no-script Ide Mini Bar Beserta Fungsi dan Tips Memilihnya | Mitraruma

Ide Mini Bar Beserta Fungsi dan Tips Memilihnya

Mini bar minimalis adalah salah satu konsep dan tren hunian yang kerap populer digunakan saat ini. Konsep yang sederhana, namun tetap menampilkan kesan elegan ini tentunya disukai banyak kalangan. Salah satu penerapan konsep minimalis pada rumah khususnya dapur, adalah dengan menghadirkan mini bar.

Mini bar pertama kali diperkenalkan pada tahun 1974 oleh Robert Arnold dari Hotel Hilton Hongkong. Pada bulan pertama pemasangan mini bar, penjualan minuman langsung meningkat 500% dan keuntungan hotel tahunan naik 5%. Wah, luar biasa sekali ya?

Jika pada awal kemunculannya mini bar biasa kita jumpai pada cafe atau restoran, kini tidak lagi. Mini bar bisa Anda hadirkan pada dapur untuk membuat dapur Anda terlihat semakin menarik dan eye-catching. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Mini Bar?

Artboard 2.png
Istilah mini bar erat kaitannya dengan kata “bar”, yaitu suatu area yang biasa dijumpai di sebuah kafe yang menyediakan aneka minuman. Kata “bar” berasal dari barrier yaitu sesuatu yang menghalangi atau membatasi antara bartender dengan tamu. Seiring berjalannya waktu, mini bar minimalis banyak dihadirkan pada rumah tinggal.

Mini bar sendiri merupakan suatu area di dalam rumah yang kerap kali dijadikan tempat menyediakan makanan ringan dan berbagai minuman. Pada umumnya, mini bar terdiri dari meja dan kursi tinggi dilengkapi dengan pencahayaan dan seringkali berada di dekat dapur atau pantry.

Fungsi Mini Bar

Artboard 3.png
Meskipun terkesan sederhana dan tidak penting, namun ternyata mini bar memiliki banyak fungsi lho. Nah, berikut ini beberapa fungsi dari mini bar:

  • Area untuk membuat menjamu tamu.
  • Menggantikan meja makan.
  • Spot untuk bersantai.
  • Lemari multifungsi untuk menyimpan peralatan makan.
  • Untuk menyimpan bahan masakan.
  • Dapat dijadikan pembatas antar ruangan.
  • Mempercantik ruangan.

Tips Memilih Mini Bar yang Tepat

Artboard 4.png
Sebelum mengaplikasikan mini bar minimalis untuk hunian Anda, ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut ini. Tentunya beberapa tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan mini bar yang tepat dan cocok dengan hunian Anda.

Hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah konsep ruangan yang akan Anda usung. Kehadiran mini bar tentunya akan sangat mempengaruhi konsep ruangan di rumah Anda tersebut. Untuk itu, jangan sampai Anda salah membeli mini bar yang dapat merusak konsep ruangan yang Anda inginkan.

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran mini bar. Ketinggian yang tepat untuk kursi bar tergantung pada ketinggian meja island atau meja dapur. Sebelum membeli, ukurlah dari lantai sampai bagian atas meja.

Idealnya, jarak atau ketinggian antara kursi bar dan permukaan atas meja berkisar 25 cm dan pastikan ada banyak jarak untuk kaki jika memiliki meja island yang tebal. Selain itu, lebar meja island harus berkisar 50-75 cm untuk setiap kursi, ditambah 12-15 cm per kursi untuk ruang lengan dan akses.

Kemudian, Anda juga harus cermat dalam memilih material untuk mini bar. Ada beberapa macam material yang biasa digunakan, seperti kayu, alumunium, beton, dan kaca.

Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan dari material tersebut mulai dari daya tahan, kenyamanan, kekuatan hingga perawatannya. Jadi, jangan sembarang memilih dan memasang mini bar tanpa tahu material apa yang dipakai ya!

Contoh Desain Mini Bar

1. Mini Bar Minimalis Sudut Ruangan

Artboard 5.png
Siapa sih yang tidak mengenal konsep desain yang satu ini? Tentunya kita semua sudah tak asing lagi dengan penggunaan istilah minimalis. Desain minimalis diidentikan dengan pemaksimalan fungsi suatu ruangan.

Jika Anda memiliki area dapur yang terbatas, Anda bisa meletakkan meja bar menghadap dinding yang bagian atasnya dijadikan tempat rak melayang. Anda jadi tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuat lekukan meja letter I yang akan memakan tempat.

2. Mini Bar Skandinavia

Artboard 6.png
Desain yang satu ini bisa dibilang sedang populer. Hal itu tidak lain karena pesonanya yang simpel dan modern. Gaya skandinavia juga dapat menciptakan lingkungan rumah yang lebih terang serta tampak terlihat ringan dan praktis.

Anda bisa menggunakan desain ini untuk mini bar minimalis di rumah dengan material papan kayu tanpa finishing untuk mempertahankan teksturnya agar lebih menciptakan kesan natural.

3. Mini Bar Industrial

Artboard 7.png
Industrial look semakin banyak dilirik akhir-akhir ini. Padahal kehadirannya sudah cukup lama. Desain yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan kesan maskulin pada ruangan.

Kemudian, Anda juga bisa menghadirkan dekorasi lampu gantung bergaya industrial yang terbuat dari kumpulan garis di atas meja agar ruang tetap terasa lega sembari menambah suasana hangat di mini bar ini.

