no-script Lantai Rumah Kayu Hadirkan Kesan Hangat dan Aesthetic | Mitraruma

Lantai Rumah Kayu Hadirkan Kesan Hangat dan Aesthetic

Artboard 1.png
Lantai rumah kayu sering jadi pilihan penghuni rumah untuk mempercantik hunian dan membuatnya lebih alami. Kesannya yang natural dan minimalis memberi suasana sempurna untuk rumah-rumah minimalis atau transisional.

Nah, sebelum memilih material kayu jadi temanmu di lantai, yuk, kenalan dulu dengan lantai kayu!

Pilihan Parket

Artboard 2.png
Material kayu yang biasa digunakan pada lantai adalah parquet atau parket. Umumnya, parket digunakan pada rumah-rumah dengan dinding bata atau beton sebagai pengganti balok dan papan kayu yang asli.

Berikut pilihan model parket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yuk, simak!

1. Solid Parquet

Model ini merupakan jenis parket yang berasal dari potongan kayu sejenis. Biasanya, solid parquet menggunakan kayu yang kuat dan berkualitas tinggi agar tak mudah lapuk. Tipe ini juga lebih awet karena terbuat dari kayu asli.

2. Engineering Parquet

Lapisan engineering parquet adalah kayu asli. Namun, di bawahnya adalah balok tipis berupa polywood atau multiplek karena proses pengolahan. Jadilah disebut engineering. Nah, parket satu ini lebih murah dibandingkan parket solid, lho.

3. Laminate parquet

Jenis parket satu ini lebih ramah lagi pada kantong kamu daripada dua model di atas. Laminate Parquet hampir sama dengan engineering parquet, tetapi lapisan bawahnya berupa serpihan serbuk kayu yang dipadatkan.

Kelebihan Lantai Kayu

Artboard 3.png
Biasanya, orang menggunakan lantai kayu karena bisa mencegah terpeleset oleh lantai yang licin. Lantai kayu juga dinilai aesthetic. Namun, ada beberapa keunggulan lantai kayu lainnya, lho. Berikut ulasannya:

1. Lantai Lebih Hangat

Kayu bisa menyimpan panas pada siang hari dan mampu menghangatkan pada malam hari. Nah, sifat alami itu bisa membuat suhu ruangan di rumahmu cenderung menyesuaikan diri dengan suhu udara.

2. Efek Visual yang Bagus

Lantai kayu memang sering dilihat lebih indah, apalagi kalau kamu menyukai nuansa alam. Motif dari lantai kayu membuat kita leluasa memilih. Selain itu, jenis lantai ini bisa tahan sampai 20 tahun kalau dirawat dengan benar!

3. Berdampak Baik untuk kesehatan

Lantai kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) pada rumah, lho. Dengan kemampuan lantai kayu yang menyesuaikan suhu ruangan, VOC yang menguap pada suhu tinggi tidak akan mampu bertahan.

4. Investasi Jangka Panjang

Tak cuma dampak positif langsung, lantai kayu juga punya manfaat jangka panjang. Jenis lantai ini bisa meningkatkan nilai jual properti, bahkan sampai berbeda jauh dari harga pembelian pertama!

Inspirasi Lantai Kayu terbaik dari Indonesia

Jangan salah, Indonesia punya berbagai jenis yang bisa dipilih dan dijadikan inspirasi dalam memilih lantai kayu. Selain cantik, kamu otomatis jadi cinta Indonesia banget, deh!

Sonokeling dari Tanah Jawa

Artboard 4.png
Jenis kayu satu ini punya warna hitam jika digunakan sebagai lantai. Sonokeling sangat awet dan keras. Bahkan, banyak orang menganggapnya mirip dengan kayu jati karena keawetannya.

Agathis yang Cerah

Artboard 5.png
Kayu agathis ini tak terlalu keras. Meski begitu, ia tetap memiliki keawetan dan bisa digunakan sebagai bahan pembuatan meja, lemari, kursi, plafon kayu, hingga dinding kayu. Agathis tak mudah pecah. Warnanya cerah sampai seratnya.

Sungkai yang Indah

Artboard 6.png
Jenis kayu ini termasuk kayu awet kelas III. Teksturnya yang indah memiliki serat-serat yang halus dengan warna kuning keemasan. Selain lantai, ia juga biasa dimanfaatkan sebagai bangunan, dekorasi, seni ukir, hingga papan.

Keruing, Baik untuk Decking

Artboard 7.png
Berat kayu keruing berkisar antara 0,6 - 0,9. Kayu ini sangat cocok untuk plafon, decking, sampai lantai. Kekuatan keruing berada di peringkat kelas II dan III. Makanya, lantai ini sangat maksimal kalau dimanfaatkan menjadi lantai rumah.

Jati, Banyak Diminati

Artboard 8.png
Jangan lupakan kayu jati yang selalu jadi rebutan sejuta umat! Mulai dari berat, kelembapan, hingga keawetan kayu ini sudah pasti terpercaya. Jati juga kuat akan serangan rayap.

Untukmu yang sedang mencari-cari produk lantai dan dinding berkualitas dengan ribuan variasi model, coba mampir ke situs Mitraruma. Kami punya berbagai material penghias lantai dan dinding yang terjamin!

More content