no-script Jenis-Jenis Batu Alam Ini Bisa Mempercantik Rumahmu Loh! | Mitraruma
Mitraruma

Jenis-Jenis Batu Alam Ini Bisa Mempercantik Rumahmu Loh!

jenis jenis batu alam

Tidak hanya dijadikan sebagai pondasi, batu alam kerap kali dijadikan sebagai salah satu bagian dari interior penghias sebuah bangunan rumah. Batu alam dipilih karena dapat menghadirkan nuansa khas alam sekaligus sentuhan estetik. Selain itu, beberapa jenis batuan alam juga dapat membuat hawa udara di dalam rumah terasa lebih sejuk. Lalu, apa saja jenis-jenis batu alam yang cocok dengan bangunan rumah? Simak selengkapnya berikut ini!

Jenis-Jenis Batu Alam untuk Percantik Rumahmu

Batu alam sangat bermacam-macam jenisnya. Jika dilihat dari penampilannya, ada yang berwarna hitam, abu-abu, cokelat, hingga putih. Begitu pun dengan asalnya. Ada batu alam yang berasal dari Pulau Jawa, Kalimantan, bahkan luar negeri seperti Pulau Marmara di Turki. Namun, tidak semua cocok untuk bangunan rumah.

Berikut jenis-jenis batu alam yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempercantik rumah, yaitu:

1. Batu marmer

Bisa dibilang, inilah jenis batu alam yang paling populer. Marmer menjadi populer sebagai penghias rumah karena mampu menghadirkan kesan yang mewah namun tetap elegan. Selain itu, batu marmer yang dijadikan dinding atau lantai pun akan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Dari aspek dekoratif, batu marmer juga menarik karena memiliki corak khas dengan beragam warna, mulai dari hitam, cokelat, hingga merah.

2. Batu granit

Granit memiliki permukaan dengan pori-pori kecil. Ini membuatnya tidak mudah menyerap air sehingga cocok untuk area rumah yang sering basah seperti kamar mandi dan garasi. Permukaan dengan pori-pori kecil tersebut juga membuat batu granit mudah untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan granit untuk melapisi dinding maupun lantai rumah.

3. Batu andesit

Andesit merupakan batu alam yang berasal dari pendinginan lava gunung berapi. Biasanya, batu andesit memiliki permukaan yang berwarna abu-abu atau hitam. Batu andesit tahan terhadap perubahan cuaca serta lumut sehingga cocok untuk dijadikan material pelapis dinding. Selain itu, permukaannya yang beralur juga menghasilkan kesan estetik yang cocok dengan tema modern.

4. Batu templek

Kalau Anda mencari batu alam yang permukaannya rata, tetapi hadir dalam variasi bentuk, maka bisa memilih batu templek. Batu alam yang satu ini hadir dalam berbagai bentuk dan memiliki motif yang sangat bermacam-macam. Anda bisa menggunakan batu templek sebagai pagar atau pembatas. Batu templek sangat padat dan keras sehingga tahan terhadap cuaca panas dan juga jamur.

5. Batu palimanan

Batu palimanan adalah batu alam yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Ciri khasnya adalah warna yang terang dengan perpaduan motif berwarna cokelat. Batu alam yang satu ini berpori-pori besar sehingga disarankan untuk digunakan di dalam ruangan. Namun, Anda juga bisa menambahkan cairan pelapis agar batu tahan terhadap lumut dan cuaca.

6. Batu candi

Terkesima dengan bangunan candi yang tetap kokoh berdiri meski usianya sudah ribuan tahun? Anda juga bisa menghadirkan nuansa ala candi dengan memilih batu alam candi. Jenis batu yang satu ini memang digunakan pada bangunan candi karena sama-sama berasal dari pendinginan lava gunung berapi.
Warnanya yang kalem membuat batu candi mampu memberikan kesan elegan. Namun, perlu diingat, batu candi sangat mudah menyerap air sehingga tidak disarankan untuk meletakkannya di area yang basah seperti kamar mandi atau pun bagian luar rumah.

7. Batu susun sirih

Terakhir ada batu susun sirih. Seperti namanya, batu alam yang satu ini diaplikasikan dengan cara disusun. Batu susun sirih ini memiliki nilai estetika tinggi. Anda tak perlu mencari batu susun sirih berukuran sama untuk menghias rumah. Justru, batu susun sirih beraneka ukuran dan warna di mana apabila disusun akan menghasilkan tampilan yang menarik dan estetik untuk rumah Anda. Batu susun sirih ini cocok untuk digunakan sebagai pelapis dinding bagian luar rumah.

Dari jenis-jenis batu alam yang sudah disebutkan di atas, mana yang paling menarik minat Anda? Kini, aneka ragam batu alam serta material pelapis dinding dan lantai lainnya telah tersedia di Mitraruma, platform online yang menyediakan bahan bangunan. Selain itu, dengan Mitraruma Anda juga dapat menemukan layanan renovasi dan perbaikan rumah. Untuk mendapatkan material batu alam sebagai pelapis dinding atau lantai rumah Anda, silakan kunjungi website Mitraruma sekarang juga!

More content