no-script Mengenal Rumah Mezzanine dan Tips Membuatnya | Mitraruma
Mitraruma

Mengenal Rumah Mezzanine dan Tips Membuatnya

mezzanine-adalah.webp

Dewasa ini, memiliki sebuah hunian merupakan sebuah tujuan tersendiri bagi tiap individu. Namun, karena terbatasnya lahan, banyak orang yang membuat hunian mereka menjadi sebuah hunian kecil yang minimalis namun compact. Rumah dengan ukuran kecil bukan menjadi penghambat Anda untuk tidak memiliki banyak ruang yang fungsional. Mezzanine adalah solusi ruangan tambahan yang berguna untuk apa saja dan bisa dibangun tanpa harus menambah lantai rumah.

Apa Itu Mezzanine?

Secara bahasa, mezzanine berasal dari bahasa Italia yakni “Mezzo” yang berarti bagian tengah. Hal ini dikarenakan merujuk kepada sisi tambahan pada bagian ruangan dalam hunian yang berada di antara lantai dasar dan plafon atap bangunan. Dengan kata lain, Mezzanine adalah bagian yang berbentuk seperti balkon tetapi letaknya berada dalam ruangan.

Banyak orang mengira mezzanine merupakan bagian dari langit-langit sebuah bangunan. Sebenarnya, mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan. Dalam arsitektur Perancis, mezzanine juga berarti ruangan yang dibuat dengan partisi, namun tidak naik sampai ke langit-langit

Bagi hunian rumah sendiri, mezzanine memiliki fungsi sebagai ruang tambahan yakni dapat digunakan sebagai ruang bekerja, ruang menonton, dan ada juga yang menggunakan mezzanine sebagai kamar tidur cadangan.

Tips Membuat Mezzanine di Dalam Rumah

fungsi-mezzanine adalah.webp

Dalam membangun sebuah rumah yang memiliki lantai mezzanine, Anda perlu memperhatikan beberapa tips yang dapat berguna untuk membuat lantai mezzanine dalam rumah. Berikut tips yang dapat Anda simak untuk membuat mezzanine di dalam rumah.

1. Perhatikan Tinggi dan Luas Bangunan

Saat menentukan ruangan yang akan digunakan, perhatikan tinggi dan luas ideal yang Anda butuhkan untuk rumah mezzanine. Posisi lantai mezzanine haruslah berada di tengah antara langit-langit plafon dan lantai dasar. Penting untuk mengecek apakah kepala anda terbentur atau tidak saat berada di ruang tersebut.menurut pakar impressive design interior, tinggi minimal rumah mezzanine adalah 440 cm.

Area luas ruangan mezzanine pun harus dibuat sepertiga dari total ruangan utama. Ini dilakukan agar ruangan mezzanine tidak panas dan sirkulasi udara bekerja normal. Anda bisa melakukan penentuan ukuran tersebut dengan ahlinya.

2 Sesuaikan Fungsi Ruang Mezzanine

Rumah mezzanine memiliki konsep semi terbuka di mana terdapat ruangan yang tidak tertutup. Oleh karenanya, Anda harus memastikan penggunaan ruang mezzanine membuat Anda selalu nyaman.

Anda juga bisa mengatur furniture yang selaras dengan desain ruang mezzanine. Jika ingin membuat ruang bermain anak, pastikan ruangan tersebut aman dan memiliki pembatas yang sesuai.

3. Atur Cahaya dan Sirkulasi Udara

Meski berada di lantai yang sama, ruang mezzanine di area atas pun harus mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang optimal. Gunakan jendela atau ventilasi udara yang sesuai. Jika tak ingin menggunakan udara luar, pasanglah kipas angin di sudut ruangan.

Dalam hal pencahayaan, ruang mezzanine membutuhkan cahaya yang disesuaikan menurut fungsi ruangan. Jika difungsikan sebagai ruang belajar, tentu membutuhkan cahaya yang seimbang agar mendapat kenyamanan belajar. Anda juga bisa menggunakan lampu belajar khusus. Namun, perlu diingat bahwa cahaya alami dari sinar matahari pun tetap diperlukan pada siang hari.

