no-script Tertarik Gunakan Parket Lantai? Ini Jenis dan Keunggulannya | Mitraruma
Mitraruma

Tertarik Gunakan Parket Lantai? Ini Jenis dan Keunggulannya

Parket Lantai.webp

Lantai memiliki peran yang besar dalam membuat tampilan rumah agar suasananya tetap hidup. Tidak hanya menentukan materialnya saja, penting juga bagi Anda untuk memilih berdasarkan teksturnya agar terasa tepat menyesuaikan kenyamanan dari penghuni rumah. Maka dari itu, membutuhkan banyak pertimbangan saat hendak menentukan material lantai agar sesuai dengan kenyamanan dan tetap terlihat elegan.

Selain marmer yang bergaya vintage dan klasik, banyak juga yang menggunakan parket lantai untuk memunculkan kesan elegan. Apakah Anda salah satu di antara orang yang tertarik untuk menggunakan parket lantai? Ketahui dulu serba-serbinya melalui ulasan berikut!

Apa Itu Parket Lantai?

Parket adalah lantai kayu yang akan diaplikasikan pada lantai dengan tujuan guna meningkatkan estetika bangunan terutama di bagian dalam atau interior rumah. Salah satu ahli dalam bangunan menyebutkan bahwa parket mempunyai permukaan dengan tekstur kayu yang bisa memberikan kesan mewah dan nyaman.

Tentu hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk memilih material ini pada saat menentukan material bangunan. Tidak hanya karena alasan estetika, menggunakan parket juga memberikan dampak positif pada kesehatan pemilik hunian. Pasalnya, material ini mampu mengurangi pengaruh buruk dari volatile organic compounds di dalam ruangan.

Jenis-Jenis Parket Lantai

Parquet Solid

Jenis dari parket akan dikelompokkan berdasarkan dari bahan yang digunakan untuk membuat lantai parket itu sendiri. Pertama yakni parquet solid dimana bahan yang dipakai adalah kayu asli. Apabila ingin memiliki tampilan hunian dengan lantai kayu tahan lama maka tipe ini sangat direkomendasikan.

Dikarenakan memakai material kayu asli maka semakin lama digunakan juga kian cantik tampilannya. Jadi jenis pertama ini menjadi pilihan paling bagus apabila Anda ingin menggunakan parquet solid lalu mengutamakan tampilannya dan nilai estetikanya.

Laminate Parquet

Berikutnya ada juga jenis parket lain yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan parket reclaimed, yaitu laminate parquet.

Sebenarnya laminate parquet biasa digunakan pada lantai kantor ataupun area komersial. Hal ini dikarenakan lantai ini mempunyai nilai estetika cukup tinggi sehingga tampak begitu mewah.

Meskipun harganya cenderung sangat terjangkau, tetapi Anda tidak perlu khawatir pada hasil akhirnya. Daya tahan dari lantai ini juga cukup lama walaupun harus memperhatikan kelembaban ruangan karena masih terdapat elemen kayu asli di lantai jenis satu ini.

Engineered Parquet

Berikutnya ada juga jenis engineered parquet yang memiliki sifat tidak benar-benar alami, karena material yang digunakan bukan berupa kayu asli saja. Akan tetapi, terdapat dua lapisan inti pada lantai kayu jenis ini. Pertama adalah serbuk kayu dan kedua yakni kayu asli atau solid sehingga berbeda dari tipe satu.

Untuk lantai kayu buatan ini memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap cuaca dan suhu daripada kayu solid sendiri. Hal ini dikarenakan terdapat lapisan pelindung terutama dari paparan sinar UV, kelembaban dan suhu. Jenis parket lantai satu ini sangat cocok digunakan dalam ruangan seperti dapur.

Keunggulan Lantai Parket

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan, yaitu:

Lebih Tahan Lama

Keunggulan utama yang dimiliki oleh parket lantai adalah tahan lama. Kabarnya, lantai parket mampu bertahan sampai waktu 50 tahunan. Rahasia di balik umur panjang ini karena durabilitas kayu tergolong kuat dan juga tahan lama. Meski begitu, tetap diperlukan proses instalasi yang tepat juga, ya.

Minim Perawatan

Banyak orang yang memilih jenis lantai satu ini karena perawatannya sungguh minim. Anda pun akan terbantu untuk merawatnya karena tidak akan kesulitan pada saat harus membersihkannya dari berbagai jenis kotoran.

Anda hanya perlu menyiapkan penyedot debu dan sapu berbulu halus untuk membersihkan kotoran kecil di atas lantai. Apabila terjadi minuman tumpah, cukup bersihkan menggunakan lap kering.

Dapat Ditemukan dalam Berbagai Variasi

Alasan estetika mungkin menjadi pertimbangan utama bagi banyak orang ketika hendak memilih material lantai satu ini. Tampilannya sungguh terlihat natural sehingga memberikan kesan menarik dan mempesona pada suatu hunian.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila rumah dengan elemen kayu yang kuat mampu memancarkan suasana hangat. Terlebih, pemilik rumah juga tidak perlu khawatir jika model rumah ketinggalan zaman.

Bahan Anti Alergi

Lantai parket terkenal aman apabila Anda memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak-anak maupun bayi. Material tersebut bersifat non alergen sehingga sangat aman apabila pemilik hunian mempunyai kulit cukup sensitif. Dengan begitu, Anda pun tidak harus khawatir apabila harus menggunakan jenis lantai ini.

Cara Merawat Lantai Parket

Dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lantai parket, membuat Anda harus teliti dan jeli untuk merawatnya dengan baik. Di balik keindahannya, ada beberapa cara perawatan yang harus Anda lakukan. Pertama adalah dengan rutin menyapu. Tujuannya agar debu dan berbagai jenis kotoran tidak mudah menumpuk di permukaan. Agar hasil maksimal, sebaiknya gunakan sapu berbulu lembut maupun penyedot debu.

Perlu Anda tahu bahwa musuh bebuyutan dari lantai parket adalah kelembaban. Maka dari itu, jangan pernah membersihkan lantai ini dengan cara dipel. Cukup disapu saja sampai bersih. Hal ini karena genangan air akibat proses mengepel justru akan mengendap dan berakibat pada pelapukan.

Itulah serba-serbi mengenai parket lantai yang bisa Anda jadikan referensi untuk material lantai rumah baru Anda. Meski memiliki berbagai keunggulan, parket lantai tetap harus dipasang sesuai dengan tata cara yang tepat. Selain itu, juga dibutuhkan perawatan yang menyeluruh agar lantai tetap awet. Jika anda tertarik untuk memakai Parket Lantai dirumah, anda bisa menggunakan jasa Mitraruma. Lihat katalog kami untuk mengetahui produk dan harga pemasangan Parket Lantai.

More content