no-script Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui | Mitraruma
Mitraruma

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Artboard 1.png
Posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut Feng Shui banyak dipercaya mendatangkan nasib baik. Mulai dari mendatangkan rezeki hingga menciptakan energi yang positif. Namun, apakah Anda tahu apa itu Feng Shui?

Menurut National Geographic, Feng Shui adalah seni Tiongkok kuno menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan cara yang akan membawa kedamaian dan kemakmuran.

Dilansir dari Good Homes Magazine, Priya Sher ahli Feng Shui mengungkap energi yang mengalir di dalam dapur begitu vital fungsinya karena merepresentasikan kesehatan dan hubungan keluarga yang harmonis. Lalu, bagaimana posisi dapur dan kamar mandi yang baik? Mitraruma telah menyiapkan berbagai ulasan mengenai posisi dapur dan kamar mandi yang baik di dalam sebuah hunian!

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

1. Posisi Dapur dan Kamar Mandi Tidak Berhadapan atau Berdekatan

Artboard 2.png
Posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak berhadapan maupun berdekatan. Hal ini dikarenakan kamar mandi mempunyai unsur air yang dapat memadamkan dapur dengan elemen api yang ada pada ilmu Feng Shui.

Lalu jika Anda memiliki rumah tingkat, usahakan agar area dapur di bawah tidak bersentuhan langsung dengan area kamar tidur atau kamar mandi di atasnya. Selalu berikan ruang pembatas atau jeda antara kedua ruang ini agar tidak saling berdekatan.

2. Kamar Mandi Tidak Dekat dengan Tempat Tidur

Artboard 3.png
Posisi dapur dan kamar mandi yang baik selanjutnya adalah tidak dekat dengan tempat tidur. Mengapa demikian? Posisi tersebut dianggap akan mengganggu kesehatan penghuni.

Area kamar mandi menjadi salah satu tempat berkumpulnya kuman. Bila Anda tidak rajin membersihkannya, maka akan menimbulkan bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Bayangkan bila Anda sedang tidur dan area kamar mandi lupa Anda tutup. Kuman yang terbang lewat udara bisa masuk ke saluran pernapasan. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghindarinya, ya!

3. Memisahkan Elemen Api dan Air yang Ada di Dapur

Artboard 4.png
Lima unsur yang selalu ilmu Feng Shui tekankan adalah api, air, kayu, logam dan tanah. Kelima unsur tersebut saling terkait satu sama lain, namun ada beberapa yang tidak bisa disatukan. Salah satunya adalah air dan api.

Untuk itu posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak berdekatan sekaligus memisahkan kedua unsur tersebut dalam satu ruang. Hal ini dipercaya untuk menghindari adanya perselisihan diantara penghuni di dalamnya.

Bila lahan cukup, usahakan untuk membentuk segitiga untuk kedua elemen tersebut. Namun bila terbatas, bisa disiasati dengan berseberangan, ataupun menggunakan partisi agar tidak bersebelahan.

4. Dapur Tidak Berada di Tengah Hunian

Artboard 5.png
Menurut ilmu Feng Shui, area tengah rumah diibaratkan jantung manusia. Hal tersebut merupakan penentu kehidupan dalam sebuah rumah. Maka dari itu, usahakan untuk tidak meletakan dapur di area tengah ruang.

Lalu, bagaimana posisi dapur yang baik? Nah, Anda bisa memposisikan dapur pada bagian belakang rumah. Elemen api yang selalu dikaitkan dengan dapur, bisa membahayakan area rumah bila diletakan di area tengah.

5. Letak Kamar Mandi di Bawah Tangga Sesuai Aturan

Artboard 6.png
Apakah Anda memiliki hunian bertingkat? Nah bila Anda ingin menyiasati lahan terbatas dengan penempatan kamar mandi pada ruang bawah tangga, Anda harus tahu unsur dan tata letak terbaiknya.

Gunakan warna-warna yang cerah ataupun penggunaan lampu yang terang untuk menghindari area gelap yang tidak membantu dalam sisi Feng Shui. Selain itu, usahakan untuk selalu menutup pintu kamar mandi bila tidak digunakan.

