no-script Mengenal Roster serta Fungsinya Yuk! | Mitraruma
Mitraruma

Mengenal Roster serta Fungsinya Yuk!

roster-adalah.webp

Pernahkah Anda mengamati bahwa banyak bangunan modern menggunakan roster dalam mempercantik dan meningkatkan fungsi bangunan? Tidak bisa dipungkiri, roster kini banyak menghiasi bangunan-bangunan modern seperti cafe/resto, apartemen, hingga gedung perkantoran.

Sadar atau tidak, roster ternyata memang banyak diminati sebagai unsur pendukung estetika dan memaksimalkan cahaya serta udara pada bangunan. Seiring dengan popularitasnya yang kembali meningkat akhir-akhir ini, roster tak hanya digunakan pada bangunan tertentu saja. Kini, roster juga mulai banyak digunakan untuk rumah, terutama untuk rumah dengan konsep desain kontemporer.

Apa itu Roster dan Apa Fungsinya?

Pada dasarnya, roster adalah inovasi lubang angin/ventilasi yang terbuat dari beton, batako, GRC, ataupun batu alam. Secara umum, roster juga dikenal sebagai ventilation block atau breeze block memiliki fungsi utama roster adalah sebagai pemasok udara dan pencahayaan bagi suatu ruangan/ bangunan.

Adanya roster yang memiliki bentuk berongga tentunya akan membuat sirkulasi udara menjadi lancar. Jadi, hembusan angin yang masuk ke rumah akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk yang cocok untuk bangunan pada wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Selain memperlancar sirkulasi udara, penggunaan roster juga akan membuat cahaya matahari lebih leluasa menerangi ruangan. Cahaya yang cukup akan menghindarkan ruangan dari kelembaban berlebih. Sebab, memiliki dinding bangunan lembab dapat mengundang jamur dan juga berpotensi menjadi sarang penyakit.

Fungsi selanjutnya dari roster adalah dapat membuat rumah Anda menjadi lebih ramah terhadap lingkungan. Bagaimana bisa? Hal ini disebabkan oleh penggunaan sumber daya alami yang dihasilkan berkat penggunaan roster. Sumber daya alami seperti cahaya, udara, serta angin tentu dapat meminimalisasi penggunaan listrik dan perangkat elektronik lainnya. Selain itu, bangunan Anda pun dapat lebih hemat energi yang mana akan mendukung kelestarian lingkungan yang lebih asri.

Manfaatkan Roster sebagai Partisi untuk Mempercantik Rumah

contoh-roster.webp

Umumnya, memang roster relatif lebih mudah dipasang seperti dinding. Aplikasinya yang mudah membuat roster dapat digunakan untuk bangunan kantor, tempat ibadah, rumah tinggal, maupun taman.

Roster juga terdiri dari banyak variasi. Mulai dari bahan material, ukuran hingga desain, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan yang Anda impikan, termasuk rumah. Banyaknya pilihan variasi roster inilah yang membuat roster juga cocok untuk digunakan sebagai partisi dalam rangka mempercantik berbagai bagian dari rumah Anda.

Roster yang multifungsi ini dapat memberikan sentuhan keunikan tersendiri bagi rumah Anda. Berikut ini deretan ide desain menggunakan roster sebagai partisi ruangan yang dapat Anda terapkan untuk membangun hunian idaman, yaitu:

1. Roster untuk eksterior

Roster bisa ditransformasikan menjadi eksterior fasad bangunan yang modern dan elegan. Hal ini menjadikan roster sebagai pemisah antara sisi luar rumah dengan rumah bagian dalam yang dapat dianggap lebih private.

Anda bisa gunakan roster beton yang kuat atau roster berbahan batako dengan warna keabuan yang cocok untuk desain bergaya industrial dengan tampilan unfinished. Penyusunan desain roster yang tepat dapat membuat rumah Anda tampak lebih sophisticated.

2. Roster untuk dinding pagar

Bosan dengan pagar besi yang mengelilingi rumah? Anda bisa kombinasikan tembok roster dengan pintu pagar besi. Rumah Anda akan terlihat makin stylish dan estetik. Anda bisa pilih roster yang terbuat dari tanah liat. Warna cokelat kemerahan alaminya akan memberi sentuhan earth tone yang hangat dan eksotis.

3. Roster sebagai pembatas dalam rumah

Butuh penyekat ruangan? Roster juga dapat diaplikasikan sebagai partisi antar ruangan. Partisi roster ini dapat digunakan untuk memisahkan ruangan sekaligus mempercantiknya.

Anda bisa membuat partisi dari roster berbahan kayu atau keramik. Nantinya, partisi ini dapat ditempatkan di antara dapur dan ruang makan, atau bisa juga untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga.

4. Roster sebagai jendela

Jendela tak harus selalu berbingkai kayu dan menggunakan kaca. Jendela roster dapat menjadi ide segar untuk rumah Anda, lho.
Gunakan roster untuk membentuk jendela kecil atau buat full-sized jendela yang seukuran dinding yang akan memberikan proyeksi cahaya alami dari sinar matahari dan bayangan indah pada ruangan Anda.

5, Roster di sisi tangga

Beri kesan retro pada area tangga dengan menggunakan roster pada dinding di sisi tangga. Selain timbulnya nuansa klasik, area tangga juga jadi akan terasa lebih luas, desainnya pun tak lekang oleh waktu. Rasakan sensasi dramatis menaiki dan menuruni tangga di bawah bayangan dengan hembusan angin sepoi-sepoi menerpa Anda.

Nah, itu tadi sejumlah ide mengenai roster dan penggunaannya sebagai partisi ruangan untuk dukung estetika rumah. Semoga Anda bisa terinspirasi untuk mendesain rumah dengan roster. Tertarik menggunakan roster untuk renovasi rumah Anda dan siap berbelanja? Dapatkan inspirasi bahan bangunan lainnya dan gunakan jasa renovasi rumah dari Mitraruma untuk bangun rumah impian Anda!

More content