no-script Jangan Takut Coba, Ini Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit | Mitraruma

Jangan Takut Coba, Ini Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Model taman depan rumah minimalis lahan sempit seperti apa, ya? Di waktu tertentu, pastinya Anda ingin memiliki ruang yang alami dan segar di hunian minimalis Anda. Namun, lahannya kurang tersedia alias sempit. Jadi, tak jarang niat itu terpaksa diurungkan.

Padahal, taman di rumah pribadi sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kebiasaan, lho. AARP.org menyebut, berkebun bisa membuat Anda terkena paparan vitamin D yang cukup dan meningkatkan suasana hati.

2.800 orang juga diteliti dan akhirnya menciptakan kesimpulan bahwa berkebun bisa menurunkan risiko demensia. Super positif, kan?

Rekomendasi Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Lantas, bagaimana baiknya model taman minimalis di lahan sempit depan rumah? Anda harus pintar-pintar mengatur ruang dan menata tanaman, ini bisa disebut kunci utamanya. Namun, ada berbagai desain yang akan sangat cocok digunakan dalam konsep minimalis.

Berikut ini ulasannya. Simak, yuk!

1. Taman di Sudut Halaman

Artboard 2.png

Taman minimalis di sudut halaman depan rumah pastinya tidak memerlukan banyak tempat. Anda hanya perlu menyisihkan sedikit ruang di salah satu sudut teras dan menghiasnya dengan berbagai tumbuhan dan bebatuan.

Agar tampak lebih rapi, taman itu juga bisa diberi pembatas berupa bebatuan atau pagar kecil. Konsep taman ini nantinya akan menyatu dengan dekorasi teras yang minimalis, kecil, dan asri.

Meski berada di sudut, berbagai tanaman yang memikat akan membuat taman minimalis Anda tampak menawan dan cantik. Bukan tak mungkin juga untuk menambahkan tanaman air di dalam batu besar.

Di pinggirnya, Anda bisa menambahkan batu alam agar taman terlihat lebih kreatif dan tidak monoton. Pilihlah berbagai jenis batu yang bisa dipadukan dengan batu bata dan tanaman hijau.

2. Jalan Masuk ke Rumah Sekaligus Taman

Artboard 3.png

Bagaimana dengan menyulap jalan kecil di depan pintu masuk menjadi taman? Pastinya, ini perlu diatur agar taman itu tidak menghalangi jalan Anda saat masuk ke rumah. Anda bisa memakai konsep tanaman di sisi kanan kiri atau gaya filipina dengan tanaman gantung.

Menggunakan ide ini, halaman di depan pintu masuk akan tampak asri sekaligus keren karena dihiasi jalan setapak dari batu alam lempeng dan seperti “karpet merah” berkonsep tanaman. Teras juga pasti akan terlihat segar.

3. Taman Gantung Di Kanopi

Artboard 4.png

Tak cuma taman di permukaan, Anda juga bisa menambahkan tanaman dengan pot gantung di kanopi rumah. Gunakan sisi di kanan dan kiri agar tidak menghalangi pergerakan.

Di sana, Anda bisa memasang tanaman berukuran kecil hingga sedang di dalam pot berukuran sesuai. Selain tak memakan banyak tempat, konsep ini juga terlihat lebih unik dan apik.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan hanyalah kekuatan tali atau penggantung lain. Untuk lantainya, Anda bisa memanfaatkan
Promo Bulanan Mitraruma dan memasang lantai bernuansa kayu.

4. Taman Minimalis Nuansa Air

Artboard 5.png

Anda juga bisa menggunakan nuansa perairan sebagai model taman depan rumah minimalis lahan sempit, lho. Tak perlu khawatir akan memakan banyak tempat, Anda cukup meletakkan satu wadah air mancur di tengah atau salah satu sudut taman.

Biar makin hemat tempat, kami sarankan menggunakan kolam pancuran yang bisa mengalirkan air berkali-kali. Ini juga akan cocok untuk Anda yang suka mendengar segarnya gemericik air saat bersantai.

Dengan tambahan hiasan batu-batu koral dan tanaman lainnya, taman minimalis bernuansa air milik Anda akan terlihat kreatif dan segar, seperti sungai yang jernih di tengah kota. Sangat indah!

5. Vertical Garden alias Taman Vertikal

Artboard 6.png

Gaya taman vertikal sedang banyak digandrungi peminat rumah dan gaya minimalis, nih. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba membuat taman vertikal dengan gaya sendiri. Pada dasarnya, konsep taman ini menjulang ke atas sehingga tidak memakan banyak tempat.