6. Dapur Tidak Berhadapan Dengan Pintu Masuk

Artboard 7.png
Posisi dapur yang baik menurut Feng Shui sebaiknya tidak berada di depan pintu masuk ruang utama. Hal tersebut dipercaya akan mengganggu keharmonisan penghuninya.

Peletakan dapur di area belakang yang banyak digunakan dalam desain perumahan dikatakan sudah sangat baik. Hal tersebut juga mengurangi tampilan tidak menyenangkan pada area dapur saat proses memasak sedang berlangsung.

7. Arah Kamar Mandi yang Tepat

Artboard 8.png
Posisi kamar mandi yang baik terakhir adalah harus ditempatkan dalam posisi yang tepat. Tujuannya agar aura dan aliran di dalamnya berjalan dengan baik. Maka dari itu, usahakan untuk memperhatikan arah hadap kamar mandi di rumah.

Tak hanya posisi kamar mandi saja yang harus diperhatikan, namun juga unsur di dalamnya. Arah hadap kloset kamar mandi sebaiknya tidak menghadap jalan, ataupun membelakangi jalan. Menurut Feng Shui, hal ini dipercaya dapat menghambat rezeki yang hadir dalam keluarga.

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Dilarang Menurut Feng Shui

1. Adanya Lukisan di Dapur Sangat Tidak Disarankan

Artboard 9.png
Meskipun bukan posisi, namun penempatan dekorasi juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Umumnya, lukisan yang disarankan Feng Shui adalah lukisan dengan gambar pemandangan alam, bunga, dan hewan. Hanya saja lukisan ini sebaiknya tidak diletakkan di dapur.

Energi api yang dominan di dapur dipercaya akan mengubah gunung menjadi gunung berapi dan danau lava yang berbahaya. Selain itu, bunga akan dibakar menjadi debu dan hewan akan dimasak. Semua ini menciptakan energi negatif yang berbahaya terutama bagi pemilik rumah.

2. Dilarang Berdekatan dengan Tempat Tidur

Artboard 10.png
Bukan hal aneh, orang-orang seringkali menempatkan kamar mandi di dalam kamar tidur. Padahal menurut Feng Shui, kamar mandi tidak boleh di letakkan di dekat kamar tidur lho.

Dalam ilmu Feng Shui, setiap ruangan memiliki elemennya sendiri dan kamar berhadapan, maka unsur airnya akan mengganggu unsur udara dalam kamar tidur. Selain itu, posisi kamar mandi yang berhadapan dengan kamar tidur konon dapat mengganggu keharmonisan suami istri.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan yaitu, tempat tidur tidak boleh bersebelahan atau menempel dengan dinding kamar mandi. Meletakkan tempat tidur di dekat kamar tidur akan membuat kesehatan Anda menjadi terganggu.

3. Kamar Mandi dan Dapur Dilarang Berhadapan

Artboard 11.png
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak berdekatan atau berhadapan. Apabila posisi dapur dan kamar mandi berhadapan, maka kamar mandi yang memiliki unsur air dapat “mematikan” unsur api yang ada pada dapur.

Jika posisi keduanya berdekatan, hal itu akan membuat energi api dari dapur padam oleh energi air dari kamar mandi dan menghasilkan banyak energi negatif. Hal ini akan mengganggu pendapatan sang pemilik rumah.

4. Tidak Boleh Berdekatan dengan Tempat Ibadah

Artboard 12.png
Apakah di rumah Anda terdapat ruangan khusus tempat ibadah? Jika ya, maka kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan berdekatan atau bersebelahan dengan tempat tersebut.

Mengapa demikian? Posisi tersebut dianggap tak baik menurut Feng Shui, karena menghambat aliran energi positif dengan energi negatif. Selain itu, khususnya bagi penganut agama Islam, Anda tidak disarankan untuk menempatkan kamar mandi di arah kiblat, bahkan hal ini sangat dilarang.

5. Cermin Dilarang Berhadapan dengan Pintu Kamar Mandi

Artboard 13.png
Elemen yang selalu ada dalam kamar mandi ini juga ternyata memiliki panduan pemasangannya tersendiri dalam Feng Shui. Dalam Feng Shui, cermin merupakan penangkal energi negatif sehingga sebaiknya cermin tidak berhadapan dengan pintu kamar mandi.
Mengapa cermin dilarang berhadapan dengan pintu kamar mandi? Hal ini karena akan membuat energi negatif dari dalam kamar mandi tersebar luas ke seluruh ruangan. Pastikan cermin ada di posisi yang tepat agar ruangan terkesan lebih besar dan penuh akan energi positif.

