no-script 6 Model Tangga Minimalis untuk Rumah Idamanmu! | Mitraruma

6 Model Tangga Minimalis untuk Rumah Idamanmu!

Untuk kamu yang memiliki rumah dengan bangunan bertingkat, tentu penggunaan tangga menjadi salah satu elemen yang wajib banget kamu perhatikan. Perlu pertimbangan yang matang dan cermat untuk memilih tangga yang tepat untuk rumahmu. Tidak hanya tentang pondasi, tapi juga tema utama interior rumah.

Berbicara mengenai model, konsep minimalis memang sedang hype banget nih. Tidak hanya memaksimalkan ruang, tapi model ini juga bisa meningkatkan nilai estetik desain interior rumah kamu. Wah, kamu harus siap ya untuk mendengar pujian dari para tamu yang berkunjung!

Sebelumnya, ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan dalam memilih tangga di rumah, terutama untuk kamu yang mengusung konsep rumah minimalis. Yuk, simak info selengkapnya berikut ini!

Tips Memilih Model Tangga Minimalis

Ukuran Tangga

Sebelum memasang tangga, kamu harus memperhatikan ukuran tangga dengan area yang akan kamu pasangi tangga.

Patokan panjang dan lebar tangga rumah minimalis adalah tangga tersebut cukup untuk dilewati satu orang. Dengan panjang kira-kira 80 cm, tangga tidak akan memakan ruang terlalu banyak. Sementara itu, lebar tangga idealnya berukuran sekitar 27-30cm, dengan perkiraan lebar tersebut cukup untuk pijakan satu telapak kaki.

Jarak Antar Anak Tangga

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah jarak antar anak tangga. Jarak antar anak tangga harus sesuai dengan jangkauan kaki penghuni rumah.

Tentunya kamu tidak ingin kan jika saat menggunakannya, kamu malah kesusahan atau bahkan celaka karena jarak antar tangga terlalu jauh. Idealnya, jarak antar anak tangga berkisar 15-19 cm. Ukuran tersebut aman untuk anak kecil hingga orang dewasa.

Tingkat Kecuraman

Kalau rumah kamu terasa sempit, usahakan jangan sampai membuat tangga terlalu curam karena bisa berbahaya. Namun, jika sudah terlanjur menggunakan desain tangga rumah yang curam, sebaiknya tambahkan railing agar orang dapat melintasi tangga secara aman.

Hindari Material Beton

Tangga rumah minimalis di ruang sempit tidak cocok menggunakan material beton. Tangga berbahan beton akan mengesankan bahwa tangga sangat besar dan memakan ruang.

6 Inspirasi Model Tangga Minimalis

1. Floating Stairs

Artboard 2.png

Floating stairs atau tangga menggantung terbuat dari plat baja yang dilas menggunakan metode khusus. Sehingga, mampu untuk menahan beban orang yang melewatinya.

Namun, floating stairs ini terbilang kurang aman bagi anak-anak. Pasalnya, desain hanya melayang di satu sisi saja. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menambahkan besi railing tipis untuk pegangan keamanan ya, guys.

2. Tangga Transparan dengan Bentuk Spiral

Artboard 3.png

Untuk kamu yang bosan dengan model tangga linier berbentuk I, U, atau L yang terlalu mainstream, kamu bisa bereksperimen dengan mencoba model tangga spiral.

Ada banyak bahan yang bisa dipilih untuk jenis tangga ini, tergantung pada tema yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih kombinasi material beton dengan finishing putih dan kayu untuk menciptakan tampilan klasik, atau jika ingin tampilan yang lebih modern, kamu bisa memasang railing kaca pada sisinya.

3. Tangga Rumah dengan Bentuk L

Artboard 4.png

Sesuai dengan namanya, tangga ini membentuk seperti huruf “L” dengan seperempat putaran 90 derajat. Model tangga yang satu ini terbilang cukup mainstream karena sudah banyak yang menggunakannya.

Bentuk tangga ini sedikit lebih rumit dan lebih sulit untuk dibangun jika dibandingkan dengan tangga lurus. Namun, hal itu akan terbayarkan karena secara visual, tangga berbentuk huruf “L” ini terlihat lebih menarik.

4. Tangga Rumah Fungsional

Artboard 5.png

Konsep rumah minimalis bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Dengan begitu, model tangga rumah yang minimalis bisa dijadikan ide yang tepat.

Seiring dengan kemajuan zaman, model tangga rumah telah banyak dimodifikasi. Jika dulu ruang bawah anak tangga dibiarkan tertutup karena berfungsi sebagai penyangga, sekarang tidak lagi. Kamu bisa menaruh barang barang seperti koleksi buku, pajangan, hingga menjadikannya lemari pakaian, lho.

Selain menarik, model tangga yang satu ini juga sangat fungsional sekali, kan?

5. Tangga Rumah Berbahan Kaca

Artboard 6.png

Model tangga rumah minimalis dari kaca memberikan kesan elegan dan ringan pada interior rumah.Tetapi kamu harus hati-hati, karena jenis tangga ini belum tentu cocok untuk semua rumah.

6. Tangga Tanpa Railing

Artboard 7.png

Untuk menghemat ruang, kamu bisa memilih tangga tanpa railing. Railing pada tangga seringkali menyita ruang, apalagi jika kamu memilih railing yang tidak tepat. Selain itu, pilihlah warna cerah dan sesuai dengan warna dinding serta keramik lantai rumah.

Perlu diingat, model tangga yang satu ini cukup berbahaya untuk anak kecil. Jika ada anak kecil di rumah, sebaiknya kamu memberikan pengawasan ekstra. Namun, alangkah baiknya jika kamu memilih model lain saja ya.

Itulah 6 desain minimalis tangga yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mendesain tangga rumah idamanmu. Perlu diingat, kamu tetap harus mengutamakan fungsinya sebelum tampilannya, ya. Jangan lupa kunjungi berbagai inspirasi lainnya terkait home and living di Mitraruma!

Disini kamu tidak hanya bisa menemukan berbagai macam dekorasi maupun furniture ruangan, melainkan juga berbagai artikel informatif yang bisa menambah wawasan kamu. Yuk, simak juga artikel menarik lainnya hanya di Mitraruma Blog!

More content