no-script Macam-Macam Kursi Santai untuk Melepas Lelah | Mitraruma
Mitraruma

Macam-Macam Kursi Santai untuk Melepas Lelah

Artboard 1.png
Macam-macam kursi santai begitu banyak jenisnya, mulai dari kursi dengan desain yang minimalis hingga kursi dengan desain yang mewah. Kursi santai merupakan salah satu furnitur pendukung yang dapat membuat waktu bersantai Anda menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, saat ini juga telah tersedia begitu banyak kursi santai dengan berbagai fitur tambahan yang menarik, lho.

Data dari NorthShore University Health System menunjukkan bahwa aktivitas bersantai dapat membantu mengurangi banyak masalah kesehatan kronis serta memulihkan energi serta mendorong perasaan diri yang lebih positif.

Berdasarkan data yang dirilis oleh salah satu agen perjalanan asal Inggris, Lastminute.com Indonesia dinobatkan sebagai salah satu negara yang paling santai di dunia. Jika dilihat dari sisi kesehatan, ini tentu saja merupakan hal baik. Sebab bersantai memang punya banyak manfaat kesehatan (fisik maupun mental).

Berdasarkan beberapa fakta tersebut keberadaan kursi santai di rumah merupakan pilihan serta ide yang bagus! Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kegiatan bersantai menjadi lebih nyaman, bukan? Simak info mengenai macam-macam kursi santai beserta dengan berbagai manfaatnya!

Manfaat dan Fungsi Kursi Santai

1. Bersantai

Artboard 2.png
Bersantai bersama keluarga tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Keluarga juga butuh merawat kebersamaan melalui kesempatan yang fun dan casual. Seperti misalnya berbincang santai bersama di ‘ruang publik’ milik keluarga.

Dengan adanya ruang yang ditata senyaman mungkin, anak akan merasa nyaman cerita dan curhat tentang keseharian, begitu juga orangtua, siap mendengar pendapat anak dan memelihara quality time keluarga.

Alangkah baiknya kursi santai terbuat dari bahan yang kuat dan sebisa mungkin berkesan alami. Contohnya bambu atau rotan. Penampilan unsur kayu akan menguatkan unsur alami yang membuat nyaman anggota keluarga. Di luar itu, Anda bisa saja memilih kursi santai dengan material besi, dengan desain yang keren.

2. Menyambut Tamu

Artboard 3.png
Manfaat dan fungsi kursi santai selanjutnya adalah untuk menyambut kedatangan tamu. Hal ini sangat membantu kalau ternyata tamu yang datang menolak untuk masuk ke dalam ruang tamu karena hanya sebentar saja.

3. Mempercantik Rumah

Artboard 4.png
Macam-macam kursi santai dengan berbagai desain dan material tersedia di pasaran. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan, apakah satu set kursi santai tersebut akan menambah keserasian dengan unsur-unsur dekoratif lainnya.

List Inspirasi Macam-Macam Kursi Santai Pilihan

1. Kursi Santai Rotan

Artboard 5.png
Kesan tradisional yang dimiliki kursi rotan mampu membangkitkan kenangan indah Anda dan keluarga. Menghabiskan waktu bersantai sambil ditemani oleh kursi rotan adalah pilihan yang tepat untuk menghadirkan kembali suasana hangat.

Anda juga bisa menambahkan bantal dekorasi sebagai sandaran, lho. Selain membuat leher tidak mudah pegal ketika duduk, bantal dekorasi pada kursi santai bisa dipakai untuk Anda tiduran.

2. Bean Bag

Artboard 6.png
Kursi santai yang satu ini belakangan memang tengah menjadi tren. Bean bag adalah sofa yang menyerupai bantalan besar berisi styrofoam yang nyaman banget diduduki.

Bean bag yang empuk untuk diduduki tentu saja sangat sesuai untuk ditempatkan di ruang keluarga dan menemani Anda bersantai. Mulai dari motif polos hingga corak-corak kekinian pun bisa Anda pilih sesuai selera.

3. Kursi Santai Lipat

Artboard 7.png
Jika Anda memiliki hunian dengan area yang terbatas, pertimbangkanlah kursi santai yang satu ini. Desainnya yang bisa dilipat bisa Anda singkirkan jika sedang tidak dibutuhkan.

