no-script 13 Inspirasi Kanopi Baja Ringan Minimalis, Yuk Pilih! | Mitraruma

13 Inspirasi Kanopi Baja Ringan Minimalis, Yuk Pilih!

Artboard 1.png

Kanopi dengan baja ringan minimalis dapat menjadi pilihan untuk kamu yang sedang bingung mencari model kanopi berkesan minimalis untuk hunian favorit. Selain dapat menghadirkan kesan minimalis, model yang satu ini juga memiliki rangka yang kuat, tak mudah memuai, dan tentunya memiliki harga yang murah.

Kanopi dengan baja ringan juga mempunyai berbagai pilihan bentuk yang bisa membuatmu jatuh hati. Sebab, model-modelnya cenderung variatif, baik dari segi tiang hingga bahan atapnya.

Kenali Jenis Baja Ringan

Artboard 2.png

Sebelum mencari berbagai inspirasi kanopi minimalis dari baja ringan, kamu harus mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu, dong.

Nah, secara umum, baja ringan memiliki dua jenis:

1. Baja Ringan Spandek

Biasanya, jenis bahan ini digunakan sebagai penutup atau dinding pada bangunan modern. pemasangannya memberikan kesan rapi dan indah, estetika rumah pun menjadi lebih kental. Pasalnya, struktur baja ini bergelombang.

2. Baja Ringan Truss

Material pada baja ringan Truss adalah zinc aluminium yang berlapis antikarat dan mencakup silikon. Jadi, tak heran jika baja ini kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi alam dan lingkungan.

Kelebihan Memakai Baja Ringan untuk Kanopi

Artboard 3.png

Kanopi berbahan baja ringan memiliki berbagai kelebihan tersendiri. Pertama, mereka bisa tahan terhadap berbagai cuaca ekstrem dan memiliki material yang tahan lama. Hal ini tentu saja berbeda dengan kanopi dari kayu yang bisa lapuk dan diserang rayap.

Dewasa ini, baja ringan yang beredar telah memiliki material antikarat. Material ini biasa disebut Galvalum dan sangat tepat untuk digunakan di rumah, lho.

Tak hanya itu, baja ringan juga termasuk salah satu bahan yang ramah lingkungan. Pengaplikasiannya bisa dibuat sesuai keperluan, jadi tak akan ada sampah atau potongan sisa yang berlebihan.

Terdapat berbagai model kanopi berbahan baja ringan yang bisa jadi pilihanmu. Harganya yang sangat terjangkau pun bisa membuat rumah tetap eksis meski tak harus gempor mencari biaya.

Inspirasi Kanopi Baja Ringan Minimalis

Bagi kamu yang menyukai nuansa minimalis, kanopi dengan baja ringan sangat cocok digunakan karena akan membuatmu puas dengan kesannya. Berikut inspirasi model kanopi baja ringan minimalis yang bisa kamu pilih:

1. Sederhana

Artboard 4.png

Model kanopi baja ringan yang sederhana akan sangat cocok untuk melindungi garasi pada rumah tipe 36 dan 45. Material atap kanopi ini bisa menggunakan span roof baja ringan atau polikarbonat dengan membran.

Harganya secara umum berkisar pada Rp275 ribu per meter persegi.

2. Tanpa Tiang

Artboard 5.png

Model yang satu ini banyak digandrungi karena kesan minimalis yang ditawarkan. Pasalnya, tak ada tiang yang akan memakan ruang berlebih di sekitar kanopi. Hal ini membuat kanopi terlihat elegan dan sangat hemat tempat, sesuai dengan konsep minimalis.

3. Gunakan Membran untuk Garasi

Artboard 6.png

Kamu bisa menggunakan cat putih untuk baja ringan yang dipakai pada model kanopi ini. Setelah itu, barulah atapnya menggunakan material membran. Tak perlu khawatir, membran banyak dijual dengan berbagai variasi warna. Umumnya, warna yang biasa dipakai untuk atapnya adalah krem.

Kisaran harga yang dipatok adalah Rp850 ribu.

4. Kanopi dengan Spandek Transparan

Artboard 7.png

Bahan spandek memang pantang kehilangan popularitas. Saat dilihat sekilas, tampilan kanopi yang memakai bahan ini lebih menarik dan indah. Terlebih, jika tema yang digunakan adalah hunian bergaya minimalis.

Penampakannya pun akan lebih berkelas. Supaya makin penuh inspirasi, lihat juga ide kanopi transparan spesial untuk kamu.

5. Model Kanopi Gantung Minimalis

Artboard 8.png

Pernah dengar istilah kanopi gantung? Konsep ini bisa membantu kamu menghemat area carport, lho. Pemasangannya pun hanya menggunakan dinding rumah sebagai penahan beban kanopi.

