no-script 10 Model Kursi Ruang Tamu Sempit Terbaik | Mitraruma

10 Model Kursi Ruang Tamu Sempit Terbaik

Artboard 1.png
Model kursi ruang tamu sempit dapat menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki hunian dengan luas area yang terbatas. Berbagai macam jenis serta model kursi ruang tamu yang beredar di pasaran saat ini pun sudah semakin beragam. Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa dalam memilih kursi yang sesuai dengan konsep hunian impian Anda.

Perlu selalu diingat bahwa ruang tamu merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Ruangan yang satu ini dapat menciptakan first impression bagi orang ataupun tamu yang berkunjung ke dalam rumah. Hal tersebut tak lepas dari fungsi ruang tamu yang menjadi ruangan yang pertama kali diakses ketika memasuki sebuah rumah.

Namun, tak perlu khawatir jika Anda memiliki ruang tamu yang kecil dan sempit. Anda hanya memerlukan sedikit kreativitas serta penataan desain yang menarik untuk bisa membuat ruang tamu Anda tetap terasa lega. Gunakan berbagai rekomendasi model kursi ruang tamu berikut untuk menyiasati luas area ruang tamu Anda yang terbatas!

List Inspirasi Model Kursi Ruang Tamu Sempit

1. Sofa Letter L

Artboard 2.png
Meski memiliki ruang tamu sempit, namun model kursi ruang tamu berbentuk L ini bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih lega. Jika sudah memilih kursi berbentuk L, disarankan untuk memilih meja tamu yang lebih kecil. Hal ini agar ruang tamu tidak terlalu penuh.

2. Side Chair

Artboard 3.png
Model kursi yang satu ini memiliki sandaran belakang, namun tanpa sandaran tangan. Jenis kursi ini biasanya diciptakan dengan bobot ringan, sehingga mudah diangkat untuk dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Side chair juga tersedia dengan berbagai macam motif dan corak pada kainnya. Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif tambahan, ya.

3. Kursi Tamu Jengki

Artboard 4.png
Pernahkah Anda mendengar jenis kursi ini sebelumnya? Pemilihan nama jengki dikarenakan kursi ini memiliki kaki-kaki yang khas, yaitu berukuran sangat ramping.

Desain kursi ini sangat sederhana dengan menggunakan warna kayu yang khas yang membuat ruang tamu memiliki suasana fresh dan nuansa vintage. Anda juga bisa menggunakan bantalan agar model kursi ini semakin menarik dan membuat tamu merasa nyaman saat berkunjung.

4. Kursi Tamu Minimalis Skandinavia

Artboard 5.png
Kursi tamu minimalis Skandinavia umumnya berkonsep simpel, fungsional, dan memanjakan mata. Model kursi tamu ala Skandinavia dianggap cocok untuk gaya urban masa kini. Model yang satu ini juga tengah booming, lho.

5. Armchair

Artboard 6.png
Armchair adalah model kursi yang memiliki sandaran punggung dan penyangga lengan. Model kursi ini cocok ditempatkan di ruang tamu sempit, karena memiliki ukuran yang tidak besar dan nyaman digunakan.

6. Kursi Rotan

Artboard 7.png
Kursi yang terbuat dari rotan juga dapat dipilih untuk ruang tamu sempit. Pilihlah kursi rotan yang memiliki warna terang dan berukuran tidak besar agar tidak membuat ruang tamu semakin terasa sempit.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menghadirkan kursi satu set dengan meja rotan yang berukuran mungil. Selain untuk ruang tamu, kursi rotan ini juga cocok digunakan di teras rumah.

7. Kursi Minimalis dengan Storage Box

Artboard 8.png
Untuk Anda yang memiliki ruang tamu sempit, disarankan untuk menggunakan furnitur yang multifungsi. Model kursi dengan laci atau kotak penyimpanan di bagian bawah ini salah satunya.

Selain bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk santai, kursi yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk meletakkan majalah, koran, cemilan, hingga barang-barang lain.

8. Kursi Minimalis Modern

Artboard 9.png
Desain modern yang bergaya minimalis kini semakin disukai banyak orang, khususnya bagi mereka yang fokus pada fungsi. Konsep dasar desain ini adalah penataan interior modern yang rapi dan bebas berantakan.

Sebagai inspirasi, Anda dapat menempatkan kursi tamu minimalis dengan unsur warna broken white yang mendominasi. Dijamin, akan membuat tampilan ruangan terasa ringan dan lebih lega.

9. Kursi Tamu Minimalis Bergaya Amerika

Artboard 10.png
Ingin ruang tamu Anda terasa lebih modern dan profesional? Coba pilih desain kursi tamu minimalis ala New York, Amerika. Desain ini dapat memberikan atmosfer semangat pada ruang tamu.

Anda juga bisa menambahkan elemen dekorasi seperti cermin dan material kaca pada ruang tamu. Selain itu, pilihlah dominasi warna putih pada kursi tamu minimalis agar ruangan terasa lebih elegan dan luas.

