no-script Kelebihan & Kekurangan Dak Atap Rumah dari Beton | Mitraruma
Mitraruma

Kelebihan & Kekurangan Dak Atap Rumah dari Beton

pengerjaan-dak-atap-rumah

Rumah minimalis saat ini memang sedang digemari. Desainnya yang simpel dan memberikan kesan timeless membuat tipe arsitektur ini jadi favorit berbagai kalangan. Salah satu ciri yang paling sering ditemui di fasad rumah minimalis adalah dak atap rumah. Bahan yang sering digunakan sebagai dak atap diantaranya keramik, metal, ataupun beton.

Lalu, apa saja hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih beton sebagai bahan dak atap rumah Anda? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Dak Atap Rumah?

dak-atap-rumah-min

Dak sendiri adalah komponen yang digunakan sebagai perantara antar lantai di bangunan bertingkat. Umumnya, dak yang dipakai pada bangunan menggunakan beton.Dak beton pun bisa digunakan untuk atap rumah yang sering juga disebut panel beton.

Berdasarkan prosesnya, dak atap rumah beton dibagi menjadi dua, yaitu beton cor konvensional dan beton ready mix. Beton dengan cor konvensional biasa dilakukan secara langsung di tempat dengan tingkat kekerasan kurang lebih 28 hari. Proses ini menghasilkan beton berkualitas baik yang kuat dan tahan lama.

Adapun beton ready mix lebih praktis dibandingkan metode konvensional. Hal ini dikarenakan beton dengan proses ready mix bisa digunakan tanpa proses cor langsung di tempat.

Kelebihan Dak Atap Rumah dari Bahan Beton

Setelah mengetahui apa itu dak beton beserta jenisnya, kini saatnya Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan dalam menggunakan bahan beton sebagai dak atap dibandingkan bahan lainnya.

1. Fungsional dan Memudahkan Penambahan Lantai

Saat mengantisipasi kebutuhan renovasi di masa depan, dak atap rumah bisa menjadi andalan. Bukan tidak mungkin seiring waktu Anda terbayang untuk merenovasi rumah, seperti menambah lantai. Dengan atap dak beton, Anda tidak perlu repot membongkar atap saat melakukan renovasi.

Dak atap rumah beton juga lebih unggul dari sisi fungsional dalam menghadapi perubahan cuaca. Penggunaan dak beton sebagai atap dapat membuat kondisi di dalam rumah menjadi lebih kedap suara disaat hujan ataupun cuaca berangin. Tidak hanya ketika hujan, saat cuaca terik pun dak beton dapat lebih menghalau panas dibanding bahan lainnya.

2. Material yang Kuat

Kekuatan jadi salah satu kelebihan material satu ini. Karena sifat alaminya yang mampu menopang beban berat, dak atap rumah dari beton cocok dipakai untuk Anda yang menginginkan desain rooftop minimalis. Selain itu, dak atap rumah dari beton juga tahan terhadap cuaca, termasuk hujan dan angin. Saking kuatnya, Anda juga dapat menggunakan dak beton sebagai mezzanine.

3. Perawatan yang Mudah

Salah satu keunggulan dak atap dari beton adalah perawatan yang mudah. Paduan warna dan materialnya membuat material ini tahan noda. Jika terkena noda, cukup dipel saja menggunakan air dan sabun. Tidak hanya tahan noda, dak atap beton juga jarang rusak dan terlepas. Hal ini tentu sangat berbeda apabila Anda menggunakan bahan seng ataupun asbes sebagai atap.

Kekurangan Dak Atap Rumah dari Bahan Beton

Setelah berbicara mengenai kelebihan, tentu saja atap dak beton memiliki kekurangannya sendiri. Apa saja?

1. Pengerjaan yang Rumit

Pengerjaannya tidak sesimpel yang dikira. Butuh perencanaan dan kalkulasi yang matang agar hasilnya tetap sempurna. Pengerjaan yang dilakukan asal-asalan malah akan membuat dak atap cepat keropos, bahkan bocor. Agar lebih presisi, sebaiknya Anda mendiskusikan dengan ahli sebelum memasang dak atap rumah beton, serta menyesuaikannya dengan lingkungan rumah Anda.

2. Rentan akan Kebocoran

Pengerjaan yang asal bisa menyebabkan kebocoran pada saat dak selesai dikerjakan. Bahkan, bukan mustahil dak atap yang baru selesai malah cepat mengalami keropos. Karena itu, pastikan berkonsultasi dengan ahlinya untuk melapisi dak dengan cat pelapis anti bocor. Apalagi, rumah dengan dak atap beton juga beresiko tergenang hujan dibanding model atap pada umumnya.

3. Harga Tergolong Cukup Mahal

Material yang kuat membuat dak atap rumah dari beton cukup mahal harganya. Apalagi, pengerjaannya pun cukup rumit. Setelah pengerjaan, masih ada lagi yang harus dikerjakan, yaitu melapisi dak atap beton dengan cat pelapis anti lumut. Jadi, pastikan Anda sudah menyiakan budget lebih untuk ini, ya!

Itulah kelebihan dan kekurangan dak atap rumah dari beton. Jika Anda memerlukan bantuan professional untuk pengerjaan dak atap rumah, Mitraruma siap membantu! Mitraruma menyediakan kebutuhan rumah Anda, mulai dari jasa renovasi rumah hingga pengadaan bahan bangunan untuk melakukan renovasi. Dapatkan juga informasi beton ready mix dari Mitraruma untuk keperluan pembuatan dak atap rumah beton Anda.

More content