Secara umum, harganya berkisar di Rp450 ribu.

6. Tiang Berbentuk “A”

Artboard 9.png

Tiang berbentuk huruf “A” bisa membantu kamu mempercantik hunian. Dengan desain semacam ini, tampilan area carport milikmu akan terlihat seperti tenda. Sangat minimalis dan sederhana.

Tak hanya itu, model baja ringan yang digunakan ini juga memberikan kesan modern dan elegan, lho.

7. Tema Go Green dengan Tanaman Menjalar

Artboard 10.png

Kanopi dengan tanaman menjalar punya konsep go green yang kental. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu membuat rangka kanopi dengan material baja ringan pada satu sisi. Atapnya pun dibiarkan terbuka.

Kemudian, gunakan material tanaman menjalar untuk menutupi atap kanopi tersebut. Konsep yang menarik, bukan?

8. Hanya dengan 3 Tiang

Artboard 11.png

Jika menginginkan hunian dengan gaya minimalis nan modern, kanopi dengan tiga tiang bisa banget menjadi pilihanmu. Selain tampak kokoh, kanopi model yang satu ini pun bisa membuat rumah jadi jauh lebih menarik.

Kamu juga bisa menerapkan konsep hunian industrial dengan inspirasi ini, lho!

9. Model Atap Zincalume

Artboard 12.png

Model yang dimaksud pada inspirasi ini adalah konsep kanopi minimalis seperti biasa. Kamu bisa memakai material atap kanopi dari zincalume yang terbuat dari semacam seng dengan bahan baja lapis.

Kelebihan dari bahan ini, yaitu mampu menahan panasnya terik matahari sehingga area di bawah kanopi rumah kamu akan tetap sejuk di musim panas. Kisaran harga yang dipatok untuk model ini adalah Rp80 ribu per meternya.

10. Kanopi Beratap Kayu

Artboard 13.png

Kalau tetap lebih menyukai kayu, kamu bisa juga, lho, mengkombinasikannya dengan baja ringan dengan kanopi beratap kayu. Meski ada material kayu, frame penyanggah atap ini tetap menggunakan baja ringan.

Estetika yang dihasilkan dari kayu bisa menambah keindahan di rumah. Dalam menggunakan konsep ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan berat kayu sebelum memasangnya, ya.

11. Gabungan Bahan Kayu dan Kaca

Artboard 14.png

Jika model sebelumnya menekankan unsur kayu dan baja ringan, kini kamu bisa menambahkannya dengan material kaca. Penggunaan kanopi yang menggunakan bahan satu ini bisa melindungi kayu agar tak cepat lapuk karena air hujan.

Kamu pun akan mendapatkan kesan sederhana sekaligus modern dengan konsep ini, lho. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp1,5 juta.

12. Pakai Model Laser Cut

Artboard 15.png

Sifat baja ringan yang mudah dibentuk membuat para pengrajin bisa membuat kanopi yang dikostumisasi dengan laser cut. Teknik ini sendiri adalah pemotongan besi atau baja yang umum dipakai dalam membuat ukiran.

Namun, konsep yang satu ini membutuhkan biaya cukup besar. Meski begitu, hasilnya akan sangat indah dan elegan.

13. Gaya Ala Rustic

Artboard 16.png

Model yang satu ini akan mengingatkan kamu pada suasana pedesaan di masa lalu. Baja ringan yang dipakai sebagai rangka, unsur kayu, serta asbes atau seng untuk bagian atapnya akan memberikan kesan yang sangat kuat.

Terlebih, model kanopi yang satu ini tidak dibuat merata sepenuhnya. Ada lengkungan pada sepertiga bagian yang akan membuat kanopi tampak seperti atap rumah. Wah, gaya ini akan sangat menarik, yakin tidak ingin mencobanya?

Nah, itulah berbagai inspirasi kanopi baja ringan minimalis yang bisa menjadi pilihanmu. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan pilihan cat berkualitas yang tersedia di Mitraruma agar kanopimu lebih terlindungi dan tampak tak mudah kotor.

Jadi, model mana yang akan kamu gunakan di hunian favorit?

Apa pun Modelnya, Gunakan Material Terbaik dari Mitraruma!

Menciptakan kanopi baja ringan yang minimalis bisa dengan mudah dilakukan. Namun, kamu tetap harus memperhatikan kualitas setiap material yang kamu gunakan. Memang, menciptakan rumah yang nyaman penting agar kita betah berada di dalamnya.

Temukan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan untuk rumah yang indah. Terlebih, ada Promo Bulanan Mitraruma yang menanti untuk segera kamu gunakan, lho! Yuk, kunjungi situs webnya!

More content