no-script Partisi Ruangan Minimalis, Mulai Dari Tips Memilih Hingga Contoh Inspirasi! | Mitraruma
Mitraruma

Partisi Ruangan Minimalis, Mulai Dari Tips Memilih Hingga Contoh Inspirasi!

Konsep minimalis saat ini memang banyak dijadikan pilihan untuk itu sendiri identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi. gaya interior minimalis adalah pendekatan desain yang ditandai dengan penghematan dalam dekorasi. Konsep desain ini bisa dicapai melalui penggunaan furniture fungsional dan benda-benda interior, bentuk geometris, serta kombinasi yang biasanya tidak lebih dari dua warna dasar.

Untuk mewujudkan konsep minimalis terdapat berbagai macam cara yang bisa kamu tiru, salah satunya dengan penggunaan partisi ruangan. Partisi kerap menjadi salah satu pilihan untuk menggantikan fungsi tembok. Selain dapat memperindah ruangan dengan berbagai macam desain terbaiknya, partisi minimalis juga menjadi pilihan yang tepat digunakan jika Kamu tidak memiliki ruang yang cukup luas.

Guna menambah referensi kamu dalam menentukan desain, kali ini kami akan memberikan berbagai macam desain partisi penyekat ruangan minimalis yang bisa kamu terapkan pada rumah modern.

Apa Itu Partisi Ruangan?

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-01.png

Partisi merupakan salah satu elemen yang membagi ruangan ke dalam beberapa bagian. Partisi juga biasa dikenal dengan sebutan ‘dividers’ atau ‘screens’.

Partisi banyak digunakan untuk rumah dengan ruangan yang cukup luas, kemudian sang pemilik ingin membagi ruangan tersebut ke dalam beberapa bagian. Namun, partisi bisa juga digunakan untuk rumah minimalis agar lebih fungsional.
Perlu diketahui, bahwa partisi ruangan berbeda dengan dinding pembatas. Partisi sendiri bisa dipindah dan diatur tata letaknya sesuai dengan keinginan. Inilah yang membedakan antara partisi dengan dinding pembatas.

Fungsi Partisi Ruangan

1. Sebagai Pembatas Ruangan

Seperti yang kita tahu, partisi mampu membagi sebuah ruangan dengan area yang luas ke dalam beberapa ruangan dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga, boleh dibilang partisi ini sangat fleksibel dan mampu mengatasi masalah ketersediaan ruangan.

2. Sebagai Tempat Penyimpanan

Dengan ketebalan tertentu partisi dapat diberikan cerukan terbuka ataupun cerukan berpintu sehingga menyerupai bufet atau almari yang mempunyai desain dua muka sehingga ruangan yang berada didepan dan dibelakangnya menjadi terlihat lebih menarik.

3. Sebagai Dekorasi

Selain fungsi pembatas ruangan, partisi juga dapat difungsikan sebagai aksen dekoratif untuk mengkonsep interior seperti backdrop sehingga keberadaannya dapat membuat kesan lebih hidup suatu ruangan, kesan kosong dapat dihindari berkat hadirnya backdrop.

Dengan desain yang variatif, partisi hadir dengan berbagai material seperti kayu, rotan, kaca, bambu, kain panel, aluminium dan lain-lain.Penggabungan material tersebut diharapkan menghasilkan tampilan partisi yang cantik, sehingga menjadi elemen penunjang interior.

Tips Memilih Partisi Ruangan

  • Pertimbangkan material yang tepat. Jika kamu memiliki anak kecil dirumah, kamu harus menghindari penggunaan partisi dengan bahan kaca, apalagi yang sudutnya tidak dilapisi dengan busa atau pelindung sudut.
  • Menyesuaikan dengan konsep rumah.
  • Jika ingin membuat pembatas ruangan yang bersifat sementara, sebaiknya kamu memilih partisi yang mudah untuk dipindah dan digerakkan karena dengan memasang partisi seperti itu sirkulasi udara tidak akan terganggu dan sangat mudah dibongkar pasang.
  • Untuk ruangan tinggi, kamu bisa memakai folding door yang berbahan alumunium dengan lapisan kain atau busa. Dengan adanya folding door yang tinggi, maka ruangan sebelah tidak akan terganggu dengan adanya suara yang kencang. Kemudian, kamu bisa menambahkan roda pada setiap penyangganya agar mudah dipindahkan.

Contoh Inspirasi Partisi Ruangan

1. Partisi Berbahan Dasar Kaca

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-02.png

Partisi yang satu ini bisa dibilang sangat populer. Jika kamu ingin lebih privasi, kamu bisa menambahkan stiker berupa tulisan atau gambar pada kaca. Adanya aksen ini juga akan menambah kesan cantik ketika dipandang terlebih bagi orang lain yang bertamu ke rumah Kamu.

2. Partisi Putih untuk Kesan Modern dan Minimalis

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-03.png

Seiring berkembangnya zaman, partisi pun kini sudah tersedia dalam bentuk hingga desain yang modern. Menariknya lagi, seperti terlihat pada gambar, selain menyekat partisi kini bisa difungsikan sekaligus sebagai meja untuk bersantai.

3. Partisi Minimalis dari Kayu Vertikal

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-04.png

Partisi ruang tamu dan ruang keluarga minimalis yang satu ini terlihat begitu sederhana namun tetap elegan bukan. Hanya menggunakan kayu yang dipasang vertikal lengkap dengan lampu di tengahnya membuat ruangan terasa lebih luas bukan? Nah, partisi ini cocok diaplikasikan pada rumah minimalis kamu.

4. Partisi Tanaman

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-05.png

Salah satu contoh desain partisi ruang tamu yang berbeda ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal dalam sebuah apartemen atau tempat tinggal yang tidak memiliki halaman untuk bercocok tanam. Mengubah partisi kayu menjadi tanaman akan membuat suasana terasa makin segar dipandang dan juga estetik sumber foto menarik.

5. Partisi Marmer

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-06.png

Jika kamu ingin tetap memegang unsur mewah, maka partisi berbahan marmer tepat untuk menjadi pilihan. Meski terlihat begitu minimalis, tapi kesan elegan tetap lebih menonjol. Adanya sisi yang bisa diisi dengan berbagai macam hiasan membuat Kamu merasa tertantang untuk menambahkan ornamen yang akan menunjang kemewahannya.

6. Partisi Minimalis dengan Ruang Penyimpanan yang Fungsional

Artikel November 12 - Partisi Ruangan Minimalis-07.png

Desain partisi ruang tamu minimalis terakhir yang bisa kamu contoh adalah partisi balok kayu yang dipasang vertikal lengkap dengan beberapa tempat penyimpanan. Sehingga, kamu bisa menambahkan pernak pernik atau buku sebagai hiasan tambahan yang mengisi partisi.

Penggunaan partisi ruangan sebagai interior rumah tentu akan sangat menarik. Namun, jangan lupakan fungsi dan masukkan juga unsur keindahan pada model partisi seperti inspirasi di atas, ya!

Selain menyediakan jasa desain interior dan berbagai artikel informatif, Mitraruma juga jual aneka furniture kekinian yang multifungsi dan space-saving. Tunggu apalagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Mitraruma sekarang!

More content