no-script 13 Macam-Macam Kursi dan Fungsinya | Mitraruma

13 Macam-Macam Kursi dan Fungsinya

Artboard 1.png
Macam-macam kursi memiliki fungsionalitasnya masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami berbagai jenis serta tipe kursi sebelum hendak membeli. Perhatikan juga dari sisi desain serta konsepnya, pastikan sesuai dengan konsep hunian yang memang Anda inginkan!

Seiring dengan perkembangan zaman, desain serta tipe kursi menjadi semakin beragam. Berbagai macam jenis kursi telah banyak tersedia di pasaran saat ini. Mulai dari tipe kursi yang biasa dijumpai seperti sofa hingga kursi dengan model lounge chair bisa Anda dapatkan saat ini, lho!

Jenis Kursi dan Fungsinya Masing-Masing

1. Sofa

Artboard 2.png
Kata ‘sofa’ pertama kali digunakan pada 2000 tahun SM oleh bangsa Mesir. Sofa adalah tempat duduk panjang yang biasanya memiliki sandaran di belakang , ujung kanan dan kiri. Namun, ada pula jenis sofa yang tidak memiliki sandaran seperti itu.

Hal yang membedakan sofa dari kursi kebanyakan adalah lapisan busanya yang menyatu dengan kerangka membuat kursi ini sangat nyaman. Kursi yang satu ini juga sangat cocok ditempatkan di ruang keluarga atau ruang tamu.

2. Arm Chair

Artboard 3.png
Jika sofa pada umumnya dapat menampung lebih dari satu orang, lain halnya dengan arm chair. Kursi ini termasuk dalam kategori kursi tunggal. Sandaran tangan pada kursi ini membuat seseorang dapat duduk nyaman.

Jenis kursi ini memiliki desain yang simpel dan nyaman. Kursi ini dapat digunakan sebagai kursi kerja, kursi santai, kursi tamu, hingga kursi untuk membaca buku.

3. Sofa Bed

Artboard 4.png
Menginginkan tempat duduk yang multifungsi? Jenis kursi yang satu ini jawabannya. Sesuai dengan namanya, kursi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk tidur juga.

Penggunaan sofa bed memang tengah booming dan sangat diminati oleh orang-orang. Tersedia sofa bed yang dapat dilipat dan diubah menjadi kasur. Lalu, ada juga sofa bed berukuran lebih luas dari sofa biasanya dengan tambahan pada bagian depannya untuk tidur.

4. Bench

Artboard 5.png
Kursi yang satu ini biasanya akan dengan mudah Anda jumpai di tempat-tempat umum. Bentuknya dibuat memanjang sehingga dapat diduduki oleh banyak orang. Jenis kursi yang satu ini juga biasanya tidak memiliki sandaran.

Kursi ini juga bisa Anda hadirkan di taman atau teras rumah. Konsepnya yang santai akan membuat taman dan teras Anda terasa lebih dekat dengan alam. Jangan lupa juga untuk menghadirkan dekorasi tanaman hijau agar nuansa alam semakin kental.

5. Side Chair

Artboard 6.png
Side chair adalah jenis kursi tunggal yang memiliki sandaran belakang namun tanpa sandaran tangan. Bobot side chair umumnya tidak terlalu berat. Hal ini karena bentuknya yang bersifat fleksibel dan mudah diangkat untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

6. Kursi Makan

Artboard 7.png
Kursi makan memiliki fungsi yang lebih dikhususkan untuk keperluan di ruang makan. Pasalnya, bentuk sandarannya sengaja dibuat lebih tinggi dan dudukannya yang lebih mendatar akan membuat posisi duduk saat makan terasa lebih nyaman.

Kursi makan juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan side chair. Perbedaannya yaitu, kursi jenis ini memang lebih dikhususkan untuk ruang makan. Selain itu, permukaan dudukan kursi makan sengaja dibuat lebih datar dan sandaran belakang yang lebih tinggi dan tegak.

7. Lounge Chair

Artboard 8.png
Lounge chair sangat tepat untuk dijadikan tempat bersantai. Bukan tanpa alasan desain sandarannya yang dibuat lebih ke belakang serta dudukan yang lebih rendah, bisa digunakan untuk rebahan. Pastinya tubuh Anda akan sangat dimanjakan, ya.

