no-script Kenali Rak Bunga dari Besi Holo, Lebih Kuat dan Awet | Mitraruma

Kenali Rak Bunga dari Besi Holo, Lebih Kuat dan Awet

Rak bunga dari besi holo banyak dicari karena memiliki berbagai kelebihan. Sebab, besi yang satu ini cukup mudah dipasang, berfungsi sebagai peredam panas yang baik, memiliki daya tahan tinggi terhadap karat, dan tak mudah terkena korosi.

Selain itu, jenis besi ini bahkan memiliki struktur dengan daya tahan yang kuat dan pastinya tak akan dimakan rayap. Menurut Sbusteel.com, besi yang memiliki empat jenis ini pun bermanfaat untuk membuat pagar, perabotan industri, hingga rangka plafon dan railing.

Nah, bagaimana halnya dengan pembuatan rak, terlebih untuk tanaman yang sifatnya hidup dan lebih rentan daripada dekorasi penghias lainnya? Sebelum itu, Anda harus mengenali jenis rak secara umum.

Rak Bunga Dari Besi Holo

Artboard 2.png
Rumah monokrom minimalis adalah salah satu tipe rumah minimalis yang saat ini sedang marak sekali dijadikan model desain hunian industrial. Salah satu penggunaan interior yang paling sering ditemukan adalah penggunaan besi holo. Besi holo ini memang memiliki unsur yang menarik, minimalis dan tidak sulit untuk mempercantik ruangan.

Nah, jika Anda sedang merencanakan renovasi bangunan atau paling tidak ruangan, Anda dapat menggunakan jasa renovasi dan toko bahan bangunan Mitraruma. Menarik sekali, karena Anda bisa melihat berbagai inovasi desain dari masing-masing ruangan yang pernah dibuat pada laman Inspirasi tampilan. Nah, berikut dibawah ini adalah berbagai jenis inovasi yang dapat Anda jadikan bahan untuk mempercantik ruangan Anda!

Jenis Rak

Pada dasarnya, terdapat berbagai material yang memungkinkan untuk dibuat rak, termasuk rak untuk bunga. Namun, tentunya material ini perlu disesuaikan dengan bobot tanaman dan ukuran yang Anda rencanakan. Berikut ulasan jenis rak dari kami!

1. Plastik

Artboard 3.png
Untuk Anda yang masih pemula dan ingin mempercantik rumah dengan dekorasi tanaman atau bunga sederhana, salah satu pilihan yang bisa digunakan adalah menggunakan rak bunga plastik. Material ini cocok untuk beban yang tak terlalu banyak dan ukuran kecil.

2. Kayu

Artboard 4.png
Tak hanya plastik, Anda juga bisa menggunakan rak bunga dari kayu untuk menata pot yang lebih besar dan banyak. Selain itu, tampilan kayu juga akan menyatu dengan tanaman sehingga terlihat lebih alami dibandingkan bahan plastik.

3. Besi

Artboard 5.png
Dapat dikatakan, besi adalah jalan tengah yang cukup direkomendasikan. Pasalnya, material yang satu ini cocok untuk rak bunga berukuran sedang dengan beban yang sedang. Tak terlalu berat maupun ringan, asalkan Anda menemukan besi holo yang berkualitas.

Salah satu rak yang awet tertunya rak bunga dari besi holo atau hollow. Terlebih, karakteristik besi memang membuat Anda lebih santai karena kuat meskipun cukup berat. Apalagi, besi holo juga tak mudah keropos karena udara lembab.

Untuk rak besi sendiri, terdapat beberapa model yang umum diincar karena ketenaran model dan fungsional yang ditawarkan. Beberapa model di antaranya bentuk bulat, bentuk dari besi mirip tangga, serta bentuk seperti hati.

4. Bulat

Artboard 6.png
Dalam rak bunga berbentuk bulat, Anda bisa menyimpan hingga 5 pot berukuran sedang dengan rangka yang cantik. Rak model ini pun cocok digunakan di lokasi mana pun, dalam maupun luar rumah.

5. Mirip Tangga

Artboard 7.png
Dari namanya, Anda sudah bisa menebak bahwa bentuknya cukup unik, menyerupai tangga. Bentuk rak bunga dengan model ini pun akan menimbulkan kesan minimalis dan cantik, terlebih jika kekuatannya di-upgrade dengan rak bunga dari besi holo.

Dengan model ini, Anda bisa meletakkan cukup banyak pot bunga atau tanaman dalam satu raknya. Sebab, bentuknya yang menyerupai tangga memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak ruang.

Inspirasi Model Rak

Selain model di atas, tentunya ada berbagai inspirasi model rak lain yang makin menunjang suasana kreatif pada hunian kesayangan Anda. Dengan inspirasi di bawah ini pun, bunga-bunga akan terlihat lebih cantik dengan bentuk dan ketinggian berbeda-beda. Yuk, simak di bawah ini!