Penggunaan besi hollow banyak digunakan sebagai kerangka dan berbagai dekorasi dari bahan logam. Nah untuk membuat kesan industrial semakin kental, gunakanlah warna-warna gelap yang mendominasi dan bisa juga dipadukan dengan warna netral.

Warna gelap yang digunakan tentu akan menonjolkan sisi maskulin desain mini bar industrial. Elemen kayu yang dipadukan juga akan menambahkan kesan elegan serta membuat dapur terlihat rapi dan stylish.

4. Mini Bar sekaligus Kitchen Island

Artboard 8.png
Memadukan kitchen island dengan mini bar bukanlah pilihan yang buruk, justru ide bagus. Mengapa demikian? Dengan memadukan mini bar dengan kitchen island tentu akan menghemat ruang juga budget yang perlu Anda keluarkan.

Meja mini bar dapat Anda sambungkan dengan island yang berada di tengah dapur. Dengan demikian, meja ini juga dapat digunakan sebagai area makan bagi yang menyukai nuansa kasual. Dengan cara ini Anda dapat memisahkan antara area memasak makanan dengan dining table.

5. Mini Bar Semi Outdoor

Artboard 9.png
Adakah lahan kosong di rumah Anda yang masih tersisa? Jika ya, Anda bisa memanfaatkannya sebagai area mini bar semi outdoor.

Mini bar minimalis yang satu ini membuat Anda bisa menikmati hidangan sambil memandangi suasana luar ruangan. Anda bisa menambahkan sedikit dekorasi ruangan. Misalnya saja tanaman hias atau lampu gantung yang akan membuat mini bar semakin hidup.

6. Mini Bar Marmer

Artboard 10.png
Penggunaan marmer sebagai meja mini bar di dapur Anda dapat membuat mini bar terlihat elegan dan mewah. Gunakan kursi bar berwarna senada yang dapat membuat mini bar Anda semakin menarik. Tambahkan juga kabinet terbuka untuk menyimpan koleksi minuman dan gelas.

7. Mini Bar Art Deco

Artboard 11.png
Meskipun art deco merupakan gaya lama, namun masih selalu menjadi pilihan tepat bila Anda menginginkan suatu desain yang elegan. Desainnya pun cukup simpel. Anda hanya perlu bermain dengan banyak warna untuk model yang satu ini.

Anda bisa mengaplikasikan gaya art deco pada furniture. Mulai dari kursi, meja bar, kabinet dapur, hingga keran air. Dengan begitu mini bar Anda akan terlihat lebih colourful dan unik.

8. Mini Bar ala Farmhouse

Artboard 12.png
Desain mini bar minimalis yang satu ini akan menciptakan suasana ruangan yang hangat. Jangan gunakan warna-warna yang terlalu mencolok. Anda bisa menghadirkan meja dan kursi berwarna putih dengan ukiran ala rumah pedesaan.

9. Mini Bar dengan Nuansa Putih Bersih

Artboard 13.png
Warna putih memang masih menjadi andalan. Terutama jika ingin menghadirkan kesan ruangan yang minimalis dan luas. Anda bisa menghadirkan mini bar dengan dominasi warna putih bersih untuk menciptakan kesan natural.

10. Mini Bar dengan Warna Pastel yang Kekinian

Artboard 14.png
Secara umum warna pastel adalah skema palet muda, polos, cerah, namun tetap lembut saat dipandang mata. Palet warna pastel belakangan ini sangatlah populer. Tak hanya untuk fashion, namun juga interior ruangan.

Tampilan warna-warna pastel seperti putih, cream, pink, biru muda atau hijau tosca membuat tampilan bar cantik dan girly. Anda bisa menambahkan ornamen pada meja bar minimalis seperti vas bunga atau tanaman hias di sudut dapur.

11. Mini Bar Vintage

Artboard 15.png
Tertarik dengan konsep usang atau kuno? Gunakanlah model mini bar yang satu ini! Mini bar dengan model vintage akan membuat Anda terbawa pada suasana masa lalu. Selain unik, model mini bar yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto di dalam rumah lho. Anda pasti sudah tak sabar lagi untuk mengaplikasikannya, kan?

12. Mini Bar Modern

Artboard 16.png
Gaya modern dapat diciptakan melalui penggunaan material-material seperti besi, aluminium, dan plastik. Gunakanlah warna silver dan hitam. Lalu untuk menambah kesan modernity, Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu gantung dan juga perlengkapan dapur berwarna senada.

Tertarik untuk Menghadirkan Mini Bar Minimalis Pada Hunian Anda?

Mini Bar Minimalis tentu membuat rumah Anda terlihat lebih manis dan elegan. Namun, perlu diperhatikan untuk tetap menyesuaikannya dengan bentuk dan warna ruangan. Sebelum menempatkannya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu bersama tim Mitraruma untuk memastikan Anda menempatkan mini bar pada posisi yang tepat. Maksimalkan budget renovasi Anda dengan menggunakan Jasa Renovasi Bangunan & Toko Bangunan terpercaya dari Mitraruma.

Temukan berbagai promo bulanan menarik lainnya bersama Mitraruma. Ubah hunian Anda menjadi lebih apik agar suasana rumah senantiasa hangat dan nyaman. Tunggu apa lagi? Cek Promo Bulanan Mitraruma sekarang!

More content