8. Slipper Chair

Artboard 9.png
Jika Anda memiliki meja atau ruang rias, pastikan Anda memiliki kursi yang satu ini. Desainnya dudukan kursi yang rendah dapat membantu Anda menggunakan sepatu, stocking, dan kebutuhan lainnya tanpa harus membungkuk.

Tak hanya itu lho, kakinya yang pendek juga akan membuat kursi yang satu ini sangat mudah untuk “disembunyikan” di bawah meja rias. Sangat bermanfaat dan menghemat ruang sekali, ya!

9. Footstool/Pouffe/Ottoman

Artboard 10.png
Kursi yang satu ini biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan ketinggian yang lebih rendah dari dudukan kursi. Fungsi dari kursi ini sebenarnya tidak dikhususkan sebagai tempat duduk.

Pasalnya, bentuknya yang kotak serta ukurannya yang tidak terlalu tinggi membuat kursi ini lebih cocok digunakan untuk sandaran kaki.

Meskipun begitu, ada juga jenis kursi ottoman yang digunakan sebagai tempat duduk utama. Footstool/Pouffe/Ottoman ini biasanya dibuat satu set dengan sofa, arm chair atau lounge chair.

10. Rocking Chair

Artboard 11.png
Rocking chair atau kursi goyang diidentikan dengan kursi tua berbahan kayu. Desainnya melengkung pada bagian kaki, sehingga kursi ini dapat mengayun ke depan dan belakang. Meski terkesan kuno, sekarang ini telah tersedia desain dengan bentuk yang lebih unik dan modern.

11. Love Seat

Artboard 12.png
Kursi ini sebenarnya termasuk dalam golongan sofa, sehingga memiliki bentuk yang serupa dengan sofa. Perbedaannya adalah kursi jenis didesain khusus lebih pendek dari sofa dan hanya cukup diduduki oleh dua orang.

Loveseat dapat Anda letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai pendamping sofa. Namun, juga masih cocok diletakkan di dalam kamar Anda dan pasangan.

12. Kursi Bar

Artboard 13.png
Jika di dapur Anda terdapat mini bar, maka kursi yang satu ini adalah furnitur pelengkap yang wajib ada. Area meja bar yang tinggi, akan sangat cocok jika dipasangkan dengan kursi bar.

Kursi bar memiliki bantalan dudukan yang bisa dibilang cukup kecil karena memang hanya dipergunakan untuk duduk sambil menikmati minuman ataupun cemilan. Di bagian bawah kursi disediakan penumpu kaki yang dapat membuat Anda lebih nyaman memijakkan kaki.

13. Kursi Kerja

Artboard 14.png
Jika Anda memiliki ruang kerja di rumah, pastikan untuk memiliki kursi kerja yang nyaman. Desain kursi ini dibuat sedemikian rupa agar Anda bisa duduk berjam-jam di depan monitor tanpa merasa pegal.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tinggi kursi sesuai dengan selera agar bekerja terasa lebih nyaman.

Rekomendasi Produk Kursi di Mitraruma

1. Atria Kursi Raakel Putih

Artboard 15.png
Kursi putih yang satu ini termasuk ke dalam jenis kursi side chair. Desainya yang simple dan juga ringan akan sangat fleksibel dan mudah untuk dipindahkan.

Kursi Atria Raakel tidak hanya menjadi tempat duduk yang nyaman, namun juga bisa membuat dekorasi ruangan lebih bergaya. Perpaduan kaki kayu dengan dudukan Polypropylene memberikan sentuhan unik yang cantik untuk interior. cocok digunakan di rumah, kafe, restoran hingga perkantoran.

2. Atria Kursi Kerja Kantor Sefoure Hijau

Artboard 16.png
Dari namanya saja sudah jelas ya, bahwa Atria Kursi Kerja Sefoure Hijau ini memang diperuntukkan untuk Anda bekerja. Warna hijaunya yang menyegarkan mata akan membuat sentuhan berbeda pada kursi ini. Terdapat sandaran tangan serta ketinggian kursi yang dapat Anda atur, lho!

3. Atria Bangku Bar Barstool Loscanos

Artboard 17.png
Kursi yang satu ini terlihat sangat kekinian, bukan? Bangku Bar Barstool Locanos ini dapat dipergunakan di rumah atau apartemen Anda. Serta bisa juga diletakkan di dekat area kitchen atau bar showcase.