Anda bisa membuat taman ini dengan pot-pot atau langsung membangunnya sendiri secara tempel di dinding halaman rumah. Bahkan, Anda bisa memakai beberapa inspirasi lain biar taman vertikal terlihat makin unik.

Di ruang-ruang itu, letakkanlah tanaman yang Anda sukai. Jika berminat dengan konsep taman ini, jangan lupa memperhatikan kebersihan dan kekokohan dinding yang akan dibebani tanaman, ya!

6. Gaya Taman Tropikal yang Berjejer

Artboard 7.png

Iklim tropis Indonesia akan cocok dengan gaya taman yang tropis pula. Jadi, tak ada salahnya mencoba tema tropikal seperti ini. Anda bisa menanam tanaman tropis seperti aglaonema atau palem mini.

Dalam menatanya, Anda bisa menjejerkan pot berisi berbagai tanaman di salah satu sisi halaman rumah berlahan sempit. Supaya tampak rapi, Anda juga bisa menjejerkan tanaman sesuai tingginya.

7. Taman di Teras Terluar

Artboard 8.png

Hanya punya sedikit ruang di teras terluar? Jangan risau, Anda juga bisa menyulapnya jadi sudut hijau yang menarik perhatian. Tata berbagai tanaman di dalam pot berwarna senada di depan teras.

Sebagai alasnya, Anda bisa menggunakan rerumputan atau rumput sintetis agar nuansa hijaunya semakin terasa. Tambahkan pula sedikit batu pijakan sebagai “tempat melangkah” ke taman tersebut.

Menggunakan tanaman berbagai ukuran di bawah, Anda juga bisa menambahkan tanaman rambat gantung di bagian atasnya. Ini menegaskan suasana taman sekaligus membuatnya terlihat makin indah.

8. Tempat Bersantai Ditemani Nuansa Hijau

Artboard 9.png

Konsep ini biasanya diterapkan pada taman di balkon atau halaman belakang. Namun, Anda juga bisa mencobanya di halaman depan rumah. Apalagi, jika Anda menyukai duduk-duduk di halaman, bersantai, dan menyapa para tetangga yang lewat.

Di taman minimalis seperti ini, Anda harus mengutamakan tempat yang fungsional untuk bersantai. Misalnya, letakan kursi kecil yang nyaman atau sekadar alas jika Anda suka duduk lesehan.

Di sekelilingnya, barulah beri hiasan berupa pot-pot tanaman. Anda juga bisa menambahkan bebatuan agar nuansa segar makin terasa. Model taman depan rumah minimalis lahan sempit yang satu ini akan bagus karena minimalis namun fungsional!

9. Manfaatkan Sebagian Teras

Artboard 10.png

Jika Anda cukup ambisius dalam membangun taman di lahan sempit, cobalah memanfaatkan sebagian teras untuk benar-benar dibuat taman. Sisa teras lainnya nantinya bisa digunakan sebagai tempat lewat dan pijakan Anda saat merawat tanaman di sana.

Gunakan material yang mirip antara teras dan taman. Jadi, taman akan tetap tampak menyatu dengan teras meskipun hanya menggunakan setengah lahan. Untuk mengisi tamannya, Anda bisa meletakkan satu tanaman besar di bagian paling ujung.

Kemudian, tambahkan kolam kecil dan tanaman air. Pada sisa tempat yang tersedia, tanamlah tumbuhan lain dan hias dengan bebatuan berwarna senada dengan bingkai taman. Supaya lebih apik, tambahkan lampu klasik untuk taman di saat gelap.

Wujudkan Taman yang Cantik Meskipun di Lahan Sempit!

Memiliki lahan cantik nan apik dalam lahan rumah yang sempit adalah suatu kreativitas dan ide yang patut diacungi jempol. Memiliki taman kecil bisa membuat rumah menjadi lebih hidup. Nah, untuk membuatnya Anda tidak perlu ragu bagaimana memulainya.

Lakukan saja dengan berkonsultasi pada pihak Mitraruma, kami siap untuk membantu Anda membangun hunian Anda menjadi lebih indah dan apik. Tunggu apa lagi mulai bekerjasama dengan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan. Simak juga ide dari kami langkah menciptakan taman vertikal untuk Anda yang tertarik memanfaatkan ruang tegak di rumah. Wujudkan rumah impian yang cantik dan asri bersama kami!

More content