no-script Inspirasi Perpaduan Warna Cat Rumah dan Tips Memilihnya | Mitraruma

Inspirasi Perpaduan Warna Cat Rumah dan Tips Memilihnya

Artboard 21.png

Perpaduan warna cat rumah yang menarik akan membuat penghuninya merasa nyaman. Maka dari itu penting untuk Anda untuk memilih perpaduan warna yang tepat. Selain untuk mendukung konsep dan dekorasi ruangan secara keseluruhan, warna juga dapat memberikan efek bagi psikologis manusia.

Sir Isaac Newton menjelaskan dalam bukunya “Optics”(1704), bahwa warna itu terdapat dalam cahaya. Cahayalah yang menjadi sumber warna bagi setiap benda. Asumsi tersebut didasarkan pada penemuannya dalam sebuah eksperimen.

Perpaduan warna cat rumah akan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti meningkatkan gairah, mempengaruhi emosi, membangkitkan energi, serta dapat menjadi alat bantu bagi komunikasi non-verbal. Agar tidak bingung, yuk simak ulasan berikut!

Peran Warna dalam Kehidupan Manusia

Artboard 22.png

1. Peran Psikologi

Secara psikologi, perpaduan warna cat rumah mampu mempengaruhi kejiwaan seseorang. Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka tentunya efek psikologi yang diberikan pun berbeda pula ya.

Misalnya saja warna merah yang hangat. Warna merah dapat membangkitkan emosi, amarah, dan permusuhan. Warna lain yang juga termasuk ke dalam kelompok warna hangat diantaranya yaitu, warna kuning dan oranye.

Selanjutnya ada warna biru yang dikenal sebagai spektrum warna dingin. Sering digunakan untuk memunculkan kesan ketenangan, tetapi juga dapat membangkitkan perasaan sedih atau terabaikan. Warna dingin lainnya yaitu, biru, hijau, dan ungu.

2. Membantu Perawatan

Jika peran psikologinya mungkin sudah sering kita dengar, lalu bagaimana dengan peran yang satu ini? Ya, warna memang dapat membantu proses perawatan tubuh manusia.

Contohnya saja warna merah. Warna ini digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran. Kemudian warna kuning, yaitu untuk merangsang simpul-simpul syaraf dan meningkatkan sirkulasi tubuh.

Warna selanjutnya adalah warna oranye, warna ini banyak digunakan untuk menyembuhkan paru-paru dan untuk meningkatkan energi. Warna yang terakhir adalah warna biru, biasanya digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa sakit.

3. Berperan sebagai Terapi

Menurut beberapa pakar kesehatan, warna memiliki pengaruh untuk kesehatan. Pada penyakit-penyakit tertentu, warna diyakini secara psikologis dapat menyembuhkan penyakit seseorang. Warna juga banyak digunakan untuk penyembuhan dan chromotherapy (terapi cahaya).

Contohnya warna hijau yang dapat menenangkan susunan saraf. Orang yang sering merasa tegang dapat dibantu dengan warna hijau. Warna hijau mempunyai unsur pembersih tubuh, melancarkan darah yang cenderung membeku, serta merangsang kelenjar hormon agar dapat mengendalikan kelenjar-kelenjar lain.

Perpaduan Warna Cat Rumah

Perpaduan warna cat rumah harus memperhatikan letak pengaplikasiannya, apakah untuk interior atau eksterior ruangan. Hal ini penting untuk mendapatkan warna yang tepat. Berikut ini contoh perpaduan warna cat rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Perpaduan Warna Cat Eksterior Rumah

Artboard 23.png

Untuk warna cat eksterior rumah, Anda disarankan untuk memilih warna-warna dengan palet terang. Anda bisa memadukan warna cat dinding luar rumah yang cerah dengan warna cat yang gelap sebagai variasi. Hal ini akan membuat rumah Anda terlihat eye-catching.

  • Peach dan putih.
  • Navy blue dan cream atau beige.
  • Hijau tosca dan putih.
  • Abu-abu dan putih.
  • Kuning dan turquoise.
  • Mustard dan cokelat.
  • Kuning dan putih.
  • Merah dan cream.
  • Kuning dan abu-abu.
  • Abu-abu dan merah marun.

2. Perpaduan Warna Cat Interior Rumah

Artboard 24.png

Mengingat Anda akan lebih sering berada di dalam rumah dibandingkan dengan di luar, maka pemilihan warnanya tak boleh sembarangan ya. Anda harus menyesuaikan perpaduan warna cat dengan dekorasi didalamnya. Berikut ini contohnya:

  • Lilac dan putih.
  • Merah marun dan putih.
  • Biru telur asin dan putih.
  • Biru navy dan cokelat emas.
  • Baby pink dan beige.
  • Hijau dan mint.

