no-script Mengenal Ukuran Batako dan Jenis-jenisnya | Mitraruma
Mitraruma

Mengenal Ukuran Batako dan Jenis-jenisnya

ukuran-batako

Anda mungkin tahu, jika membangun rumah impian salah satu bahan yang perlu diperhatikan adalah batako. Namun, apakah Anda sudah tahu bahwa ternyata ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis dan ukuran batako yang akan digunakan dalam membangun rumah impian, lho.

Hal pertama yang perlu dipahami, bahan bangunan penyusun dinding yang satu ini terbuat dari beberapa bahan campuran diantaranya semen, air, kricak, dan pasir yang sudah melewati proses pembuatan.

Prosesnya sendiri berupa bahan penyusun batako yang dicampur jadi satu kemudian melewati proses pemadatan. Pada proses inilah batako akan dibentuk menjadi banyak balok dengan berbagai ukuran.

Untuk bisa menentukan pilihan tentang batako seperti apa yang anda butuhkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami tentang jenis dan ukuran batako.

Ukuran Batako dan Jenis-jenisnya

jenis-ukuran-batako

Agar lebih mengenal jenis dan ukuran batako sebelum memakainya sebagai bahan penyusun dinding rumah Anda, tak ada salahnya memahami lebih jauh tentang jenis-jenis dan ukuran batako yang sering dijumpai di pasaran.

Dari bahan penyusunnya, terdapat jenis batako tras, batako beton, dan batako semen. Untuk lebih lengkapnya, cobalah simak ulasan berikut ini agar Anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut tentang batako.

1. Batako Semen

Batako semen dibuat dari campuran antara pasir dan semen. Adapun perbandingan campuran standarnya yang biasa dipakai adalah 12 bagian pasir dibanding 1 bagian semen. Meskipun begitu, perbandingan ini tidak jadi ukuran mutlak. Karena pada beberapa proses yang lain, terdapat pula yang membuat batako semen dengan perbandingan 10:1, 8:1, ataupun 7:1. Perbandingan campuran ini tergantung pada kualitas bahan dan pasirnya.

Dari kedua campuran tersebut diaduk hingga siap cetak, kemudian dikeringkan dahulu sebelum digunakan. Pencetakan batako bisa menggunakan beberapa metode. Ada yang menggunakan alat cetak atau pres manual, ada juga yang memakai mesin pres batako. Karenanya, batako semen juga bisa disebut batako pres, begitu pula dengan ukuran batakonya.

Batako semen atau batako pres ini tersedia dalam beberapa jenis. Supaya mudah mengenalinya, Anda bisa membedakan dari wujudnya. Ada batako semen dengan bagian berlubang atau hollow block di tengah batako. Selain itu, terdapat juga batako dengan bentuk pejal atau solid block.

Perlu diperhatikan, pada batako semen, terdapat lubang yang sengaja dibuat untuk mengikat mortar saat batako disusun sebagai dinding. Fungsi lainnya juga sebagai isolator udara sehingga dapat menahan udara luar dan menjaga kestabilan udara di dalam bangunan. Jumlah lubang pada batako semen biasanya ada yang dibuat dengan dua lubang dan tiga lubang.

Supaya memperoleh batako dengan kualitas terbaik, maka pelu memahami tingkatan mutu atau kualitas batako semen agar tak keliru saat memilih. Setidaknya ada empat tipe tingkatan kualitas yang penting diketahui. Batako semen dengan kualitas tingkat satu dapat digunakan untuk bangunan di luar yang tidak terlindungi atap.

Kemudian batako kualitas tingkat dua untuk dinding luar. Selanjutnya untuk penyekat di dalam ruangan, Anda bisa memilih dengan kualitas tingkat tiga. Untuk batako kualitas empat punya kemiripan dengan batako kualitas tingkat tiga, hanya saja tidak dianjurkan untuk penyangga beban struktur bangunan.