10. Sofa Minimalis

Artboard 11.png
Pemilihan sofa untuk ruang tamu tidak bisa sembarangan, apalagi jika luas ruangan terbatas. Untuk itu, memilih sofa minimalis yang punya dudukan tebal dan empuk sangatlah tepat. Adanya sofa ini mampu membuat tamu menjadi betah berlama-lama di rumah Anda.

Tips Memilih Kursi Ruang Tamu Sempit

Tampilan interior memang penting untuk diperhatikan, tetapi pastikan Anda juga memilih kursi yang cocok dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, jangan sampai hanya terhanyut dengan desain kursi, tetapi melupakan lokasi penempatan kursi nantinya.

Simak cara memilih kursi untuk menyiasati ruang tamu sempit berikut ini agar Anda tidak salah pilih.

1. Menerapkan Konsep Minimalis

Artboard 12.png
Memiliki ruang tamu sempit, memang paling tepat menggunakan konsep minimalis. Anda dapat menerapkan konsep minimalis dengan pemilihan elemen interior yang tidak begitu ramai. Tentunya agar ruangan tetap terasa luas dan nyaman.

Selain sebagai tempat duduk, kursi juga berperan sebagai dekorasi ruangan dengan menilai bentuk dan variasi desain motifnya. Oleh karena itu, pilihlah kursi yang memang mendukung konsep minimalis tersebut.

2. Lakukan Pengukuran Sebelum Membeli

Artboard 13.png
Memiliki ruang tamu sempit mengharuskan Anda lebih berhati-hati dalam membeli furnitur. Khususnya kursi ruang tamu. Tak hanya sekedar memilih model ataupun bahan yang sesuai selera, tetapi ukuran kursi tamu juga harus disesuaikan dengan ruangan.

Untuk teknik pengukurannya, Anda dapat melakukan pengukuran dengan menghitung kotak keramik di lantai atau memakai meteran untuk mengetahui angka pastinya.

Umumnya, besar ukuran kursi pada ruang tamu kecil tidak boleh lebih dari 30 persen luas ruangan. Apalagi, jika terdapat sekat yang menggabungkan ruang tamu dengan ruangan lainnya.

3. Gunakan Warna-Warna Netral

Artboard 14.png
Penggunaan warna soft atau netral merupakan salah satu tips yang paling sering digunakan dalam mendesain ruang tamu sempit. Dengan pemilihan warna yang tepat, suasana rumah juga akan lebih positif.

Anda dapat menghadirkan warna-warna netral seperti krem, putih, abu, ataupun coklat terang pada kursi ruang tamu. Pemilihan warna ini akan membantu memantulkan cahaya dan memberikan tampilan ruangan yang luas.

4. Hindari Kursi Berbentuk Bulat

Artboard 15.png
Untuk model kursi ruang tamu sempit, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan kursi bulat ataupun melingkar. Mengapa demikian? Kursi bulat atau melingkar hanya akan memakan banyak tempat. Pastinya membuat ruangan terasa lebih sempit.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kursi memanjang yang berbentuk L pada sudut ruang tamu. Kemudian, Anda dapat menambahkan meja kecil pada bagian depannya.

5. Pilihlah Kerangka yang Kokoh

Artboard 16.png
Umumnya, terdapat dua jenis rangka, yaitu besi dan kayu. Untuk kekuatan penopang yang lebih tahan lama, sebaiknya menggunakan material kayu yang lebih kokoh.

6. Gunakanlah Kursi yang Multifungsi

Artboard 17.png
Layaknya rak, ternyata kursi juga bisa menjadi tempat penyimpanan, lho! Pertimbangkanlah membeli kursi yang multifungsi agar ruangan tidak sempit dengan terlalu banyak perabot. Selain itu, Anda juga dapat menghemat tempat dan anggaran.

7. Perhatikan Material Lapisan Kursi

Artboard 18.png
Selain memastikan ukuran kursi, Anda tetap perlu mempertimbangkan bahan lapisan pada kursi. Material pelapis dengan bahan berkualitas tentu akan membuat lebih terasa nyaman saat diduduki.

Kursi Ruang Tamu Terbaik untuk Area Sempit!

Setelah membaca berbagai rekomendasi serta tips dalam memilih kursi ruang tamu yang tepat, tentunya Anda tak perlu bingung lagi untuk memilih model kursi ruang tamu untuk ruang yang sempit. Anda dapat memilih model armchair, rotan, side chair, ataupun berbagai model lainnya yang dapat mempercantik ruang tamu Anda.

Memiliki ruang tamu dengan area terbatas namun tetap nyaman dan terlihat lega pastinya akan sangat menyenangkan untuk Anda dan keluarga, bukan? Oleh karena itu, pemilihan furnitur serta penataan desain juga harus diperhatikan. Mitraruma hadir sebagai penyedia Jasa Desain Rumah & Toko Bahan Bangunan untuk mewujudkan desain hunian favorit Anda!

Mitraruma berkolaborasi dengan tenaga profesional di bidangnya serta menggunakan bahan-bahan terbaik untuk membantu Anda mewujudkan hunian impian. Segera daftarkan diri Anda sekarang juga menjadi member dan jangan lewatkan berbagai macam Promo Bulanan Mitraruma yang menarik!

More content