no-script Mengenal Apa itu Kayu Gaharu dan 5 Kelebihannya | Mitraruma
Mitraruma

Mengenal Apa itu Kayu Gaharu dan 5 Kelebihannya

meja-kayu-gaharu

Penggunaan material kayu pada rumah sudah menjadi hal yang populer untuk furnitur ataupun bagian rumah lainnya. Namun, tahukan Anda terdapat kayu asli dari Indonesia yang memiliki harga sangat mahal dibandingkan kayu lain. Bahkan pada tahun 2015 lalu, kayu ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 650.000 sampai Rp 400 juta, lho! Ya, kayu tersebut adalah kayu gaharu, diambil dari pohon gaharu yang merupakan jenis pohon yang langka. Oleh karena itu pohon ini memiliki memegang gelar sebagai kayu termahal di dunia.

Fakta yang perlu Anda ketahui, kayu gaharu merupakan kayu yang berasal dari pohon aquila malaccensis yang tumbuh di daerah hutan Asia Tenggara. Pohon ini menghasilkan getah wangi yang khas, getah ini terbentuk dari hasil proses infeksi jamur atau fungi yang dapat terjadi secara alami maupun buatan.

Getah wangi tersebut sudah biasa dimanfaatkan oleh industri parfum untuk diambil karena memiliki bau harum yang terkesan manis. Tidak hanya bermanfaat pada industri wewangian, kayu ini juga merupakan material yang pas untuk mendekorasi rumah. Dipakai untuk membuat furnitur, eksterior, bahkan pondasi rumah sekalipun.

5 Kelebihan dari Kayu Gaharu

kayu-gaharu

Selain memiliki nilai yang tinggi secara ekonomi, khususnya pada jenis gaharu beringin, kayu gaharu memang memiliki segudang manfaat. Untuk itu, berikut ini adalah fakta menarik dan kelebihan-kelebihan dari kayu ini yang perlu Anda tahu.

1. Kokoh dan Solid

Getah yang khas dari pohon gaharu menjadi faktor utama material kayu gaharu yang tampak kuat dan berat. Jika getah yang tertampung dalam batang kayu semakin banyak, maka bobot kayu ini pun semakin berat, dan teksturnya menjadi keras. Oleh karena itu, menjadikan kayu ini memiliki kualitas yang tinggi.

Kelebihan inilah yang membuat kayu ini banyak dipakai sebagai bahan bahkan dijadikan pondasi bangunan. Maka, jika Anda sedang mencari kayu yang pas untuk dijadikan tambahan pondasi, kayu gaharu jadi salah satu jenis kayu yang layak dipertimbangkan.

2. Punya Serat yang Unik

Tidak hanya memiliki getah yang khas, serat kayu pada pohon gaharu pun terbilang unik karena memiliki motif yang berbeda dengan kayu-kayu lainnya. Dengan tampilan serat yang khas tersebut, kayu ini memberikan tampilan yang elegan dan mewah ketika dipakai sebagai bahan dasar pembuatan furnitur. Dengan begitu, jenis-jenis furnitur berbahan dasar kayu gaharu pun layak dijadikan pilihan untuk Anda para pecinta furnitur kayu dengan serat yang unik dan menarik!

3. Pilihan Tepat untuk Material Furnitur

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jenis kayu ini memang sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar furnitur. Hal ini didukung pula dengan kelebihan yang kokoh dan tampilan yang mewah. Selain itu, kayu ini dapat menjadi material perabotan yang berkualitas, karena memiliki ketahanan yang baik, dan tidak termakan oleh rayap.

Cocok pula untuk penggunaan pada kusen pintu, kursi, ataupun pondasi rumah kualitas kayu yang tahan lama dan awet. Jadi, jika Anda mencari bahan kayu yang tahan lama untuk sebuah furnitur maupun interior lain di dalam rumah, kayu gaharu bisa jadi solusinya.

4. Punya Aroma Wangi yang Khas

Jika Anda perhatikan, kayu gaharu mengeluarkan aroma harum yang unik dan khas, yang berasal dari zat mikroba khusus pada getahnya. Aroma yang ditimbulkan oleh jenis kayu ini pun berbeda dengan aroma kayu jenis lainnya.

Karena memiliki wangi eksotis, kayu gaharu pun dapat diolah menjadi parfum dan aromaterapi. Uniknya, wangi dari kayu ini kurang disukai oleh binatang, sehingga kayu ini cocok untuk mencegah serangga ataupun hama lainnya yang dapat menggerogoti kayu. Jadi, selain dijadikan sebagai furnitur, kayu ini bisa mengeluarkan aroma wangi yang bisa memberi kesan nyaman di dalam ruangan.

5. Tahan dari Segala Cuaca

Dengan harga yang tidak murah dan kesediaannya yang langka, kayu gaharu tentu memberikan kualitas yang sebanding. Salah satunya yaitu ketahanan dari pada perubahan cuaca yang tidak menentu. Kayu ini cenderung tidak cepat lapuk, sehingga barang yang dibuat dari kayu ini cenderung tahan lama dan kokoh. Bahkan, jika ditempatkan sebagai bahan bangunan, yang mungkin akan terkena panas dan hujan, kayu ini tetap bisa bertahan dalam durasi waktu yang cukup lama.

Jadi, Anda tak perlu merasa khawatir jika kayu gaharu yang dipakai sebagai bahan bangunan, tiang penyangga, atau mungkin dijadikan bahan dasar furnitur di rumah Anda. Walau harus membayar mahal di awal, rasanya hal itu akan sesuai dengan manfaat dan kemampuan yang dimiliki kayu gaharu ini.

Itulah beberapa manfaat dari salah satu kayu asal Indonesia. Tak heran jika kayu dari pohon ini populer hingga ke mancanegara dan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kayu pada umumnya. Selain kayu gaharu, apabila Anda tertarik untuk mempercantik dekorasi rumah Anda dengan berbagai furnitur, pastikan untuk berbelanja di Mitraruma. Tak hanya itu saja, Mitraruma juga menyediakan jasa renovasi dan home decor rumah untuk mewujudkan rumah impian Anda.

More content