2. Batako Putih/Trass

Berbeda dengan jenis batako semen, benda ini terbuat dari campuran air, trass dan kapur. Trass sendiri merupakan jenis tanah berwarna putih yang berasal dari batu gunung merapi yang telah lapuk. Karena itulah, batako ini disebut juga dengan bata putih atau batu cetak kapur trass.

Untuk proses pembuatan batako trass, terdapat sedikit perbedaan dari jenis batako lainnya, yaitu dengan cara dibakar hingga mengeras. Dan untuk ukuran batakonya, sama seperti ukuran batako normal pada umumnya. Untuk satu batako trass yang biasanya dijual di pasaran, biasanya dicetak dengan ukuran tinggi 14-18 cm, dengan panjang 20-30 cm dan tebal 8-10 cm.

Karena ukurannya lebih besar dari batu bata, dalam penggunaannya batako tras lebih mudah dipasang. Dan tidak perlu memakan waktu dan tenaga yang banyak karena satu batako tras bisa mencakup jangkauan wilayah yang lebih besar. Bahkan untuk ukuran per meter persegi, hanya membutuhkan 25 balok untuk dipasang.

Akan tetapi, pada proses pemasangan harus sedikit lebih hati-hati, karena batako jenis ini lebih rapuh dibandingkan batako semen. Selain itu, komponen-komponennya mudah terlepas, terlebih jika dipasangnya dalam kondisi basah, potensi retaknya lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

batako-semen.webp

Sekalipun batako sering dijumpai dan banyak informasi mengenai bahan bangunan yang satu ini, penting sekali menganalisis kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan pada jenis dan ukuran sebuah batako.

Kelebihan Batako

Agar bisa mempertimbangkan pilihan dalam penggunaan batako, Anda tentu perlu mengetahui apa saja yang menjadi kelebihannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari batako, antara lain:

  • Ukurannya lebih besar dibanding bata merah, jadi Anda akan membutuhkan lebih sedikit batako dan material perekat saat pembangunan. Hal ini karena ukuran batako yang lebih besar.

  • Dari berbagai macam batako, ukurannya cenderung sama dan cetakannya lebih rapi dibandingkan bata merah.

  • Ukurannya yang lebih besar juga jadi salah satu faktor yang dapat menghemat waktu dan tenaga saat pembangunan bahkan biaya pemasangan juga jadi lebih efisien.

  • Lebih mudah saat dipasang karena tak perlu direndam terlebih dahulu sebelum dipasang, sebagaimana penggunaan bata merah.

  • Lebih mudah dipotong dengan rapi, jika mengharuskan terdapat beberapa sisi bangunan yang membutuhkan batako dengan ukuran yang lebih kecil.

  • Kedap air sehingga meminimalisir perembesan air hujan di musim penghujan.

  • Lebih ringan dibandingkan bata merah, hal ini karena ada rongga di bagian tengahnya.

Kekurangan Batako

Karena setiap pilihan ada baik dan buruk, maka pemilihan pada batako sebagai bahan bangunan pun sama. Terdapat beberapa hal yang mungkin menjadi kekurangan batako yang juga perlu dipahami, antara lain:

  • Mudah retak baik saat pengiriman maupun saat pemasangan. Untuk itu, diperlukan ekstra hati-hati dalam proses penggunaan dan pemasangan.

  • Mudah dilubangi dan pecah lantaran terdapat rongga di bagian tengahnya, ini juga bisa jadi sumber retak pada bangunan ketika batakonya sudah terpasang.

  • Tingkat peredaman suara kurang, jadi jika ingin memakai diperlukan memasang peredam lagi pada dinding bangunan untuk menghindari suara bising dari luar.

Salah satu tempat pembelian yang dijamin dapat memahami kebutuhan Anda adalah Mitraruma. Selain sebagai platform jasa renovasi rumah, Mitraruma juga siap membantu Anda memilih dan menentukan jenis dan ukuran batako seperti apa yang pas untuk digunakan dalam membangun rumah impian Anda!

More content