1. Zig Zag

Artboard 8.png
Model rak yang satu ini terlihat rapi dan variatif. Sebab, posisinya menjulang ke atas dengan alas yang berada secara zig zag di kanan dan kiri. Jadi, Anda bisa meletakkan tanaman selang-seling dengan berbagai ukuran dan bunga.

Bentuknya yang unik juga bisa mengundang mata untuk segera melihat tanaman bunga Anda. Model zig zag ini juga akan sangat cocok dengan jenis tanaman tropikal.

2. Minimalis

Artboard 9.png
Untuk Anda para pemilik rumah minimalis, tak ada salahnya menyelaraskan tampilan para bunga dengan konsep utama hunian Anda. Sebab, desainnya akan segera tampak menyatu dan membuat rumah Anda terlihat seperti “paket” penuh keharmonisan.

3. Gaya Shabby Chic

Artboard 10.png
Menyusun bunga dengan rak model shabby chic sama saja dengan mengubah model tampilan tanaman Anda dengan gaya klasik yang anggun dan cantik. Sebagai rekomendasi, gaya ini sangat cocok dengan warna putih, merah muda, atau warna pastel lainnya.
Ukurannya pun tak terlalu besar, cocok untuk Anda yang gemar menata bunga dengan tempat yang lebih kecil.

4. Vertikal

Artboard 11.png
Tak berbeda jauh dengan model zig zag, tipe rak ini menjulang ke atas. Hanya saja, alas pada raknya tak selalu berbentuk zig zag. Ada pula rak vertikal yang tiap alasnya berjejer rapi di satu sisi, dengan jarak tertentu yang memungkinkan tanaman tak saling menyenggol.

Rak model vertikal juga bisa dibuat dengan desain modern. Contohnya, jenis rak vertikal yang ditempelkan pada dinding. Rangkanya dibuat ramping dan statis, terlihat serupa namun variatif. Bentuknya memanjang ke atas, dengan satu hingga empat pot bunga seukuran yang bisa disusun.

Gayanya yang modern sekaligus simpel membuat rak jenis ini cocok dipakai di berbagai tema rumah dan tetap tampak natural.

5. Bentuk Hati

Artboard 12.png
Untuk Anda yang lebih suka gaya feminin, bisa mencoba rak bunga dengan model berbentuk hati. Gunakan pilihan warna sesuai keinginan, dan pajang bunga dan tanaman Anda pada alas rak yang akan menimbulkan kesan hati yang rimbun.

Kami sarankan untuk menggunakan material kayu sebagai alas pada bagian bawah rak. Tujuannya, agar rak bunga dari besi holo ini bisa berdiri dengan tegak.

Cara Memasang

Artboard 13.png
Memasang rak bunga dari besi holo memang tak selalu sama untuk setiap modelnya. Namun, terdapat beberapa langkah mendasar yang pada dasarnya bisa dilakukan untuk berbagai model, bahkan jika Anda ingin merakit model inovatif Anda sendiri. Berikut caranya:

  1. Buat sketsa rak sesuai keinginan.
  2. Siapkan besi holo untuk membuat rak bunga. Anda bisa membelinya dengan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan terpercaya.
  3. Bentuklah besi sesuai sketsa yang telah Anda buat atau pilih sebelumnya.
  4. Lakukan proses pengecatan besi sesuai selera Anda.
  5. Susun dan tempelkan besi yang sudah dibentuk dan dicat dengan lem besi atau las, sesuai dengan sketsa.

Tips Memasang

Artboard 14.png
Sebelum memutuskan untuk menggunakan rak bunga, terlebih yang tidak perlu dibor, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Di antaranya, yaitu:

  • Gunakan rak yang ringan.
  • Persiapkan lantai, alas, atau dinding yang akan dibebani rak bunga.
  • Perkirakan kapasitas beban yang lebih sedikit.
  • Gunakan alat pelindung diri (APD) atau setidaknya sarung tangan dan masker saat memasang rak.

Temukan Bahan Terbaik di Mitraruma!

Menggunakan dan memasang rak bunga dari besi holo terasa lebih mudah, bukan, setelah Anda mengetahui jenis-jenis, ide, dan tata caranya? Nah, kini saatnya mulai mencoba membuat rak bunga Anda sendiri.

Anda juga bisa memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma untuk memasang furnitur atau tampilan lain yang menunjang penampilan rak dan dekorasi rumahan Anda. Bersama kami yang berkomitmen mewujudkan rumah impian Anda melalui furnitur dan layanan profesional, yuk, daftar jadi member!

More content