vinyl yang tidak kamu temukan pada lantai lain. Hampir semua jenis lantai vinyl sangat mudah untuk dipasang.

Kamu jadi tidak perlu repot mencari tukang untuk memasang sehingga lebih hemat biaya dan waktu. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan lantai cantik yang satu ini?

Tips Merawatnya

  • Untuk perawatan, lantai yang satu ini terbilang mudah. Kamu bisa mengepelnya dengan air tanpa perlu takut air akan merembes ke pori-pori lantai dan menimbulkan kerusakan atau keropos.

  • Jangan menggunakan sabun, wax, atau pembersih lainnya selain pembersih khusus vinyl, ya! Karena hal tersebut akan menyisakan residu di permukaan lantai vinyl.

  • Jika ada makanan atau minuman tumpah, segera lap untuk menghindari risiko terbentuknya noda.

  • Lantai vinyl bisa robek jika terkena benda tajam atau gesekan ekstrem. Misalnya saat kamu memindahkan furniture, kulkas atau benda-benda berat lainnya. Jika kamu harus memindahkan barang berat, letakkan triplek di atas lantai vinyl sebagai alas jalur pemindahan barang agar lantai vinyl tidak tergores.

  • Sebaiknya gunakan karpet di atas lantai vinyl sebagai alas furniture berat (sofa, kasur, lemari dan sejenisnya).

Yuk, Ganti Lantaimu Sekarang Juga!

Untuk kamu yang ingin menggunakan lantai kayu vinyl untuk hunianmu, sekarang tak perlu bingung lagi, lho! Di Mitraruma, kamu bisa memilih berbagai macam lantai vinyl untuk rumah idamanmu. Cek juga jenis-jenis lantai vinyl dan ciri khasnya berikut ini.

Jika masih ragu, kamu bisa menonton beberapa video renovasi berikut ini untuk menambah referensi. Jangan khawatir akan menguras kantongmu ya, karena Mitraruma menyediakan berbagai macam produk dan bahan bangunan yang sangat terjangkau, dan tentunya berkualitas! Yuk, ganti lantaimu sekarang juga!

More content