Macam kursi santai yang satu ini juga bisa banget untuk Anda hadirkan di tepian kolam renang. Anda bisa memantau buah hati yang sedang berenang sambil menikmati suasana kolam renang yang adem. Praktis sekali, bukan?

4. Kursi Santai Gili

Artboard 8.png
Menghabiskan waktu setelah seharian WFH tentu akan sangat melelahkan. Nah, kursi yang satu ini sangat cocok dijadikan sandaran untuk melepas lelah. Kursi jenis gili juga tidak membutuhkan banyak ruang, lho.

Selain itu, bentuknya yang cukup unik akan tampak manis jika ditempatkan di ruang keluarga. Konsepnya sederhana namun mampu menciptakan kesan elegan. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di atasnya. Nuansa modern dan tradisional tercipta sempurna melalui kursi santai ini.

5. Kursi Santai Peacock

Artboard 9.png
Macam-macam kursi santai tersedia dari berbagai model. Mulai dari model biasa hingga unik. Desain kursi santai peacock merupakan sebuah kursi santai dengan unsur seni yang tinggi.

Mengapa demikian? Desainnya yang cukup rumit dan bahan dasarnya yang berasal dari rotan murni membuat kursi ini terlihat berkelas, cantik, sekaligus elegan. Sandaran lengan serta bantal dudukan menjamin Anda dan keluarga dapat bersantai dengan sempurna.

6. Kursi Santai Panjang

Artboard 10.png
Selain kursi santai lipat, Anda juga menghadirkan kursi santai panjang ini untuk ditempatkan di area sekitar kolam renang. Menikmati matahari pagi sambil mendengarkan riak air adalah kegiatan terbaik yang bisa dilakukan untuk memulai hari.

Tidak hanya itu, kursi ini juga bisa menjadi tempat berjemur di pagi hari dan bermanja bersama anak-anak di luar ruangan. Jadi, memiliki quality time bersama keluarga tidak hanya bisa dilakukan di dalam rumah, ya.

7. Kursi Santai Eames

Artboard 11.png
Ingin menghadirkan nuansa klasik pada ruangan? Desain kursi santai yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Kursi santai berdesain klasik yang satu ini terinspirasi dari abad pertengahan.

Meski tidak terlihat modern, namun kursi santai ini mampu memberikan kesan ruang keluarga yang lebih homey. Bentuk kursi santainya mampu menopang seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Kursi santai ini dapat menghadirkan kenyamanan yang nggak terlupakan untuk momen bersantai.

8. Kursi Santai Sofa

Artboard 12.png
Sofa yang empuk tentu akan membuat siapapun yang duduk di atasnya merasa lebih nyaman. Sofa cantik dengan warna yang senada dengan konsep ruangan memiliki kekuatan tersendiri dalam membangun suasana kedekatan yang lebih hangat.

9. Kursi Santai Lesehan

Artboard 13.png
Dari macam-macam kursi santai yang telah dijelaskan di atas, mayoritas memiliki bentuk kerangka fisik sebagai penunjang. Hal itu sangat berbeda dengan kursi santai lesehan ini.

Sesuai namanya, kursi santai lesehan ini tak memerlukan kerangka fisik yang besar. Anda bisa tetap bersantai ala lesehan di rumah bersama keluarga. Kursi santai ini pas untuk menemani aktivitas bersama keluarga. Bahkan aman pula digunakan si kecil.

10. Kursi Santai ala Gazebo

Artboard 14.png
Jika Anda memiliki rumah dengan area gazebo, tak ada salahnya untuk menghadirkan kursi santai jenis ini. Anda bisa menyediakan kursi santai luas tanpa sekat, ala gazebo. Kursi santai ini dapat diletakkan di lokasi-lokasi terbaik untuk bersantai menghabiskan waktu.

Dengan kursi santai ini, banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga dengan nyaman tanpa dibatasi ruang. Anak-anak pun dapat bermain dengan aman sambil menikmati pemandangan di sekitar rumah.