Ketinggian dudukannya dapat diatur sehingga dapat menyesuaikan dengan tinggi anda dan tinggi meja. Kursi ini juga dilengkapi dengan footstep untuk menjamin kaki Anda tidak akan menggantung. Pastinya Anda juga jadi tidak cepat pegal, ya.

4. Atria Kursi Hangel Grey

Artboard 19.png
Desain Atria Kursi Hangel Grey sangatlah sederhana. Material Polypropylene yang sangat ringan dapat memudahkan Anda memindah-mindahkannya. Tak hanya itu, kursi yang satu ini juga memiliki sandaran tangan agar tangan Anda tidak pegal.

5. Atria Kursi Valcolm Black

Artboard 18.png
Ruangan makin bergaya modern dan terasa lebih lengkap dengan [Valcolm Chair dari Atria](https://www.mitraruma.com/p/Kursi-Chair/Atria-Kursi-Valcolm-Black/10008222. Hadir dengan desain minimalis, kursi ini memiliki karakter kontemporer yang kuat dengan perpaduan bangku berkualitas tinggi dan kaki yang sangat kokoh. Pastinya hal ini akan membuat kursi ini lebih tahan lama digunakan.

Tips Memilih Kursi

Macam-macam kursi yang tersedia di pasaran akan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Apalagi, macam-macam kursi yang Anda lihat barusan. Sangatlah menarik, bukan? Nah, berikut ini tips memilihnya.

1. Menentukan Ruangan Di mana Kursi Santai Diletakkan

Artboard 20.png
Tips pertama dalam menentukan kursi adalah mengetahui dimana kursi tersebut akan diletakkan nantinya. Ini akan berpengaruh pada jenis kursi yang akan Anda beli.

Jika kursi tersebut akan diletakkan di luar ruangan misalnya teras atau halaman belakang, maka Anda harus memilih kursi dengan material yang tahan terhadap perubahan cuaca seperti panas dan hujan.

Jika Anda akan menempatkan kursi santai di dalam ruangan, pastikan bahan yang digunakan pada kursi tersebut adem dan dapat menyerap keringat.

2. Perhatikan Tinggi Kursi

Artboard 21.png
Ketinggian kursi harus Anda sesuaikan. Tentunya agar memberi kenyamanan saat Anda duduk di atasnya. Jika perlu, Anda coba duduki terlebih dahulu sebelum membelinya.

3. Lebar dan kedalaman kursi

Artboard 22.png
Kursi harus memiliki lebar dan kedalaman yang cukup untuk menopang berat badan serta pergerakkan penggunanya dengan nyaman. Umumnya, lebar kursi haruslah berkisar 43-50 sentimeter.

Sedangkan kedalaman kursi (dari depan ke belakang) juga harus seimbang sehingga Anda dapat duduk dengan menyandarkan punggung ke sandaran kursi kerja secara nyaman.

4. Mendukung bagian pinggang

Artboard 23.png
Penopang punggung bagian bawah adalah hal penting dan perlu diperhatikan saat membeli kursi. Tulang belakang lumbar memiliki kurva ke dalam. Ketika duduk dalam waktu lama tanpa kursi yang mendukung bagian tubuh tersebut, Anda akan cenderung membungkuk dan meregangkan struktur di tulang belakang bagian bawah.

5. Pertimbangkan Material kursi

Artboard 24.png
Material kursi juga penting dipertimbangkan. Pilih material yang memiliki bantalan pada bagian kursi dan punggungnya sehingga nyaman diduduki dalam waktu lama. Selain itu, lapisan kainnya juga harus yang empuk serta menyerap keringat.

Gunakan Kursi Idaman untuk Hunian Impian Anda!

Setelah mengetahui berbagai macam jenis dan tipe kursi, apakah Anda sudah menjatuhkan pilihan tipe kursi apa yang akan digunakan di hunian Anda? Pastikan pilih dari produk yang berkualitas tinggi serta memiliki fungsionalitas terbaik, ya! Dapatkan produk kursi terbaik hanya di Mitraruma!

Mitraruma menawarkan Jasa Desain Rumah & Toko Bahan Bangunan terlengkap untuk seluruh kebutuhan hunian Anda termasuk berbagai macam kursi dengan kualitas terbaik di pasaran. Jangan buang waktu lagi, segera daftarkan diri Anda menjadi member di Mitraruma dan nikmati berbagai Promo Bulanan Mitraruma sekarang juga!

More content