Tips Memadukan Warna Cat Rumah

Beberapa inspirasi perpaduan warna di atas tentu akan membuat Anda kebingungan untuk menentukan cat rumah yang akan Anda aplikasikan. Untuk menentukan warna cat rumah yang tepat, Anda memerlukan sedikit tips agar tidak salah membeli dan mengkombinasikan warna cat untuk dinding. Yuk, disimak baik-baik!

1. Tentukan Arah Sinar Matahari

Artboard 25.png

Pernahkah Anda membeli dan mengaplikasikan cat rumah, namun warnanya tidak tampak seperti yang Anda harapkan? Jika ya, bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh faktor arahnya sinar matahari.

Sinar matahari ini menentukan bayang-bayang dan juga pantulan sinar pada cat. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan arah datangnya sinar matahari di ruangan yang akan Anda aplikasikan cat tersebut.

Jika terdapat banyak pencahayaan dari sinar matahari karena ruang tamu menghadap ke timur atau barat, maka Anda bisa memilih warna-warna lembut sehingga tidak terlalu silau. Sedangkan untuk ruangan dengan sinar matahari yang sedikit, Anda bisa memilih warna-warna terang sehingga ruang tamu tidak tampak gelap.

Perhatikan pula penerangan dari lampu yang ada di ruangan. Jika Anda menggunakan lampu dengan warna putih cerah, akan memantulkan sinar biru yang membuat mata lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih warna cat yang lebih gelap tetapi lembut sehingga cahaya lampu tidak memantul.

2. Sesuaikan dengan Kepribadian

Artboard 26.png

Inspirasi desain rumah kekinian perlu didukung dengan pemilihan warna cat yang tepat. Warna-warna baru yang kini bermunculan seringkali membuat kita tergiur dan mengikuti perkembangan warna yang sedang hype.

Namun perlu dicatat, perpaduan warna cat rumah yang tampak menarik atau sesuai dengan kepribadian kalian sangatlah penting. Tuangkan selera dekorasi pribadi ke dalam rumah untuk membuat Anda betah berada di dalamnya.

3. Uji Kombinasi Warna

Artboard 27.png

Sebelum mulai mengecat rumah secara keseluruhan, alangkah baiknya Anda melakukan tester warna. Belilah sampelnya dalam ukuran kecil. Hal ini tentunya untuk menghindari warna yang diaplikasikan tak sesuai dengan keinginan.

Anda juga bisa mengaplikasikannya ke media lain, seperti kertas atau dengan palet. Namun, karena warna-warna cat seringkali berbeda ketika digunakan di rumah, Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan cat dalam jumlah sedikit ke rumah.

Pilihlah satu atau dua warna yang akan Anda coba. Jika memang cocok dengan salah satu warna, Anda bisa segera menghitung kebutuhan cat. Lalu bagaimana dengan cat yang lain? Anda bisa menggunakannya di ruangan yang berbeda.

4. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Artboard 28.png

Luas ruang tamu juga mempengaruhi warna cat yang akan diaplikasikan ke rumah. Ruangan yang kecil dan sempit sebaiknya menggunakan warna cat terang sehingga dapat memberikan kesan luas pada ruangan.

Tentukan pula tinggi ruangan agar dapat memadu padankan warna cat. Perhatikan pula warna plafon sehingga tidak memberi kesan sempit pada ruangan. Jika perlu, pilih warna plafon yang cerah daripada rumah.

5. Perhatikan Dekorasi yang Dipasang

Artboard 29.png

Penggunaan dekorasi diberikan untuk menjadi lengkap suatu ruangan. Penting bagi Anda untuk menyesuaikan dekorasi dan warna cat yang akan Anda pilih. Tak hanya itu, sesuaikan juga warna dan bentuk dekorasi sebelum mengecat.

6. Seimbangkan Gelap dan Terang Warna

Artboard 30.png

Bosan hanya dengan satu warna? Anda bisa coba untuk melakukan mix and match warna. Buatlah perpaduan antara warna gelap dan terang. Jika memang ragu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah.

Menyeimbangkan warna gelap dan terang bisa memberikan kesan yang berbeda pada luas ruangan. Untuk Anda mengaplikasikannya, Anda bisa memberikan aksen garis dari cat warna terang agar tidak monoton.

Contohnya pada ruangan berwarna biru navy. Anda bisa tambahkan garis putih di antara jendela dan pintu. Setelah itu biarkan warna plafon tetap putih sehingga memberikan ilusi ruangan yang luas.

Bosan dengan Warna Cat Rumah Anda? Berniat untuk Menggantinya?

Jika Anda berminat untuk mengganti warna cat rumah, caranya gampang banget lho. Selain menyediakan artikel yang informatif, Anda juga bisa menggunakan jasa renovasi rumah Mitraruma!

Anda juga bisa bergabung dan mendaftar member untuk mendapatkan berbagai keuntungan, lho. Poin yang Anda dapatkan setiap habis berbelanja, nantinya bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah yang telah kami sediakan. Menarik sekali, kan? Yuk, belanja di Mitraruma sekarang!

More content