Tips Memilih Kursi Santai

Macam-macam kursi santai yang tersedia di pasaran tentu akan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Daripada bingung, kali ini Mitraruma akan membantu Anda dalam memberikan tips memilih kursi santai yang tepat. Yuk, simak ulasannya!

1. Menentukan Ruangan Di mana Kursi Santai Diletakkan

Artboard 15.png
Tips memilih kursi santai yang pertama adalah menentukan lokasi kursi akan diletakkan. Hal ini akan berpengaruh pada bahan dari kursi santai yang akan Anda beli. Tentunya agar Anda tak salah dalam memilih desain kursi.

Jika kursi santai Anda akan digunakan di luar ruangan, maka pilihlah kursi dengan material yang tahan terhadap perubahan cuaca. Namun, jika penempatannya di dalam ruangan, pastikan bahan yang digunakan pada kursi tersebut adem dan dapat menyerap keringat.

2. Pilihlah Material yang Nyaman

Artboard 16.png
Macam-macam kursi santai terbuat dari material yang beragam. Mulai dari kayu, kulit, hingga kain yang lembut. Pertimbangkan dengan baik material kursi santai yang akan kamu beli.

Bahan yang umum digunakan untuk kursi santai adalah kain dan juga bahan kulit. Hal ini dikarenakan bahan kain akan lebih mudah menyerap keringat dan tidak membuat Anda gerah saat duduk berlama-lama di atas kursi santai tersebut.

Sementara bahan kulit sering digunakan karena awet dan tahan lama serta relatif mudah untuk dibersihkan. Tentunya kursi santai akan lebih awet dan terlihat selalu seperti kursi baru jika Anda rajin merawat serta membersihkannya, bukan?

3. Menentukan Ukuran

Artboard 17.png
Tips berikutnya adalah menentukan ukuran kursi santai. Anda harus mempertimbangkan berapa banyak orang yang akan menduduki kursi tersebut. Apakah kursi tersebut ditujukan untuk duduk sendiri atau beramai-ramai?

Hal ini akan menentukan seberapa besar kursi yang Anda butuhkan untuk menampung orang-orang yang akan menggunakan kursi santai tersebut. Anda juga dapat memilih kursi sesuai dengan tujuan penggunaannya. Apakah kursi ini akan digunakan oleh orang dewasa atau untuk anak-anak.

4. Menyesuaikan dengan Luas Ruangan

Artboard 18.png
Tips yang satu ini tak boleh Anda lupakan. Jangan sampai kehadiran kursi santai di rumah malah menambah beban pikiran akibat rumah Anda yang terlihat semakin sempit.

Kursi santai pada umumnya diletakkan di ruang keluarga, teras rumah, taman belakang rumah maupun di balkon. Kursi santai dapat diletakkan dimanapun tergantung dari sudut ruangan mana yang paling Anda anggap sebagai tempat yang cocok untuk bersantai.

5. Mempertimbangkan Ketinggian

Artboard 19.png
Kursi santai disarankan tidak memiliki ketinggian yang terlalu tinggi agar orang yang akan menggunakannya dapat mudah naik dan duduk ke atas kursi tersebut. Anda harus mempertimbangkan tinggi kursi yang akan Anda beli terutama jika Anda memiliki anak-anak.

Faktor keamanan dan keselamatan harus diutamakan. Bagi anak-anak, tentu akan lebih mudah untuk naik ke kursi yang memiliki tinggi yang cukup rendah. Hal ini tentunya akan mencegah anak-anak terjatuh.

6. Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Artboard 21.png
Berbagai macam kursi santai yang ada di pasaran membuat para produsen harus lebih kreatif. Pada akhirnya, berbagai fitur tambahan pun disematkan. Misalnya saja tambahan pada bagian lengan dan kaki yang dapat dibuat selonjor, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk rebahan.

Melepas Lelah dengan Kursi Santai Terbaik!

Setelah mengetahui berbagai jenis kursi santai serta seluruh tips untuk memilih kursi santai terbaik, Anda dapat langsung memesan kursi santai di Mitraruma, lho!

Mitraruma hadir sebagai penyedia Jasa Renovasi Rumah & Toko Bangunan Terlengkap untuk kebutuhan hunian Anda! Dapatkan berbagai macam Promo Bulanan menarik sekarang juga!

More content