6. Posisi Kompor Dilarang Berdekatan dengan Wastafel

Artboard 14.png
Kompor memiliki energi api sedangkan wastafel memiliki energi air. Walaupun air dapat memadamkan api, tetapi api juga bisa mendidihkan air sehingga dapat menimbulkan masalah.

Oleh karena itu, hindari penataan posisi kompor dan wastafel yang bersebelahan atau saling berdekatan. Posisi antara kompor dan wastafel disarankan memiliki jarak satu lengan atau sekitar 46 cm.

7. Jangan Memposisikan Kulkas Dekat dengan Kompor

Artboard 15.png
Kulkas dikaitkan dengan kemakmuran dalam keluarga dan memiliki energi air. Oleh karena itu, sebaiknya kulkas juga tidak diletakkan di seberang kompor. Kulkas juga merupakan simbol yang menjaga kekayaan seperti brankas, letaknya harus di area yang menyatu secara baik dengan interior lainnya.

Pintu kulkas disarankan untuk tidak terlihat ketika memasuki dapur. Jika pintu kulkas dapat terlihat langsung ketika memasuki dapur, berarti penataan tersebut tidak bagus dan dipercaya bisa mempengaruhi keuangan.

8. Area Memasak Sebaiknya Tidak Menghadap ke Jendela

Artboard 16.png
Sebaiknya, punggung ketika memasak mengarah ke pintu utama dan wajah tidak menghadap ke arah jendela. Hal ini dikarenakan energi dan aura pribadi seseorang rentan selama memasak karena berfokus pada makanan.

Selain itu, energi api dapat menyebabkan energi personal berkedip, mirip seperti ketika udara terdistorsi di hadapan benda yang panas. Karena itulah, terkena saluran energi dalam posisi memasak dapat berbahaya.

9. Area yang Dilarang Berdempetan dengan Dapur

Artboard 17.png
Jika ada area atau ruangan yang berdempetan dengan dapur yang hanya bisa dimasuki melalui dapur, maka harus ada pintu terpisah. Pengaturan denah ini sebenarnya sangat umum terjadi pada rumah.

10. Pintu Utama Tidak Boleh Terbuka ke Arah Dapur

Artboard 18.png
Dulunya pintu utama sebuah rumah hampir selalu berfungsi sebagai pintu masuk ke ruang tamu. Hal ini dikarenakan rumah pada umumnya dibangun dengan ruang tamu di depan dan dapur di belakang.

Sekarang, karena banyak rumah dengan ukuran lebih kecil seperti apartemen studio, semakin banyak pula rumah didirikan dengan pintu depan utama memasuki dapur. Dalam Feng Shui hal ini sebenarnya tabu, karena menandakan kalau Anda memasuki rumah dari pintu belakang.

Pengaturan ini dipercaya dapat menarik aktivitas yang berhubungan dengan kejahatan. Beberapa cara untuk mengatasi hal ini antara lain dengan penggunaan plester dinding, tirai, atau akuarium.

Desain Posisi Dapur & Kamar Mandi Anda Dengan Jasa Profesional!

Banyak orang menganggap Feng Shui hanyalah kepercayaan kuno yang tak lagi cocok dengan era modern yang serba ilmiah seperti sekarang ini. Padahal prinsip kerja Feng Shui sendiri terinspirasi oleh mekanisme saintifik yang terjadi di dalam bumi sejak zaman dahulu.

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut ilmu Feng Shui memang terkesan sedikit rumit. Terlebih jika Anda memiliki hunian dengan area yang terbatas. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik jika ingin mendapatkan desain terbaik.

Konsultasikan seluruh kebutuhan desain serta material untuk hunian Anda dengan Mitraruma! Dapatkan juga jaminan kualitas dengan tenaga profesional serta beragam Promo Bulanan Mitraruma yang tentunya sayang untuk dilewatkan!

More content