no-script Rekomendasi 4 Desain Kanopi Untuk Dapur Terbuka | Mitraruma
Mitraruma

Rekomendasi 4 Desain Kanopi Untuk Dapur Terbuka

contoh desain kanopi untuk dapur

Sudah menjadi hal umum ketika Anda melihat penggunaan kanopi untuk area bagasi atau pun balkon dalam sebuah rumah. Namun, sedang menjadi tren di masyarakat penggunaan kanopi untuk dapur terbuka.

Dapur terbuka yang kini jadi salah satu opsi penghematan anggaran dan lahan dalam sebuah rumah membuat penggunaan kanopi menjadi penting.

Kanopi melindungi Anda dari sinar matahari dan hujan ketika beraktivitas di area dapur terbuka. Selain itu, penggunaan kanopi menambah kenyamanan aktivitas Anda sehingga penggunaan ruangan lain di dalam rumah dapat lebih maksimal.

Bagi Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah dan ingin membuat dapur terbuka, berikut beberapa rekomendasi kanopi yang dapat Anda gunakan.

Kanopi untuk Dapur Terbuka Berbahan Stainless Steel dengan Gaya Modern

Rekomendasi kanopi pertama adalah kanopi stainless steel. Kanopi ini sudah sejak dulu digunakan untuk menjadi atap di garasi rumah dan terbukti kokoh. Tapi, sebetulnya kanopi ini juga bagus untuk dapur terbuka.

Penggunaan bahan stainless steel dapat menciptakan kesan kokoh dan modern ketika dipadupadankan dengan area dapur terbuka.

Selain bahannya yang kokoh, stainless steel juga tidak mudah karatan dan perawatannya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya dari kotoran atau debu menggunakan kain lap agar stainless steel menjadi mengkilap dan juga mencegah datangnya karat.

Kanopi untuk Dapur Terbuka Berbentuk Kaca Minimalis

Kanopi kaca minimalis dapat membuat rumah kecil terlihat lebih luas karena bagian kanopi dari kaca yang transparan menjadikan pandangan Anda tidak terhalang. Kanopi ini juga akan membuat Anda hemat energi karena penggunaannya yang memaksimalkan cahaya alami.

Anda juga tak perlu khawatir soal sinar UV yang membahayakan kulit. Sekarang ini banyak kanopi kaca yang sudah dilapisi dengan pelindung anti UV. Selain itu, kanopi kaca masa kini tidak mudah pecah sehingga lebih aman.

Satu hal yang perlu diingat, kanopi kaca perlu dibersihkan dan dikeringkan secara berkala agar kaca tidak berjamur. Kaca rawan berjamur jika terkena air. Sehingga, Anda perlu membuat akses ke bagian kanopi agar mudah membersihkannya.

Kanopi untuk Dapur Terbuka dari Kayu Tipis yang Elegan

Penggunaan bahan kayu untuk kanopi memunculkan kesan yang elegan. Apalagi, penggunaannya pada dapur terbuka yang identik dengan alam, menambah kesan elegan yang tetap natural…
Selain itu, kayu juga dapat memberikan rasa nyaman karena dapat menjadi isolator panas maupun dingin. Tak hanya itu, pori-pori yang terdapat pada kayu juga membuat sirkulasi udara menjadi baik.

Gunakan jenis-jenis kayu kokoh yang biasa digunakan untuk luar ruangan. Beberapa jenis kayu yang dapat Anda gunakan antara lain adalah kayu jati, merbau, dan ulin.

Untuk ketahanan maksimal, Anda dapat melapisi kayu dengan cat anti rayap. Jangan lupa untuk membersihkan kanopi kayu. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengelapnya dengan kain microfiber.

Kanopi untuk Dapur Terbuka dari Bahan Fiberglass Sederhana

Jika anggaran Anda terbatas, kanopi fiberglass bisa menjadi pilihan. Kanopi fiberglass tergolong lebih murah dibanding stainless steel, kaca dan kayu. Selain itu, modelnya yang sederhana terasa sesuai dengan gaya rumah Anda yang minimalis.

Namun, karena fiberglass memiliki lapisan gelcoat, maka Anda harus memperhatikan lapisan ini.

Gelcoat akan mudah kusam dan buram jika terkena paparan sinar matahari terus menerus. Anda harus melapisi permukaan fiberglass dengan wax atau semir khusus setiap 3 bulan. Hal ini untuk menghindari kanopi fiberglass Anda terlihat kusam dan kotor.

Nah, itu dia 4 rekomendasi ide desain kanopi untuk dapur terbuka yang dapat menjadi pilihan Anda. Setelah menentukan pilihan, Anda dapat mempercantik rumah Anda dengan kanopi yang diinginkan dan menggunakan Jasa Renovasi Rumah dari Mitraruma.

More content