4. Merencanakan Desain dan Denah Mezzanine

Ketika membuat sebuah ruangan baru, tentu harus direncanakan dengan baik mulai dari desain yang diinginkan, gaya interior, furnitur yang dibutuhkan, hingga material yang digunakan. Meski berupa lantai tambahan, Anda tidak boleh menyepelekan material yang digunakan.

Pilihlah material yang dapat menyatu dengan bangunan utama seperti beton ringan, baja ringan, maupun kayu. Sementara itu, bagian pembatas bisa menggunakan kaca, kayu ulin atau jati, maupun railing. Tentunya pilihan tersebut disesuaikan dengan desain yang Anda inginkan.

Merencanakan desain rumah mezzanine sama halnya dengan merencanakan investasi rumah idaman Anda, ada baiknya memilih yang tentu berkualitas secara fisik dan lingkungan. Pasalnya, hunian bukan hanya tentang tempat tinggal saja, tapi juga menemukan kenyamanan baik dalam keluarga maupun lingkungan.

5. Pilih Tangga Sesuai Fungsi dan Interior

Mendesain rumah mezzanine modern pun harus tetap melihat sisi fungsionalnya. Dalam pembuatan tangga menuju lantai mezzanine, perlu dipertimbangkan apakah cukup aman untuk keluarga anda atau tidak. Anda harus memilih material tangga seperti apa yang akan digunakan supaya aman dan nyaman bagi semua anggota keluarga.

Namun, jangan lupa memperhatikan kondisi interior di rumah mezzanine anda. Apakah ia bergaya soft dengan dekorasi senada atau mungkin memiliki sentuhan warna dinamis dengan memperlihatkan berbagai tambahan dekorasi ruangan.

Contoh Penggunaan Mezzanine Dalam Bangunan

Tujuan utama mezzanine adalah untuk menambah ruang di area yang terbatas. Agar tetap terlihat serasi dengan tampilan rumah, Anda bisa mengintip beberapa contoh desain mezzanine berikut.

1. Ruang Kantor Mezzanine

Sejak dulu, mezzanine adalah lahan yang populer untuk dijadikan ruang kantor pribadi dalam rumah. Anda bisa menaruh segala peralatan elektronik dan meja kerja pada lantai mezzanine seperti layaknya ruangan kantor Anda sendiri.

2. Lemari Mezzanine

Dalam hunian apartemen, konsep mezzanine kerap sekali diterapkan untuk memanfaatkan fungsi ruang. Salah satu fungsi pemanfaatan ruang mezzanine adalah sebagai lemari pakaian

3. Ruang Bermain

Mezzanine juga bisa dialihkan menjadi tempat bermain anak. Anda bisa menaruh koleksi hobi dan bermain bersama anak pada tempat ini. Dengan aksesnya yang bisa terlihat dari lantai dasar, anak akan tetap terpantau dengan baik. Namun pastikan pembatas mezzanine terbuat dari rangka yang kokoh untuk menghindari kecelakaan pada anak.

4 .Kamar Mezzanine

Selain kantor maupun ruang bermain anak, mezzanine adalah lahan yang cukup untuk dimanfaatkan sebagai kamar tambahan. Sesuaikan besar dan luas mezzanine agar cukup menampung kasur tempat Anda beristirahat.

Jadi, itulah serba-serbi mengenai mezzanine yang perlu Anda perhatikan apabila ingin membuat ruangan mezzanine di dalam rumah. Selain beberapa tips di atas, pastikan Anda membuat mezzanine tetap seminimalis mungkin. Hal ini dikarenakan untuk tetap menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tetap baik.

Untuk mempermudah Anda, jangan lupa untuk menggunakan jasa renovasi rumah dan produk bahan bangunan dari Mitraruma. Yuk, bangun ruangan mezzanine impian Anda bersama Mitraruma sekarang!

More content